05 July 2008

Bentley Sempurnakan Performa Continental Flying Spur

Sejalan dengan penyempurnaan yang dilakukan terhadap Continental GT Coupe tahun lalu, kini Bentley mengumumkan, penyempurnaan yang sama juga dilakukan pada Continental Flying Spur, Continental GT versi empat pintu. Penyempurnaan itu telah membuat Continental Flying Spur menjadi sedan produksi massal yang tercepat di dunia. Bagaimana tidak, Continental Flying Spur sanggup dibesut sampai 322 kilometer per jam.

Secara kasatmata, Continental Flying Spur keluaran 2009 bisa dibedakan dengan pendahulunya, antara lain pada desain grille radiator depan, bemper belakang, dan penahan lampu belakang. Velg menggunakan bahan alloy berpalang 5 dengan ukuran 19 inci dan ban Pirelli UHP. Secara opsional, juga disediakan velg alloy dengan ukuran 20 inci. Bukan hanya itu, untuk pertama kali secara opsional disediakan kampas rem dari bahan karbon/silicon carbide (CCB) bagi Flying Spur.

Di bawah kap mesin masih tetap terdapat mesin berkapasitas 6.0 Liter, 12 silinder dalam konfigurasi W (W12), tetapi tenaga maksimum yang dihasilkan meningkat dari 558 PK pada 6.000 rpm menjadi 608 PK dan torsi maksimumnya pun meningkat dari 650 Nm pada 1.600 rpm menjadi 750 Nm pada 1.750 rpm.

Peningkatan tenaga dan torsi maksimum itu membuat Continental Flying Spur sanggup berakselerasi dari 0-160 kilometer per jam dalam waktu 10,4 detik dari sebelumnya 10,5 detik. Dan, dari kecepatan 80-120 kilometer per jam dicapai hanya dalam waktu 2,4 detik, sebelumnya 3,1 detik.

Perubahan substansial dilakukan pada suspensi dan sistem setir sehingga dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan kecepatan. Bentley telah memenangi reputasi pada mobil-mobil modernnya yang mengusung waftability (penyaluran tenaga dan torsi ke roda secara halus dan lembut), kenyamanan, dan berperforma sporty.

Sistem setir Servotronic yang menyesuaikan diri dengan kecepatan disetel ulang dan dalam kecepatan tinggi suspensi dari bahan aluminium akan turun sekitar 1 sentimeter dari level normal. Turut disetel juga per (pegas) dan peredam guncangan. Anti-roll bar di depan dan belakang juga dipertebal.

Flying Spur juga lebih senyap. Lapisan akustik bagian dalam yang secara standar terdiri dari dua lapisan disempurnakan dan lapisan akustik di bagian bawah lantai mobil dan di sekitar roda pun kini diperbanyak menjadi tiga lapis sehingga suara roda yang beradu dengan aspal tidak menerobos masuk ke kabin.

Seperti biasa, pada Continental Flying Spur keluaran 2009, Bentley pun memastikan bahwa setiap pembeli Bentley dapat memilih sendiri warna eksterior mobil serta warna dan bahan-bahan interiornya. Dengan demikian, sangat sulit bagi seseorang untuk menemukan dua Bentley yang benar-benar sama.

No comments: