Dibanding dengan model pendahulunya justru Escape baru lebih berkarakter dan gagah. Seperti dikatakan kepala perancang Escape, Paul Gibson, “Walau lekukan tajam pada kendaraan dikurangi, Escape tetap melukiskan kekuatan khas SUV sejati dengan desain yang lebih kontemporer dan terasa lebih urban.”
Memang, dari pengamatan Kompas.com, secara bentuk Escape baru hampir tak beda dengan model terdahulunya. Namun daru segi tampilan, hampir seluruh sektor di eksterior telah mendapat penyempurnaan. Dan perubahan ini terinspirasi oleh Ford Escape Expression yang pertama kali ditampilkan pada Tokyo Motor Show tahun lalu.
Seperti bagian depan, bentuk kap mesin baru. Tarikan garisnya menyatu dengan ujung gril yang menggunakan logo Ford yang bentuk ovalnya lebih besar. Lampu utama lebih aerodinamis dipadu dengan desain baru bumper, terutama pada desain rongga udara yang lebih besar.
Pada bagian bawah rongga udara dikasih skide plate untuk meredam benturan pada bumper depan. Desain rumah lampu kabut berbentuk trapisum terbalik justru jadi simetris dengan rongga mulut udarta. Dipadu dengan fender yang lebih gemuk dari pendahulunya dan dikasih aliran udara (air vent) di bawah kaca spion, inilah yang sangat membedakan dengan model lamanya.
Sama seperti depan, belakang pun tak luput dari sentuhan. Desain lampu utamanya lebih ramping dan melintang ke dalam dengan LED sebagai stándar. Bumper dikasih skid plate dan dilengkapi sensor parkir.
Tampilan kian manis dengan dipindahkannya antena ke bagian atas belakang dan dikasih spoiler – ini khusus untuk versi Limited. Yang dipaparkan spesifikasi di atas dari versi termewahnya, sementara FMI mengekluarkan dua varian lagi, yakni XLS (terendah) dan XLT (menengah). Jadi ada beberapa komponen tidak dijumpai di dua model ini.
Termasuk interior, meski desainnya sama, tapi untuk yang Limited dipermanis dengan memakai panel wood. Kemudian, pengemudi dan penumpang depan yang di Limited serta XLS sudah dilindungi kantong udara, termasuk dari sisi samping buat pengemudi yang di Limited.
Bagaimana dapur pacu? Untuk mesin masih sama persis dengan model sebelumnya, 2.261 cc 4 silinder DOHC 16V dengan VICS, TSCV, ETCS dan VVT.
No comments:
Post a Comment