Pabrikan mobil Honda Jepang atau Honda Motor Co (HMC) tak mau kalah soal teknologi hibrida Toyota. Cukup sekali kecolongan di kelas passanger car, HMC tampaknya menjadi yang pertama untuk kategori sport hibrida. Pasalnya, mereka akan segera meluncurkan CR-Z pada Februari tahun depan. Produk ini merupakan kolaborasi ramah lingkungan, hemat bahan bakar, dan kecintaan terhadap kecepatan.
Sebagai rival utama Toyota Motor Corp, merek berlambang 'H' ini menyatakan siap bersaing ketat. Selain produk di atas, HMC menegaskan akan mengeluarkan produk andalan yang lain, yakni Fit (Jazz di Indonesia) versi hybrid akhir 2010, dan keduanya diperuntukkan bagi pasar Jepang.
CR-Z diperuntukkan bagi pasar Amerika Utara dan Eropa setelah peluncuran perdana di negeri asalnya. Selain itu, produk kelas B, Fit, juga dipastikan akan menyentuh pasar di Jepang. Namun, pihak Honda tidak menjelaskan detail mengenai target jualan produk ini.
Diharapkan, kehadiran dua kendaraan hibrida Honda ini bisa menopang penjualan di segmen baru itu. Krisis ekonomi global telah menyebabkan Honda mengalami kerugian pertama setelah 15 tahun yang dialami pada kuartal pertama 2009.
Tahun ini, penjualan mobil dengan dua sistem penggerak itu terus mengalami lonjakan yang signifikan. Hal ini menyusul setelah pemerintah setempat mengeluarkan insentif harga jual dan pembebasan pajak untuk mobil hemat bahan bakar. Bahkan, Honda telah menikmati lonjakan penjualan dalam beberapa bulan belakangan ini dengan ditopang produk Insight hybrid yang diluncurkan Februari lalu. Penjualannya menjadi produk terlaris pada April 2009.
Namun, persaingan terus berlangsung. Toyota pun segera meluncurkan Prius terbarunya yang langsung menggeser Insight di posisi puncak pada bulan selanjutnya (Mei 2009). Nah, dengan kondisi ini, maka Honda berencana kembali memimpin dengan produksi pionirnya di segmen sport hybrid.
"Kami ingin fokus pada seberapa cepat bisa melebarkan (produk) hybrid kami," papar Honda President and Chief Executive Officer Takanobu Ito baru-baru ini, seperti dikutip AP.
Sebagai rival utama Toyota Motor Corp, merek berlambang 'H' ini menyatakan siap bersaing ketat. Selain produk di atas, HMC menegaskan akan mengeluarkan produk andalan yang lain, yakni Fit (Jazz di Indonesia) versi hybrid akhir 2010, dan keduanya diperuntukkan bagi pasar Jepang.
CR-Z diperuntukkan bagi pasar Amerika Utara dan Eropa setelah peluncuran perdana di negeri asalnya. Selain itu, produk kelas B, Fit, juga dipastikan akan menyentuh pasar di Jepang. Namun, pihak Honda tidak menjelaskan detail mengenai target jualan produk ini.
Diharapkan, kehadiran dua kendaraan hibrida Honda ini bisa menopang penjualan di segmen baru itu. Krisis ekonomi global telah menyebabkan Honda mengalami kerugian pertama setelah 15 tahun yang dialami pada kuartal pertama 2009.
Tahun ini, penjualan mobil dengan dua sistem penggerak itu terus mengalami lonjakan yang signifikan. Hal ini menyusul setelah pemerintah setempat mengeluarkan insentif harga jual dan pembebasan pajak untuk mobil hemat bahan bakar. Bahkan, Honda telah menikmati lonjakan penjualan dalam beberapa bulan belakangan ini dengan ditopang produk Insight hybrid yang diluncurkan Februari lalu. Penjualannya menjadi produk terlaris pada April 2009.
Namun, persaingan terus berlangsung. Toyota pun segera meluncurkan Prius terbarunya yang langsung menggeser Insight di posisi puncak pada bulan selanjutnya (Mei 2009). Nah, dengan kondisi ini, maka Honda berencana kembali memimpin dengan produksi pionirnya di segmen sport hybrid.
"Kami ingin fokus pada seberapa cepat bisa melebarkan (produk) hybrid kami," papar Honda President and Chief Executive Officer Takanobu Ito baru-baru ini, seperti dikutip AP.
No comments:
Post a Comment