Memang tidak banyak yang dipoles, tetapi cukup membuat penampilan New Camry (namanya berasal dari kata canmuri, dalam bahasa Jepang berarti mahkota) lebih dinamis tanpa mengorbankan kesan eksklusifnya.
Polesan paling kentara adalah lampu dan bumper depan, serta lampu belakang. Menurut Toyota, gril radiator berubah, tetapi tidak terlalu mencolok. Pada Camry baru, permukaan lampu depan lebih luas dan bentuknya berbeda dengan versi sebelumnya. Sedangkan bumper dan rumah lampu kabut benar-benar baru. Di samping itu, desain roda juga sedikit berbeda.
Di belakang, perubahan berarti bila dibandingkan dengan versi sebelumnya adalah lampu kombinasi. Kendati bentuknya masih sama dengan versi lama, posisi lampu putih atau lampu mundur pindah ke bawah. Di samping itu, juga ada tambahan dua lampu kecil merah pada bumper.
Khusus untuk tipe 3,5 Q, bagian belakangnya berbeda dengan 2,4. Pada tipe 3,5 Q digunakan dua lubang knalpot, sedangkan pada tipe 2,4 hanya satu. Dengan ini, penampilan Camry 3,5 Q lebih dinamis dan bergaya sporty dibandingkan versi 2,4.
Beda Ban. TAM memasarkan New Camry dalam tiga varian. Pertama dibedakan berdasarkan mesinnya. Versi standar menggunakan mesin 2,4 liter. Sedangkan yang paling mahal bermesin 3,5 liter. Versi 2,4 juga terdiri dari dua varian, yaitu 2400G dan 2400V. Sayang, detail perbedaan kedua varian terakhir tidak dijelaskan TAM. Perbedaan secara fisik, hanya ukuran ban yang digunakan. Jika 3,5 Q dan 2,4V menggunakan ban 215/55-R17, 2,4G ban, dan rodanya 215/60-14.
Menurut TAM, dari varian tersebut yang paling laris manis adalah Camry 2,4 liter. "Kita tidak mengira permintaan konsumen Indonesia terhadap Camry 2,4 liter sangat tinggi. Malah kita terlambat mengimpornya," jelas Johnny Darmawan, Presdir PT TAM.
Jok Pijat. Interior tidak banyak perubahan. Kendati demikian, ada fitur baru yaitu meter kombinasi atau panel instrumen dengan tri color optitron. Khusus untuk 3,5Q, kedua jok belakangnya bisa memijat (hanya untuk badan).
"Ini kelebihan baru Camry. Lexus hanya dilengkapi satu jok yang bisa memijat, namun mulai dari kepala sampai badan," beber Johnny Darmawan. Juga tambahan kantung pengaman samping dan vehicle stability control (VSC) dan sunroof untuk 3,5 Q.
Semua varian Camry dilengkapi dengan jack audio untuk iPod yang berada di konsol boks. Juga ada kontrol untuk audio, AC, dan jok yang dipasang di tengah jok belakang. Pada versi 3,5Q, kedua sandaran joknya malah dapat disetel kemiringannya. Sedangkan jok yang bisa memijat hanya untuk tipe 3,5Q.
Tambahan lainnya adalah penerangan interior dengan menggunakan lampu LED. Seperti mobil kelas atas lainnya, Camry juga dipoles dengan lapisan panel bernuasa kayu (wood panel) pada beberapa bagian, yaitu antara bagian atas setir dan tempat tongkat transmisi, door trim, bagian tengah dashboard kiri, dan list panel tombol kontrol belakang.
Spesifikasi New CamryDimensi (mm) | 3.5Q AT | 2.4V AT | 2.4G AT | |
Panjang | 4.825 | |||
Lebar | 1.820 | |||
Tinggi | 1.470 | |||
Jarak Poros Roda | 2.775 | |||
Mesin | 2GR-FE | 2AZ-FE | ||
Tipe | V6, 24 katup, DOHC, Dual VVT-i | 4 silinder, segaris, 16 katup, DOHC, VVT-i | ||
Kapasitas mesin | 3.456 cc | 2.362 cc | ||
Daya maks. | 277 PS @6.200 rpm | 167PS @6.000 rpm | ||
Torsi maks. | 25,3 kg-m @4.700 rpm | 22,8/4.000 rpm | ||
Sistem pasokan bahan bakar | Sistem injeksi elektronik | |||
Bahan bakar | Unleaded | |||
Kapasitas tangki | 70 liter | |||
Transmisi | Otomatik 6 kecepatan, sequential | Otomatis 5 kecepatan, sequential | ||
Suspensi | Depan | McPherson strut, per koil, stabiliser | ||
Belakang | Dual link strut, per koil, stabiliser | |||
Rem | Depan | Cakram berventilasi dengan ABS + EBD & BA | ||
Belakang | Cakram ABS + EBD & BA | |||
Ban: Depan & belakang | 215/55-R17 | 215/60-R16 |
No comments:
Post a Comment