Seiring rencana PT Ford Motor Indonesia (FMI) meluncurkan produk terbarunya, Fiesta, tahun ini, maka salah satu strategi untuk mendukung kesuksesan di pasar adalah menambah jaringan. Untuk itu, agen tunggal pemegang merek (ATPM) mobil Ford di Indonesia itu berencana menambah 10 unit dilernya pada 2009-2010.
Direktur Pemasaran FMI Davy Tulian menjelaskan, sejak 2008, pertumbuhan diler yang ditargetkan perusahaan mencapai 35 persen atau menjadi 40 diler dari sebelumnya 30. Masuk semester kedua 2009, akan diresmikan lagi tiga diler yang masing-masing berlokasi di Surabaya, Duri Pekanbaru, dan Bumi Serpong Damai.
"Sampai akhir tahun ini, total diler yang kami miliki mencapai 35 unit, tahun depan kita targetkan mencapai 40 unit. Satu unit diler diperlukan investasi sekitar Rp 15 miliar-Rp 25 miliar belum termasuk unit yang dipasok," paparnya di Jakarta, Kamis (13/8).
Berarti, FMI akan menginvestasikan dana sebesar Rp 250 miliar untuk 10 cabang baru. Penambahan itu dikarenakan mengembangnya segmen produk yang dimilikinya. Selama ini, FMI masih mengandalkan penjualan utamanya, Ford Ranger, untuk kebutuhan armada (fleet).
"Memang dengan masuknya Fiesta, kita semakin serius menggarap segmen passanger car. Untuk itu, saya turun sendiri, mekanik dilatih lagi, pelayanan, diler harus meningkatkan pelayanannya, dan lain-lain. Pokoknya kita sudah persiapkan lah," ungkapnya.
Fiesta rencananya akan diperkenalkan pada semester pertama tahun depan atau tiga bulan setelah Mazda 2 masuk pasar mobil nasional. PT Mazda Motor Indonesia (MMI) berencana meluncurkan Mazda 2 pada akhir tahun.
Fiesta telah berhasil mencatatkan prestasi penjualan di sejumlah wilayah di dunia. Sebut saja beberapa negara, seperti China, Australia, dan Afrika Selatan. Nah, apakah sukses tersebut bisa diikuti di Indonesia ?
No comments:
Post a Comment