17 February 2008

Fenomena Penjualan SUV di China, Penjualan Chery Tiggo Naik 10 Kali Lipat

Penjualan sebanyak 350 ribu unit per tahun dengan peningkatan pangsa pasar sebesar 60 % jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, merupakan bukti meningkatnya penjualan kendaraan di China dalam segmen Sport Utility Vehicle (SUV). Pasar SUV di negeri tirai bambu ini didominasi oleh Chery Tiggo3, Great Wall Hover, Honda CR-V dan Hyundai Tucson. Penjualan dari empat kendaraan ini meningkat tajam hingga empat kali lipat dalam tiga tahun belakangan ini (2005 sampai 2007).

Diantara keempat model di atas, penjualan Chery Tiggo3 meningkat dari 5.164 unit di tahun 2005 mencapai 50.980 unit pada tahun 2007. Oleh sebab itu, Tiggo menempati posisi pertama karena berhasil meningkatkan penjualannya hingga 10 kali lipat dalam tiga tahun terakhir ini. Sementara merek China lainnya yakni Great Wall Hover menempati posisi kedua dengan prestasi peningkatan penjualan hingga 6 kali lipat.

Sedangkan Hyundai Tucson berhasil menduduki posisi pertama di antara SUV produsen di luar China. Dengan lonjakan penjualan 5 kali lipat mulai 9.007 unit kendaraan di tahun 2005 hingga 44.729 unit pada tahun 2007. Kemudian, posisi kedua ditempati oleh Honda CR-V yang hanya mengalami lonjakan penjualan sebanyak dua kali lipat dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.