22 October 2009

Ini Dia Sedan Sport Mewah Pertama dari Lexus

Pameran mobil ke-41 Tokyo Motor Show atau TMS 2009 menjadi saksi sejarah langkah serius Lexus dalam mengembangkan mobil. Di hadapan ribuan wartawan dari mancanegara, Toyota Motor Corp memperkenalkan prototipe Lexus LFA.

LFA tergolong sedan sport mewah pertama Lexus yang akan diproduksi pada akhir 2010 dengan jumlah terbatas, hanya 500 unit. Penampilan kendaraan eksotis di area pamer Lexus bersamaan dengan sedan hybrid LF-Ch mempertegas Lexus sebagai penghasil mobil bercita rasa tinggi.

Itu bisa kita lihat dari kendaraan yang sudah dilahirkannya, termasuk Lexus LS 600Hl dan RX 450h yang dipajang di TMS. Melalui produk-produk yang diperkenalkan dalam pameran ini, Presiden dan CEO TMC Akio Toyoda menyebutkan bahwa Lexus begitu peduli terhadap konsumennya dengan memberi kenyamanan saat berkendara dan berada di depan karena kemampuan teknologinya.

Lexus LFA sendiri sudah ditampilkan dalam bentuk konsep pada Detroit Motor Show 2005. Pengembangannya sejalan dengan tim F1 Toyota sehingga mobil ini berani diklaim ultra-responsive dan memiliki kestabilan yang sangat tinggi.

Dibekali mesin V10 4,8 L dengan gerak roda belakang, Lexus LFA merupakan kombinasi hasil yang tinggi, dipadu rancangan yang indah, dan aerodinamika yang sempurna. Dengan demikian, ia mempunyai karakteristik putaran mesin yang tinggi. Bahkan, kecepatan maksimum bisa dicapai pada 325 km/jam.

Untuk menghentikan kecepatan setinggi itu, sistem penghenti laju dilengkapi bahan carbon ceramic. Akselerasi 0-100 km/jam ditempuh dalam 3,7 detik.

Kehadirannya bakal menjadi ancaman bagi para pesaingnya. Dari segi dimensi, panjang LFA 4.505 mm atau lebih pendek 5 inci dari Porsche 911. Namun, mobil ini memiliki sumbu roda 2.605 mm atau lebih panjang 9 inci dan mendekati ukuran Ferrari 430. Lebarnya pun tidak jauh beda dibanding Aston Martin DB9 dan Mercedes SL55.

Banyak kelebihan yang dimiliki Lexus LFA. Untuk dapur pacu, mobil ini menggunakan bahan gabungan aluminium alloy, magnesium, dengan titanium. Ukuran mesin lebih kecil dari ukuran konvensional V8.

Keunikan lain dari LFA, kabinnya 100 kg lebih ringan bila dikomparasi dengan bahan aluminium. Keringanan kabin sedan eksotik ini diperoleh berkat penggunaan bahan carbon fiber yang diperkuat dengan plastik (CFRP).

Soal harga, Lexus LFA kira-kira senilai 37 juta yen. Wajar jika harganya sebesar itu lantaran ia mengusung teknologi tinggi. Konon, Indonesia sudah mendapat jatah dan sudah ada peminat.

Mazda Perkenalkan Duo SUV, CX-7 dan CX-9 Berpenampilan Baru

PT Mazda Motor Indonesia atau MMI meluncurkan duo SUV, yaitu New CX-7 dan CX-9 yang diboyong utuh atau CBU langsung dari Jepang, hari ini. Kedua model tersebut adalah facelift dari versi sebelumnya.

CX-7
Perubahan pada eksterior adalah grill bumper depan berbentuk trapesium lima titik dengan ukuran lebih besar. Kini, pinggir grill bumper dilapisi krom.

Desain lampu kabut berubah. Begitu juga dengan velg. Adapun bumper belakang kini dilengkapi reflektor baru.

Pada interior, perubahan terjadi pada desain dasbor, panel instrumen, setir, panel tengah, door trim, dan beberapa detail lainnya.

SUV ini menggunakan mesin 2,3 liter dengan sistem injeksi langsung plus turbocharger. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 175 kW (238 PS) @5.000 rpm dan momen puntir 350 Nm (35,7) @2.500 rpm.

CX-7 ditawarkan dalam dua varian, R dan GT. Keduanya hanya berbeda pada kelengkapan fiturnya. Masing-masing ditawarkan dengan harga Rp 520 juta dan Rp 580 juta on the road (OTR) untuk Jakarta dan sekitarnya.

Harga tersebut lebih murah dibandingkan versi sebelumnya (dibanderol Rp 597 juta). Penyebabnya, CX-7 baru menggunakan sistem gerak 4 x 2, sementara sebelumnya 4 x 4.

CX-9
Pada model ini terjadi perubahan desain kaca spion menjadi lebih ramping. Di samping itu, lampu depan menggunakan Xenon. Juga ada perubahan pada lampu belakang dan dua ujung knalpot berbentuk trapesium berlapis krom.

Interior tidak banyak mengalami perubahan. Hanya, konsol tengah tampil dengan desain baru.

Sumber penggerak berasal dari mesin dengan kapasitas lebih besar, yaitu 3,7 liter, V6, DOHC, 24 katup dengan sequential valve timing (S-VT). Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 204 kW (277 PS) @6.250 rpm dan torsi maksimum 367 Nm (37,4) @4.250 rpm.

SUV 5 + 2 ini dibanderol Rp 800 juta OTR untuk Jakarta dan sekitarnya.

Pilihan warna terdiri dari copper red mica, radiant ebony mica, aluminium metalic, sparkling black mica, dan crystal white pearl mica. Adapun untuk interior, pilihan warna terdiri dari hitam dan sand beige.

Menurut Presiden Direktur MMI Yoshiya Horigome, sejak kedua SUV-nya diperkenalkan di Indonesia pada 2007, masing-masing telah terjual 250 unit (CX-7) dan 150 unit (CX-9).