02 April 2008

New Corolla Altis 1.800 CC

Setelah lama ditunggu-tunggu, akhirnya datang juga. Banyak orang yang sudah menunggu-nunggu sedan Toyota di kelas antara 1.500 cc hingga 2.000 cc. Untuk kelas 1.500 cc sudah ada sedan New VIOS, sedangkan kelas di atasnya adalah sedan New Camry 2.400 cc. Dua tipe sedan tersebut sudah keluar versi terbaru pada tahun 2007 yang lalu.

Sedan Corolla Altis bisa menjadi pilihan saat itu (tahun 2007). Sayangnya yang ada di pasaran adalah Corolla Altis generasi ke-9 yang mulai diproduksi tahun 2001. Artinya sudah sekitar 6 tahun, Corolla tidak mengeluarkan generasi yang baru. Rupanya harapan banyak orang baru terpenuhi tahun 2008 ini.

Tepat bulan Februari 2008 ini, Toyota akhirnya meluncurkan Corolla Altis generasi terakhir (ke-10 atau X-Gen). Mobil anyar ini dikemas dengan tagline "The Real Star" atau Bintang yang Sebenarnya.

Dibandingkan generasi terdahulu, dari sisi luar mobil ini sudah menampilkan perbedaan yang bermakna. Jika sebelumnya Corolla Altis keluar dengan bodi yang mulus berisi (montok), sekarang ini tampak lekukan/guratan manis layaknya urat-urat (nadi) yang menonjol di antara otot pada mereka yang senang berolahraga. Manis dan kekar tetapi tetap sensual.

Ciri khas ini menurut Toyota akan menjadi ciri khas sedan-sedan Toyota masa depan. Diharapkan -meskipun hanya dengan melihat sekilas- setiap orang sudah bisa langsung mengenali sedan ini keluaran Toyota.

Melongok ke kabin mobil, dashboard dan kemudi dibalut dengan corak kayu (wood) menambah kemewahan sedan ini. Yang unik, meniru tipe Vios, Yaris dan Camry terbaru, mobil ini menggunakan Smart Entry & Start. Tidak perlu kunci konvesional agar bisa membuka pintu mobil. Letakkan tangan Anda di handel/gagang pintu mobil, otomatis mobil akan mengenali Anda dan kunci terbuka. Tinggal ditarik saja pegangan pintunya untuk memasuki ruangan dalam mobil yang nyaman dan senyap.
Begitu pula untuk meng-start mobil, cukup menekan tombol start.


Keamanan tidak hanya milik mereka yang berada dalam mobil
Sudah menjadi standar bagi mobil-mobil sekelasnya, tersedia fasilitas keamanan seperti: ABS (anti-lock braking system), Dual SRS Airbags System, sensor belakang dan depan (mempermudah parkir). Namun mobil ini mempunyai kelebihan dibandingkan itu.

Jika kita memperhatikan dengan lebih teliti design mobil yang unik ini, maka bisa disimpulkan bahwa Toyota dengan mobil ini tidak hanya memperhatikan keamanan penumpang mobil semata, melainkan memperhatikan dan peduli kepada mereka yang -kurang beruntung- bersenggolan dengan mobil ini. Tuk..tuk...tuk... jangan sampe dech.

Orang -yang kurang beruntung- tertabrak atau tersenggol mobil ini, kemungkinan besar tidak akan tersungkur/terjungkal ke depan/jalanan/aspal/beton melainkan terlempar ke arah mobil dan mendarat di hidung mobil. Mengantisipasi hal ini, hidung mobil New Corolla Altis (tempat mendarat orang yang malang tersebut) dibuat se'user/victym friendly" mungkin. Tidak ada satupun sudut yang membahayakan (tajam atau menonjol) di permukaan hidung sedan ini. Bahkan saluran untuk menyemprot air ke kaca depan mobilpun tidak tampak (tersembunyi di dalam). Benar-benar tempat yang "nyaman" untuk mendarat, meskipun sangat diharapkan tidak akan terjadi kecelakaan.

Drive Safely-lah.

Berbicara mengenai pembersih kaca, ternyata mobil ini memiliki sensor air hujan di kaca depan. Dengan demikian jika kaca sudah basah, maka secara otomatis wiper akan bergerak. Kalau kering, wiper akan berhenti. Ini menjawab permintaan pengendara yang sering merasa sebel harus menghidupkan dan matikan wiper saat hujan rintik2.

Satu-satunya nilai negatif yang penulis rasakan setelah meng-explore New Corolla Altis, adalah sistem autolock pintu.

Umumnya -seperti Kijang- pintu akan mengelock sendiri setelah mobil berjalan dengan kecepatan 20km (dari awal start). Namun sama seperti New Vios, pintu pengendara tidak ada fasilitas autolock tersebut. Menurut pihak Toyota hal ini disebabkan karena mobil ini sudah standar seluruh dunia, di mana pengendara di pelbagai negara tidak menyukai feature autolock ini.

Dua Andalan Baru Honda

PT Honda Prospect Motor (HPM), berniat memacu penjualannya. Lihat saja, pihaknya berancang-ancang mengeluarkan dua produk. Pertama, Honda Stream yang dirombak tampangnya. Berikutnya, Honda Jazz berkapasitas 1.500 cc. "Rencananya kami luncurkan pada kuartal pertama tahun ini," ungkap Jonfis Fandy, general manager marketing HPM.

Meski begitu, untuk menggebrak pasar, Stream bakal lebih dulu muncul. Ada beberapa perubahan signifikan yang dilakukan HPM. Utamanya dari tampang luar yang mirip dengan spesifikasi Stream Jepang.

Mobil 7 tempat duduknya yang bakal dilaunch akhir bulan ini, punya lampu mirip dengan Honda Jazz. Sementara gril tak lagi dihiasi dengan aneka garis. Selain itu, bumper depan juga dibuat lebih sangar, lantaran ada penambahan spoiler.

Kalau melihat di bagian belakang, Stream juga mengalami perombakan. Jika model sebelumnya rangkaian lampu rem terlihat samar-samar pembagiannya, kini lebih tegas lagi. Juga letak dua lampu mundur dirapatkan tepat di sebelah pelat nomor. "Lampu belakang bagian atas juga lebih menonjol," urai Jonfis.

Soal banderol, Jonfis belum mengungkapkan secara pasti. Ia hanya memberi patokan, atas perubahan tampang ini, Stream akan dipatok di atas harga yang sekarang beredar. Saat ini HPM memberi harga on the road Stream versi 2.0 Tiptronic Rp 236 juta. Sedangkan yang bertransmisi otomatis Rp 204,5 juta. Sementara tipe manual dilepas Rp 193,3 juta.

Lantas bagaimana dengan Honda Jazz? Mobil bertubuh mungil itu akan didatangkan HPM dari Thailand. Meski sudah banyak beredar di Indonesia melalui 'tangan' importir umum (dengan nama Honda Fit), menurut Jonfis ada beberapa spesifikasi yang berbeda. "Seperti radiator yang sudah disesuaikan kondisi di sini."

Ia juga menyebutkan kalau electronic control unit yang dipakai, settingannya juga sudah disesuaikan dengan bahan bakar lokal. "Mesinnya sama dengan New City (i-DSi)," lanjutnya.

Begitupun dengan transmisi. Jazz dibekali pemindah gigi buatan lokal dengan dua tipe: otomatis dan manual. "Asalnya dari pabrik kami di Karawang," tutur Jonfis.

Harga? Lagi-lagi Jonfis tak mau menyebutkan secara pasti. Ia hanya memberi ancar-ancar dalam kondisi off the road. Tipe manual dipatok pada Rp 120 juta, sementara otomatis Rp 130 juta.

Meski rencananya pihak HPM baru meluncurkan sebelum bulan Maret tahun ini, toh hasil pengamatan OTOMOTIF, mobil itu sudah bisa diinden. "Kalau mau, uang mukanya Rp 20 juta," sebut Muljadi, director PT Istana Kebayoran Raya Motor, showroom Honda di Jaksel.

Mengintip Kendaraan Yang Hilang

BANYAK faktor yang dapat mendorong lahirnya sebuah teknologi. Misalnya faktor keinginan mendapatkan rasa aman dan perlindungan properti pribadi. Kedua hal itulah yang agaknya mendasari munculnya sebuah teknologi pelacakan barang bergerak, seperti kendaraan pribadi.

Semuanya itu bisa tercapai dengan bantuan teknologi satelit, yang akan memberitahukan posisi kendaraan kita ada di mana. Namun, karena peranti yang bisa mengirimkan sinyal lewat satelit itu mahal, maka diperlukan suatu alat penghubung. Maka, lahirlah suatu perpaduan teknologi Global Positioning System (GPS) melalui satelit dengan teknologi Global System for Mobile Communication (GSM). Sinyal GPS ini dipancarkan melalui satelit, sedangkan sinyal GSM itu dipancarkan melalui menara pemancar seluler. Fungsi dari menara pemancar seluler ini adalah sebagai sarana penghubung antara satelit dan objek yang akan dipantau.

Saat ini, akurasi ketepatan lokasi yang dipantau dengan teknologi GPS bisa mencapai 1-300 meter. Semuanya itu, tergantung dari peranti lunak yang dipergunakan. Saat ini, di Jakarta setidaknya ada dua operator yang menjual jasa untuk pemantauan kendaraan, yaitu InfoTrack (PT Infoasia Teknologi Global Tbk) dan Vi-Track (PT Garansindo Inter Global).

Vi-Track yang merupakan singkatan dari Vehicle Interactive Tracking System ini merupakan sebuah sistem berbasiskan teknologi GSM dan GPS untuk pelacakan kendaraan.

Namum, Vi-Track berfungsi sebagai pelacak (tracking), bukan navigasi. Jadi, bentuknya bukan berupa peta dengan alasan peta bisa mengganggu konsentrasi pengemudi. Tiap mobil yang memasangnya hanya dilengkapi sebuah tombol untuk menghubungi operator Vi-Track.

Menurut Turia Fitriani Helmi, General Manager Vi-Track, teknologi produknya mencakup empat kategori fungsi yaitu pemantauan, keamanan, komunikasi, dan layanan. Masing-masing fungsi diberi nama seperti Vi-Track Vision (memantau posisi dan kecepatan kendaraan), Vi-Track Secure (melacak dan mematikan mesin kendaraan dari jarak jauh), dan Vi-Track Phone (telepon genggam dalam mobil).

Selain itu, ada Vi-Track Directory (informasi fasilitas umum dan
sosial), Vi-Track Lock Control (pembuka kunci pintu mobil dari jarak jauh), dan Vi-Track Geo-Fencing (pembatasan wilayah tertentu yang bisa dimasuki kendaraan). Penggunaan Vi-Track GTS (GPS Tracking Set) ini juga didukung pelayanan terpadu VIA (Vi-Track Interactive Assistant) 24 jam nonstop.

Helmi mencontohkan pemakaian Vi-Track untuk fungsi pemantauan yaitu pengemudi tinggal menelepon ke operator lewat Vi-Track Phone jika ingin mengetahui sebuah lokasi. Operator lalu membimbing secara online hingga tiba di lokasi. Komunikasi ini tidak terbatas hanya bagi pengguna kartu IM3, tapi juga dapat dilakukan lewat kartu seluler lain dan telepon tetap.

Sedangkan fungsi keamanan diberikan lewat pemasangan tombol darurat (panic button). Tombol yang terhubung ke operator ini tidak akan berbunyi jika ditekan. Kegunaannya misalnya jika pengemudi dirampok karena tombol itu bisa membuat operator segera menghubungi polisi tanpa diketahui pelaku kejahatan.

Vi-Track juga mengamankan kendaraan dalam bentuk lain. Jika mobil hilang karena dicuri, pemiliknya tinggal menghubungi operator supaya mesin mobil dimatikan. Mobil mogok ini tidak dapat dinyalakan lagi sehingga kemungkinan besar segera ditinggalkan pencurinya. Selanjutnya, lewat peta digital, operator dapat memberi tahu lokasi terakhir mobil kepada pemiliknya.

Sedangkan fungsi membuka pintu berguna jika pengguna Vi-Track mengalami masalah seperti kunci kendaraan tertinggal di dalam atau hilang. Supaya yakin bahwa yang menghubungi operator benar-benar pemilik kendaraan yang sah, ada password yang harus diberikan.

"Operator juga bisa mengetahui posisi dan menghubungi pengemudi lewat speaker. Panduan arah jalan hingga lokasi pom bensin, polisi diberikan dari speaker tersebut," kata Helmi.

Penggunaan sinyal satelit
Fungsi-fungsi tadi bisa dilakukan antara lain karena memanfaatkan sinyal satelit GPS dan teknologi GSM. Di setiap perangkatnya memang disediakan kartu yang terhubung ke Indosat M3 sebagai penyedia operator selulernya.

Sama seperti alarm mobil, perangkat Vi-Track diletakkan dalam kendaraan secara tersembunyi. Tujuannya tentu supaya penjahat tidak bisa memutuskan alur kabel perangkat. Pemasangannya hanya bisa dilakukan teknisi Vi-Track dalam waktu sekitar satu jam.

Sebelum diperkenalkan kepada masyarakat, produk Vi-Track sendiri sudah diteliti sejak 1999. Pada 2002 hingga sekarang perangkatnya telah dipergunakan beberapa perusahaan lokal seperti perusahaan minyak, alat pengangkutan, dan jasa kurir. Garansindo menargetkan bisa menjual hingga 50 ribu unit perangkat untuk tahun 2003 ini.

Untuk menjadi pelanggan Vi-Track, orang harus membeli satu set Vi-Track GTS seharga Rp2.727.000 ditambah iuran tahunan sebesar Rp1.086.800. Tapi, biaya tersebut tidak termasuk penggunaan fasilitas telepon GSM IM3 yang ada di dalamnya.

Media beserta dua wartawan lain sempat diajak pihak Garansindo mencoba kendaraan yang sudah dipasangi Vi-Track. Saat menghubungi operator Vi-Track, mereka bisa mengetahui secara tepat lokasi kendaraan yang sedang meluncur di kawasan Mega Kuningan.

Beberapa perintah juga dilakukan operator seperti membuka kunci pintu kendaraan dan mematikan mesin dari jarak jauh. Saat mesin mati, mobil tidak bisa dinyalakan lagi dan harus menunggu pengaktifan dari operator.

Masalah jangkauan GSM
Pengamat multimedia Roy Suryo yang hadir dalam peluncuran Vi-Track pekan lalu, di Jakarta, menilai perangkat model ini memang sudah lama ditunggu mengingat banyaknya pencurian mobil terjadi. Harganya juga tidak seberapa jika melihat ada yang bisa memasang sistem audio mobil
berharga ratusan juta.

Namun Roy mengkritisi penggunaan teknologi GSM dalam Vi-Track karena GSM memiliki keterbatasan. Misalnya ada pencuri yang pandai sehingga mobil lalu dimasukkan ke ruangan bawah tanah. Akibatnya, mobil tidak bisa terjangkau sinyal GSM atau satelit. "Lalu untuk pelacakan kendaraan, ada baiknya perangkat ini juga dihubungkan ke kamera DLLAJR yang ada di persimpangan jalan supaya lebih tepat," kata dosen UGM ini.

Helmi mengakui sinyal satelit lewat GPS memang memiliki kelemahan. Antisipasinya pada Vi-Track dipasangi buffer memory yaitu memori untuk mengingat sinyal yang terus dipancarkan satelit ke mobil. Data sinyal yang dikirimkan dalam interval lima menit ini disebut bisa bertahan hingga 13 bulan. Kegunaan data yaitu untuk memberi tahu lokasi terakhir kendaraan.

Masalah lainnya terkait dengan pemilihan IM3 sebagai operator telekomunikasi mengingat cakupannya yang belum terlalu luas. Namun, I Made Harta Wijaya sebagai General Manager Product Development IM3 menyatakan pihaknya sudah bekerja sama dengan operator lain yaitu Satelindo.

Kiat Merawat Paru-Paru Mesin Kendaraan Anda

Saringan udara atu dikenal dengan sebutan Air Filter merupakan paru-paru mesin kendaraan Anda, yang berfungsi menyaring dan membuang debu dari udara yang masuk dan mengalirkan udara yang bersih ke mesin, karena saringan udara merupakan suatu bagian yang sangat penting, maka perlu dibersihkan dan diganti secara teratur untuk menjaga kondisi yang prima kendaraan Anda.

Pada umumnya, dalam mobil terdapat dua jenis saringan udara yang berfungsi menyaring udara untuk keperluan optimasi sistem pembakaran dan satu lagi yang berfungsi dalam rangkaian sistem pendingin kabin (AC).


Saringan udara yang terletak pada bagian atas karburator (atau ujung sistem injeksi) fungsi utamanya adalah untuk menghilangkan debu dan kotoran yang terdapat pada udara yang masuk ke karburator/injeksi atau silinder mesin.


Sedang saringan udara pada rangkaian sistem blower AC diperlukan untuk menyaring udara luar yang bakal masuk ke kabin untuk sirkulasi udara dan menggantinya dengan udara dingin. Saringan udara yang berkaitan dengan sistem pengapian memiliki tiga fungsi penting lain, yaitu:


1. Membersihkan udara yang masuk ke mesin dengan saluran keluar penyaring dan partikel lain yang dapat merusakkan komponen dalam mesin.

2. Mencegah nyala api dari mesin atau pada saat terjadi proses penyalaan kembali.

3. Mengurangi kebisingan dari udara yang masuk ke karburator atau saluran isap.


Karena pentingnya fungsi saringan udara, maka perawatan seksama terhadap komponen ini menjadi keharusan yang tak bisa dihindari. Meskipun dibersihkan secara rutin, saringan udara memiliki batas ambang pemakaian sehingga pengantian dalam waktu tertentu tetap harus dilakukan. Tak ada salahnya merawat saringan udara mobil Anda sendiri dengan beberapa upaya berikut:


- Periksalah elemen saringan udara secara rutin untuk mengetahui apakah ada kerusakan atau kondisinya amat kotor, sehingga harus diganti. Pemeriksaan mudah dilakukan dengan hanya membuka penutup dan cabut saringannya perlahan. Umumnya saringan udara untuk AC terletak pada tempat tersembunyi dan pencopotannya harus dilakukan lebih hati-hati.


- Bersihkan saringan udara dengan menyemprotkan angin kompresi dengan tekanan rendah dan ditiupkan dari arah dalam ke luar. Ulangi beberapa kali hingga tak lagi keluar debu dari bagian ini. Bila terlampau kotor, komponen itu bisa saja dicuci dengan larutan pembersih dan keringkan, sampai benar-benar kering, sebelum dipasang kembali.


- Setelah itu, periksa tutup saringan udara dan rumah saringannya dari kemungkinan adanya perubahan bentuk atau kerusakan. Wadah saringan udara juga umumnya mengalami penumpukan debu atau basah karena sisa minyak pelumas. Bersihkan bagian ini hingga benar-benar bersih dan kering.


- Setelah membersihkan, bila perlu memperbaiki bentuk penutup saringan udara dan membersihkan wadah komponen tersebut, pekerjaan terakhir adalah kembali memasangnya secara benar. Pasangkan saringan udara seperti posisi semula. Jangan pernah terbalik karena akan berarti membuat komponen tersebut tidak berfungsi sebagai penyaring.


Gantilah saringan udara setiap 20.000 km!

Kenali Suara Mobil 'Sakit' dari Bunyinya

Mobil yang sehat, suara mesinnya akan terdengar halus. Jika anda mulai mendengar bunyi-bunyian aneh yang bersumber pada mesin, coba periksa. Karena bunyi pada mesin tersebut, merupakan tanda adanya kerusakan pada bagian tersebut seperti berikut ini:
1. Suara klik-klik yang teratur. Penyebabnya : pergerakan katup. Untuk perbaikan : lakukan pengesetan celah bebas katup ke bengkel.

2. Suara dentingan pada saat ada beban atau putaran dipercepat. Penyebabnya : bensin beroktan rendah, endapan karbon, waktu penyalaan yang terlalu cepat. Untuk perbaikan : ganti bensin dengan oktan lebih tinggi, bersihkan endapan karbon dan set waktu penyalaan dengan benar.

3. Suara ketokan atau dentaman yang pelan saat piston naik. Penyebabnya : bantalan di piston aus, kesalahan pemasangan batang piston, kurang oli.

4. Suara ketokan logam dua kali terdengar saat mesin tanpa beban. Penyebabnya : pin piston sudah aus atau longgar.

5. Suara bergetar sewaktu percepatan. Penyebabnya : ring piston atau dinding silinder sudah aus atau patah, tegangan ring piston rendah.

6. Suara berdecit-decit yang singkat di kepala silinder. Penyebabnya : piston menggores dinding silinder, badan piston patah, kesalahan pemasangan batang piston, kurang oli.

7. Suara ketokan antar logam berdentam (saat mesin mendapat beban atau dipercepat). Jika deraunya teratur, bantalan luncur poros engkol sudah aus. Jika deraunya tak teratur dan tajam, bantalan duduk (thrust bearing) sudah aus.

So, jika Anda mulai mendegar bunyi-bunyi 'sakit' tersebut pada mobil kesayangan Anda, segera kunjungi bengkel langganan sebelum 'sakitnya'makin menggangu kenyamanan Anda berkendara.

Tips-tips bagi pengendara di Lampu Merah

* Jika menemui prempatan upayakan tepat didepan
lampu perlintasan, posisi lampu dalam
keadaan hijau. Perlambatlah mobil Anda, sedemikian
sehingga Anda dapat mengamati
lingkungan sekitar Anda, sembari mencari posisi ke
tengah. JANGAN AMBIL POSISI PALING
KIRI, atau PALING KANAN. Kawanan Tukang-tukang
rampok biasanya banyak tersebar di
sebelah pinggir kiri, atau disebelah pinggir kanan
jalan. Pastikan semua pintu Anda
terkuunci dan Kaca Jendela tertutup rapat.


* Jika Anda terpaksa berhenti karena Lampu sedang
Merah, maka berhentilah pada jalur
PALING TENGAH. Inilah jalur paling aman. Sediakan
Jarak kosong +/- 2 meter
dengan mobil di depan anda. JANGAN PEPETKAN MOBIL
ANDA KE MOBIL DEPAN! Ruang
kosong itu akan berguna nantinya, jika ada
perampok, tukang dongkel spion, dsb, Anda
dapat maju dan mundur, dan menjepit posisi para
perampok tersebut. Posisi mobil yang
paling bagus adalah jika sebalah kiri dan kanan
Anda adalah mobil Bus / Truk
(panjang) dan didepan Anda ada ruang kosong +/- 2
meter. Para perampok sangat tidak suka
dengan posisi mobil seperti itu.
Jika sebelah kiri dan kanan Anda adalah Bis, dan
didepan Anda sediakanRuang kosong,
biasanya perampok akan ragu mendekati modil Anda,
sebab jika dia melakukan
aksi di sebelah kiri atau kanan, Anda dapat maju
dan "menjepit" dia ke Bus.
Jika dia beraksi dari Depan, anda dapat menabrak
dia, dan "menjepit" dia ke mobil yang
didepan. Atau Anda dapat maju-mundur untuk
menggertak, karena Anda punya ruang kosong.


* Jangan pernah membuka kaca jendela Anda. Jika
Anda ingin memberi uang pengamen dll, di
perempatan lampu merah, pastikan pada saat itu mobil
anda dalam keadaan Jalan.


* Jika ada pengamen bernyanyi dekat Anda, maka
perhatikan posisi gitarnya.
Jika ujung gitar ditempelkan / dekat sekali dengan
kaca jendela Anda maka,
hati-hatilah. Begitu Anda membuka kaca sedikit
saja, ujung gitar tersebut akan didorong
dengan kuat ke dalam mobil Anda. Ciri-ciri lain
adalah, MATA pengamen tersebut
terfokus / liar ke dalam mobil seperti sedang
memperhatikan barang-barang didalam
mobil. Maka hati-hatilah, karena ini bukan
pengamen.


* Jangan meletakkan Handphone diatas tempat yang
kelihatan dari luar mobil. Jangan
meletakkan tas wanita diatas panggkuan, letakkan
ditempat yang tertutup yang tidak
kelihatan. Demikian juga letakkan dompet ditempat
yang tidak terlihat.
Dompet, tas wanita, handphone adalah benda-benda
yang menjadi incaran pertama perampok dan
pencopet. Jangan biarkan uang-uang kertas berserakan
dimobil Anda.


* Jangan membeli barang-barang yang dijajakan di
Lampu merah.


* Jika Anda di prempatan Lampu Merah dan HP anda
berbunyi, matikan
HP dan simpat ditempat yang tidak terlihat.
Gunakan HP sewaktu menyetir kendaraan
ditempat-tempat yang aman, seperti di Jalan TOL.


* Tidak ada salahnya berjaga-jaga dengan membawa
barang-barang yang bisa
disemprotkan dan diletakkan dibawah korsi supir
sebelah kanan. Ada orang yg
mengatakan: "Sediakan Penyegar Udara Semprot
(aerosol) di kanan bawah kursi supir. Dapat
digunakan untuk menyergarkan mobil Anda, dan tentu
saja dapat anda semprotkan ke
orang manakala Anda terdesak!".


* Berhati-hatilah sepanjang prempatan (dibawah Tol)
Tg. Priuk s/d Cawang.
Terutama di prempatan Coca-Cola dan prempatan
Cawang, dan didepan UKI. Juga di
depan putaran CitraLand (Jakarta Barat).


* Jangan lupa berdo'a dan meminta pertolongan kepada
Tuhan, sesuai agama dan kepercayaan Anda!

SELAMAT BERKENDARAAN!

"Ingat kejahatan terjadi bukan saja karena ada niat dari
pelaku dan juga bukan saja karena adanya kesempatan dari korban, tapi
kejahatan terjadi karena seringnya di rekontruksi di TV"

Carburator

Masalah yang sering terjadi pada karburator dikarenakan adanya kotoran-kotoran dari bahan bakar yang masuk sehingga penyaluran bensin melalui spuyer tidak sempurna. Untuk perbaikannya, karburator harus diservis. Biasanya, bagian-bagian yang tersumbat harus disemprot.

Penyemprotan di bagian yang tersumbat dilakukan dengan menggunakan minyak tanah. Jika disemprot dengan minyak tanah, bagian yang telah disemprot akan ketahuan apakah sudah bersih atau belum.

Selain dari kotoran dari bahan bakar, kerusakan karburator biasanya pada bagian injeksi pump dan jarum pelampung. Untuk injeksi pump, kerusakan terjadi pada karet yang telah mengeras "termakan usia" sehingga fungsinya tidak berjalan sempurna.

Sementara itu, jarum pelampung rusak akibat tekanan bensin yang cukup tinggi yang menyebabkan karet yang ada di ujung jarum menjadi tidak rata. Yang akhirnya, karburator akan sering "banjir" sebab jarum pelampungnya tidak menutup dengan sempurna. Untuk perbaikannya, karet-karet tersebut harus diganti dengan yang baru.

Perbaikan karburator kendaraan yang paling sulit biasanya pada mobil-mobil buatan Eropa seperti Mercy, BMW, dan yang lainnya. Kesulitannya terletak pada stelan angin karena untuk mobil-mobil Eropa memiliki 2 stelan angin. Penyetelan pada kedua bagian tersebut harus benar-benar pas dan memerlukan ketelitian.

Teknologi Perangkat Keselamatan, Mengemudi Jadi Lebih Aman

Perangkat keselamatan yang terdapat pada mobil sangat penting fungsinya bagi pengemudi dan penumpang. Disamping perangkat keselamatan yang standard ada di setiap mobil seperti rem dan sabuk pengaman, karena kemajuan tehnologi perangkat keselamatan tersebut telah dikembangkan oleh beberapa pabrikan merek mobil diantaranya :
Anti-lock Braking System (ABS)

Teknologi ini berguna untuk mencegah terjadinya efek mengunci pada perangkat rem tatkala menginjak pedal secara mendadak. Sehingga mobil terhindar dari kemungkinan selip akibat efek gaya dorong kendaraan yang menjauhi titik pusat (sentrifugal). Caranya adalah dengan sensor yang memberikan input atau kontrol, kapan roda harus berhenti dan kapan roda harus berputar. Jadi ketika kendaraan di rem, roda tidak terkunci dan pengemudi masih tetap bisa mengendalikan kendaraan tersebut.

Air Bag (kantong udara)

Adalah teknologi kantong udara untuk menahan penumpang bagian depan ketika tabrakan terjadi. Biasanya Air Bag tersimpan di lingkaran dalam roda stir dan dashboard. Teknologi Air Bag ini diklaim sebagai teknologi yang lebih canggih daripada seatbelt atau sabuk pengaman karena Air Bag bukan sekedar menahan dengan cara mengikat penumpang ke kursi tapi menjadi bantalan yang terkembang di depan wajah si penumpang tepat saat terjadi tabrakan sehingga langsung menahan benturan ke dashboard dan kaca depan.

Electronic Brake Distribution (EBD)

Yaitu system pengereman untuk menghindari terkuncinya keempat roda saat mengerem mendadak. EBD mendistribusikan secara otomatis kekuatan pengereman antara roda depan dan belakang secara elektronik sehingga pengereman di segala kondisi bisa dimaksimalkan.

Agar Tak Bosan Bila Macet

Car entertainment nyaris jadi kebutuhan primer di Jakarta, ketika penglaju (commuter) dihadapkan kemacetan sepanjang perjalanan. Sungguh, hiburan audio video ini jadi obat mujarab mengusir bosan.

Ada banyak ragam yang ditawarkan masing-masing merk dengan fitur dan harga bervariasi. Demikian pula kualitasnya, tergantung seberapa dalam Anda merogoh kantong. Walaupun secara umum, semakin bagus kualitas barang, semakin mahal tapi harga mahal tidak mencerminkan kualitas.


Sebelum melangkah, ada baiknya ditentukan dulu sistem hiburan seperti apa yang di inginkan. Apakah ingin mendapat hiburan dengan kualitas audio yang baik, atau mementingkan video atau televisi. Juga diperhatikan pula, siapa yang akan menikmati, orang dewasa atau anak-anak.


Ada beberapa patokan sederhana untuk mendapatkan sistem car entertainment yang bisa memuaskan, seperti disarikan Lin In Ho, SE, marketing manager Paragon Mobile Entertainment System.


1. Mintalah penawaran dari beberapa penyedia sesuai range budget yang Anda sediakan. Bandingkan fitur, harga dan peforma masing-masing. Baca pula artikel-artikel yang mengkaji model-model baru. Advis dari teman juga banyak membantu.


2. Pilihlah toko spesialis atau agen resmi. Barangkali harga lebih mahal, tapi kualitas yang diberikan lebih terjamin.


3. Pilih instalatur dengan repuasi yang baik. Mendapatkan kualitas audio dan video yang baik butuh keahilan, pengalaman dan kesabaran merangkai kabel.


4. Pastikan ada garansi. Biasanya untuk barang elektronik garansinya setahun.


Rentang harga sebuah sistem mungkin tidak terbatas. Tapi untuk pemula mungkin bisa mulai dari yang ekonomis tapi fungsional.


Sistem yang paling sederhana dan terjangkau adalah sistem portable yang sudah termasuk monitor kecil. Untuk menikmatiknya, cukup diikat diantara kursi depan atau di sandaran kepala kursi depan. Power diambil dari socket 12 volt. Bagi kebanyakan orang, sistem ini sudah cukup menghibur, apalagi anak-anak. Harga yang ditawarkan, termasuk instalasi berkisar Rp3 juta - Rp8 juta.


Dengan fasilitas ini, sudah bisa mendapat monitor kecil berukuran 5.6 inch yang biasa menangkap saluran TV (plus antene) atau menyaksikan film dari VCD. Karena namanya portable, ya bisa dijinjing masuk rumah bila tidak dipakai lagi di mobil.


Diatas strata portable, adalah sistem yang dipasang fixed dalam mobil. Ini butuh orang dengan keahlian khusus untuk memasang komponen-komponen sistem. Walaupun pemasangannya harus berdasarkan kaidah-kaidah tertentu, tapi masih tersedia ruang improvisasi. Posisi pemasangan monitor bisa lebih bebas, di langit-langit, di dashboard, di console box bahkan kabarnya bisa sembunyi di balik sun visor.


Car entertainment tidak hanya menawarkan film-film dari VCD/DVD tapi juga siaran TV �dengan antenna tambahan-, radio, lagu-lagu dari MP3, yang bisa juga untuk karaoke. Bahkan anak-anak bisa memboyong perangkat PlayStation ataupun Nitendo. Untuk mendapatkan itu semua, sediakan dana bervariasi mulai dari Rp 4 juta - Rp 18 juta.


Strata tertinggi barangkali apa yang disebut multimedia station. Dengan sistem ini Anda bisa menyisipkan DVD pada in-dash player, menyetel MP3 Audio, mengatur DVD charger, dan fungsi-fungsi lain dari dashboard. Anda bisa menyandingkan dan memadukan aneka komponen untuk mendapatkan sistem sesuai selera. Tentu saja soal harga sangat fleksibel.


Sistem ini juga memungkinkan masing-masing penumpang untuk mendapatkan jenis hiburannya sendiri-sendiri. Misalnya, seorang demen bermain game, lainnya ingin mendengarkan musik atau berkaraoke. Tentu saja dibutuhkan lebih dari satu monitor.


Monitor yang biasa digunakan dimobil ukurannya beragam, mulai 5 � 18 inch dan dibuat dari liquid crystal. Dengan permukaan layar yang datar, semakin besar ukuran, harga meningkat drastis. Memang direkomendasikan memasang monitor diluar area pandang pengemudi, meskipun sejumlah pengemudi mengaku tidak ada masalah ketika penumpangnya menyaksikan film lewat in-dash monitor.


Ada satu tip sederhana, jangan tertipu penampilan. Tampilan yang wah belum tentu kualitas dan peformanya wah juga. Yang pasti Anda harus membayar lebih mahal.

Tips Beli Mobil Bekas

Pengalaman jadi appraisal MobKas di perusahaan otomotif terkemuka, ada sedikit tips beli mobkas :

1. Cek Surat-surat BPKB, STNK, FAKTUR coz pengalaman ketemu ama faktur palsu mobil Toyota kelihatan pada bentuk huruf "S" yang susah di "PALSU".
2. Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin, cocokkan dengan BPKB dan STNK
3. Untuk Body, taruh mobil di tempat terbuka, lihat kondisi mobil, miring or gak klo miring bisa di pastikan mobil rusak suspensi ato lebh parah tuh mobil pernah nabrak n chasis gak center lg
4. cek sambungan plat dari tiap2 pintu, kap mesin, bagasi. (tips: tiap mobil kebanyakan ada seal antara sambungan platnya n susah dipalsu. cek dengan menekan seal dengan kuku, klo mash liat berarti mash "ori" klo rontok or lembek jangan di "beli")
5. untuk engine, lihat knalpot klo ada olie or hitam mending tinggalin aja. hari gene overhaul engine gak murah bro...
6. coba geber aja engine ampe rpm 4000-5000, pastikan gak ada asap putih yg ngebul.
7. Cek lubang buangan air A/C, ada olie apa gak klo ada olie bisa dipastikan tuh A/C bermasalah, jgn remehkan perbaikan A/C, kayaknya sepele Tapi MAhal klo dah SERVICE total bro...
8. Cek kondisi ban dan kaki-kaki,suspensi (u/ suspensi tekan/goyang mobil klo berayun-ayun pasti suspensi rusak) untuk kaki2 goyang ke kiri-kana steer dengan kondisi mobil diam, klo ada bunyi "gemeletak" bearti ada yang gak beres kai-kainya.

Cegah Aki Meledak

Battery/ aki yang sehat, krusial bagi sistem kelistrikan mobil. Battery yang tidak terawat, tidak saja mengganggu kerja mobil, tapi juga berisiko meledak. Risiko meledak selalu di ingatkan lewat label yang terpasang, meskipun banyak pengguna yang lalai memperhatikannya.
Battery bisa meledak tiba-tiba, tanpa ada peringatan sebelumnya. Dan kalau Anda berdiri dekat dan tidak dapat menghindar, asam battery dapat menciderai Anda. Demikian pula kompartemen mesin, pipa-pipa dan sistem kabel yang langsung �termakan � asam kuat itu.

Bagaimana battery bisa meledak dan langkah-langkah apa untuk mencegahnya?

Seperti kita ketahui, battery menghasilkan listrik dari reaksi kimia yang salah satu produk sampingannya adalah hidrogen. Hidrogen adalah gas yang sangat mudah terbakar. Karena panas dari reaksi kimia dalam battery, juga panas kompartemen mesin, hidrogen ini tersembur keluar.

Bahaya timbul bila saat itu ada percikan api di sekitar battery. Jika gas hidrogen terpercik api, Blammm!!!, meledak. Sumber percikan bisa saja dari battery itu sendiri, bisa pula dari keteledoran pengguna. Pernah terjadi gara-gara ngutak-atik sambil merokok, battery meledak.

Pemicu percikan api lain adalah sentuhan antar plat. Dengan bertambahnya usia pakai battery, larutan asam semakin berkurang dan plat tidak lagi terendam. Ini bisa menyebabkan plat melengkung. Ketika kunci start diputar, permintaan tenaga listrik dalam jumlah besar untuk menggerakkan motor starter bisa menyebabkan plat bengkok itu menjadi lentur yang bisa saja bersentuhan dengan plat lain hingga menimbulkan percikan api.

Penyebab paling sering ledakan aki saat start adalah kutub-kutub battery dan kabel yang kotor. Kotoran itu menghambat jalannya arus listrik dan bisa menimbulkan loncatan bunga api. Jadi kebiasaan untuk mengecek dan membersihkan aki secara teratur sangat menguntungkan.

Selain itu kebiasan men-jumper yang kurang tepat juga riskan. Kebanyakan pengendara salah kaprah dengan memasang kabel jumper ke battery yang bagus, kemudian menyambungkan ke battery lemah. Hal ini bisa menyebabkan timbulnya percikan api. Biasakan untuk memasang kabel jumper pada battery lemah lebih dahulu, sebelum disambungkan ke battery bagus.

Sekedar mengingatkan, prosedurnya adalah:

- Siapkan dulu kabel jumper, dan posisikan kedua mobil berdekatan tapi tidak saling menyentuh. Matikan semua lampu, radio, AC dan komponen elektronik lainnya. Bersihkan pula kutub-kutub kedua mobil yang kotor.

- Buka tutup aki dan ganti dengan kain untuk mengurangi bahaya ledakan yang mungkin timbul.

- Mesin mobil dengan battery sehat dihidupkan dan biarkan pada putaran idle untuk beberapa saat.

- Hubungkan kabel jumper positif dari battery lemah ke baterai kuat, disusul kabel jumper negatif. Tunggu berapa saat, sekitar tiga menit. Jika dirasa pengisian battery dirasa cukup, cobalah menstater mobil yang mogok.

- Jika berhasil, lepaskan kabel jumper dengan urutan terbalik, kabel negatif dulu baru positif. Singkap pula kain diatas battery dan pasang penutup sebenarnya.

Yaris, Mobil Kompak Untuk Kaum Muda

Yaris sebuah kendaraan kompak nan mungil dengan menawarkan desain kerennya yang membidik pasar anak muda perkotaan. Pada generasi pertamanya (tidak dijual di Indonesia) Yaris pernah menjadi salah satu mobil kompak terlaris di Eropa pada tahun 2000 lalu, dan pada generasi keduannya ini Toyota memasang target penjualan 1000 - 1500 unit per bulan.

Ada 4 varian yang ditawarkan Yaris yaitu Yaris E dengan manual transmission, Yaris E AT, Yaris S AT dan S AT limited edition, sehingga memberikan rentang harga yang sangat lebar, yaitu antara 148.5 Juta hingga 174 juta. Rentang ini juga tentunya akan mengait pasar lebih luas, menyesuaikan kocek di kantong. Namun seluruhnya menawarkan desain eksterior maupun interior yang dirancang sebagai kendaraan kompak yang keren.

Pada bagian depan Yaris menawarkan dominasi lampu dengan multi reflektor dengan ukuran besar dan juga dilengkapi lampu kabut kecuali untuk tipe Yaris E. Sementara bagian belakang lampu high mount stop ldengan teknologi LED berfungsi memberi tanda peringatan pengereman responsif. Selain itu desain interiornya memberikan kesan lapang, dengan penempatan panel-panel pada posisi yang menarik. Hal ini sekaligus mendukung kenyamanan dan lega bagi keempat penumpangnya.

Filtur speedometer dikombinasi pada posisi di tengah-tengah dengan pencahayaan orange (untuk model S dan S limited) dan putih (E), yang tidak akan menyilaukan pengendarannya. Pada seluruh varian menggunakan electric steering wheel yang menggunakan motor listrik sebagai sumber daya, sehingga mesin menjadi lebih hemat bensin. Roda kemudi model E menggunakan bahan urethane sedangkan S berbahan kulit. Sementara untuk mengatur ketinggian roda kemudi, dilengkapi fitur tilt steering Yaris tidak ketinggalan memberikan sistem audio dengan spesifikasi 2 DIN AM/FM Cassette dengan 1 CD indash yang dilengkapi 4 speaker (tipe E) dan 6 speaker (Tipe S). Sistem pendingin udaranya menggunakan teknologi subcooling condensor yang bobotnya ringan dan hemat energi.

Ada fasilitas khusus untuk model S limited, dilengkapi teknologi smart entry akan memberi kemudahan untuk menutup, membuka dan mengoperasikan kendaraan tanpa kunci. Teknologi smart start system ini memungkinkan pengendara hanya menekan tombol start atau stop engine.

Kenyaman penumpang didukung lay out kursi. Kursi belakangnya bisa di atur sudut kemiringannya, juga digeser dan dilipat rata lantai untuk menghasilkan ruang lapang pada bagasi Yaris. Untuk kursi pengemudi ada fitur seat height adjuster. Bagasi Yaris punya volume 274 liter. Akan bertambah jadi 363 liter bila kursi digeser maju dan saat dilipat rata lain menjadi 737 liter. Masih ditambah cup holder, seat back pocket, hanger, glove box dan cooler box.

Mengusung mesin 1NZ-FE 1500cc 16 katup DOHC dengan teknologi VVT-i (varible valve timing with inteligent) yang mampu mencapai tenaga maksimum 109ps dan torsi 14.5 kg, Yaris juga menawarkan efisiensi bahan bakar lebih baik karena bobotnya lebih ringan. Mesin ini dipasangkan dengan transmisi manual 5-speed dan automatic 4-speed. Teknologi Super ECT (Electronic Controlled Transmission) membuat pergantian gigi transmisi lebih halus dan memperkecil frekuensi pergantian gigi saat jalan mendaki atau turun. Tuas transmisi gate type shift memberikan nilai kepraktisan dan menambah penampilan sportif.

Kombinasi MacPherson Strut dengan coil spring plus stabilizer (suspensi depan) dan torsion beam dan coil spring dibelakang, meredam getaran permukaan jalan. Dengan sudut putar minimum 4.7 meter, Yaris dijanjikan akan lincah bermanuver.

Sementara pada roda Yaris menggunakan cakram berventilasi di roda depan dan cakram solid khusus di model S, sementara model E menggunakan Tromol untuk mengendalikan laju mobil. Untuk keamanan optimal, didukung teknologi ABS, EBD dan Brake Assist.

Dan seperti model Toyota lain, struktur bodynya menganut teknologi GOA plus Head Impact Protection structure (melindungi penumpang bila mobil terguling atau tertimpa beban berat dari atas) dan Side impact beam pada setiap pintu untuk melindungi dari benturan samping.

Sabuk pengaman di semua kursi menjadi pelindung utama didukung dua airbag di depan dan sandaran kepala dengan teknologi Whiplash Injury Lessening untuk mengurangi dampak benturan belakang pada batang leher.

Yaris menawarkan 7 warna, dengan rentang harga mulai dari Rp148.5 juta untuk Yaris E, Rp158.5 juta untuk Yaris E AT, Rp168 juta untuk Yaris S AT dan Rp174 juta untuk S AT limited edition.

Mobil-mobil tidak boros BBM

Mobil apakah yang paling irit? Environmental Protection Agency merilis daftar
mobil-mobil paling irit bahan bakar yang dipasarkan di USA. Angka yang ada dibelakangnya adalah jarak tempuh (km) per liter.

Kita tunggu Kementrian Lingkungan Hidup menghasilkan tabel serupa khusus mobil-mobil yang dipasarkan di Indonesia.
Model Kota Antar kota
Honda Insight 26 28
Toyota Prius (matik) 25.5 27.7
Honda Civic Hybrid 19 27.7
Volkswagen Golf TDI 16.15 19.55
Volkswagen Jetta TDI 16.15 19.55
Volkswagen New Beetle TDI 16.15 19.55
Honda Civic HX 15.3 18.7
Toyota Echo 14.9 17.9
Toyota Corolla 13.6 17.2
Scion xA (by Toyota) 13.6 15.7
Honda Accord Hybrid (matik) 12.75 15.7
Pontiac Vibe (GM) 12.75 15.3
Toyota Matrix 12.75 15.3
Scion xB (matik) 13.2 14.9
Dodge Neon 12.3 15.3
Toyota Celica GT (matik) 12.3 15.3

Tips Menghemat Biaya Operasional Mobil

Mobil bukan lagi soal gengsi. Bagi sebagian orang, mobil adalah alat transportasi penting yang masuk dalam kelompok kebutuhan sehari-hari. Sama seperti yang lain dalam kelompok itu, kebutuhan transportasi harus dibuat seirit dan se-efektif mungkin agar tidak menggangu stabilitas neraca keuangan rumah tangga.

Kondisi ini terutama dirasakan di kota-kota besar. Di Jakarta, hampir 40% pengeluaran berada di pos ini. Lebih dari 50% perjalanan adalah pulang pergi kerja. Sekitar 20% untuk pulang pergi sekolah.


Penghematan bisa dimulai ketika membeli mobil. Memilih mobil bekas bisa menghemat sekian juta rupiah dibandingkan mobil baru dari model yang sama (tentu yang masih laik dan layak. Lihat jurus memilih mobil bekas di tip mobilku.com sebelumnya). Demikian pula pajak yang harus dibayarkan, juga lebih hemat.


Konfigurasi mesin empat silinder segaris lebih hemat dari V6 ataupun V8 yang peformanya jauh lebih baik. (lagian, buat apa cari mobil yang bisa ngebut di Jakarta bila kecepatan jelajah rata-rata hanya 8 km/jam, jauh lebih kecil dari rata-rata internasional, 12 km/jam ). Mobil yang ringan, kecil juga lebih bersahabat soal bensin.


Kalaupun saat ini sudah memiliki mobil, Anda masih bisa melakukan penghematan dengan langkah-langkah sederhana yang sesuai akal sehat.


+ Jangan memanaskan mesin terlalu lama


Kebiasaan memanaskan mesin itu baik, tapi jangan terlalu lama. Karena bensin yang terbakar itu tidak membawa Anda kemana-mana. Lagipula mobil lebih cepat �panas� ketika dikendarai. Apalagi teknologi mobil sekarang tidak membutuhkan waktu pemanasan bermenit-menit. Jadi buat apa buang bensin dengan �ritual� pemanasan berlama-lama?


+ Perlakukan mobil secara lembut


Jalankan mobil dengan lembut dan halus. Bawalah mobil ke kecepatan ideal/jelajah dengan cepat tapi jangan kasar. Usahakan untuk stabil di kecepatan itu. Ini akan menghemat bensin. Hindari kebiasaan ngebut dan ngerem berulang-ulang. Menurut Environmental Protection Agency USA, kecepatan paling ekonomis berkisar 40 km/jam hingga 100 km/jam. Menjalankan mobil dengan lembut, bukan saja menghemat bensin tapi juga memperpanjang umur mesin, transmisi dan rem.


+ Hati-hati dengan roof rack


Mungkin tidak pernah terpikirkan bahwa menempatkan barang di roof rack akan menyebabkan bensin menjadi lebih boros. Kenyataannya terganggunya aliran udara akibat penempatan barang itu menyebabkan mesin harus bekerja lebih keras dan ini berarti bensin lebih banyak. Bila dilengkapi AC, biasakan untuk menutup semua jendela, karena jendela yang terbuka akan mengganggu aliran udara dan menciptakan hambatan baru.



+ Pakai bahan bakar rekomendasi pabrik


Kalau mobil anda dirancang untuk memakai premium, ya beli premium. Membeli bensin yang lebih mahal tidak memberi keuntungan yang signifikan. Hanya saja, hati-hati dengan premium bertimbal yang masih saja dijual Pertamina. Bensin ini cenderung menghasilkan timbunan kerak di ruang bakar dalam jangka panjang.


+ Rawat teratur


Kebiasaan merawat mobil termasuk ganti oli secara reguler pada akhirnya akan menekan biaya operasional, karena mobil beroperasi dalam kondisi puncak dan jarang rusak. Mesin yang tidak di tune up menyerap bensin 10 � 20% lebih banyak dari yang rajin dirawat. Mesin-mesin modern yang dikontrol komputer memang tidak membutuhkan tune up sesering mesin lama, tapi tetap harus dirawat. Pastikan mobil dirawat sesuai jadwal yang ada pada buku manual. Bertindak sigap ketika mendengar atau merasakan suara, getaran dan bau yang berbeda, akan banyak membantu mengurangi risiko kantong kering.


+ Tidak harus bengkel resmi


Dealer resmi tentu dilengkapi dengan peralatan modern dan berpengalaman memperbaiki mobil produksinya. Tapi bengkel resmi biasanya lebih mahal dari bengkel biasa. Jadi ada baiknya mencari bengkel biasa dengan mekanik berpengalaman dan profesional untuk melakukan perawatan rutin mobil anda. Sedangkan pada kasus-kasus tertentu yang tergolong sulit dan jarang terjadi, lebih baik manfaatkan bengkel resmi. Biasakan menyimpan catatan perawatan mobil setiap kali mobil masuk bengkel. Catatan ini akan sangat berguna kelak bila mobil akan dijual kembali.


+ Periksa ban mobil


Seringkali pengendara lalai memeriksa ban mobil. Padahal ban yang kurang tekanan anginnya membutuhkan energi lebih besar untuk menggulirkannya, selain lebih cepat aus. Cek ban minimal sebulan sekali pada kondisi dingin. Tekanan yang direkomendasikan biasanya tertera di buku manual ataupun di bagian dalam mobil. Kebiasaan ini akan memperpanjang umur ban yang sekarang mahal harganya.


+ Sabuk pengaman bukan hiasan


Manfaatkan sabuk pengaman, karena perangkat ini terbukti memberikan perlindungan optimal ketika terjadi benturan. Risiko cidera bisa dikurangi, demikian pula biaya perawatan rumah sakit