08 August 2009

Senjata Andalan Hyundai i20: Mesin Diesel Turbo Common Rail

Hyundai Getz “games over”, muncul i20 sebagai pengganti dengan penampilan makin menantang. Bagi PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI), i20 adalah produk keduanya yang dipasarkan di Indonesia dengan pembuka “i” setelah i10 yang diluncurkan Maret lalu.

Hyundai i20 masih berada dalam kelompok mobil kota (city car). Dengan dimensi dan mesin yang digunakan plus harga, mobil kecil ini dibagi lagi dalam segmen “medium city car”. Segmen ini terbesar pangsa pasarnya sekaligus paling “beringas” arenanya.

Pemain yang sudah malang melintang di segmen ini adalah Honda Jazz, Toyota Yaris, Suzuki SX4 dan Swift, Nissan Livina dan X-Gear 1,5 liter, Daihatsu Sirion, Chevrolet Aveo, KIA Pride, Mazda2, Proton Gen2 dan Neo, Subaru R1 dan R2, serta VW Polo. Juga ada saudara i20 sendiri, yaitu Avega.

Mesin diesel. Strategi yang dilakukan PT HMI untuk mendukung penjualan i20 cukup menarik. Varian produk yang ditawarkan tidak didasarkan pada fitur atau transmisi. Kali ini, Hyundai menawarkan dua pilihan mesin kepada konsumen mobil kota Indonesia, bensin, dan diesel. Keduanya sama-sama berkapasitas 1,4 liter. Di beberapa negara, selain kedua mesin di atas, juga ditawarkan i20 dengan mesin bensin 1,2 liter dan 1,6 liter.

Dengan ini, i20 dapat dinilai melakukan terobosan di segmen atau kelasnya karena satu-satunya mobil kota yang menawarkan mesin diesel. Kemudian, bagi mereka yang ingin biaya operasional ekonomis, i20 diesel layak jadi pertimbangan, mempertimbangkan tingkat kemacetan lalu lintas kota besar, utamanya Jakarta.

Mesin diesel yang diusung i20 adalah versi mutakhir, yaitu common rail, Hyundai menyebutnya CRDi, 4 silinder, 16 katup. Mesin ini juga dilengkapi dengan senjata pamungkas diesel, yaitu turbocharger.

Kemampuan menghasilkan tenaga tidak jauh beda dengan versi bensin. Jika mesin bensin menghasilkan tenaga 100 PS @6.300 rpm, diesel 90 PS @4.000 rpm. Namun, keunggulan yang tidak bisa disamai oleh mesin bensin dan dipastikan “pas” buat kondisi lalu lintas macet adalah karakteristik torsi maksimumnya, 22,5 kg-m @1.750–2.750 rpm (flat). Bandingkan dengan versi bensin: 13,9 kg-m @4.200 rpm.

Klaim tenaga tersebut berdasarkan hasil tes Hyundai Korea (khususnya diesel) dengan menggunakan bahan bakar diesel yang memiliki kualitas lebih baik. Hal itu antara lain kadar sulfur yang rendah dan nilai “cetan” yang lebih tinggi. Hal yang sama juga berlaku untuk mesin dengan oktan yang lebih tinggi, tentunya atau biasanya paling rendah 92 untuk mesin dengan perbandingan kompresi di atas 10:1.

Solar biasa. Inilah yang membuat Jongkie D Sugiarto, Presdir HMI, lebih banyak membahas versi diesel saat memperkenalkan produk terbarunya. Dijelaskan, sebelum dipasarkan, mesin diesel tersebut ini sudah dicoba dengan solar biasa Indonesia.

“Tidak perlu Pertadex karena memang sulit mendapatkannya. Prinsipal kita membolehkan menggunakan solar biasa. Sama dengan merek lain yang juga sudah menggunakan teknologi yang sama,” ujar Jongkie.

Saat Kompas.com coba mengamati suara dan getaran dari mesin diesel Hyundai ini, itu sungguh sangat menarik; halus sekali dan tidak berbeda jauh dibandingkan dengan versi bensin. Namun, akselerasi belum bisa diuji. Akan tetapi, bila melihat torsi yang diperoleh pada putaran rendah dan flat, dipastikan, untuk 0–100 km/jam, diesel jago!

Penampilan. Penampilan i20 cukup dinamis, terutama grill bumper bawah berukuran besar dengan bentuk trapesium. Ciri khas lainnya adalah garis "lipatan" samping yang melintang dari fender depan sampai ke lampu belakang.

Transmisi. Untuk transmisi, ditawarkan dua pilihan manual (5 kecepatan) dan otomatik (4 kecepatan). Khusus untuk diesel, hanya menggunakan transmisi manual dengan harga Rp 177,5 juta (off the road). Dengan tambahan pajak, berarti harga on the road hampir menyentuh Rp 200 juta.

Perlengkapan lainnya adalah audio dengan interface yang sudah disiapkan untuk iPod. Pada versi yang dipasarkan di Indonesia, audio tampil dengan warna metalik. Adapun jok dan sandarannya bermotif dengan warna gelap. Untuk door trim dan dasbor tampil dengan dua warna.

Varian i20 terdiri dari standar, yaitu GL transmisi otomatik dan manual. Varian yang lebih lengkap adalah SG dengan pilihan transmisi manual dan otomatik. Hyundai menyebutnya i20 untuk mereka yang berorientasi keluarga. Versi ini dilengkapi dengan sunroof, lampu kabut, dan setir dengan tombol-tombol untuk mengontrol audio.

Untuk roda, varian GL pakai 175-70R14, sementara SG menggunakan ukuran 180-60R15.

Spesifikasi
Dimensi (mm)

Bensin
Diesel
Panjang
3.940
Lebar
1.710
Tinggi
1.490
Jarak sumbu roda
2.525
MESIN
Tipe
Bensin, CVVT

Turbo Diesel Common Rail

Kapasitas (cc)
1.396
1.396
Diameter x langkah (mm)
77 x 74,99
75 x 79
Perbandingan kompresi
10,5 : 1
17,0 : 1
Tenaga maks. PS @rpm
100 @5.500
90 @4.000

Torsi maks. kg-m @rpm

13,4 @4.200
22,5 @1,750-2.750
Kapasitas tangki bensin
45 liter