11 August 2008

Suzuki Alto Pengganti Karimun Estilo

Isyarat dari PT Indomobil Niaga International, selaku agen tunggal Suzuki roda empat di Indonesia memang belum ada. Tapi dari pusatnya di Jepang sudah memberi sinyal kemarin (7/8) kalau Suzuki Alto mulai diproduksi secara global mulai Oktober ini. Dan sedan mungil ini akan dipajang pada Paris Motor Show, Oktober 2008.

Suzuki Alto yang akan diproduksi nanti merupakan hasil pengembangan ketujuh kalinya dari yang pertamanya konsep A-Star yang tampil di India Auto Show, Januari tahun ini.

Dari segi bentuk, desain Alto lebih manis ketimbang Estilo yang mirip kendaraan kebanggaan negeri Bollywood, Tata Nano. Sosok sedan mungil lebih kental dari Alto yang megusung mesin 1.000 cc berbahan bakar bensin dengan emisi CO2 terendah di bawah 109g/km dan sesuai estándar Euro5.

Semua produksi Alto untuk kebutuhan pasar dunia akan diproduksi di Suzuki India’s Manaser Plant di Maruti. Sesuai jadwalnya, untuk pasar Eropa dimulai Oktober, sedang India sendiri beserta negara lainnya, start produksi Desember. Boleh jadi, alto bakal meramaikan pasar mobil Indonesia tahun depan, malah bisa jadi akhir tahun ini.

Pada Paris Motor Show nanti, Suzuki juga menampilkan dua unit SX4-FCV yang sudah dilengkapi dengan teknologi hydrogen bikinan GM serta menggunakan air-cooled fuel cell system dari Inggris.

Tengoklah Interior Honda Jazz ini

Awal Juni lalu, Kompas.com pernah menampilkan modifikasi Toyota Yaris milik Maverick dari Bandung. Sedan hatchback itu beraliran perpaduan elegan dan racing style. Kesan racing streetnya begitu kuat dari bentuk spoiler depan dan belakang serta pemakaian ban lebar.

Langkah serupa juga dilakukan Thedorus, bos Vinnci Audioworkshop di Cikokol, Tangerang terhadap Honda Jazz i-DSI 2004 miliknya. Bedanya, justru kesan elegannya lebih kuat pada Jazz ini. Jika modifnya campur aduk, malah ekstrem jadinya.

Perombakan bodi (memakai body kit Ings) hanya dilakukan pada bumper depan dan belakang serta penambahan side skirt. Pemakaian velg merek Evolution berukuran 18x7,5 inci dibalut ban Achilles menambah kekar tongkrongan. Untuk melesat di dalam kota masih bisa dengan kecepatan sedang.

Untuk mempercantik bodi yang berkulit putih dipermanis dengan permainan cutting stiker. Sengnaja didesain sederhana agar matching dengan acara kontes. "Untuk biaya pembuatan stiker berikut pelapisan jok, menghabiskan dana sekitar Rp 10 juta," terang Theo.

Khusus keempat jok dilapisi dengan MBTech yang mensinergikan putih sama hitam, sehingga terlihat harmonis dengan bodi putih.

Ruang bagasi diubah fungsi dari tempat barang menjadi sarang perangkat audio. Tampilan kosmetik di bagasi sampai penuh ke atap belakang. Melihat kerja keras dan kreativitas Theo patut diacungi jempol. Bayangkan, pemilihan kombinasi warna jok, kerapihan jahitan serta kebersihan membuatnya layak menerima penghargaan super interior dalam kontes Jazz di Mal Taman Anggrek, beberapa waktu lalu.

BMW Hydrogen 7, Sedan Mewah Pakai Gas

BMW Amerika menciptakan mobil berbahan bakar hidrogen yang mereka namai BMW Hydrogen 7. Ini bukan terobosan pertama karena pengembangan teknologi yang menghasilkan emisi rendah sudah dimulai dua tahun lalu. Tapi sebagai mobil mewah pertama pakai hidrogen, barangkali memang benar.

Dalam proyek ini, BMW memakai sedan mewahnya seri 760 Li bermesin 6.000 cc berkonvigurasi V12. Dapur pacu itu lantas dimodifikasi menjadi dual fuel. Berarti, sedan asal Jerman ini bisa menggunakan dua jenis bahan bakar, hidrogen dan bahan bakar normalnya. Dibikin dua jenis bahan bakar lantaran infra struktur hidrogen sendiri di Amerika belum banyak.

Dibandingkan Ford, General Motors, Honda dan merek lainnya yang juga menciptakan mobil hydrogen, emisi yang dihasilkan BMW ini jauh lebih kecil. Bahkan pihak BMW sendiri menyebutnya Clean Energy. Karena, emisi dari karbon dioksida dan nitrogen oksida diolah secara sempurna, sehingga tidak meninggalkan sisa.

Karena bahan bakar yang dipakai berupa gas, maka dimensi tangki dirancang lebih kecil namun bisa menerima tekanan sampai 423 derajat dari temperatur nol. Bila tekanan di dalam tangki terlalu tinggi, ada lubang yang secara otomatis bisa membuang gas.

Bagaimana jika mobil mengalami jungkir balik? Atau lubang pembuangan tersumbat? BMW sudah mengantisipasinya dengan menyalurkannya lewat bawah bodi. Kemudian bila terjadi kebocoran, lampu indikator akan menyala. Hebatnya lagi, bila gas masuk ke dalam kabin, keempat pintu secara otomatis akan membuka.

Selain BMW, seperti Ford dan Mazda juga punya pengalaman dengan teknologi hydrogen. Cuma Ford menggunakan mesin konvensional sebanyak 30 unit untuk kepentingan komersil di Amerika dan Kanada. Di antaranya untuk pelabuhan udara di Las Vegas dan Sea World Orlando.

Sedang Mazda yang dilakukan di pusatnya, Jepang, lebih unik. Mereka memakai mesin rotari yang dikombinasi dengan motor elektrik dan baterai litium.

BMW sendiri, sebetulnya sudah mengembangkan teknologi hidrogen sejak 2006 dan sudah memproduksi sekitar 100 unit. Beberapa di antaranya sudah diuji beberapa selebritis kenamaan seperti Leonardo DiCaprio, Brad Pitt, Will Ferrel dan Edward Norton.

Ternyata Mobil Pakai Air Bisa Jalan Kok

Pertengahan Juni lalu, dunia otomotif dikejutkan dengan berita keberhasilan sebuah perusahaan Jepang, Genepax, meluncurkan mobil bertenaga air. Menariknya, kendaraan tersebut muncul di saat harga bahan bakar minyak terus melonjak di banyak negara dunia dan sempat ditayangkan di televisi. Setelah diisi air, Si Kancil – karena ukurannya seperti mobil Kancil di Malaysia – langsung meluncur.

Alhasil, sebagian orang pun menduga, mobil tersebut menggunakan bahan bakar air. Para ahli mesin pun kaget. Pasalnya, air tidak bisa langsung dibakar untuk selanjutnya dimanfaatkan sebagai penggerak kendaraan.

Mobil Listrik
Setelah ditelusuri, ternyata Genepax tidak memperoses air langsung menjadi bahan bakar. Pada mobil Reva, buatan Takeoka Mini Car yang dijadikan percobaan, tidak ditemukan mesin pembakaran dalam (internal combustion) yang digunakan kendaraan bermotor komersial sekarang ini. Yang ada adalah motor listrik dan generator pembangkit listrik berupa susunan dari rangkaian membran yang disebut MEA (membrane electrode assembly) bersama air.

Sudah dipastikan, mobil digerakkan oleh tenaga listrik. Meski begitu, mobil ini tidak punya colokan atau steker yang bisa dihubungkan kelistrikan rumah atau generator.

Dengan demikian, mobil ini benar-benar mengandalkan energi dari air. Fitur inilah yang dibanggakan dan dijadikan daya tarik utama oleh Genepax. Karena dengan menggunakan teknologi mereka, mobil listrik tidak lagi memerlukan infrastruktur baru untuk mengisi ulang batere, baik di rumah maupun tempat parkir umum.

Genepax menyebut sistemnya WES alias, “water energy system”.

Ekstrak Hidrogen
MEA bukanlah teknologi baru, tetapi sudah digunakan untuk mengekstrak hidrogen atau metanol dari air. Kelebihan sistem MEA dari Genepax, hidrogen yang diekstrak dari air, tidak dikumpulkan dalam tangki (yang berat dan mahal harganya) bertekanan tinggi. Tapi diproses langsung menghasilkan listrik melalui reaksi kimia dengan menggunakan material khusus (inilah rahasianya).

Prototipe sel bahan bakar yang telah dibuat menghasilkan energi 120 Watt. Sedangkan dari generator yang taruh di bagasi mobil mencapai 300 Watt.

Untuk memasukkan air ke generator yang berisi susunan sel bahan bakar digunakan pompa listrik. Pompa ini memperoleh energi dari baterai kering. Setelah tenaga dihasilkan, sistem bekerja secara pasif dan pompa air diam.

Saat ini, rangkaian sel bahan bakar Genepax menghasilkan listrik dengan tegangan 25-30V. Setiap sel menghasilkan energi 3 watt dengan tegangan 0,5-0,7 volt dan arus 6-7 Ampere. Densitas tenaga sekitar 30 mW/cm2 dengan reaksi permukaan sel 10 x 10 cm.


Masih Mahal
Alat untuk memproses air menghasil energi listrik yang dibuat Genepax untuk ukuran sekarang ternyata tidaklah murah. Harga generator pembangkit listrik energi air itu Rp 175 juta/unit (tidak termasuk mobil). Kalau dibuat secara massal, perkiraan harganya Rp 45 juta.

Dijelaskan lagi, satu liter air dapat digunakan selama satu jam dengan kecepatan mobil 80 kpj. Di sini, Genepax telah berkolaborasi dengan perusahaan mobil Jepang untuk memproduksi penemunannya ini secara massal dalam waktu dekat. Paling tidak sebagai bahan bakar alternatif. Genepax juga diberi kesempatan memamerkan penemuannya saat KTT G8 di Hokkaido, Jepang pada 6-9 Juli lalu.

“Sistem yang kami temukan tidak memerlukan inftrastruktur untuk mengisi baterai, yang merupakan masalah utama mobil listrik saat ini,” bangga Kiyoshi Hirasawa, Presdir Genepax tentang teknologi energi airnya! Rencananya bukan hanya mobil yang menjadi target, juga peralatan rumah tangga! Kalau sampai ke Indonesia, bisa sebagai pengganti PLN!

Sistem Kaki-Kaki Rusak, Mobil Tak Nyaman

Pada bagian bawah mobil terdapat banyak komponen dan umumnya dikelompokkan dalam empat sistem sesuai fungsinya. Masing-masing sistem suspensi, rem, penggerak dan kemudi.

Untuk tulisan pertama ini, dipilih sistem suspensi. Salah satu saja dari sistem suspensi ini bekerja tidak sempurna alias mengalami kerusakan, membuat mobil tidak nyaman.

Inilah komponen-komponen dari bagian suspensi itu berikut cara memeriksanya.

1. Per
Ada dua jenis, yakni spiral atau di kalanngan mekanik populer disebut per keong. Satunya lagi, leaf (per daun). Keduanya punya tugas meredam guncangnan yang terjadi akibat kontur jalan yang dilalui kendaraan.

Per model spiral lebih mengedepankan kenyamanan karena karakternya yang lembut. Sedang Leaf spring lebih mengutamakan kekuatan menahan beban.

Pemeriksaan : Secara umum, peer memiliki usaia pakai yang lama. namun Anda dapat memeriksa dari kondisi luar per dan kerataan posisi kendaraan saat di permukaan jalan yang rata.

2. Sokbreker
Komponen ini berfungsi meredam ayunan yang berlebihan dari gerakan per. Dengan begitu, mobil jadi lebih stabil dan tidak terus berayun setelah melalui jalan bergelombang atau pada kecepatan tinggi.

Peredam kejut yang beredar di pasaran onderdil banyak merek, tapi modelnya yang umum berisi oli. Kemudian juga ada versi gas dan nitrogen.

Pemeriksaan : Untuk mengetahui kondisi masih bagus atau tidak, tekan bagian atas sepatbor (kalau depan dekat kap mesin), kalau ayunan lebih dari satu kali menandakan sokbreker sudah lemah. Bisa juga diuji dengan melewati gundukan.

Untuk yang menggunakan oli, bisa dicermati adakah rembesan oli di sekitarnya. Bila ada, sokbreker wajib diganti.

3. Bushing arm
Komponen ini berfungsi menghubungkan lengan ayun (arm) dengan sasis agar tidak terjadi singgungan antar-logam. Karena itu, bushing menggunakan bahan karet. Semakin keras karet bahan yang digunakan, mobil terasa lebih rigid atau kaku. tak heran bila mobil balap kerap menggunakan bahan teflon atau polyurethane.

Pemeriksaan: Untuk mendeteksi kerusakan, Anda akan mendengar suara berdecit akibat karet bushing sudah retak. Bila kerusakan sudah parah, tumbukan antara logam akan terdenngar dan gerak bebaskemudi lebih banyak, terutama saat melewati marka jalan.

4. Batang Stabilizer
Tugas utamanya, memberi tingkat kestabilan di kendaraan. Dengan membatasigerak suspensi, mobil akan stabil saat bermanuver cepat. itu sebabnya batang logam ini dilekatkan pada sasis dan menghubungkan dengan sisi roda.

Pemeriksaan : Tak beda dengan per, stabilizer memiliki usia pakai yang panjang. Kerusakan yang kerap terjadi, hanya sebatas karet mounting peranti ini.

Komponen dan Aksesori Murah Meriah di Pekan Raya

Makin meningkatnya penjualan sepeda motor dan mobil di Indonesia, membuat pengusahaan produsen komponen dari berbagai negara, tertarik untuk memasuki pasar Indonesia. Maklum, saat ini, Indonesia adalah produsen dengan penjualan sepeda motor nomor 3 di dunia, setelah China dan India. Di samping itu, meski harga BBM naik, penjualan mobil juga memberikan gambaran bahwa perekonomian Indonesia makin bergairah.

“Mereka yang minta kita untuk menyelenggarakan pameran komponen dan aksesori ini di Jakarta,” jelas Rini Sumardi, direktur pemasaran PT Wahana Kemalaniaga Makmur (Wakeni) sebagai penyelenggara Indonesia Automotive, Spare Parts dan Accessories yang berlangung di hall B, Pekan Raya Jakarta dari 7- 10 Agustus 2008.

“Karena itu pula, pameran ini sifatnya B to B atau bisnis. Pengunjung bukan “end user” atau konsumen langsung. Mereka adalah para pebisnis. Melalui pameran ini, baik produsen luar negeri maupun domestik bisa mendapatkan mitra bisnis barunya untuk memperluas pasarnya,” lanjut Rini.

Walau hanya menghuni satu hall, menurut panitia, peserta pameran mencapai 138 perusahaan yang berasal dari China, Taiwan, Thailand, Malaysia, India, Korea, Jerman, Hong Kong dan Indonesia. Produk yang dipamerkan meliputi komponen mobil dan motor , aksesori dan bahan-bahan perawatan. Malah dari Malasysia ada perusahaan yang menawarkan jasa 3D coating dan pengecatan untuk berbagai jenis produk otomotif.

Tak kalah menarik, terutama untuk mereka yang menggeluti bisnis komponen pengganti sepeda motor. Beberapa produsen dari Thailand, China dan Indonesia menawarkan produk yang berkualitas dengan harga lebih murah dibandingkan komponen asli dari produsen sepeda motor.

Di samping itu, pengunjung juga bisa melihat langsung perkembangan industri komponen Indonesia, terutama sepeda motor yang sudah mampu membuat komponen dengan memerlukan tingkat keahlian dan ketelitian tinggi.

Chevrolet Gelar Aveoh My God

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun GM ke-100 (GM Next), GM Auto World Indonesia (GMAWI) menggelar acara bertema Aveoooh My God (AMG) di Cibubur Junction, 2 sampai 10 Agustus 2008. Sebuah program yang dirancang untuk menstimulasi ekspresi anak muda dalam berkreasi dan mengekspresikan diri dengan menggunakan gadgetnya.

Kepada Kompas.com, Kiki Fajar yang berada di Cibubur menjelaskan, event AMG ini berhasil menarik 80 muda-mudi dan keluarga. Dari Cibubur, acara nanti berlanjut ke mal-mal, termasuk di Pondok Indah Mall 2, dari 18 – 24 Agustus 2008.

Peserta gratis, berusia 15 -30 tahun dengan hanya menunjukkan KTP yang masih berlaku. Setelah mendaftar, peserta masuk ke dalam boks ukuran 3x5 meter yang di dalamnya terdapat satu unit Chevrolet Aveo bersanding dengan peralatan Audio seperti kamera, sound system dan backdrop green screen. Di situ peserta bergaya sambil nyanyi yang kemudian di foto.

“Hasil dokumentasi akan diolah dengan software dan diberi desain animasi menarik. Setelah selesai, hasil video music yang berdurasi 1 menit tersebut akan ditransfer oleh operator memakai laptop melalui koneksi Bluetooth langsung ke handphone peserta,” jelas Kiki Fajar, PR GMAWI yang mengirim berita ini kepada Kompas.com, pagi ini (6/8).

Selanjutnya video aksi dengan New Aveo tersebut akan dikumpulkan dan oleh dewan juri akan dipilih yang terbaik. Bagi yang video musiknya paling menarik, GMAWI memberikan hadiah untuk katagori perorangan berlibur bersama kapal pesiar mewah Star Cruiser ke Malaysia, handphone 5520 Express Music dan 5300 Classic dari Nokia serta voucher senilai 1 sampai dengan 4 juta rupiah untuk peserta kelompok.

“Aveooh My God kami gelar dalam rangka GM Next, harapan kami pesertanya merupakan target market New Chevrolet Aveo yang senang bergaya dan memiliki semangat Beat the Mainstream. Antusias pengunjung mall yang menjadi lokasi event Aveooh My God di luar perkiraan kami, kami yakin pesertanya akan menyentuh angka 200 lebih,” ujar Amelia Santoso, Marketing, Planning & PR Director GM AutoWorld Indonesia.

Mitsubishi Tampilkan Lancer untuk Reli Dakar 2010

Batalnya pementasan reli paling ganas di dunia, Dakar Rally, tahun lalu karena menyangkut keselamatan tidak berarti tamat buat lomba yang membelah samudra padang pasir di Afrika itu. Justru event yang digagas oleh mendiang Thierry Sabine dengan organisasinya, Thierry Sabine Organizations (TSO) pada 1970-an, rencananya akan dialihkan dari Arab ke Amerika Selatan.

Untuk menyambut penyelenggaraan di medan baru itu, Mitsubishi tidak berencana mengubah secara historis penampilan mereka. Beberapa waktu lalu pihak prinsipal Jepang mengumumkan akan mengembangkan Mitsubishi Lancer sebagai senjata andalan untuk menaklukkan reli maraton ini.

Apalagi, federasi otomotif internasional (FIA) memiliki rencana dengan regulasi baru. Pada 2010, kendaraan yang mengikuti lomba bermesin diesel 3.0L V6 turbocharged. Mitsubishi sendiri sudah mulai melakukan pengembangan selama babak kualifikasi Reli Dakar dan melalui event kejuaraan dunia reli panjang.

Melalui mesin diesel itu didapat tenaga 260 hp dengan torsi 650 Nm untuk menggerakkan keempat roda (4WD) yang dilengkapi limited slip central differential. Bodinya sendiri terbuat dari bahan serat karbon. Lancer berbodi seperti Pajero ini baru akan diterjunkan pada 2010, sementara untuk tahun ini masih tetap mengandalkan bodi lama.

Cadillac Memperkenalkan SUV Mewah Hybrid

Perusahaan mobil Amerika, Cadillac memperkenalkan kendaraan hybridnya, Jumat (8/8) yang diaplikasikan melalui Escalade. Ini tercatat sebagai SUV (sport utility vehicle) mewah pertama di dunia dan akan mulai dipasarkan tahun depan.

"Dalam menghadapi perubahan pasar bebas yang menuntut teknologi keiritan bahan bakar, Cadillac dengan bangga mempersembahkan kendaraan mewah untuk segmen hybridnya," jelas Jim Taylor,GM Cadillac.

Cadillac Escalade hybrid yang menjadi bagian dari perusahaan mobil raksasa GM di Amerika, dirancang dengan dua model teknologi. Pertama, SUV bermesin Vortec V-8 gerak empat roda (4WD) itu dioperasikan dengan mengandalkan baterai sebagai tenaga. Terutama dipakai untuk kecepatan rendah atau mesin dalam posisi idle.

Kedua, Escalade hybrid juga bisa menggunakan bahan bakar bensin. Keistimewaannya, dari mesin yang menganut V-8 yang berfungsi hanya empat silinder. Dan pengembangannya sudah berjalan 50 persen dari rencana produksi yang akan dimulai 2009.

Nissan Targetkan sebagai Kendaraan Nol Emisi pada 2012

Banyak perusahaan mobil di dunia sudah menciptakan mobil berteknologi hybrid. Nissan Motor Company (NMC) malah menargetkan pada tahun 2012 mereka tercatat sebagai kendaraan teratas dengan nol emisi gas buang. Tak tanggung-tanggung, produk yang diunggulkannya, Nissan GT, kita ketahui sebagai sedan sport bertenaga besar. Mereka menyebutnya Nissan Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Hal itu disampaikan prinsipal Nissan di Jepang, Kamis (7/8), saat mengumumkan detail kendaraan prototipe bertenaga listrik dan hybrid elektrik. Untuk mobil tenaga listrik dipilih berpenggerak roda depan dengan motor 80 kW yang sudah mengalami pengembangan.

Keistimewaan dari sistem listrik itu dirancang dengan baterai lithium-ion. Penempatannya bukan di kabin atau tempat khusus seperti kebanyakan produk pabrikan lain, Nissan meletakkannya di bawah lantai.

Rencananya, mobil bertenaga listrik itu akan diperkenalkan pada 2010 dan dipasarkan paling cepat 2012. Selain dengan gerak roda depan, Nissan juga akan menciptakan HEV dengan gerak roda belakang. Bahkan, sistem tenaga penggerak menggunakan motor listrik yang disambungkan ke transmisi dan mesin.

Jadi, prinsip kerjanya sama seperti yang sudah diciptakan oleh Toyota. Baterai digunakan sebagai tenaga untuk mengamankan bahan bakar normalnya (bensin). Mesin dan baterai digunakan sebagai akselerasi yang halus. Pengisian baterai terjadi saat dilakukan deselerasi atau pengereman yang keras.

Untuk memproduksi baterainya, Nissan bekerja sama dengan NEC dan Automotive Energy Supply Corporation (AESC). Kedua perusahaan itu bersatu membuat baterai yang tidak hanya memiliki daya tahan bagus, tapi juga aman dan harganya kompetitif dibanding dengan hybrid baterai yang terbuat dari material nikel.