08 December 2009

Mitsubishi Menamakan RVR untuk Concept cX

Anda tentu pernah melihat mobil konsep crossover dari Mitsubishi, Concept cX, yang pernah ditampilkan Kompas.com. Pihak prinsipal, Mitsubishi Motors Corporation (MMC), akhirnya memberi nama RVR untuk kendaraan crossover kompak itu. Ini bukan nama baru, melainkan kelanjutan dari model multi purpose vehicle (MPV) yang diproduksi 1991 dan 2002.

Ketika itu, untuk pasar Eropa, Mitsubishi memakai nama Space Runner, sedangkan untuk pasar Amerika bernama Expo LRV dan untuk Asia dan Oceania tetap pakai RVR. Chrysler ketika itu juga menjual produk tersebut dengan nama Playmouth Colt Vista.

Banyak perubahan pada mobil konsep ini sejak 2 tahun lalu diperkenalkan dengan nama Concept cX. Perubahan mencolok tampak pada bagian grille dan desain rongga udara yang tidak kotak dan besar, tetapi sudah dibagi menjadi dua. Begitu juga dengan fender, yang kini diperkecil.

Bagian belakang juga mendapat sentuhan. Tampilannya tidak lagi kotak, tetapi agak melengkung seperti Honda CR-V atau Chevrolet Captiva.

Pada ruang mesin, crossover kompak ini "menggendong" mesin berkapasitas 1.8L MIVEC berbahan bakar bensin. Kendaraan ini memiliki panjang 4,3 meter dengan aerodinamis yang tinggi. Keiritan bahan bakar didapat dari bodi yang ringan.

Di Jepang sendiri, RVR akan diperkenalkan saat musim semi, sedangkan perkenalan secara global dilaksanakan di Amerika Utara, Eropa, dan region Asia, termasuk China. Ada pula rencana uji coba yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Honda HSV-010 GT: Pembunuh Nissan GT-R dan Lexus LFA

Perang tiga produsen mobil terbesar di Jepang, yaitu Toyota, Honda, dan Nissan, melebar ke sirkuit. Apalagi, setelah Honda Racing memperkenalkan HSV-010 GT kemarin. Media otomotif Jepang langsung saja mengecap mobil balap terbaru dan tercanggih Honda ini sebagai pembunuh Nissan GT-R dan Lexus LFA (andalan Grup Toyota).

HSV-010 GT digunakan Honda sebagai pengganti NSX di waktu yang akan datang. Sumber tenaganya yaitu mesin 3,4 liter, V8. Mobil ini akan disertakan pada Japan GT 500 Race Series dan akan melakukan debut pada 20-21 Maret 2010 di Sirkuit Suzuka, Jepang.

Dijelaskan pula, mobil ini telah memenuhi regulasi. Regulasi Super GT Race Series, mobil yang digunakan adalah hasil modifikasi produksi yang dijual untuk umum. Kendati demikian, regulasi lainnya mencantumkan pengecualian. Mobil yang masih direncanakan untuk diproduksi (meski nantinya tidak jadi diproduksi) juga boleh diikutkan pada balapan tersebut.

Keputusan Honda merilis HSGV-010 tahun depan berhubungan dengan makin bergairahnya perkembangan industri dan bisnis otomotif di Jepang. Sekaligus membuktikan bahwa Honda yang telah mengundurkan diri dari F1 akhir tahun lalu makin fokus pada balap mobil yang bisa diproduksi secara massal atau secara khusus, misalnya, diproduksi secara terbatas. Maklum, makin banyak penggemar balap yang bisa menggunakannya!