25 June 2008

Mercedes Benz C-Class W204, Melintasi Jalan Sempit di Bali

JIMBARAN, 2 Februari 2008, pukul 11.00. Kelelahan karena menunggu pesawat terbang selama 14 jam di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Jumat (1/2), sehari sebelumnya, tak lagi tersisa. Suasana dan keindahan alam Bali membuat semangat untuk melakukan test drive Mercedes Benz C-Class W204 menggebu.

Di halaman depan The Intercontinental Resort, Jimbaran, 10 unit Mercedes Benz C200 Kompresor berjajar rapi. Para wartawan otomotif dari Jakarta segera menuju mobil sesuai urutan yang telah ditentukan. Rute yang akan ditempuh siang itu adalah dari The Intercontinental Resort, Jimbaran, menuju Maya Ubud Resort, Ubud, yang diperkirakan akan memakan waktu 1 jam 15 menit.

C-Class W204 memiliki dimensi, panjang 4,581 meter, lebar 2,020 meter, dan tinggi 1,447 meter. Dibandingkan dengan pendahulunya (C-Class W203), C-Class W204 lebih panjang 5,5 sentimeter (cm), lebih lebar 4,2 cm, dan lebih tinggi 2,1 cm. Jarak as roda depan dan belakang (wheelbase)-nya juga bertambah 4 cm. Meskipun demikian, berkat desainnya yang apik, dalam pandangan selintas C-Class baru terlihat ramping dibandingkan dari C-Class pendahulunya.

Tak sabar, mesin pun segera dihidupkan. Begitu pace car (kendaraan terdepan yang memimpin perjalanan) meluncur, secara berurutan ke-10 Mercedes Benz meninggalkan The Intercontinental Resort, Jimbaran.

Seakan tidak ingin membuang-buang waktu, pace car langsung dipacu dengan cepat. Langsung terasa bahwa performa C200 K W204 jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya. C200 K W204 terasa lebih bertenaga dan lebih responsif. Melihat data yang ada memang C200 K W204 mengalami pertambahan tenaga maksimum dari 163 PK menjadi 184 PK pada 5.500 rpm. Torsi maksimumnya pun meningkat dari 240 Nm menjadi 250 Nm pada 2.800-5.000 rpm.

Yang paling asyik adalah pada saat C200 K W204 dipacu di ruas jalan yang sempit. Mobil terasa sangat gesit (agile) berkat agility control pada setir dan suspensi, yang dilengkapi selective damping system. Dan, wheelbase yang diperpanjang pun membuat C200 K W204 lebih stabil. Tanpa kesulitan iring-iringan C200 K W204 yang semuanya berwarna hitam itu melahap jalan sempit yang berliku.

Dengan pengaturan kickdown yang tepat, tenaga dan torsi mesin disalurkan ke roda belakang secara mulus. Jika ingin pengendaraan sport, tinggal mengaktifkan tiptronic (touchshift) dengan menggeser tangkai persneling ke kiri. Dengan demikian, pengendara dimungkinkan untuk menaikkan atau menurunkan gigi persneling secara manual.

Tanggal 2 Februari 2008 itu bertepatan dengan peringatan Kuningan di Bali sehingga beberapa ruas jalan menjadi sangat sempit karena banyaknya sepeda motor yang diparkir di tepi jalan di dekat pura. Akibatnya, perjalanan ke Maya Ubud Resort menjadi lebih lama daripada yang diperkirakan semula.

Dalam perjalanan kembali ke The Intercontinental Resort, Jimbaran, iringan-iringan memilih rute melalui jalan raya. Dengan demikian, kecepatan mobil pun bisa dipacu lebih tinggi. Tidak salah jika C-Class W204 disebutkan sebagai mobil yang bukan hanya nyaman bagi penumpang, tetapi juga mengasyikkan bagi pengendara (driver’s car).

Mercedes Benz Indonesia yakin bahwa C-Class W204 dapat diandalkan untuk bersaing dengan BMW Serie 3, Audi A4, dan Lexus IS. Dalam tahun 2007, C-Class mencetak prestasi yang membanggakan. C-Class mendominasi segmen mobil kompak premium dengan penjualan sebanyak 865 unit, atau 57 persen pangsa pasar. Di antara 865 unit C-Class yang terjual itu, 66 unit termasuk W204 yang mulai dipasarkan sejak bulan Juli 2007.

Masuki wilayah baru

Malam hari, para wartawan berkumpul dengan kalangan selebriti di KU DE TA, Seminyak, yang semuanya diminta menggunakan pakaian serba putih, untuk menghadiri pesta rahasia (C-Cret Party), yang diadakan di udara terbuka di tepi pantai. Ternyata, pada pesta itu dipajang C200 K W204 Avantgarde dengan warna putih mutiara. ”Dengan meluncurkan C-Class Avantgarde berwarna putih mutiara itu, Mercedes telah memasuki wilayah baru,” ujar Presiden Direktur Mercedes Benz Indonesia Rudi Borgenheimer. Di Indonesia, dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar C-Class dipasarkan dengan warna silver atau hitam.

Warna putih yang merupakan warna tahun 2008 diharapkan dapat mengangkat penjualan C-Class W204 di kalangan muda, yang menjadi target utama. Dengan desain baru yang lebih sporty serta perbaikan performa mesin dan kegesitan, rasanya C-Class akan sulit ditandingi. Bersamaan dengan C200 K Classic, juga dipasarkan varian C200 K Avantgarde dan C230 V6 Elegance, Avantgarde, dan AMG. Kesemuanya diimpor secara completely knocked-down (CKD) dan dirakit di dalam negeri. C200 K Classic dijual dengan harga Rp 489 juta dan Avangarde Rp 564 juta, sementara C230 Elegance dijual dengan harga Rp 609 juta dan Avantgarde/AMG Rp 669 juta.

Nissan Murano 2009, Terbaik Dalam Uji Tabrakan

Nissan Murano 2009 menjadi mobil terbaik dalam uji tabrakan jenis SUV atau Sport Utility Vehicles kelas sedang. Sementara Hummer H3 menjadi salah satu yang mendapat hasil terburuk pada uji coba yang diselenggarakan oleh the Insurance Instutute for Highway Safety, Detroit, Selasa lalu.

Institut yang didirikan oleh industri asuransi di AS tersebut menyebutkan Murano dengan design baru menjadi satu-satunya mobil di antara sembilan yang diujicoba yang mendapat hasil terbaik. Baik untuk ujicoba tabrakan frontal maupun dari sisi kanan kiri dan belakang.

Hasil ini sekaligus menjadi prestasi bagi Nissan yang dalam Murano 2009 memasang fitur pengontrolan stabilitas elektronik. Fitur yang berguna agar kendaraan tidak menyimpang tersebut merupakan fitur optional dalam versi sebelumnya.

"Anda tidak akan pernah tahu jenis tabrakan apa yang akan Anda alami, dengan demikian dibutuhkan kendaraan yang menyediakan pengamanan terbaik bagi semua jenis kemungkinan kecelakaan," kata Vice President the Insurance Institute for Highway Safety Joe Nolan.

Selain Hummer H3 yang dinilai lemah untuk tabrakan frontal, Jeep Wrangler juga mendapatkan rating yang rendah dalam ujicoba ini. Hal ini disebabkan airbag samping mobil ini dijadikan fitur optional, sementara uji coba ini dilakukan tanpa perlengkapan yang sifatnya optional.

Selain itu, yang mendapatkan hasil buruk untuk tabrakan belakang adalah Mitsubishi Endeavor dan the Jeep Liberty/Dodge Nitro. The Jeep Wrangler, Suzuki XL7, Mazda CX-7 dan Mazda CX-9, mendapat nilai terburuk kedua untuk uji coba ini.

Bodi Porsche Cayenne Dipermak

Harga mobilnya saja sudah bikin geleng kepala. Eh, sama pemiliknya, Porsche Cayenne malah dimodifikasi lagi bodinya. Ban diganti yang superbesar dan kelir bodi diubah dengan warna centil. Pokoknya, belum tentu ada yang segila ini. Dan, SUV premium mewah dan elegan yang Anda lihat ini bukan di luar negeri, tapi di Jakarta.

Konsep Face Lift
Sang pemilik memang fanatik Porsche. Kebetulan ia punya Cayenne 2005 ingin tampil 'lebih eksotis' dan wajah (bodi mobil) terlihat muda. Tak sekadar mencuatkan eksotisme bawaan pabrik, gilanya lagi, sang pemilik mempercayai bengkel lokal untuk menggarapnya.

Konsep awalnya adalah teknik face lift. Dua pasang lampu depan-belakang Porsche Cayenne 2008 pun dipesan di Porsche Jakarta Center berikut wiring, bracket dan fog lamp. Semuanya menelan biaya Rp 50 jutaan dan hanya sebulan pesanan sudah di tangan.

Ternyata, lampu depan keluaran 2008 tak bisa dipasang karena beda desain. Mau tak mau, bagian tertentu bodi Cayenne 2005 dimodifikasi tanpa mengurangi nilai eksotisme sebuah SUV mewah. Sentuhan pertama, seluruh upron depan, mulai dari bumper, kap mesin serta fender dimodif bentuk baru sesuai lampu 2008 yang mengacu pada bentuk Cayenne versi tuner-tuner sohornya. Pemasangannya tidak sulit lantaran sistem wiringnya sama.

Kap mesin dan bumper depan dibuat dari bahan fiberglass mengikuti batok Cayenne 2008. "Body kit depan diambil dari desain TechArt Magnum, sedangkan kap mesin terinspirasi dari tuner Gemballa dengan GT750nya," kata Didith, pentolan mekanik JR Auto Fasion. Malah dilihat sekilas, desainnya mirip Reinspeed X-treme. Hanya air dam tengahnya tanpa detail gril bertingkat.

Bodi samping juga kena sentuhan. Bodi yang sudah besar terlihat lebih berotot dengan tambahan panel bodi serta fender custom dari fiberglass. Lantaran ukuran bodi Cayenne lama dan yang baru tak banyak berubah, custom fender hanya dibuat lebih lebar sekitar 3-5 cm. Itupun dengan tambahan lekukan over fender custom. Side skirt penyambung bodi depan dan belakang terinspirasi dari cayenne Reinspeed.

Sementara bodi belakang seperti terlihat tak tersentuh. Padahal, sudah diganti dengnan replika TechArt Magnum lantaran desainnya mirip dengan aslinya. Agar terkesan menyatu, panel pintu belakang dipertebal dengan bantuan fiberglass. Roof spoiler custom juga dibuat lebih panjang dan tebal sekitar 3 cm. Bodi terlihat penuh, lewat aplikasi twin muffler dari TechArt.

Pertama di Ceyenne
Sang pemilik memang tidak mau tanggung-tanggung memodifikasi Ceyennenya. Satu set velg 24 inci langsung dipasang dan bukan murahan, dipilih Forgiato Vizzio berdimensi 24 x (12+13) ini denngan model glass black with white style yang dipesan langsung dari pabriknya di Amerika.

Sesuai konfirmasi rumah modifikasinya, ini velg 24 inci pertama dengan dimensi custom yang dibuat Forgiato untuk Porsche Ceyenne. Dan sampai ke Indonesia makan waktu 3 bulan dan harganya, wouw, Rp 90 juta lebih.

Tak cukup hanya dimodifikasi, ternyata sang pemilik Mr. B ingin kelir hitamnya berganti warna JR Auto Fashion melaburnya dengan merah permen (Candy red) dari Spies Hecker. Sedangkan sistem pelapis cat menggunakan pernis High Solid dari Sikkens.

Lexus GS300 2008 Gabungan Tiga Gaya

Lexus GS resmi masuk Indonesia. Dulu, sedan generasi pertamanya datang ‘diam-diam’ di periode 1993-1997, sementara generasi keduanya berjuluk Toyota Aristo, tapi umurnya terhenti di 2005. Setahun kemudian Lexus hadir di Jepang, bukan hanya Amerika Serikat.

Tapi kehebohan Lexus LS melalui keran resmi ATPM, membuat seri yang lain bermunculan. GS salah satunya, walaupun mewah memunculkan kesan sporty.

Ada minor change namun bukan spec down. Velg 17 incinya berbeda model dan desain, gril baru sudah lebih banyak kromnya dan ada lampu sein di spion. Di dalam, misalnya, ditambahkan chrome gear lever di sekitar automatic transmision-nya, lalu kulit diganti dengan material yang lebih halus bernama Aneline, bahkan sudah disediakan koneksi buat iPod.

Standar saja sudah sedap dilihat. Maka usaha modifikasi harus diacungi jempol sebab membuat mobil makin bagus punya tingkat kesulitan yang tinggi. Pemilik Lexus GS300, Darshan, sigap mendahului para pembeli Lexus GS300 lainnya. Bahkan pebisnis tekstil ini officially as a pioneer memodifikasi tipe ini!

Trully Shocking
Untuk mobil semewah ini, yang perlu dilakukan dalam pengubahan sebenarnya sangatlah simpel. Hanya perlu dua variabel saja, yaitu kaki-kaki dan body kit. Selebihnya silakan nikmati fitur modern karya para insinyur Jepang.

Tapi itu sungguh susah. Sebab menjadi ‘yang pertama’ itu harus berkonsep ?trully shocking’. Kalau tidak, maka sama saja seperti lame joke alias becandaan garing. Apa yang dilakukan Darshan dengan menggabungkan American and Japanese style adalah hal yang tepat. Toh Lexus besar dan digdaya di negara Paman Sam.

Body kit dipilih Wald International. Tuner Jepang ini membuat varian Executive Line bagi GS300 yang diproduksi antara 1997-2005. Terdiri dari front spoiler, side step dan rear skirt yang dibuat berdasarkan materioal FRP. Terkesan sangat Eropa. Tak lupa pria yang juga memiliki Ferrari F360 ini menempatkan exhaust system dari merek yang sama.

Sedangkan velg iForged Retro didapuk berkelir brush. Diameter 22 inci dengan lebar 9 dan 10,5 inci. Kebayang kan leganya spakbor. Velg ini pun sudah kompatibel dengan big brake caliper. Pasangannya adalah ban Falken FK452 dengan maximum performance.

Terkenal karena memiliki respons kendali yang baik. Di Jepang sana, lumayan nge-hit. Masih mengandalkan 5 jalur linear, namun alurnya multi angle sehingga piawai menghadapi alur basah. Punya dual tread compound yang otomatis menyediakan kendali mudah bagi aplikasi velg berdimensi besar.

Anda Harus Tahu
Lexus GS sedan mewah berkarakter sporty. Dalam line up Lexus, model GS diposisikan di atas IS yang sporty dan kompak dan ES yang mewah dan halus, tetapi di bawah Lexus LS yang besar dan teramat mewah.

ECD
CEGAH CAHAYA SILAU
Pada siang hari, di mana panas matahari memanggang isi bumi, sistem ECD (Electronic Chromatic Device) mencegah pantulan dan cahaya menyilaukan yang sangat menghalangi pandangan mata ketika memantau panel instrumen di dasbor. Sensornya memonitor tingkat cahaya. Makin tinggi intensitasnya, maka keras EC bekerja. Kesan sporty tertangkap di sini untuk mempertinggi unsur safety bagi pengendara di kecepatan tinggi. Ketika dideteksi ada cahaya, kaca electro chromatic di panel isntrumen secara otomatis menjadi berkuang transparansinya yang mengurangi cahaya silau dan pantulan.

ASL
KOMPENSASI PERUBAHAN KUALITAS AKUSTIK
Lexus mempercayakan sistem audionya kepada Mark Levinson. Distorsi suara dikurangi oleh power amplifier dan speakers yang ditempatkan di sekeliling kabin, yang masing-masing didesain berfungsi di bawah kondisi mengemudi yang berbeda-beda. Sistem Acoustic Sound Levelling (ASL) mengompensasi perubahan kualitas akustik.

Rem
SINGKIRKAN PANAS
Untuk mengurangi meningginya temperature pada sistem rem terutama pada bagian di dekat teromol, Lexus mengembangkan teknik yang cukup brilian. Friksi dengan kampas rem akan membuat rotor luar biasa panas. Itu menghalangi laju performa. Rahasianya adalah cepat singkirkan panasnya! Maka lubang udara di dalam poros roda (hub) ditempatkan sebagai ventilasi maksimum pada rem. Seperti teknik pembuangan air pada ban.

2012, Separuh Mobil Produksi GM Bermesin Ethanol

PRODUSEN otomotif utama Amerika Serikat, General Motors Corp. menegaskan, separuh dari mobil-mobil produksinya di tahun 2012 akan menggunakan mesin berbahan bakar ethanol. Bersama dengan Coskata Inc, sebagai rekanan dalam pengembangan ethanol, GM berkomitmen untuk mengembangkan bahan bakar nabati tersebut.

Dalam sambutan pada pembukaan Chicago Auto Show, Rabu lalu, Presiden GM wilayah Amerika Utara Troy Clarke menyebutkan, tahun 2008 ini GM akan merilis 11 mobil berbasis ethanol, dan 15 lainnya di tahun 2009.

Dalam kesempatan ini Clarke juga mengumumkan GM segera meluncurkan mobil empat silinder pertama yang bisa menggunakan bahan bakar ethanol maupun bensin, alias flexfuel, yakni Chevrolet HHR, ditahun 2010. "Kami tidak hanya menaggapi keinginan pasar, tapi pun mengantisipasinya," kata Clarke.

Selain itu, masih dalam upaya pengembangan ethanol, Clarke pun menyebutkan bahwa kerja sama dengan Coskata yang disepakati sejak Januari lalu telah melahirkan sebuah aliansi untuk membangun pabrik pengembangan ethanol yang diperkirakan akan mulai berproduksi pada akhir tahun 2010.

Menambahkan keterangan tersebut, Presiden sekaligus Chief Executive Coskata Bill Roe mengatakan lokasi pabrik tadi akan diumumkan dalam beberapa minggu ke depan. Dan proses pembangunannya pun akan mulai berlangsung tahun ini.

Coskata meyakini produksi massal ethanol akan mampu memasarkan bahan bakar ini seharga 1 dollar AS per gallon, dengan mendayagunakan stok bahan makanan, sampah pertanian bahkan sampah solid lainnya.

Clarke juga menegaskan upaya ini tak menghentikan riset yang dikembangkan GM dalam menciptakan kendaraan hybrid, kendaraan listrik, dan teknologi penghemat bahan bakar lainnya. Namun GM yakin ethanol adalah solusi ampun untuk menghasilkan mesin dengan emisi rendah. Menurutnya, dengan infrastruktur untuk ethanol yang telah terbangun di AS, maka konsumen tak membutuhkan upaya besar guna menggeser kebiasaannya.

Clarke mengatakan, jika GM, Ford Motor Co. dan Chrysler LLC dapat memenuhi seluruh target dalam menghasilkan kendaraan bermesin ethanol, maka di tahun 2020 akan ada pengurangan dalam penggunaan bahan bakar fosil hingga 29 miliar gallon per tahun, atau 18 persen dari jumlah total penggunaan per tahun.

Saat ini GM telah memiliki 2,5 juta unit mobil berbasis mesin ethanol yang beredar di pasaran. Di tahun 2020 GM mematok target hingga 20 juta unit mobil serupa. Tak ada lain pilihan bagi kami selain memacu produksi kendaraan jenis ini, agar dampaknya segera dapat dirasakan," kata Clarke.

Israel Bangun Jaringan Mobil Listrik Pertama di Dunia

Pemerintah Israel menyatakan dukungannya atas sebuah proyek swasta --yang dinilai sementara pihak sebagai proyek ambisius--, yakni membangun jaringan mobil bertenaga listrik pertama di dunia, pada tahun 2011. Proyek ini pun dibarengi dengan pembangunan setengah juta stasiun recharging di seluruh wilayah itu.

Para pendukung proyek ini menilai hal tersebut sebagai terobosan besar di tengah ketergantungan dunia terhadap bahan bakar fosil, di samping juga mendukung usaha mencegah pemanasan global. Namun di sisi lain, kelompok yang berseberangan menilai proyek ini sebagai hal yang terlalu dini, mengingat masih banyak kekurangan dan kesalahan di dalamnya.

Dalam sebuah kontrak kesepakatan anatara Renault dan aliansi Nissan di bawah slogan "Transportasi Tanpa Bahan Bakar; Menciptakan Damai antara Tranasportasi dan Lingkungan", Pemerintah Israel merealisasikan dukukan atas cita-cita tersebut dengan memberikan insentif pajak agar menjadikan Israel bebas bahan bakar.

Kedua pihak yang terlibat dalam proyek ini, Renault dan Nissan sekaligus menyediakan mesin berbasis tenaga listrik. Dan, Silicon Valley akan menjadi tempat pengembangan proyek ini, termasuk dalam hal stasiun recharging. Baterai yang akan menggerakkan mobil tersebut kira-kira akan bekerja layaknya baterai lithium pada telepon selular.

Inisiatif pengembangan teknologi ini berawal dari ide yang dilontarkan oleh seorang entrepreneur peranakan Israel-Amerika berusia 39 tahun, Shai Agassi. "Baterai di bumi kita ini telah mendapat beban selama ratusan bahkan jutaan tahun. Dan, saat ini saja, kita telah mengonsumsi separuh minyak bumi hanya dalam waktu setengah abad. Ada saatnya kita akan sangat tergantung dengan minyak, dan disaat yang sama polusi meningkat, dan panas bumi kita pun naik. Akhirnya kita akan kehabisan komoditi yang paling penting dari segalanya itu," kata Agassi dalam sebuah kesempatan.

Ferrari Uji Ethanol pada F430 Spider

Seiring dengan kampanye penyelamatan lingkungan yang tengah berdengung di seluruh penjuru dunia, produsen mobil Ferrari saat ini tengah bereksperimen untuk menggunakan ethanol pada mobil-mobil mereka. Diharapkan bahan bakan ramah lingkungan ini mampu menekan angka emisi dan meningkatkan penghematan konsumsi bahan bakar.

Senin (14/1), pihak Ferrari menyatakan sedang mengembangkan mesin untuk F430 Spider, agar dapat berjalan dengan E85, yakni bahan bakar ethanol berkadar 85 persen. Dengan bahan bakar ini, mesin menghasilkan emisi karbon dioksida yang lebih rendah 5 persen. Sementara, tenaga yang dihasilkan meningkat hingga 10 persen.

Namun, proyek ini sesungguhnya tidak membahas bagaimana konsumsi bahan bakar yang berjalan selama ini dapat diubah. Tujuan proyek ini bagi Ferrari adalah mencapai target untuk momotong kadar emisi dari mesin-mesinnya hingga 40 persen di tahun 2012.

Sementara, F430 Spider Biofuel pada North American International Auto Show yang berlangsung di Detroit, dipamerkan bersama dengan dua model lainnya, termasuk, 430 Scuderia, yang sudah dapat dipasarkan tahun ini pula.

Traverse 2009, Crossover Baru dari Chevrolet

Chevrolet menambah koleksi varian crossover lewat Chevrolet Traverse yang diperkenalkan pada perhelatan Chicago Auto Show, yang akan terbuka untuk umum, Jumat (8/2). Seri crossover baru ini banyak mengadpsi karakter truk dengan basis SUV (sport utility vehicle), namun lebih mudah untuk dikendalikan, serta diklaim lebih irit dalam konsumsi bahan bakar.

Traverse, banyak 'meminjam' bentuk dari Chevrolet Malibu 2008 ini akan menambah jajaran crossover Chevy Equinox yang telah lebih dulu ada. Bedanya, Traverse memiliki kapasitas angkut yang lebih banyak, karena memiliki deret tiga deret kursi di dalam kabinnya (three rows).

Mobil anyar ini akan mulai diproduksi massal pada kuarter ketiga tahun 2008 di Spring Hill, Tennessee. Jadwal itu diyakini General Motors sebagai produsennya, tidak terlalu cepat. Mereka berpendapat, seluruh pabrikan otomotif memang sedang berpacu untuk meningkatkan angka penjualan, khususnya disegmen tersebut. Angka penjualan varian crossover mampu meningkat 16 persen di tahun 2007, meskipun angka penjualan umum turun tiga persen.

Kendati begitu, Chevrolet dipastikan akan menghadapi kompetisi dengan varian crossover three-row yang juga akan diluncurkan tahun ini, yakni Ford Flex and Dodge Journey.“Kami pikir, Traverse adalah kendaraan yang paling tepat yang diluncurkan pada waktu yang tepat pula," ungkap General Manager Chevrolet Ed Peper dalam sebuah pernyataan tertulis.

Peper mengaku yakin karena Traverse memiliki keunggulan sebagai kendaraan besar yang dapat dikendalikan bak mobil kecil. Belum lagi kapasitas yang besar memungkinkan varian ini menjadi pilihan, di mana pada baris ketiga sekalipun bisa menampung tiga orang dewasa. Sementara kapasitas bagasi juga tetap cukup luas untuk mengangkut barang. Selain itu, kursi di baris tengah menggunakan sistem sliding (geser), sehingga penumpang di baris belakang dapat dengam mudah masuk ke dalam mobil.

Wrangler Unlimited, Tawarkan Ketangguhan dan Kenyamanan

BILA umumnya ketangguhan dan kenyamanan kerap menjadi dua sisi yang harus saling mengalahkan pada sebuah jenis kendaraan, maka "2008 Wrangler Unlimited" justru melakukan terobosan dengan menggabungkan keduanya. Ciri khas mobil untuk medan berat yang keras, garang dan tangguh, dipadukan dengan kenyamanan kendaraan kelas atas, bahkan sekelas sedan.

Bayangkan, di dalam mobil produk terakhir Jeep yang dipasarkan dengan harga mencapai lebih dari 34 ribu dollar AS, bermesin 6 silender, 3.800 cc, seluruh perlengkapan yang mendukung kenyamanan melekat, tanpa mengurangi kegarangan Jeep Wrangler.

Dengan atap dan juga kaca depan yang bisa dilipat, mobil ini pun tetap dilengkapi AC, power window berikut remote keyless entry serta alarm, khas mobil keluarga yang nyaman. Belum lagi enam speaker plus sebuah sub woofer, yang memutar musik dari 6 CD changer pasti mampu memanjakan para penumpangnya. Radio satelit dan kelengkapan multimedia sekaligus piranti navigasi juga 'ditanam' untuk mendukung aktivitas petualang.

Dari sisi keamanan, pintu kokoh mobil ini pun dilengkapi dengan air bag, sistem pengereman Antilock Brake System, dan fitur pengendali traksi, air bag samping, serta sistem pemantauan tekanan udara pada ban.

Dengan sistem roda penggerak 4x4, dan menggunakan empat pintu, mobil ini siap dipakai untuk menembus lintasan off-road, namun juga sangat layak digunakan sebagai kendaraan keluarga, karena kenyamanan yang didukung dengan kabin terluas, bila dibanding dengan varian Wrangler lainnya.

BMW X6 Segera Diluncurkan di Indonesia

Bayerische Motoren Werke (BMW) AG, perusahaan manufaktur mobil BMW yang berpusat di Munich, Jerman rupanya begitu optimistis dengan pertumbuhan angka penjualan BMW di Indonesia. Buktinya, pada pertengahan tahun 2008 ini, dipastikan sebuah varian terbaru, BMW X6 akan meramaikan pasar otomotif di Tanah Air.

"Sesuai dengan strategi global BMW, BMW Indonesia saat ini mempersiapkan sebuah segmen barudi pasar mobil mewah dengan meluncurkan BMW X6 Sport Activity Coupe," ungkap Presiden Direktur PT BMW Indonesia, Joerg Kelling di Jakarta, Kamis (24/1).

Dengan empat pintu, X6 Sport Activity Coupe adalah sebuah kombinasi antara SUV dan coupe. Gaya yang sporty namun elegan tersebut, diklaim oleh BMW sebagai jenis pertama di dunia. Jarak dasar kabin dengan permukaan jalan yang lebih tinggi, serta roda dan ban yang besar yang menjadi ciri SUV, dipadukan dengan komposisi body yang bergaya agresif dengan bentuk atap rendah, khas coupe. Namun, seperti halnya coupe lain, mobil ini hanya untuk empat penumpang.

Transmisi automatic yang dilengkapi dengan manual shifting akan menjadi pusat kendali atas dua varian mesin. V6, 3.0 liter, lengkap dengan twin-turbocharged, dan V8, 4.4-liter, pun dengan twin-turbocharged. Keunggulan X6 ditambah pula dengan fitur DSC (Dynamic Stability Control) yang akan bekerja efektif saat akselerasi maupun pengurangan kecepatan di segala kondisi jalan. Pengemudi mobil berbasis all-wheel drive ini dapat mendeteksi beban putaran pada keempat roda melalui panel yang terpasang di dashboard.

Mobil mewah yang dirancang untuk segala kondisi jalan ini baru saja diluncurkan dalam ajang the North American International Auto Show (NAIAS) di Detroit, AS yang tengah berlangsung sejak 19 Januari lalu hingga 27 Januari mendatang.

Sementara itu, sebagai pembukaan, pada bulan Februari depan, varian BMW seri 5 CKD akan lebih dulu masuk ke Indonesia. Sebelumnya diungkapkan, BMW Indonesia mencapai pertumbuhan penjualan hingga 66,7 persen pada tahun 2007. Dari penjualan 600 unit di tahun 2006, meningkat menjadi 1.000 unit di tahun 2007. BMW seri 3, 5 dan X5 merupakan jenis yang mengalami pertumbuhan penjualan paling pesat.

Livina XR Perkokoh Kehadiran Nissan

Pada hari Jumat (11/1) ini, Livina XR, hatchback subkompak dari Nissan, secara serentak diluncurkan di lima tempat di Jakarta, yakni Mal Taman Anggrek, Senayan City, Cilandak Town Square (Citos), EX Plaza Indonesia, dan Kelapa Gading. Nissan Livina yang merupakan hatchback 5 seater itu dipasarkan dengan dua varian, yakni Livina XR yang menggunakan persneling manual (M/T) dengan harga jual Rp 140,5 juta dan Livina XR yang menggunakan persneling otomatik (A/T) dengan harga jual Rp 148,5 juta.

Sosok Livina XR sama persis dengan Grand Livina, yang berkategori multi-purpose vehicle (MPV) 7 seater, hanya bodi Livina XR 20-an sentimeter lebih pendek daripada Grand Livina. Berbeda dengan Grand Livina yang turun dengan dua kapasitas mesin, yaitu mesin berkapasitas 1.5 Liter dan mesin berkapasitas 1.8 Liter, Livina XR hanya turun dengan mesin yang berkapasitas 1.5 Liter. Dan, kalau Grand Livina lebih ditujukan sebagai mobil keluarga, maka Livina XR lebih diarahkan sebagai mobil kalangan yang lebih muda, aktif, dinamis, serta senang mengekspresikan diri.

Livina XR yang diproduksi di Kawasan Industri Kota Bukit Indah, Purwakarta, Jawa Barat, tersedia dalam lima pilihan warna, yakni burning red, pacific blue, black sapphire, diamond silver metallic, dan grey metallic.

Dalam peluncuran Livina XR di depan wartawan otomotif di dealer Nissan TAM Simatupang, 8 Januari lalu, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Norio Ota mengatakan, "Masuknya Nissan ke segmen hatchback menambah variasi produk Nissan serta memperluas penetrasi Nissan di pasar otomotif Indonesia sehingga memberikan peluang dalam mendorong angka penjualan Nissan di negeri ini."

Jalan yang akan dilalui Livina pasti tidak akan mudah, mengingat segmen hatchback subkompak sudah sangat padat. Di segmen itu ada Honda Jazz, Toyota Yariz, Hyundai Getz, Daihatsu Sirion, dan Suzuki Swift. Tidak mudah itu pasti, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Besarnya sambutan yang diberikan konsumen pada Grand Livina menjadikan petinggi PT Nissan Motor Indonesia optimistis bahwa sambutan yang diberikan kepada Livina XR tidak akan jauh berbeda. Meskipun demikian, Norio Ota tidak menetapkan target penjualan yang ambisius. "Setiap bulan kami menetapkan target penjualan sebesar 700 unit. Meskipun, pada tahap-tahap awal mungkin penjualan per bulan mencapai 1.000-an unit," ujar Norio Ota. Ia menambahkan, pengendalian (handling) yang baik dan kenyamanan, serta kualitas interior dan eksterior, akan menjadi titik terkuat dalam penjualan Livina XR.

Menjawab pertanyaan dalam acara yang juga dihadiri oleh Thierry Viadieu, Corporate Vice President Nissan Motor Co Ltd, Norio Ota mengatakan, keputusan untuk memasarkan Livina XR hanya dengan mesin berkapasitas 1.5 Liter itu dilatarbelakangi oleh pertimbangan akan harga jual dan banyaknya unit Grand Livina 1.5 yang terjual. Apalagi mesin berkapasitas 1.5 Liter itu cukup ideal bagi Livina XR.

Data penjualan mobil yang dikeluarkan Gaikindo menunjukkan bahwa total penjualan Grand Livina sejak diluncurkan 5 April 2007 sampai akhir November 2007 mencapai 12.498 unit, masing-masing 8.552 unit untuk Grand Livina 1.5 dan 3.946 unit untuk Grand Livina 1.8.

Tidak perlu menunggu lama

Livina XR berukuran panjang 4,175 meter, lebar 1,690 meter, dan tinggi 1,600 meter. Dengan demikian, Livina XR lebih pendek 24,5 sentimeter dan lebih tinggi 0,5 sentimeter daripada Grand Livina. Pengurangan panjang sebanyak 24,5 sentimeter itu membuat bobot Livina XR berkurang 80 kilogram dari Grand Livina. Mengingat Livina XR menyandang mesin yang sama dengan Grand Livina 1.5, maka pengurangan bobot sebesar 80 kilogram membuat performa mesin meningkat dan konsumsi bensin lebih hemat.

Livina XR mempertahankan jarak as roda depan dan belakang (wheelbase) sepanjang 2,600 meter sehingga ruang bagi penumpang belakang menjadi lebih lega. Ketiadaan kursi pada deret ketiga membuat kursi deret kedua dapat dimundurkan. Dengan demikian, Livina XR memiliki ruang bagi penumpang belakang yang paling lega di kelasnya. Sedianya, Livina XR akan dipasarkan pada bulan Juli lalu bertepatan dengan penyelenggaraan Indonesian Internasional Motor Show 2007, empat bulan setelah peluncuran Grand Livina. Namun, besarnya minat masyarakat terhadap Grand Livina membuat peluncuran tertunda sampai 8 Januari 2008.

Bagaimana tidak, kapasitas produksi Grand Livina hanya 1.500 unit per bulan. Sementara permintaan terhadap Grand Livina mencapai 8.000-an unit. Akibatnya, konsumen harus menunggu 4 sampai 7 bulan. Kini, setelah PT Nissan Motor Indonesia menambah kapasitas produksi dengan dua shift, masa tunggu dapat dipercepat menjadi paling lama 2 bulan. "Pembeli Grand Livina dan Livina XR tidak perlu khawatir harus menunggu lama untuk memiliki unit mobil yang dibeli. Dalam waktu dekat, kami akan meningkatkan kapasitas produksi menjadi tiga shift," kata Norio Ota.

Hummer HX, Gagah dan Garang

HUMMER, meski kecewa akibat pembatalan relly terganas di dunia, Dakkar Rally gara-gara ancaman teroris Al-Qaeda, pabrikan otomotif Amerika Serikat ini tetap menampilkan CUV bongsor terbaiknya. Kali ini Hummer pamer Hummer HX Concept di ajang Detroit Motor Show 2008, dan foto mobilnya sudah menyebar di dunia maya sebelum pameran. Hummer HX memakai mesin 3.6-liter SIDI berbahan bakar E85 FlexFuel dengan transmisi 4 kecepatan matic. Dengan komposisi tersebut Hummer menjadi kendaraan dengan tenaga besar untuk menyaingi dominasi pesaingnya, Wrangler. HX dilengkapi teknik bongkar pasang atap yang simpel. Dalam waktu singkat menjadi CUV contertible, guna memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpangnya, jika ingin berburu, berdagang atau pun defile. Sejauh ini Hummer belum bersedia merilis harga dan spesifikasi andalan lainnya sebelum masuk pasar global mulai tahun ini.

Venza, Andalan Baru Toyota

Ajang Detroit Motor Show 2008 sungguh menjadi kesempatan bagi para produsen otomotif terkemuka di dunia untuk memamerkan kreasi-kreasi terbaiknya. Toyota yang ikut ambil bagian dalam perhelatan ini pun tak ketinggalan. Dengan seri crossover baru, Venza, pabrikan Jepang ini pun siap menembus lebih dalam ke pasar otomotif Amerika Serikat.

Venza dikembangkan dengan platform Camry, sebuah varian Toyota yang telah lebih dulu sukses dipasaran. Kenyamanan sedan, digabungkan dengan kepraktisan dan tujuan multiguna dari sebuah SUV. Venza memang diposisikan di antara Camry dan SUV Highlander. Model ini mempunyai ciri khas dengan grille chrome dan relief memanjang hingga ke buritan. Produk anyar ini disasarkan pada konsumen yang mendambakan fleksibilitas ruang, -khas SUV-, namun tetap irit bahan bakar, tanpa mengorbankan kenyamanan, seperti yang dimiliki sedan.

Menurut Bob Carter, Toyota Division Group Vice President dan General Manager Toyota AS, kendaraan 5 seaters ini mengusung mesin 2.7 liter, empat silinder atau 3.5 liter V6. Keduanya dipasangkan dengan transmisi matik 6-speed sequential. Versi V6 punya kemampuan towing hingga 3500 pounds, setara dengan kemampuan Nissan Murano ataupun Ford Edge, yang menjadi rival Venza di kelas ini.

Venza akan menggunakan sistem penggerak roda all-wheel drive dan front wheel drive. Untuk versi V6 menggunakan roda berukuran 20 inci, sedangkan versi 2.7 liter menggunakan roda ukuran 19 inci. Model ini hanya dipasarkan di kawasan Amerika Utara mulai akhir tahun ini, dengan target 70.000 unit per tahun.

Passat CC, Tampilan Sporty dan Elegan

Volkswagen, sebagai salah satu produsen otomotif besar di Eropa kembali membentangkan sayapnya dengan sebuah produk andalan baru seri sedan 4 pintu, Passat CC di ajang North American International Auto Show di Detroit, AS, yang saat ini tengah berlangsung.

Dengan tampilan interior yang sporty dan kabin yang lapang, Passat CC menjadi coupe yang menawarkan kenyamanan, dan kedinamisan bagi pengendara. Desain lekuk bodi yang mambentuk siluet diadaptasi dari aliran air, disempurnakan dengan atap yang kokoh membentang dengan desain mendatar antara kaca bagian depan, dan belakang. Sementara, pengembangan terbaru terletak pada pemasangan panoramic glass roof yang memungkinkan pengendara menyaksikan pemandangan yang lebih luas.

Produk ini mangedepankan teknologi direct injection engine yang berdaya 118 kW / 160 PS hingga 220 kW / 300 PS. Fitur yang menjadikan Passat begitu unik adalah pengaplikasian new lane hold assist system. Dengan aplikasi ini, jika mobil bergerak ke luar lintasan, maka secara otomatis assistant system akan mengoreksi kendali stir.

Pasar utama dari kendaraan yang dirakit di sebuah fasilitas perakitan Volkswagen yang berada di Jerman, Emden itu, saat ini terkonsentrasi di Amerika Utara, Eropa Barat dan Jepang.

Lexus LX570, Kombinasi Kekuatan, Kenyamanan dan Kemewahan

Pecinta mobil dari kalangan atas kini punya satu pilihan alternatif dalam mengoleksi atau pun memanjakan diri dengan mobil yang tampil sporty, elegan, dan mengkombinasikan kekuatan, keamanan, dan kemewahan. Lexus Indonesia telah meluncurkan produk terbarunya yakni LX570 guna memberikan rasa tenteram dan nyaman bagi pembelinya. Peluncuran mobil yang merupakan produk generasi ketiga Lexus tersebut berlangsung di Galeri Lexus, Jakarta Pusat, pada Senin (25/3). Johnny Darmawan, Indonesian Lexus Principal, mengatakan, mobil seharga Rp 1,85 miliar tersebut memang sengaja dihadirkan buat warga kalangan atas yang menghendaki mobil dengan kombinasi kemewahan dan pengalaman berkendara yang dinamis.

Style Laxus LX570 terkesan begitu mewah dan juga mengkombinasikan kekuatan dan keamanan yang menjadi identitas Lexus. Mobil berkapasitas 5,7 liter dengan konfigurasi delapan silinder (V8) tersebut mampu menampilkan wujud yang lebih dinamis dari dua pendahulunya yakni LX450 dan LX470 dengan menggunakan originalitas disain Lexus L-finesse.

Tampilan dengan postur mobil yang lebar disertai kabin yang luas yang membujur dari depan hingga belakang menciptakan kesan elegan dan gagah. Sementara desain grill depan dibuat lebar dan lancip pada sisi sampingnya yang menjadi ciri khas Lexus. Tipikal karakter bergaris pada cover mesin memberikan nuansa mobil yang penuh tenaga dan gagah.Karaktergaris di atas menyatu dengan bumper depan dan bawahnya guna memberikan kesan agresif pada posturnya.

"Kalau lampu depan yang besar didesain ulang untuk menambah kesan maskulin sejati," kata Adrian Tirtadjaja, Brand and Business Development Manager Lexus Indonesia PT Toyota Astra Motor.Garis pahatan di atas fender depan yang dipadukan dengan lingkar ban memberikan elemen 'macho'. Panel injakan kaki yang terpasang dekat bodi mobil memberikan tampilan yang lebih terintegrasi.

Sementara itu, pada bagian buritan, mobil yang telah diluncurkan di Amerika pada Desember 2007 lalu tersebut tampil dengan bentuk kaca yang lebih dinamis dan kombinasi lampu yang lebar agar menegaskan dimensi mobil yang besar tersebut. Kombinasi lampu belakang dengan tempat plat kendaraan dipadukan dengan sentuhan krom yang stylish.

Desain velg 18 inch mampu menciptakan tampilan dua dimensi yang sporty dan elegan. Penampilan tersebut ditambah lagi dengan beberapa fitur seperti adaptive front headlights system, pintu belakang otomatis, lampu kabut, dan penyemprot lampu depan.

Kenyamanan Interior yang luas

Secara keseluruhan, panjang LX570 tidak berbeda dengan model sebelumnya. Namun, luas interiornya bertambah 10,16 cm dan eksterior bertambah 2,5 sentimeter sehingga mampu membawa delapan penumpang bersama bawaannya. Dalam interior, kabin mobil tersebut disematkan beberapa piranti mewah seperti pengendali suhu yang independen empat zona, pengendali elektronik tempat duduk baris ketiga dan keempat, dan audio sistem menggunakan 19 speaker dari Mark Levinson dengan fasilitas surround.

Selain itu, adanya tambahan bantal pada tempat duduk, interior kulit, boks pendingin, smart card key, dan trim kayu Bubinga yang biasa digunakan untuk mendekorasi pesawat jet pribadi, menjadikan LX570 kian mewah dan nyaman.

Untuk keamanan, LX570 memiliki standar 10 airbag yang terpasang di depan (pengendara dan penumpang depan) termasuk airbag untuk lutut, airbag pada baris kedua yang terpasang di tempat duduknya dan sepanjang pilar atas baris ketiga, dan active headrest.

New Mazda 5 Lebih bertenaga dan Lebih Irit

Sekarang ini persaingan di kelas Multi-Activity Vehicle (MAV), cukup banyak pilihan. Ada Nissan Serena, Mitsubishi Grandis, Honda Stream dan terakhir New Mazda5 yang mengalami face lift. Kendati bersifat kosmetik, Haryanto Djayaputra selaku Dealer Business Manager PT Mazda Motor Indonesia, hampir semua sektor mendapat sentuhan perubahan.

Dari Black Menjadi Beige
Dari sisi eksterior, Haryanto memulainya dari depan. Seperti lampu depan dan belakang, desain lebih aerodinamis dan pencahayaannya lebih merata. Termasuk lampu kabut dan desain gril dengan honeycomb mesh dipadu lampu kabut.

Pada sisi samping, penggunaan pelek masih sama, hanya motif yang kali ini bercorak 'V'. Keempat roda dilengkapi dengan rem cakram, di sini Mazda masih mempertahankan kesan Zoom-Zoom.

Kedua pintu samping yang double electric sliding doors dapat dibuka dengan remote control. Ketika berada di dalam, cukup menekan tombol, sedang penumpang belakang dapat dengan mudah menarik tuas untuk mengaktifkan pintu elektrik.

Sistem keamanannya menjadi perhatian. Jadi, bila pintu akan menutup dan badan baru masuk separuh, gerak pintu akan terhenti. "Jadi ini sangat aman buat anak-anak," papar Haryanto.

Sementara pada bagian belakang, desain lampu lebih manis dan sudah dilengkapi dengan LED. Kemudian pintu dibuka sampai ke atas, ada beberapa step sesuai dengan tinggi postur tubuh si pembuka.

Interior, untuk New Mazda 5 telah disempurnakan dengan bernuansa 'beige' yang lebih cerah. Pada area dasbor, penunjuk kecepatan tipe 'black-out' hadir dengan tanda putih untuk indikasi yang lebih jelas.

Tak cuma itu, penumpang baris kedua dimanjakan dengan AC yang bisa dikontrol sendiri oleh penumpangnya. Kesan sport cukup kental dengan bagian atap dilengkapi sun roof. Trus, ketegangan saat mengemudi bisa dieliminir dengan adanya sandaran tangan di sebelah kiri bangku pengemudi dan sebelah kanan bangku penumpang.

Kala membawa penumpang penuh pada malam hari, usah takut posisi lampu akan mendongak ke atas. Pencahayaan akan tetap datar karena tersedia manual headlamp leveling switch.

Ketika bergeser ke dapur pacu, Haryanto menjelaskan New Mazda 5 masih mengusung mesin MZR 2.0L, hanya perubahannya sudah dilengkapi Sequential Valve Timing (S-VT). Kemudian pedal gas tidak lagi menggunakan kabel, tapi sudah electronic Throttle Control (ETC).

Begitu juga transmisi yang tetap otomatis, cuma dari 4-speed dinaikkan jadi 5-speed. Sehingga performanya lebih gesit dan agresif tanpa mengurangi efisiensi penggunaan bahan bakar. Bila model terdahulunya konsumsinya 1:8, kini lebih baik menjadi 1:10.

Penasaran, Anda bisa menjajal handling, kenyamanan dan akselerasinya di Senayan City.

Suzuki X-Road Hadir Juni

Sekalipun BBM sudah naik, PT Indomobil Niaga International (IMNI) tidak menunda peluncuran produk terbarunya. Rencananya, Juni ini ATPM Suzuki itu siap menghadirkan Suzuki SX-4 versi jalan raya disebut Crossroad (X-Road). "Kira-kira begitu rencananya setelah pertengahan Juni ini," jelas Bebin Djuana, Brand II R4 PT IMNI.

Bentuk fisik (eksterior) masih sama dengan SX-4 Crossover. Begitu juga mesin, tetap mengandalkan 1.500 cc VVT DOHC. Dapur pacu ini sangat responsif , tapi pemakaian bahan bakar cukup efisien. Ini berkat teknologi Multi Point Injection (MPI) dan Throttle by Wire.

Karena fokus untuk jalan raya, penyunatan spek pun dilakukan. Seperti ground Clearence diturunkan sekitar satu sentimeter. Berarti suspensi direndahkan. "Untuk suspensi sama persis dengan Neo Baleno," beber Bebin. Memang, suspensi Neo Baleno terasa empuk. Bahkan ketika menuver di tikungan, tingkat keolengan sangat rendah. Dan pada sedan crossroad ini pengemudi akan merasakan kenyamanannya.

Spesifikasi kendaraan, menurut Bebin lebih mendekati Swift. Kantung udara tidak ada, kemudian ukuran pelek 15 inci. Mengenai harga, Bebin belum bisa kasih angka. "Yang pasti di bawah SX-4 Crossover CKD," ujar Bebin.

Suzuki Kizashi 2 Tampil Di JCC

Kenaikkan bbm tidak membuat PT Indomobil Niaga International (IMNI) menurunkan kualitas tampilan produknya di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta Convension Center, awal Juli mendatang. Menurut Bebin Djuana, Brand II R4, Suzuki tetap menampilkan mobil konsep, pilihannya jatuh pada Kizashi.

Kazashi merupakan program dari Suzuki Motor Company (SMC) yang akan memasuki pasar sedan midsize (D-Segment). Meski masih merupakan konsep, tapi Kazashi sudah mengalami tiga kali peyempurnaan bentuk. Model pertama diperkenalkan pada Frankfurt Motor Show 2007.

Generasi kedua ditampilkan di Tokyo Motor Show, masih di tahun yang sama. Dari segi desain masih mendekati sama dengan Kazashi I. Perubahan mencolok tampak pada gril dan sisi samping yang dipermanis.

Dan Generasi 3 dipajang pada New York International Auto Show tahun ini. Eksterior kembali disempurnakan, meski masih dalam bentuk konsep. Namun SMC menamainya sebagai Kazashi Sport. Dan yang akan diikutsertakan pada pameran mobil internasional di Jakarta nanti, menurut Bebin Kazashi 2.

Pada ajang IIMS nanti, IMNI juga melaunching Suzuki SX-4 X-Road (saudaranya SX-4 Crossover). Bentuk masih sama, begitu juga mesin. Yang membedakan ground clearance lebih rendah dan suspensi.

Beberapa jenis Suzuki lainnya, seperti Grand Vitara, Neo Baleno dan APV juga dipajang. Tapi tidak dalam bentuk standar, "Tapi semuanya sudah dimodifikasi," jelas Bebin.

Lancer Sportback Primadona Mitsubishi di Paris Motor Show

Pameran mobil internasional di Paris yang mengambil lokasi di Paris Expo Porte de Versailles, Prancis dari 2 – 19 Oktober 2008 dimanfaatkan Mitsubishi untuk memperkenalkan Lancer Sportback dan Lancer Ralliart. Demikian pengumuman disampaikan prinsipal mobil berlambang Tiga Berlian, Mitsubishi Motors Company (MMC), Rabu lalu.

Sedan lima pintu Lancer hatchback mengusung mesin turbocharger berkapasitas mulai dari 1.5L (109 PS), 1.8L (143 PS) dan versi mesin diesel 2.0L (143 PS) turbo, tapi mesin terakhir ini baru akan dipamerkan masuk musim semi 2009.

Di samping Lancer Ralliart, Mitsubishi juga menampilkan Lancer Sportback Ralliart. Kedua sedan sport ini mengusung mesin 2.0 L 4 silinder DOHC MIVEC dilengkapi turbocharger. Tenaga maksimumnya 240 PS dengan torsi maksimum 343 Nm.

Untuk sistem transmisi, kedua sedan sport itu dilengkapi Twin Clucth SST (Sport Shift Transmission) ditambah Active Center Differential (ACD). Tujuannya agar mengemudi lebih responsif dan teknologi ini diterapkan pada Lancer Sportback.

Tak Cuma itu, teknologi gerak empat rodanya (4WD) juga baru yang dilengkapi Super - All Wheel Drive Control (S-AWDC) yang terintegerasi dengan semua sistem elektronik di mobil. Seperti ACD, Active Yaw Control (AYC), Active Stability Control (ASC) dan ABS.

Luar biasa sempurna Lancer hatchback ini. Pengemudi nggak usah takut mobil oleng karena kestabilannya sudah terkontrol. Dan pengemudi selalu terasa nyaman di dalam kendaraan.

Dan pihak MMC memastikan kalau sedan Sportback akan diproduksi, kendati saat pameran nanti yang dipajang prototipe.

Dell Lebarkan Sayap Jadi Dealer Mobil Mewah

Diversifikasi investasi memang sudah menjadi pemandangan umum dalam dunia bisnis. Demikian pula halnya dengan Dell. Produsen piranti komputer tersebut, melalui Chief Executive Officer Michael Dell menyatakan akan masuk pula ke bisnis otomotif.

Tak menghiraukan merosotnya pasar otomotif di Amerika Serikat, Dell memandang pihaknya masih memiliki banyak kesempatan untuk meraup keuntungan dari bisnis ini. Pendirian ini sangat masuk akal, mengingat kebutuhan piranti komputer pada mobil-mobil masa depan menjadi hal mutlak. Tapi ternyata, mimpi Dell ini tak hanya sebatas bidang komputer, mereka akan terjun sungguhan dengan melakukan dealership untuk mobil mewah dan mobil impor.

CEO berusia 43 tahun itu menyatakan telah melakukan penjajakan mengenai rencana ini dengan sebuah produsen otomotif yang namanya masih dirahasiakan. Disebutkan, dealership yang dilakukan Dell akan difokuskan pada mobil-mobil mewah kelas atas dan impor.

Kondisi pasar otomotif AS yang sedang menurun, justru dipandang Dell sebagai momentum yang tepat untuk melakukan penetrasi di wilayah yang sangat berbeda dengan 'habitat' Dell. "Saat orang kebanyakan panik dan tak mengerti harus melakukan apa, pada saat itulah kesempatan besra sesungguhnya sedang terbuka lebar bagi penanam modal untuk melakukan perubahan dan melakukan terobosan baru," kata Dell. "Sekarang Anda semua harus memiliki hasrat untuk berubah, dan merangkul perubahan itu. Kecuali jika kita mempunyai pilihan lain?" tegas Dell di hadapan Detroit Economic Club.

Berdasarkan berita yang dilansir Automotive News, rekanan Dell untuk melakukan kerjasama adalah mantan Presiden Sonic Automotive Jeffrey Rachor, yang akan menanamkan modal sebesar 500 juta dollar AS untuk dealership mobil mewah dan mobil impor.

Peugeot Workshop Buat Wartawan

PT Astra International Tbk - Peugeot (AIP) mengadakan Peugeot Workshop, mulai pagi hingga sore (16/6) khusus buat para wartawan, mulai dari cetak sampai elektronik bertempat di Buzz Cafe, Pondok Indah, Jakarta Selatan. Hadir sebagai pembicara Sudarwanto (National Instructor dari AIP), Heri Wasesa (Service Manager PT Astra France Motor), Dede Faturohim (Technical Division Head PT Trimitra Baterai Prakasa) dan Zainulfatiin Husin (Technical Manager Shell).

Dalam workshop itu, para wartawan mendapat pengetahuan tentang teknologi yang pada pada jajaran unit mobil berlambang Singa itu. Seperti kunci kontak yang menggunakan sistem immobiliser.

Di sini dijelaskan prinsip kerjanya dan sistem yang dipakai. Ada Immobiliser dengan keypad, sistem elektronik yang akan membuka kuncian ECU dengan cara memasukkan kode.

Satunya lagi, Immobiliser dengan transporder. Jadi jika kunci dimasukkan ke lubang, Ecu akan mengenali kunci untuk melakukan otorisasi dan membuka kuncian ECU.

Kecanggihan teknologi yang terkandung dalam mesin-mesin Peugeot diinformasikan kepada peserta workshop. Seperti penggunaan Dual Variable Valve Timing System (VVT) pada Peugeot 207 dan 308. Selain itu, pemakaian Variable Valve Lift (VVL) yang berfungsi sebagai pembuka intake valve dan mengontrol jumlah udara yang masuk ke dalam ruang bakar.

Terakhir, disampaikan jajaran unit Peugeot yang sudah memenuhi standar Euro 2 (206), Euro 3 (New 206 dan 407) serta Euro 4 (207).

Peugeot dan Mitsubishi Kerjasama Bikin Mobil Listrik

Dalam wawancara terakhirnya Direktur Pemasaran Peugeot Christian Peugeot mengaku pesimistis dengan prospek pembangunan mobil elektrik secara massal. Namun kendati demikian, sebuah laporan terakhir menyebutkan Mistubishi telah menandatangani perjanjian kerjasama dengan PSA Peugeot Citroen untuk pembangunan mobil listrik, termasuk pengembangan lithium-ion batteries.

Dalam berita yang dilansir harian Jepang, Nikkei, meski waktu pasti dari pelakasanaan kerjasama ini tak diungkapkan, namun diperkirakan tahun 2010 menjadi masa di mana kendaraan listrik akan memasuki debutnya. Di tahun tersebut setidaknya telah diproyeksikan produksi massal dari sejumlah varian seperti Chevy Volt, Toyota Next Generation Prius, serta beberapa varian mesin hibrida lainnya.

Di tahun yang sama pulalah, Mitsubishi berencana meluncurkan kendaraan hibrida-nya. Kabarnya, mobil tersebut akan berbentuk city car dan hanya dipasarkan di Jepang.

Sementara tentang keraguan atas prospek mobil listrik, perusahaan otomotif asal Perancis itu memang meragukan mobil jenis itu akan bisa masuk ke pasar pada tahun 2010 secara massal. Setidaknya itulah yang dikatakan Peugeot. "Ini hanya pengumuman, tapi pengumuman ini pun belum menjadi kenyataan kan?" kata Peugeot.

Toyota Aygo Crazy Yang Galak

Toyota mempersiapkan mobil konsep 'Aygo Crazy' untuk dipamerkan pada acara London Motor Show (LMS) 2008, bulan depan. Desainnya bukan sama sekali baru, justru diambil dari sedan mungil yang sudah dilaunching 2005 lalu, Aygo.

Bentuk Aygo yang diambil dari kata Eye Go gabungan dari Yaris, Corolla, Verso dan Avensis. Bermesin 1.000 cc 3 silinder diproduksi untuk menjawab permintaan mobilitas dan kepraktisan yang tinggi di kota-kota modern. terpenting lagi, gampang parkirnya.

Lantas di mana gilanya? tengoklah eksteriornya dibikin widebody dengan bantuan bodi kit. Dipadu dengan keempat roda menggunakan velg ukuran 17, plus sayap belakang yang terinspirasi dari balap single seater ala Amerika, Champ Car. Tampilan Aygo Crazy jadi kekar dan terkesan bisa melesat dengnan kecepatan tinggi.

Tidak salah memang, sebab mesin standar 1.000 cc diganti dengan versi 1.8L VVT-i 4 silinder. Dapur pacu ini sudah pernah dipasang pada Toyota Celica dan MR2. Pemilihan ini tak lain untuk mengimbangi tampilan Aygo yang sudah bernuansa reli. Bedanya, pada dapur pacu Aygo ditambah koversi kit turbo untuk mendongkrak tenaga mencapai 200 dk dan torsi 240 Nm.

Sistem transmisi yang manual 5-speed versi jalan raya diganti model motorsport- spec buatan Helix Motosport. Sedang suspensi diadopsi dari MR2 dengan MacPherson Struts depan dan belakang.

Untuk interior dirancang oleh pakarnya, O’Rourke, termasuk tempat duduk yang bucket seat dan roll cage. Bobot bertambah lebih berat 160 kg sehingga totalnya menjadi 1090 kg. Ketika dijajal akselerasi 0-100 km/jam ditembus 5,75 detik dan kecepatan maksimum bisa mencapai 200 km per jam.

Penyebab Ban Cepat Rusak

Terkadang Anda sedikit kaget mengetahui kembang ban mobil habis tidak merata. Ada yang kemakan bagian dalam atau luarnya. Bisa juga disebabkan cara mengemudi dan masih banyak lagi.

Bahayanya, kondisi si karet bundar hitam ini sudah kurang baik. Anda melesat dengan kecepatan tinggi di jalan tol, tiba-tiba meletus. Ya, kalau Anda bisa mengatasi kemudi. Sebaliknya, Anda panik bukan tidak mungkin mobil terbalik.

Inilah biang-biang penyebab ban rusak;

1. Tekanan Angin
Sering diabaikan, terutama bila tekanan anginnya di bawah ukuran standar. Dampaknya, kerja dinding ban lebih berat dan mengakibatkan defleksi berlebihan. Tak cuma itu, membuat serat baja di dalam ban cepat putus dan ban meletus. Jika tekanan angin kurang, tambah dan sebaiknya dilakukan saat ban dalam kondisi dingin. Ukurannya, biasanya tertera di pintu atau lihat buku manual.

Sebaliknya, tekanan angin terlalu keras mengurangi daya cengkeraman. Lebih berbahaya kondisi jalan licin, saat hujan atau melindas ceceran oli.

2. Pecahan Benda dan batu
Batu, pecahan kaca atau benda keras (seperti mur, baut, pelat) kerap terselip di sela kembangan ban. Ketika roda berputar, ban seperti dipalu berulang-ulang. Bukan tidak mungkin, seperti baut yang menempel cukup panjang bisa menggembosi ban. Nah, ketika jalan terdengar bunyi, tik..tik..tik..tik, tandanya ada benda di ban dan cepat lepaskan.

3. Toe In/Toe Out
Arah roda tidak searah secara horizontal baik ke dalam (in) maupun ke luar (out). Akibatnya, telapak ban bagian dalam (Toe in) atau luar (toe out) akan tergerus lebih cepat. Lakukan spooring dan balancing agar roda berputar tanpa getaran.

4. Sudut Camber Negatif/Positif
Kerusakan tie-rod, as roda atau bearing bisa berujung tidak serahnya roda secara vertikal (camber). Bisa camber negatif atau positif. Akibatnya seperti kasus toe in/out, telapak ban cepat rusak, bisa bagian dalam (negatif), bisa juga luar (positif). Segeral lakukan spooring dan balancing.

5. Pengereman dan Akselerasi Kasar
Buat mobil yang belum dilengkapi ABS, mengerem secara kasar, membuat kembangan ban habis tidak rata. Apalagi sampai melakukan pengereman secara ekstrem (rem blok), menyebabkan benang putus. Dan ketika melaju pelan akan terasa ban seperti benjol, praktis kenyamanan terganggu.

6. Pelek Tidak sesuai
Seperti memakai celana, paling enak jika ukurannya pas. Pelek dan ban juga demikian. Bila tidak sesuai, misal ban dipasang pada pelek yang ukurannya satu atau dua kali lebih besar dari pelek standar ban itu, jelas akan membentuk donat dan kerja dinding ban menjadi lebih berat. Pasalnya, sudut dinding ban menyempit dan mudah ratak, pecah atau benjol.

7. Suspensi Lemah
Tidak maksimalnya kerja komponen suspensi, seperti sokbreker dan per membuat telapak ban benjol-benjol. Semisal sokbreker sudah mati, tentu per tidak mampu menahan impak sendirian. Ayunan mobil yang kuat akibat lemahnya suspensi membuat ban menahan beban tidak merata.

8. Mengemudi Agresif
Tanpa disadari mengemudi yang kasar mempercepat habisnya kembang ban. Kadang terkelupas yang disebabkan menabrak lubang atau benda-benda keras.

Hemat BBM, Mesin Otomatis Mati di Traffic Light

Harga minyak dunia yang terus melambung pasti menjadi bagian yang melatarbelakangi para praktisi otomotif untuk menciptakan teknologi yang lebih hemat pada kendaraan ciptaan mereka. Satu alternatif teknologi saat ini tengah dipersiapkan. Dengan teknologi mesin hemat energi ini, mesin akan mati secara otomatis saat kendaraan berhenti di lampu lalu lintas.

Kepala Bagian Riset dan Pengembangan Mercedes-Benz Thomas Weber mengungkapkan, sesunguhnya ide ini bukan barang baru. Fitur ini pertama kali dipakai pada Volkswagen Lupo 1.2 L tahun 1999. Sekarang ide ini akan kembali digunakan pada Audi, Mercedes-Benz, dan BMW yang menaruh minat mendalam pada pengembangan fitur tersebut. "Dalam waktu lima tahun ke depan, diharapkan fitur ini akan menjadi standar setiap mobil baru," ungkap Weber.

Mercedes-Benz sendiri baru saja memperkenalkan varian A-class yang disempurnakan dengan fitur ini di Eropa, dan diyakini sejumlah produsen Jerman akan menguntit pergerakan ini. "Dalam pandangan saya, teknologi start-stop ini dapat menjadi basis teknologi seluruh kendaraan. Memang kondisi masing-masing tempat akan berbeda, katakanlah Eropa berbeda dengan Arab Saudi, tapi tetap ini menjadi teknoogi yang paling mudah dan cepat dalam menghemat bahan bakar," kata Weber.

Teknologi ini bekerja dengan menggunakan belt-driven starter generator untuk menggantikan alternator dan starter motor standar. Pada smart micro hybrid drive, Oktober 2008, sistem ini diklaim mampu menghemat penggunaan bahan bakar hingga 19 persen untuk penggunaan di dalam kota.

Dengan sistem yang digunakanMercedes ini, pengendara hanya harus memindahkan posisi persneling ke posisi netral dan menarik rem tangan. Setelah itu, mesin akan padam dengan halus, sementara pada saat yang sama peranti lain, seperti pendingin udara dan perlengkapan entertainment seperti tape dan televisi, akan dialihkan pengoperasiannya dengan baterai.

Mesin akan kembali menyala secara otomatis begitu persneling dimasukkan dan rem tangan dilepas. Sayangnya, teknologi ini belum dapat diterapkan pada kendaraan dengan mesin otomatis.

Chery, Mobil China Rasa Eropa?

Mobil China rasa Eropa? Ya, silakan jajal mobil buatan Chery asal Republik Rakyat China. Mereka mengklaim memasarkan kendaraan dengan basis teknologi mesin dari Austria dan desain paninfarina dari Italia. Tak main-main, teknologi mesin produk Chery dibuat oleh firma yang juga mendesain mesin balap mobil Ferrari. Demikian diungkapkan CEO Unicor Prima Motor Tan Kim Piaw di Jakarta, Kamis (19/6).

Nah, sebagai wujud kepercayaan kualitas, FIAT telah memesan 100.000 unit mesin kepada Chery motor di China. Kerja sama juga dilakukan dengan Chrysler. Saat ini, PT Unicor Prima Motor yang bernaung di bawah Indomobil memasarkan Chery QQ berkapasitas mesin 850 cc dan SUV Chery Tiggo berkapasitas mesin 2.000 cc.

Penjualan Chery Tiggo di China berada di atas Honda CRV, Hyundai Tucson, dan Kia Sportage. Chery merupakan perusahaan otomotif milik Pemerintah Provinsi An Hui yang produksi perdananya diluncurkan tahun 1999 dan menghasilkan mobil yang ke satu juta bulan Agustus 2007 lalu.

New Mazda5 Zoom-Zoom

Meski hanya face lift, New Mazda 5 yang diperkenalkan PT Mazda Motor Indonesia (MMI) - sebagai distribusi yang sepenuhnya dimiliki Mazda Motor Corporation - di Senayan City (19/6) Jakarta, cukup banyak penyempurnaan dari model sebelumnya. Meski hanya bersifat kosmetik, tapi semakin mengukuhkan posisi kendaraan Multi-Activity ukuran menengah sebagai pilihan yang lebih menarik.

Berbagai penyempurnaan yang dilakukan, mulai bagian depan, samping sampai belakang memperkuat konsep Mazda5 sebagai produk yang komunikatif dan dinamis. Termasuk faktor safety bagi penumpang yang akan masuk ke kabin tengah. Pintu yang bisa menutup secara otomatis - ketika pegangan pintu luar di tarik - akan berhenti otomatis begitu ada benda yang mengganjal. "Jadi, tidak berbahaya bagi anak-anak," ungkap Haryanto Djayaputra, Dealer Business Manager MMI saat mempresentasikan bagian-bagian dari Mazda5 yang mengalami perubahan.

Penyempurnaan dilakukan, menurut penjelasan Yoshinori Nishihara selaku Presdir MMI lantaran kendaraan mereka telah mendapat respon yang positif. Di samping itu, kehadiran Mazda5 ini, selain mencanangkan standar baru di segmen Multi-Activity Vehicle ukuran menengah, terpenting memenuhi komitmen MMI senantiasa menawarkan produk yang inovatif dan berkualitas tinggi bagi para konsumennya.

Ketika ditanya soal target penjualan, Yoshiya Horigome, Marketing & Sales Director MMI menyebut angka 240 unit setahun. "Namun karena sudah berjalan setengah tahun, sisa tahun berjalan yang tinggal 6 bulan, target kami 20 unit perbulan."

Dan target itu termasuk angka yang realistis. Bahkan malah bisa melampaui target karena MMI sendiri sudah memperbesar jaringan distribusinya. "MMI kini sudah menjangkau Jakarta, Surabaya, Bali, Makassar, Banjarmasin, Balikpapan, Samarinda, Palembang dan Pakanbaru," papar Astrid Ariani Wijana, Brand & Communication Manager MMI.

Termasuk jaringan Authorized Workshop, lanjut Astrid. Jika sebelumnya ada 10 yang tersebar di beberapa kota besar, "segera akan bertambah 3 lagi. Di antaranya Sumatra 2, Jakarta (2) serta Surabaya, Bali dan Makassar masing-masing 1.

Mazda5 tetap memakai bermesin 2.0L (sama seperti model sebelumnya) yang diimpor CBU (completly Built Up) dari Jepang dibanderol Rp 301,5 juta (OTR untuk Jakarta). Dilihat dari segi harga, Mazda5 akan bersaing ketat dengan Nissan Serena, Mitsubishi Grandis dan Honda Stream yang harganya di bawah Mazda5. Sekalipun harga paling atas, tapi dari segi penampilan, Mazda5 lebih sporty dan dinamis.

All New Honda Jazz Dipamerkan "Terselubung" di MTA

Apa yang dibuka sedikit-sedikit selalu mengundang rasa penasaran. Mungkin ide ini juga yang menjadi pertimbangan PT Honda Prospect Motor (HPM) ketika memilih cara untuk memperkenalkan All New Honda Jazz. Ya, ribuan pengunjung Mall Taman Anggrek (MTA), sore ini (Kamis, 19/6) coba dibikin penasaran saat varian andalan terbaru Honda itu dipajang, tapi ditempatkan dalam kotak tertutup. Loh?

Ya, untuk mengundang rasa penasaran toh? Lalu bagaimana melihatnya? Pada sisi boks cuma disediakan lubang-lubang kecil untuk mengintip. Dari situlah pengunjung bisa melihat sosok mobil ini. Dalam perkenalan awal All New Jazz yang dilaksanakan bersamaan dengan pergelaran Jazz Tuning Contest 2008 ini, Presiden Direktur PT HPM Yukihiro Aoshima pun ikutan mengintip dari lubang ini.

Tentu saja penampakan mobil yang terkenal karena konsumsi bahan bakar yang irit itu tak akan terlihat jelas. Hanya bagian-bagian kecil mobil yang terlihat dari lubang itu. Ah, rasa penasaran tak mungkin terjawab kalau cuma ngintip. Beruntunglah para pemegang Honda priority card yang mendapat pengecualian. Sebutan prioritas jelas membuat perbedaan dengan pengunjung mall yang lain. Mereka dapat masuk ke dalam kotak untuk melihat dan bahkan menyentuh mobil anyar tersebut. Tak hanya itu, mereka dapat langsung mengisi formulir pemesanan, dan kemudian akan diteruskan oleh PT HPM ke dealer Honda terdekat, untuk melakukan pembelian.

Lucunya, boks penutup mobil yang kabarnya menggunakan teknologi mesin baru dengan kombinasi teknologi i-DSI dan VTEC, yakni i-VTEC tersebut hanya ada pada keempat sisi saja. Artinya, bagian atas boks yang ditempatkan di atrium tengah MTA tidak tertutup. Rasa penasaran pengunjung bisa langsung terobati dengan naik ke lantai atas MTA dan melongok ke bawah. Dari sana akan terlihat sebuah All New Honda Jazz yang dipajang dengan diterangi beberapa lampu sorot.

All New Honda Jazz, yang secara resmi baru akan diluncurkan bertepatan dengan ajang Indonesia International Motor Show 11 – 20 Juli 2008. Namun menurut Marketing and After Sales Service Director PT HPM Jonfis Fandy, peluncuran awal All New Jazz yang sosoknya lebih panjang dari varian terdahulu ini akan dilaksanakan pada 27 Juni mendatang, di Plaza Senayan. Sosok lebih panjang? Ya, jarak as roda pada varian ini lebih panjang 50mm dari varian sebelumnya, menjadi 2.500mm. Dengan demikian, kabin pun akan menjadi lebih luas. Ruang kaki bagi penumpang di kursi belakang akan bertambah lega 40mm.

Sementara, untuk panel dan material dashboard disebutkan, All New Honda Jazz menggunakan bahan plastik yang lebih berkualitas, dengan panel-panel yang memjudahkan pengemudi untuk memantau operasional mobil. Pada bagian eksterior, meski tak terlalu tampak perubahan mencolok, Jazz baru memakai windscreen yang lebih panjang, yakni 120mm. Lalu, bagian clever triangular windows (bidang kaca segitiga pada pintu depan) menjadi lebih lebar besar. Hal itu terpengaruh panjangnya windscreen dibanding versi sebelumnya. Model ini sekaligus memungkinkan pengendara mendapatkan ruang pandang yang lebih luas.

Sayangnya, Jonfis belum mau mengungkapkan berapa harga jual kendaraan yang telah membuat heboh peminat otomotif tanah air sejak pertengahan tahun lalu dipamerkan pada ajang Tokyo Motor Show. Lalu apakah produk ini mampu mengulang sukses versi pendahulunya yang telah menjadi fenomena? Terlebih persaingan kini semakin ketat, di mana hampir semua produsen otomotif mempunyai varian sedan sub-kompak sebagai pesaing Jazz. Kita tunggu saja...

Waspada! Kebocoran Gas Karbon Intai AC Mobil Anda

Berulangnya peristiwa meninggalnya para pengendara mobil karena diduga keracunan gas karbonmonoksida yang berasal dari kebocoran AC mobil, tentunya mengundang keprihatinan. Apa yang menyebabkan kebocoran tersebut, dan apa yang bisa dilakukan pemilik mobil untuk menghindari hal tersebut?

Pemilik sekaligus teknisi AC mobil dari Umara Auto, di Pasar Mobil Kemayoran, Abu menjelaskan, kebocoran tersebut disebabkan ada kebocoran pada selang AC. Penyebab kebocoran, tentu saja karena kurang perhatian dan perawatan terhadap AC mobil.

Bagaimana mendeteksinya? "Biasanya kebocoran itu karena jarang diservis, jarang diteliti. Seharusnya freon, cek oli di dallam kompresor AC, kadang suka membeku. Orang punya mobil kalau terlalu sibuk, kadang kurang memperhatikan, taunya bawa doang. Mendeteksinya memang susah, selang bocor itu biasanya karena meledak. Nah, pas meledaknya itu kadang nggak tahu, karena seringnya nggak ada suara apa-apa," jelas Abu yang ditemui di bengkelnya.

Teknisi lainnya dari Hering Auto di lokasi yang sama, Sarno berpendapat, kebocoran AC mobil biasanya disebabkan kerapuhan pada ekspansi AC. Usia ekspansi, menurutnya hanya 1 tahun. Selebihnya berisiko rapuh dan menyebabkan kebocoran pada selang AC. "Tapi inilah yang kurang diperhatikan. Kita paham, pemilik mobil mungkin nggak tahu detil sampai ke sana. Yang paling baik, ya servis biar semuanya diteliti. Apalagi ekspansi. Paling tidak minimal 1 tahun sekali harus diganti. Penyakit pemilik kendaraan kan, kalau AC belum berasa panas, nggak akan dicek," kata Sarno.

Menandai kebocoran selang AC, selain tercium bau menyengat --menurut Abu seperti bau gas elpiji-- juga kadang muncul suara berisik dari AC mobil. Saat terjadi seperti ini, kedua teknisi tersebut menyarankan agar segera mematikan AC dan membuka kaca mobil. "Kalau terjadi kebocoran, lebih berbahaya saat mobil berhenti. Kenapa? Karena kalau dalam kondisi mobil berjalan, masih ada sirkulasi udara yang berputar. Kalau berhenti, gas karbon itu akan terkurung gitu aja," ujar Sarno.

Sementara Abu menambahkan, "Kalau lagi istirahat, seringnya orang itu ya, mesin nyala, AC nyala, kendaraan berhenti. Ini lebih bahaya. Kalau mau istirahat, mesin dan AC tidak perlu dinyalakan, sudah buka kaca mobil saja. Pas mobil berhenti, dengan keadaan mesin dan AC menyala juga memberi peluang meledaknya selang AC," kata dia.

Baik Sarno maupun Abu menyatakan tak sepakat bahwa kebocoran gas karbon yang terhirup pemilik kendaraan berasal dari knalpot. Menurut mereka, tak ada hubungannya sama sekali dengan knalpot. "Nggak ada hubungannya dengan knalpot. Yang mematikan itu hanya dari AC. Selang AC bocor, baunya (gas karbon) ke dalam, gas karbon terhirup, ini yang menyebabkan kematian," ujar Abu.

Solusinya? Tak ada pilihan lain, selain melakukan servis AC mobil secara rutin. Minimal 6 bulan sekali. Jika seseorang menghirup gas karbonmonoksida, akan menghambat pengikatan oksigen oleh darah. Hal ini dapat mengakibatkan darah kekurangan oksigen, sehingga menimbulkan pusing pada si penghirup. Tak hanya pusing, bahkan dapat mengakibatkan pingsan dan kematian.

Mesin Hibrida Diminta Pakai "Suara Palsu"

POLEMIK seputar potensi bahaya yang mungkin muncul akibat heningnya suara mobil bermesin hibrida (hybrid) memang belum tuntas. Senin (23/6), the National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) di Amerika Serikat menggelar rapat dengar pendapat menyoal polemik tersebut.

Seperti yang pernah diberitakan sebelumnya, hadirnya mesin hibrida yang terkenal 'silent' itu tenyata bukan tanpa perkara. Pasalnya, pejalan kaki dan kaum tunanetra merasa menjadi pihak yang terancam keselamatannya dengan mobil hibrida. Dengar pendapat ini pun menindaklanjuti keputusan parlemen AS mengenai batas minimum suara yang harus dikeluarkan mesin yang terkenal ekonomis dan ramah lingkungan tersebut.

Dalam kesempatan ini, perwakilan dari the American Foundation for the Blind and National Federation of the Blind mengungkapkan, mobil hibrida berpotensi mengancam keselamatan 1,1 juta penyandang tunanetra di AS. Jumlah ini belum termasuk 20 juta orang lain yang tidak buta, namun memiliki keterbatasan penglihatan. Kekhawatiran yang sama pun ada pada para pengendara sepeda dan anak-anak.

Nah, beberapa pihak lantas menuntut mobil hibrida dilengkapi dengan 'suara buatan' (artifical noises). Sementara, pihak lain justru mengusulkan penggunaan teknologi komunikasi nirkabel untuk mengatasi problem ini. Intinya, NHTSA menentang penambahan suara yang menyebabkan polusi.

Dalam kesempatan ini, perwakilan pemilik kendaraan hibrida tidak diundang untuk memberikan pandangannya, namun Deputy Administrator NHTSA Jim Ports mengatakan, pihaknya telah menerima pandangan tertulis dari perwakilan pemilik mobil hibrida.

Di pihak lain, The Detroit 3, Toyota, dan enam produsen otomotif di AS mewakili the Alliance of Automobile Manufacturer menyatakan, produsen pada dasarnya mendukung ditemukannya solusi atas polemik tersebut. Namun, mereka tak melihat 'penambahan suara palsu' pada mesin hibrida sebagai solusi.

Tandingi Pembalap F1 dari Dalam Kamar...

Bagi para penggila game, kenikmatan saat memainkan permainan digital tersebut pasti begitu menggiurkan. Lihat saja, waktu serasa berlalu dengan begitu cepat ketika para penikmat game mulai beraksi di depan monitornya.

Saat ini, kemajuan teknologi telah memungkinkan pengembangan game online menjadi lebih dahsyat. Adalah iOpener Media yang baru menciptakan sebuah sistem yang memungkinkan para penikmat video game balap bertarung dengan pembalap dunia dalam kehidupan nyata.

Dengan menggunakan data GPS, para gamers dapat menguji kemahirannya mengemudi sekaligus menjajal kemahiran para pembalap yang tengah melaju dalam balapan sungguhan. "Sangat jelas, model ini akan menjadi tren game online ke depan, di mana kehidupan virtual dapat dijembatani dengan obyek realistis di kehidupan nyata. Pemain tak lagi bertanding dengan pemain lain, tapi melawan pembalap sungguhan yang sedang melaju di lintasan balap," kata Andy Lurling, pendiri iOpener Media, seperti dikutip BBC News.

Berkat perpaduan antara GPS dan peranti gaming macam Sony PS3, Microsoft Xbox 360, bahkan PC, data real time dapat ditangkap dengan jelas. “Anda dapat menguji keandalan dengan melawan pembalap terkenal saat anda berada di kamar," kata Andy.

Sementara itu, untuk menyempurnakan teknologi GPS dipadukanlah teknologi differential GPS (DGPS) yang merupakan stasiun basis jaringan untuk memutakhirkan sinyal GPS pada kondisi konvensional. Dengan peranti tambahan ini, unit gaming mampu mengidentifikasi lokasi secara akurat, di mana alat-alat sepeti PC, Xbox, dan PS3 bisa mengadaptasinya.

Pembalap terkenal, katakanlah Lewis Hamilton, tak perlu sibuk menanggapi tingkah para pemain game karena dia tak akan tahu bahwa kemampuannya sedang diuji oleh penggila game. Bahkan, sekalipun mobil kita secara virtual menabrak mobil Hamilton tentu tak ada pengaruh yang dirasakan oleh pembalap muda itu.

Tapi, sekalipun iOpener menegaskan bahwa pihaknya tidak mempunyai intensi untuk membangun game online, namun virtual reality software yang diciptakan ini telah menjadi dobrakan karena mengawinkan kehidupan nyata dengan kehidupan virtual.

Ke depan bukan tidak mungkin teknologi ini dapat diterapkan pada balapan lain macam olahraga bersepeda, dayung, ski air, maupun ski es.

Nissan Berikan Kursus Balap bagi Calon Pemilik GT-R

Sepertinya, apa yang dilakukan Nissan merupakan kejadian langka. Bayangkan saja, sebelum mobil pesanan Anda sampai ke tangan, produsen memberikan kesempatan bagi para calon pemilik mobil untuk mendapat pelatihan balap. Program ini diperkenalkan oleh Nissan di Inggris.

Para pembeli GT-R, mobil sport berkapasitas mesin 3.8 liter, 6 silinder dalam konfigurasi V (V6), yang diperkuat dengan turbocharger ganda (twin turbo), dengan persneling manual yang memiliki 6 tingkat kecepatan dan varian persneling otomatik dengan 6 tingkat percepatan, dipandang perlu mendapat pelatihan khusus sebelum memakai mobil miliknya kelak.

Calon pemilik GT-R di Inggris mendapat kesempatan untuk “berkenalan” dulu dengan mobil super tersebut. Mereka akan terdaftar dalam "race academy" yang menjalani sesi latihan pada bulan Agustus dan September di Nurburgring, Jerman, dan sirkuit Silverstone, Inggris. Kursus ini dilaksanakan jauh sebelum para pembeli mendapatkan mobil pesanannya (pengiriman setelah Maret 2009). Setiap peserta mendapat waktu 45 menit untuk menjajal supercar tersebut. Selain itu, peserta kursus pun dapat menguji kemahiran mengemudi dalam drift lesson Nissan.

Pelatihan ini bekerja sama dengan Silverstone International, sebuah perusahaan logistik yang menjadi salah satu divisi pada sirkuit Silverstone. Sementara itu, instruktur dan staf pengajar yang datang dari British Grand Prix Circuit akan mengatur event dan tempat pelatihan.

"GT-R merupakan simbol kesungguhan Nissan dalam dunia otomotif dan kami ingin membagi kenikmatan serta sensasi dalam mengendarai GT-R dengan para konsumen kami. Nah, untuk melakukan itu kami memberikan kesempatan yang berkualitas dengan mobil tersebut sebelum mereka memilikinya," kata Direktur Pemasaran Nissan Inggris Vincent Wijnen.

Menurutnya, para peserta akan menghabiskan waktu untuk memahami bagaimana mengendalikan GT-R pada lintasan sekaligus memberikan pengalaman dalam meningkatkan kemampuan mengemudi, dengan sertifikasi dari Motor Sport Association (MSA).

Roewe 550, Pesaing Corolla dan Civic dari China

SIAPA yang tak kenal dengan Toyota Corolla atau Honda Civic? Dua brand tersebut telah menjadi ikon sedan kompak di pasar Internasional. Nah, untuk menjajal kejayaan kedua sedan itu, sebuah perusahaan otomotif China, SAIC Motor Corp baru-baru ini meluncurkan satu sedan kompak bernama Roewe 550.

Roewe 550 yang merupakan pengembangan 'asli' dari SAIC memang disasarkan untuk 'melawan' pesaing-pesaing dari luar China pada kelas yang paling kompetitif tersebut. Pembangunan mobil ini merupakan kombinasi dari riset dan pengembangan yang dilakukan SAIC di dalam dan luar negeri.

Perusahaan otomotif terbesar di China tersebut pun mengungkapkan, Roewe 550 adalah pengembangan dari sebuah platform baru yang seluruhnya dilakukan sendiri oleh SAIC, dengan biaya mencapai 145 juta dollar AS. "Diperkenalkannya Roewe 550 sekaligus menjadi tonggak sejarah bagi kami dalam mengumandangkan merek SAIC di pasar otomotif dunia. JUga menandai telah meningkatnya kapabilitas riset dan pengembangan independen kami," kata Hu Maoyuan, Chairman of Shanghai Automobile Industry Corp, yang merupakan perusahaan induk SAIC Motor.

Selain Honda Civic dan Toyota Corolla, Roewe 550 yang mengusung mesin berkapasitas 1800 cc bermesin turbo ini pun disasarkan bersaing dengan Ford Focus, dan Volkswagen Sagitar. Dengan lima varian, Roewe 550 akan dijual pada kisaran harga 20.750-27.500 dollar AS.

Tak berhenti sampai di situ, berdasarkan berita terakhir, SAIC telah melakukan pembicaraan dengan perusahaan Jerman, Karmann mengenai kemungkinan untuk melakukan proses perakitan di Eropa.

SAIC yang selama ini menjadi mitra dari General Motors dan Volkswagen menciptakan merek Roewe pada tahun 2006 silam. Hal tersebut menjadi bagian dari upaya Pemerintah setempat dalam membangkitkan produksi otomotif dalam negeri. Di samping itu, diharapkan merek ini pun dapat mengangkat reputasi China dalam pergaulan global. Tak main-main, diproyeksikan 30 jenis kendaraan yang dikembangkan sendiri oleh SAIC akan diluncurkan sebelum tahun 2010.

GM Serius Kembangkan "Mobil Tanpa Sopir"

PERNAHKAH Anda membayangkan bisa melakukan perjalanan dengan mobil pribadi seorang diri, tapi tak harus mengemudi? Tentu hal baru bisa kita lihat pada film-film fiksi macam Total Recall yang dibintangi Arnold Schwarzenegger. Tapi, kini khayalan tersebut kian mendekati kenyataan.

Bermodalkan dari keyakinan bahwa teknologi mobil tanpa pengemudi (driverless car) merupakan bagian dari masa depan yang diperkirakan mulai berkembang pada awal dekade depan, produsen otomotif terbesar Amerika Serikat, General Motors (GM), pun semakin menunjukkan keseriusannya untuk hal ini.

Kamis lalu, GM mengumumkan komitmennya untuk menjadi sponsor dalam program pengembangan kendaraan tanpa pengemudi tersebut. Dalam kontrak selama lima tahun, GM bekerja sama dengan Universitas Carnegie Mellon, Pittsburgh, serta akan menyalurkan dana sebesar lima juta dollar AS, per tahun satu juta dollar AS.

Program ini bertujuan untuk menciptakan tingkat keselamatan mengemudi yang lebih besar, sekaligus berupaya mengurangi korban tewas dan cedera akibat kecelakaan lalu lintas. "Ini bukan cerita fiksi ilmiah," kata Larry Burns, Vice Presiden GM untuk riset dan pengembangan.

Larry menyebutkan, dengan teknologi ini sebuah radar yang bertugas untuk memetakan kontrol perjalanan akan dipadukan dengan sensor gerak, peranti kontrol stabilitas, dan map digital yang terhubung dengan satelit. "Teknologi ini akan berjalan seputar aspek elektronik, kendali, dan peranti lunak untuk kapabilitas dan peta digital yang seluruhnya berguna untuk menggantikan pengemudi konvensional," kata Larry Burns lagi.

Nantinya, kata Larry, pengemudi akan mempunyai pilihan untuk menggunakan fungsi driverless alias berjalan tanpa supir atau akan mengemudikan mobil seperti kendaraan konvensional.

Pada kesempatan terpisah, Direktur Eksekutif Riset dan Pengembangan GM Alan Taub mengatakan, GM percaya bahwa pengembangan teknologi ini merupakan bagian dari masa depan dan sudah bisa masuk ke pasaran pada dekade mendatang, sekitar tahun 2020. "Untuk mencapai target tersebut kita harus berkolaborasi dan berkerja strategis dengan para peneliti terbaik di dunia," ungkap Alan.

Pembiayaan yang dikucurkan GM ini bukan merupakan kali pertama. Tahun lalu, GM berhasil menjadi sponsor dalam pengembangan robot racing team bersama Universitas Carnegie Mellon. Proyek ini mendapat penghargaan Darpa Urban Challenge untuk balapan robot dengan total hadiah 2 juta dollar AS. "Nah, sekarang kerja keras harus dimulai, bagaimana teknologi robotik yang sudah kita ciptakan itu bisa dipakai dalam kehidupan nyata, yakni lalu lintas di jalan raya," kata Alan lagi.

Kembaran Toyota Yaris di IIMS

Pascakenaikan BBM, PT Mazda Mobil Indonesia (MMI) mengaku, penjualan produk-produk mereka tidak terusik. "So far masih stabil. Tiap bulannya terjual total antara 170 sampai 180 unit. Terkadang bisa ditutup sampai 200 unit. Sampai Juni ini diperkirakan terjual total 1.000 unit," kata Astrid Ariani, Brand & CommunicationManagerMMI.

Saat ini MMI sudah melempar berbagai jenis kendaraan, mulai dari Mazda3, Mazda5, Mazda6, CX-7, hingga jenis pikap BT50. Bahkan, menurut Yoshiya Horigome, Marketing & Sales DirectorPT MMI, tahun ini pihaknya masih punya tiga kendaraan baru.

Tetap stabilnya penjualan Mazda setelah kenaikan BBM, "Produk-produk kami berada di kelas premium. Jadi efeknya tidak terasa langsung," Astrid menjelaskan di sela-sela peluncuran New Mazda5 di Senayan City kemarin.
Sejak berdiri tahun 2006, sebagai kelanjutan dari perusahaan terdahulu (PT National Motors era 1970-an sampai 1990-an, kemudian berganti nama menjadi Unicor Prima Motor di bawah bendera Indomobil Group), MMI belum pernah bermain di kelas small car. Ketika ditanya, Horigome menjelaskan pihaknya memiliki rencana ke arah itu.
Kala didesak model yang akan dipasarkan, ia hanya geleng kepala. Dari mulutnya cuma didapatkan kepastian tahun depan. Perkara model, pihak prinsipal (Jepang) sedang melakukan pembicaraan dengan Thailand.

Kebetulan, kemarin, Japan Motor Corporation (JMC) meluncurkan small car Mazda2 yang di negeri asalnya bernama Demio. Kendaraan yang diproduksi massal di dunia ini mempunyai bobot lebih ringan 100 kg dari pendahulunya.

Ada kemungkinan si kecil yang bentuknya hampir menyerupai Toyota Yaris ini konon akan dipajang pada Indonesia International Motor Show, awal Juli mendatang. Kendaraan lainnya adalah Biante, minivan yang bisa membawa 8 penumpang dengan pintu samping seperti New Mazda5. Tapi, semua dari jajaran MMI tidak ada seorang pun yang membocorkan atau mengiyakan perihal kehadiran kedua produk itu di IIMS.

18 Honda Jazz Bertarung Jadi yang Terbaik

Kesuksesan Honda Jazz di pasar otomotif Tanah Air tak lantas membuat PT Honda Prospect Motor (HPM) berhenti menggelar even untuk mendengungkan nama sedan sub-kompak tersebut. Salah satu yang saat ini tengah berlangsung adalah "Jazz Tuning Contest 2008".

Acara yang dibuka resmi oleh Presiden Direktur PT HPM Yukihiro Aoshima di Mal Taman Anggrek, Jakarta, kemarin siang tersebut merupakan ajang kontes modifikasi Honda Jazz dapat diikuti oleh seluruh pemilik Jazz di Indonesia.

Sebelumnya acara serupa sudah pernah digelar pada tahun 2005 dan 2007. Dan, tahun 2008 ini pergelaran telah berlangsung mulai kemarin hingga 22 Juni mendatang. Peserta yang mengajukan aplikasi untuk ambil bagian dalam kontes ini berjumlah 118 orang. Setelah melalui seleksi yang dilakukan tim juri dari wartawan otomotif nasional, terpilih 18 Jazz modifikasi terbaik.

"Modifikasi yang dilakukan peserta tak hanya pada tampilan luarnya saja, tapi modifikasi total tanpa mengenyampingkan keamanan dan keamanan untuk penggunaan sehari-hari," kata Marketing and After Sales Director PT HPM, Jonfis Fandy.

Sementara untuk kategori modifikasi dalam kontes tahun ini dibagi dalam tiga tema yakni elegan, ekstrim dan racing. "Tapi kesemuanya akan kami nilai sama, meskipun ada tiga kategori tersebut. Artinya, kami akan menilai harmonisasi dalam konsep modifikasi yang dipilih, terutama kepantasan antar-variabel modifikasi," kata Teddy Diesta, wartawan Majalah Mobil Motor yang menjadi ketua dewan juri dalam kontes ini.

Diselenggarakan mulai pukul 10.00-22.00, kontes modifikasinya ini memilih format "Jazz Up Your Life", di mana mobil yang dimodifikasi berjiwa muda namun tetap dapat digunakan untuk berkendara sehari-hari. Pemenang utama yang dipilih dari 18 finalis tersebut akan memperoleh gelar King of Jazz Tuning Contest 2008 dan uang tunai Rp 25 juta.

Girbok Double Clutch Dari BMW

BMW M GmbH memperkenalkan girboks terbaru karya mereka yang dinamai M DCT (M Double-Clutch Transmission). Teknologi ini bukan sesuatu yang baru, karena sudah mereka perkenalkan pertama kali pada 2002 yang dipasang pada VW Golf R32.

Bahkan jauh sebelum itu, tepatnya pada 1996 BMW M GmbH telah menciptakan girboks sequential. Sistem pengoperasiannya dikontrol secara hidraulis elektronik tanpa menginjak pedal kopling. Setelah lahir tiga generasi sequential M Gearbox, barulah kini muncul M DCT ini.

Girboks dengan kopling ganda ini terus mengalami pengembangan. Teknologinya banyak diadopsi berbagai pabrikan mobil.

Keistimewaan sistem M DCT, pemindahan gigi cepat, tenaga konstan dan tanpa mempengaruhi konsumsi ketika memindahkan gigi persneling. Bagaimanapun, M DCT ini diklaim sangat nyaman dipakai setiap hari.

Bekerja sama dengan Getrag, BMW tercatat produsen pertama menciptakan girboks kopling ganda dengan 7 tingkat percepatan. Transmisi ini dirancang untuk mesin V8 dengan putaran mesin di atas 9.000 rpm.

Tak Cuma itu, transmisi M kopling ganda ini dipasang pada BMW M3 coupe dan convertible bermesin 4.0L V8 dengan tenaga 420 dk. Dirancang dengan program 11 drivelogic dengan launch control.

Software Microsoft Bantu Supir Hindari Macet

TERJEBAK di dalam kemacetan lalulintas pasti menjadi hal yang sangat menjengkelkan, bagi semua orang. Tak terkecuali bagi mereka yang tinggal di negara maju seperti Amerika Serikat sekalipun. Tapi, kelihatannya tak lama lagi para pengguna jalan di AS akan merasakan keuntungan dari kemajuan di negaranya itu.

Seperti diberitakan harian The New York Times, Kamis (10/4), Microsoft sudah siap meluncurkan ClearFlow, sebuah software (piranti lunak) yang mampu membantu para pengemudi untuk menghindar dari kemacetan yang menyebalkan.

Tak tanggung-tanggung, untuk membangun software raksasa yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI- artificial intelligence) sehingga mampu menjalankan pemutahirannya sendiri ini, Microsoft menghabiskan waktu lima tahun.

Diawali dari kota Seattle. Para programer Microsoft mendapat bantuan dari sukarelawan yang bersedia menghubungkan kendaraannya dengan piranti GPS (Global Positioning System). Setelah itu, data perjalanan selama empat tahun dari mobil-mobil tersebut ditarik untuk didokumentasikan. Jumlah perjalanan yang terkumpul mencapai 17 ribu, dengan total jarak tempuh hingga 125 ribu mil, atau lebih dari 200 ribu kilometer.

Dengan data perjalanan di Seattle tersebut, para programer Microsoft lalu mengadaptasinya pada kota-kota besar di AS, dengan menggunakan teori alogaritma. Disebut-sebut, ClearFlow akan disediakan gratis untuk 72 kota besar di AS.

Hebatnya pula, ClearFlow akan memutahirkan sejumlah informasi bagi para penggunanya, mulai dari jadwal pertandingan olahraga, prakiraan cuaca, hingga "saran" bagi supir untuk memilih rute tercepat dari satu lokasi ke lokasi lain.

Sayang, hingga berita ini dimuat, belum diperoleh informasi kapan software cuma-cuma itu resmi diluncurkan. Pun tak dijelaskan apakah ClearFlow ini dapat diadaptasi pada piranti bergerak. Juga tak ada keterangan kota-kota mana saja yang tercakup di dalam ClearFlow. Jakarta? upsss...

Waw! Swiss Ciptakan Mobil Bisa Menyelam

Waw! Sebuah inovasi besar sedang dipersiapkan Swiss, dengan menciptakan mobil yang tak hanya mampu melesat di darat, tapi pun bisa menyelam di dasar laut. Tapi apakah benar Swiss akan membuat mobil "dua alam" tersebut menjadi kenyataan?

Mobil yang dipanggil dengan nama “sQuba,” mengingatkan kita pada film James Bond dengan mobil amphibi Lotus Esprit dalam episode “The Spy Who Loved Me.” Kendaraan fiksi itu bisa menempuh perjalanan di darat, dan saat dibutuhkan bisa melaju di dasar laut. Bahkan, dilengkapi dengan terpedo sebagai peralatan tempur.

Nah, kendaraan yang tengah dirancang oleh Rinspeed Inc. akan merealisasikan fiksi tersebut menjadi kenyataan. Tapi tentu tanpa perlengkapan tempur seperti yang dimiliki Bond. Rencananya, konsep besar ini akan diperkenalkan pada pergelaran Geneva Auto Show, bulan depan.

CEO Rinspeed Inc. Frank Rinderknecht yang mengaku sebagai fans besar James Bond, menyatakan dirinya perlu menunggu hingga 30 tahun untuk membangun mobil seperti yang dipakai Roger Moore itu. "Selama tiga dekade, saya membayangkan bagaimana bisa menciptakan mobil yang bisa melaju di bawah air. Saat ini mimpi saya akan segera terwujud," ungkapnya.

The sQuba dapat menjelajahi dasar laut hingga kedalaman 10 meter, dibarengi dengan fungsi elektrik motorik yang menggantikan mesin di darat, saat mobil bergerak di dalam air. Tiga buah mesin akan menempel di bagian buritan di mana dua diantaranya adalah mesin bawah laut, dan satu mesin di darat.

Sementara kebutuhan oksigen penumpang saat berada di dalam air akan dialirkan dari tangki oksigen yang tersedia di mobil. Persis seperti aliran oksigen saat kita melakukan scuba diving.

Rinspeed Inc. menyatakan kendaraan ini bukan hanya menjadi sebuah revolusi dunia otomotif, tapi juga merupakan kendaraan yang sangat bersahabat dengan alam. Pasalnya, mereka mengklaim mobil ini memiliki emisi nol.

Sayangnya, Frank mengaku pihaknya belum berencana memproduksi kendaraan ini untuk dipasarkan, serta tak bisa menentukan harga dan berapa besar budget yang tersedot untuk kreasi ini. Jangan-jangan, mobil yang bisa 'berenang' ini lebih cocok dipasarkan di Jakarta yang langganan banjir, daripada dijual di Eropa.

BMW Coupe Seri-3 Berkesan Sportcar

Beberapa waktu lalu, PT BMW Indonesia melakukan gebrakan yang tidak biasa. Mereka menghadirkan kembali Seri-3 Coupé setelah 325Ci E46. Sebagai pengusung slogan Sheer Driving Pleasure, apakah BMW 330i Coupé seperti di tes ini memiliki segalanya untuk layak menempati urutan atas daftar mobil idaman?

Sosoknya nyaris berbeda total dengan Seri-3 E90, bahkan lebih ramping. Sudut-sudut bodi tampak lebih halus, tidak lancip seperti 320i Ultimate yang sudah pernah dites. Lampu depan dan belakang juga berbeda total. Dengan bonnet panjang dan kabin yang digeser ke belakang, semakin mempertegas kesan sportscar berpenggerak roda belakang yang tak boleh diremehkan.

Sabuk Keselamatan Otomatis
Masuk ke dalam kabin, Anda akan disambut automatic seatbelt feed. Jadi, begitu pintu ditutup langsung disodorkan sabuk keselamatan. Jok berlapis kulit merah pun memberikan aura sportivitas. Sementara, posisi duduk nyaman dan rendah khas BMW.

Dibanding umumnya coupé, kepraktisan 330i ini terbilang lumayan. Sepasang penumpang dewasa dapat duduk dengan leluasa di belakang. Bahkan akses masuk ke dalam kabin pun sangat mudah lewat satu pengoperasian tuas. Terdapat konsol tengah yang membelah kabin belakang.

Untuk mesin, 330i dibekali mesin 2.996 cc 6 silinder yang bloknya dibuat dari magnesium. Sesuai karakter umumnya mesin BMW, entakan tenaga baru terasa saat putaran tinggi.

Daya maksimum 250 dk dimuntahkan pada 6.600 rpm, sementara torsi 300 Nm langsung tersedia pada putaran serendah 2.500 rpm. Tak ada karakter meledak-ledak di sini.
Tenaga dihantar ke roda belakang dengan kehalusan setara sedan premium apa pun. Ingin kencang oke, diajak berkendara perlahan menikmati akhir pekan bersama pasangan pun tetap menyenangkan.

Akselerasi 0-100 km per jam kami tempuh dalam 7,8 detik. Sementara konsumsi BBM dalam tol sungguh luar biasa dengan 14,7 km per liter walau di dalam kota berubah menjadi seboros 5,8 km per liter.

Lucunya, mobil ini terasa lebih soft dibanding 320i Ultimate. Ayunan suspensi terasa rigid meski belum terasa sampai mengganggu pinggang. Bahkan, kehadiran Active Steering membuat kemudi E90 yang terkenal berat itu terasa ringan pada 330i Coupé.

Jangan tanya soal pengendalian karena di sinilah kehebatan setiap BMW. Tantangan berkendara ekstrem dari Anda akan dijawab dengan meyakinkan dan memuaskan. Tersedia sejumlah fitur keselamatan aktif, seperti Dynamic Brake Control (DBC) hingga Cornering Brake Control (CBC) yang menjamin mobil tetap pada jalurnya dalam kondisi apa pun.

Adapun 330i Coupé sendiri menjadi line-up Seri-3 ketujuh setelah 320i CKD, Executive, Sport, serta Ultimate, 325i Coupé dan 325i Convertible. Harga jualnya Rp 1,086 miliar off-the-road. (Aditya P.Siregar)
BMW 330i Coupé
Mesin: 2.996 cc 6 silinder, 258 dk
0-100 km per jam: 7,8 detik
Konsumsi BBM kota/tol: 5,8/14,7 km/l
Harga: Rp 1,086 miliar (off the road)

Bajaj Pun Bikin MPV dengan Renault-Nissan

Produsen otomotif India, Bajaj mengungkapkan rencananya untuk memperluas jaringan kerja sama produksi dengan Renault-Nissan, dalam pembuatan mobil besar sekelas MPV (Multi Purpose Vehicle).

Sebelumnya, Bajaj dan Renault-Nissan telah menjalankan kerjasama pembangunan mobil ekomonis berukuran mini, pada awal tahun 2008 ini. Nah, sekarang keduanya tengah menjajaki pengembangan mobil besar macam MPV. Demikian berita yang dilansir Economic Times of India.

Pada bulan Mei yang baru lalu, Bajaj telah menabuh genderang perang untuk menantang kompetitornya Tata, yang telah mempunyai Nano. Dengan mobil bertipe sama, Bajaj menawarkan mobil seharga 2500 dollar AS yang akan diproduksi massal pada 2011.

Rajiv Bajaj, Managing Director perusahaan keluarga tersebut mengungkapkan, Renault-Nissan sedang menyiapkan portfolio dari produk-produk mereka. "Tidak hanya varian-varian yang sama, tapi juga perbedaan dalam sisi harga," kata Rajiv.

Surat kabar lokal memberitakan, perjanjian ini rencananya akan ditandatangani pada bulan Juli mendatang. Renault-Nissan sebenarnya telah menjalin kerjasama serupa dengan produsen India lainnya Mahindra & Mahindra untuk membangun pabrik senilai 1,1 juta dollar AS di Chennai.

Di pabrik tersebut Mahindra & Mahindra juga akan membuat mobil murah, mirip dengan March atau Micra mini compact di tahun 2010.