19 August 2009

Honda All-New City, Terlaris di Segmen Sedan

Salah satu jenis mobil yang memiliki konsumen loyal adalah sedan. Nah, per Juli 2009, persaingan di segmen ini terlihat semakin sengit, khususnya antara dua merek asal Jepang, Honda dan Toyota.

Mengacu data wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaran Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari-Juli, total pasar sedan nasional tercatat 8.263 unit. Dari jumlah ini, dominasi Honda menyebar di seluruh lini dengan penjualan 2.819 unit atau menguasai 34,12 persen.

Di belakangnya menguntit Toyota, 1.741 unit (21,07 persen), Mercedes-Benz 1.368 unit (16,56 persen), Proton 580 unit (7,02 persen), dan Suzuki 508 unit (6,15 persen).

"Kami optimistis dengan target yang telah ditentukan. Dari seluruh model, hampir semua produk kami memimpin penjualan. Menguatnya segmen sedan karena konsumennya memang loyal," ungkap Jonfis Fandy selaku Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) , ketika diwawancarai hari ini.

Jonfis menjelaskan, salah satu indikasi membaiknya pasar otomotif nasional adalah melalui penjualan produk sedannya. Pemikiran ini bukan tanpa sebab. Daya beli konsumen sedan cenderung stabil, apalagi kondisi keuangan semakin membaik.

"Orang beli sedan tidak terpaksa. Berbeda dengan model lain, seperti MPV (multi-purpose vehicle). Biasanya dipaksakan dengan kredit, penurunan harga, dan sebagainya. Kalau karakter konsumen sedan tidak seperti itu," paparnya.

Di segmen mini-sedan, merek berlambang 'H' ini masih mendominasi pasar dengan menjual 1.558 unit All New City, diikuti New Vios sebanyak 1.083 unit, Neo Baleno (508 unit), dan Gen2 Persona (372 unit).

Selanjutnya, untuk segmen sedan kompak, New Civic masih mendominasi dengan 902 unit, New Altis (364 unit), New Lancer (105 unit), Ford Focus (44 unit), Optra (24 unit), dan Mazda3 (13 unit).

Di segmen mid-size sedan, Mercedes-Benz C-Class mendominasi pasar dengan angka penjualan 654 unit, diikuti New Accord dengan 356 unit, New Camry 294 unit, dan BMW Seri 3 dengan 293 unit.

“Pencapaian bulan Juli ini sangat menggembirakan karena mencatat penjualan yang tertinggi periode Januari–Juli 2009," papar Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan dalam keterangan resminya, baru-baru ini.

Sementara itu, hingga akhir Agustus 2009, total pasar sedan diperkirakan akan mampu mencapai antara 17.000 dan 18.000 unit.

Acura ZDX, Senjata Baru Honda buat Amerika

Untuk meramaikan pasar Amerika, Toyota mengandalkan Lexus yang didesain sesuai selera masyarakat negeri tersebut. Honda pun ikut hadir pada era pertengahan 1980 melalui Acura Legend. Pabrikan berlambang huruf "H" ini terus melahirkan Acura dari generasi ke generasi dengan model dan teknologi yang terus berubah.

Hal itu termasuk Acura ZDX yang akan dipasarkan 2010. Namun, tampilannya sudah diperkenalkan pertama kali pada New York Auto Show 2009. Berarti, Honda sudah memiliki enam varian untuk Acura. Bahkan, varian ini sangat istimewa lantaran bentuknya perpaduan antara sedan, hatchback, dan coupe mirip BMW 5-Series Grand Turismo atau Toyota Venza. Malah, ZDX disebutkan sebagai kendaraan coupe empat pintu dengan berbagai fitur mewah di interiornya.

Dibekali dapur pacu berkapasitas 3,7 liter SOHC V-6, mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 300 dk. Dilengkapi sistem transmisi enam percepatan otomatis plus paddle-shifted di belakang kemudi. Mobil ini juga mengaplikasi Super Handling All Wheel Drive (SH-AWD) untuk penggerak roda.

Untuk keempat roda, dipasangkan velg 19 inci model palang tujuh dan menjadi ukuran standar terbesar di antara varian lainnya.

Beberapa sentuhan kemewahan menghiasi interior, seperti opsi lapisan kulit hand-made, lima bangku penumpang, dengan ruang bagasi seluas 26,3 kaki kubik di belakang kursi belakang. Kemudian bila dilipat, luasnya bertambah menjadi 55,8 kaki kubik. Masuk ke dalam kabin, nuansa lampu LED dan penerangan dari moonroof menciptakan nuansa mewah.

Fitur lain yang bisa dinikmati antara lain adanya berbagai konektivitas multimedia, seperti Bluetooth hands-free, power tailgate, panoramic glass roof, dan radio satelit XM tentunya dengan terintegrasi soket iPod. Belum puas, pada pusat sistem navigasi sudah terdapat voice recognition, sistem audio kelas premium, dan kamera parkir.

Untuk opsi, bahkan ada sebuah fitur baru bernama blind spot information system, bekerja atas sistem pengereman dan adaptive cruise control. Selain itu, untuk kenyamanan berkendara juga terdapat Integrated Dynamics System (IDS) yang mengadopsi suspensi independen active damper system untuk bekerja pada pilihan berkendara "Comfort" ataupun "Sport".

Generasi Acura
Acura pertama kali diperkenalkan ke Amerika tahun 1986 dan merupakan sedan mewah Honda bernama Acura Legend. Ketika itu, mobil mengusung mesin berkapasitas 2.500 cc dengan tenaga 151 dk. Masih periode yang sama di Amerika Utara, diciptakan Integra coupe dan sedan.

Masuk era 1990-an, Honda memperkenalkan generasi ketiga Acura yang menjadi varian terbaiknya, NSX sportscar pada 1991. Kemudian, karena Jepang mencium semakin besarnya permintaan terhadap kendaraan sport utility vehicle (SUV), maka di segmen tersebut, mereka menampilkan Acura SLX pada pertengahan 1990-an.

Memasuki era milenium, kemudian varian serupa, MDX, diluncurkan pada 2001. Kesuksesan Integra dilanjutkan dengan produk Acura RSX sport coupe. Produk lainnya dengan platform sedan sport juga diperkenalkan pada 2004, bernama TSX. Pada tahun yang sama, Acura juga melakukan desain ulang dari produknya yang paling populer, midsize sedan TL. Kemudian, pada 2005, sedan mewah Acura RL juga dipermak ulang.

Acura ZDX akan melengkapi lima varian Acura yang sudah diperkenalkan sebelumnya, seperti TSX, RL dan TL sedan, RDX, serta MDX (SUV). Untuk harga, mobil ini akan dibanderol antara 40.000-46.000 dollar AS per unit atau sekitar Rp 455,4 juta per unit. Lumayan, bukan?

Namun kalau masuk Indonesia, setidaknya akan ada tambahan biaya untuk bea masuk (BM), pajak pertambahan nilai barang mewah (PPnBM), dan biaya balik nama (BBN). Mungkin harganya bisa melewati sepuluh digit, masih lumayan?