11 March 2009

Ini Dia Honda Freed yang Heboh Itu

Meski baru meluncurkannya Juni mendatang, PT Honda Prospect Motor (HPM) menunjukkan kepada wartawan sosok Honda Freed seutuhnya dalam acara media preview di XXI Ballroom, Djakarta Theater, Rabu (11/2). Dibukanya selubung oleh Presiden Direktur HPM Yukihiro Aoshima dan Marketing & Aftersales Service Director PT HPM Jonfis Fandy sebagai jawaban kalau mini MPV ini jadi dipasarkan di Tanah Air.

"Sekaligus menjawab kesimpangsiuran selama ini, seperti apa spec-nya dan bagaimana mesinnya," sebut Jonfis. Ia juga mengatakan, Freed ini akan dipasarkan dalam bentuk CKD, dan Indonesia menjadi basis produksi untuk negara-negara ASEAN.

Dipercayakannya Indonesia untuk memproduksi kendaraan 7-seater ini oleh prinsipal (Jepang), menurut Jonfis, karena segmen MPV di Indonesia cukup besar. "Selain itu, kita kan sudah punya yang 5-seater. Kehadiran Freed ini akan melengkapi produk Honda," jelasnya.

Di Jepang, Freed sudah diluncurkan sejak Mei tahun lalu. Di luar dugaan, modelnya mendapat sambutan dengan meraih penjualan tertinggi di kelompoknya, minivan sebanyak 60.035 unit (sejak Mei 2008 sampai Februari). Tak cuma itu, Freed dinobatkan sebagai "Best Value" pada Japan Car of The Year 2008-2009.

Ketika ditanyakan, kenapa di Indonesia baru Juni nanti dipasarkannya? "Kami harus mempelajari beberapa spesifikasi dan itu butuh waktu yang cukup lama, kira-kira setahunlah," urai Jonfis. Hal itu termasuk pemilihan 7-seater dengan melakukan berbagai survei, di antaranya menyangkut styling, utility, performance, dan gengsi.

Meski kondisi pasar otomotif di Indonesia belum bersinar cerah, tetapi Yukihiro Aoshima yakin, kehadiran Freed bisa memberi pilihan baru bagi konsumennya. "Karena Freed menjadi generasi baru dengan menawarkan berbagai fasilitas menarik, seperti desain, style, fitur, dan masih banyak lagi," sebutnya.

Karena acara hari ini berupa soft launching, makanya rentetan pertanyaan, baik di seputar harga, spesifikasi secara detail, maupun target penjualan masih disimpan oleh Jonfis. Namun, kepada Kompas, ia menyebutkan kalau harga Freed ini nantinya di atas Honda Jazz. "Pokoknya tidak terlalu mahal, juga terlalu rendah, dan hanya ada transmisi otomatis," bocornya.

Lexus RX350 Crossover Supermewah

Lexus Indonesia hari ini meluncurkan produk terbarunya, yaitu RX350, crossover mewah, 4 x 4, di Lexus Gallery, Jakarta. Harga yang ditawarkan untuk mobil ini Rp 1,1 miliar on the road di Jakarta.

Meski begitu, pada bulan mendatang, menurut Jodjana Jody, Division Head Sales Lexus, kemungkinan harganya akan naik. Pasalnya, nilai tukar yen yang makin membubung. Ia memperkirakan, nantinya harga crossover mewah ini bisa mencapai Rp 1,2 miliar.

Lebih lanjut dijelaskan, saat ini sudah ada 50 unit RX350 yang diimpor langsung dari Jepang. “Sebanyak 30 unit sudah terjual dan siap dikirim,” ungkapnya. Dijelaskan pula, pesanan dari konsumen Indonesia sudah masuk sejak Desember tahun lalu.

Paling Cepat
Peluncuran RX350 dilakukan langsung oleh Johnny Darmawan, Indonesian Lexus Principal didampingi Shinji Fujii dan Chief Engineer Lexus RX Takayuki Katsuda yang langsung didatangkan dari Jepang. Meski Lexus didirikan di Indonesia pada November 2007, menurut Johnny Darmawan, kini posisinya sudah menjadi tiga besar pemasar mobil premium di Indonesia.

Juga dijelaskan, di kawasan Asia, Indonesia merupakan pasar Lexus yang paling cepat berkembang. Penjualannya sama dengan negara yang lebih dahulu memperkenalkan Lexus, seperti Thailand dan Brunei. Buktinya, selama 2008, Lexus berhasil membukukan penjualan 241 unit atau pasarnya meningkat 524 persen.

“Bila dulu kita tertinggal dari Thailand, sekarang penjualan kita lebih banyak,” jelas Johnny Darmawan. Karena itu, kini banyak distributor Lexus dari negara lain belajar pada Lexus Indonesia yang mengusung tema, “Small, Beautiful dan Exclusive”.

Kendati Lexus telah menuai sukses di Indonesia, Darmawan tidak mau menyebut target pasti penjualan produk yang baru saja diluncurkannya. “Kita tidak membuat target seperti menjual mobil lain. Kalau diharapkan, kita bisa menjual 100 unit pada tahun ini,” jelasnya.

Disukai Wanita
Konsep yang diusung All New Lexus RX350 adalah desain L-Finesse. Versi terbaru ini, dimensinya lebih besar dan menciptakan ruang yang lebih lega. “Ini sesuai dengan masukan yang kami terima dari konsumen dan wartawan,” jelas Johnny.

Tak kalah menarik, menurut Takayuki Katsuda, di Amerika Serikat, pemakai RX350 lebih banyak wanita. Menurutnya, hal itu karena RX350 memberikan keleluasaan yang cukup bagi pengemudi wanita. Namun, ketika dikemukakan, mobil ini disukai wanita karena mampu memberikan “rasa aman” yang lebih baik ketimbang sedan, Katsuda pun setuju.

Berbagai teknologi mutakhir disertakan pada RX350. Di antaranya active torque control yang berfungsi mengontrol distribusi torsi ke roda depan dan belakang sesuai dengan situasi pengendalian dan jalan. Dengan cara ini, kerugian torsi bisa ditekan sampai 30 persen, membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih irit dan pengendalian makin stabil.

Juga ada teknologi VDIM atau Vehicle Dynamics Integrated Management untuk mengantisipasi kehilangan pengendalian pada berbagai situasi. VDIM menggabungkan ABS (antilock braking system) dengan brake assist, vehicle stability control (VSC) dan traction control (Trac). Juga ada fitur hill-start assist control untuk mencegah kendaraan mundur saat melaju di tanjakan dengan memanfaatkan tekanan rem.

Lexus RX350 mengandalkan mesin 3,5 liter yang mampu menghasilkan tenaga 277 PS@ 6.200 rpm dan torsi maksimum 35,5 kgm @ 4.700 rpm. Dimensi lengkapnya: panjang 4.770 mm, lebar 1.885 mm, tinggi 1.690 mm, jarak sumbu roda 2,740 mm, ground clearance 180 mm dengan bobot kendaraan saat kosong 2.085 kg.

Lebih lengkap tentang fitur pada RX350 akan dibahas pada “Produk Baru”.

Fitur-fitur Hebat Lexus RX350

Lexus RX350 mewah tidak hanya karena fiturnya yang lengkap, tetapi juga karena kualitas materi yang digunakan, seperti cat, jok, dan door trim sangat istimewa. Di samping itu, teknologi yang diaplikasikan pada “The Next Generation RX350“ ini canggih dan progresif.

Dari segi penampilan, komentar pertama yang muncul adalah "mirip Toyota Harrier". Memang, Toyota Harrier adalah saudara tuanya Lexus RX. Versi terbaru desainnya berubah total dibandingkan pendahulunya. Meski begitu, sosok dasar pendahulunya masih terlihat jelas.

Interior
Untuk sementara, kehebatan crossover mewah ini ketika melaju belum bisa dirasakan oleh wartawan yang diundang meliput perluncurannya. Karena itu pula, informasi yang bisa disampaikan adalah fitur-fitur yang ada pada mobil plus data yang diberikan oleh ATPM-nya, Lexus Indonesia.

Interior terasa lega. Penampilannya eksklusif dengan kombinasi warna gelap pada dasbor dan jok kulit lembut. Hanya, pada bagian tertentu, yaitu lingkaran setir, tongkat pemindah gigi dan konsol boks diberi lapisan panel kayu yang sudah dipernis.

Khusus untuk kokpit, Lexus menyebut bahwa bagian itu mengusung konsep baru, yaitu dual zone. Kokpit dipisahkan dalam dua zona, yaitu informasi dan kerja.

Di bagian tengah dasbor dipasang layar monitor digital. Adapun di bawah audio atau infotainment dengan penampilan silver tampil dengan gaya unik, yaitu model segitiga. Pada setir terdapat beberapa tombol yang disebut Lexus dengan multi-information switch. Bagian dalam dari pilar A diberi lapisan berwarna putih.

Desain jok sangat bagus. Setelannya menggunakan tombol yang telah dilengkapi dengan memori. Di belakang setir, digunakan OLED (organic light emitting diode) putih (pertama di dunia) untuk menayangkan berbagai informasi kondisi kendaraan.

Teknologi
Fitur teknologi yang hanya bisa dirasakan dan dibuktikan saat mobil digunakan adalah active torque control (ATC) untuk sistem 4 x 4 (4WD). Tugas peranti ini mengatur distribusi torsi ke roda depan dan belakang sesuai dengan kebutuhan saat kendaraan digunakan, misalnya ketika membelok pada permukaan jalan licin. Di samping itu, fitur tersebut juga untuk mengurangi gejala understeer dan oversteer. Pastinya, dengan teknologi ini, tingkat keamanan lebih baik karena kendaraan dapat dikendalikan dengan mudah.

Teknologi canggih lainnya adalah Vehicle Dynamics Integrated Management (VDIM). Sistem diprogram dengan penyatuan fitur seperti ABS (antilock brake system), BA (brake assist), VSC (vehicle stability control) dan Trac (traction control). Tugasnya membantu pengemudi tetap bisa mengendalikan kendaraan pada berbagai situasi jalan dan medan.

Lexus juga melengkapi mobil ini dengan hill-start assist control yang mencegah kendaraan mundur saat mulai dijalankan sewaktu berada di tanjakan. Untuk ini, sistem bekerja dengan memanfaatkan tekanan rem.

Lampu
Untuk mengawal perjalanan di malam hari, digunakan AFS (adaptive front-lighting system). Lampu ini sangat membantu pengemudi pada jalan yang banyak kelokannya. Tinggi rendah sorotan lampu diarahkan secara otomatis sesuai dengan kondisi medan yang dilalui.

AFS bekerja berdasarkan informasi yang dikirimkan oleh berbagai sensor, termasuk yang berada pada setir dan roda. Dengan ini bisa melihat seluruh sudut belokan dengan jelas.

Untuk keamanan, selain sabuk keselamatan, dipasang pula 10 SRS airbag dengan paket komprehensif, yaitu airbag dua tahap untuk depan, di samping jok depan dan belakang, lutut, serta tirai.

Transmisi
Untuk memindahkan tenaga ke roda, digunakan transmisi otomatik multimode 6 percepatan. Multimode memungkinkan pengendara mengoperasikan transmisi seperti manual. Caranya cukup memindahkan tongkat ke posisi “S” kemudian mendorongnya ke depan (+) dan menarik ke belakang (-).