22 March 2008

Klub Volvo Gelar Family Gathering

Sabtu (09/12) kemarin, sebanyak 46 mobil Volvo dengan berbagai model memadati showroom Volvo di bilangan Pondok Indah, Jakarta Selatan. Pemilik Volvo yang tergabung di beberapa mailing list (milis) ini sengaja berkumpul di showroom Volvo untuk mengadakan family gathering sekaligus melakukan touring ke Bandung.

Program touring yang diusulkan anggota milis Volvo Jakarta Community (VJC)- Volvo-Jakarta-Community@yahoogroups.com ini bertujuan untuk menjalin keakraban antar pemilik Volvo. Chrysanto Gregorius V, Chief VJC, mengatakan, "Awalnya kami hanya ingin melakukan konvoi dalam kelompok kecil saja. Ternyata ide ini mendapat tanggapan luar biasa dari anggota milis. Bahkan beberapa anggota milis di luar VJC juga ikut serta dalam perjalanan kali ini".

Paulus Bambang Suranto, CEO PT. Indobuana Autoraya (IBAR) menerangkan bahwa, sebagai distributor merek Volvo di Indonesia, PT. IBAR akan mendukung penuh kegiatan klub Volvo. "Sebenarnya kami tidak memiliki tujuan komersil yang berkaitan dengan kegiatan klub Volvo". Namun Paulus juga mengakui bahwa secara bisnis, keberadaan klub akan membawa dampak terhadap merek Volvo. "Mereka adalah brand ambassador Volvo," imbuhnya. PT. IBAR juga berencana untuk memasukkan kegiatan bersama klub Volvo ke dalam agenda kegiatan Volvo.

Menurut Paulus, ada empat milis klub Volvo yang sangat aktif yaitu; Volvo Community Indonesia (VCI), Volvo Independent Club (VIC), Volvo Jakarta Club (VJC) dan Volvo Family Bandung. "Kami berinisiatif menghubungi anggota milis dan mengutarakan niat kami untuk memberikan dukungan penuh kepada anggota klub. Misalnya dengan memberian diskon atau program menarik lainnya. Kami juga ingin menekankan bahwa showroom Volvo adalah rumah bagi pemilik Volvo. Kami akan melayani pemilik Volvo tanpa melihat apakah kendaraan yang dimiliki adalah mobil baru atau bukan".

Dalam kesempatan wawancara dengan BeritaATPM.com, Paulus juga menyampaikan bahwa penjualan model terbaru Volvo, yaitu Volvo C30 menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Sejak diluncurkan di ajang IIMS pada bulan Juli 2007 lalu, C30 telah berhasil terjual sebanyak 19 unit. Namun demikian, pria berusia 43 tahun ini mengakui adanya kendala soal alokasi unit. "Permintaan C30 di Eropa dan Amerika sangat tinggi sehingga alokasi untuk pasar Indonesia sangat terbatas," menurutnya.

Selain soal penjualan, dalam kata sambutannya, Paulus juga menyampaikan bahwa filosofi Volvo kini telah berubah menjadi "Life better lived together". Dari filosofi yang baru ini dapat dilihat bahwa Volvo memang ditujukan untuk keluarga dengan tetap mempertahankan unsur keamanan sebagai value sekaligus tradisi yang telah lama diusung Volvo.