21 September 2008

Senjata Baru Toyota, New Avanza dan Corolla Altis 2.0

Dengan telah diluncurkannya Daihatsu Xenia facelift, seharusnya juga diikuti saudara kembarnya, Toyota Avanza. Sumber dari PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebutkan kalau mini MPV mereka baru akan diperkenalkan menjelang akhir Oktober. Pasalnya, kata sang sumber produksinya baru dimulai di atas 10 Oktober nanti.

Dari beberapa varian, Avanza 1.5 tipe S - bertransmisi manual dan otomatis - paling mewah. Perubahan tak hanya pada eksterior, baik bagian depan maupun belakang. Si sumber membocorkan kalau interior sedikit lebih mewah ketimbang pendahulunya.

Selain Avanza, PT TAM masih punya senjata untuk ditembakkan sampai akhir tahun ini. Otomtif.kompas.com sempat mencari tahu kebenaran informasi yang menyebutkan kalau TAM akan melansir Corolla yang telah bertranformasi, yakni Corolla Altis 2.0L.

Lagi-lagi, sumber dari TAM tidak mengiyakan. Namun ketika dibisikkan kalau TAM mau masukkan Altis 2.0L langsung dijawabnya, "Paling lambat akhir Desember atau bisa juga awal Desember ini," ujar sang nara sumber. Kalaupun Altis tak jadi tahun ini, kemungkinan lain Toyota Hilux D-Cab yang sudah otomotif.kompas.com informasikan Agustus lalu.

Ford Perkenalkan Escape Baru Yang Lebih Gagah

Menutup 2008 ini, PT Ford Motor Indonesia (FMI) akan memperkenalkan produk terbarunya, New Ford Escape. Ini sesuai dengan komitmen dari agen tunggal pemegang merek (ATPM) Ford di Indonesia itu. “Setiap tahun, kami ingin selalu menampilkan prroduk-produk yang fresh. Melalui New Ford Escape inilah kami membuktikannya,” jelas Marketing Director PT FMI, Davy Tuilan pada acara “Media Test & Ride” di Sukabumi, 17-18 September 2008.

Dibanding dengan model pendahulunya justru Escape baru lebih berkarakter dan gagah. Seperti dikatakan kepala perancang Escape, Paul Gibson, “Walau lekukan tajam pada kendaraan dikurangi, Escape tetap melukiskan kekuatan khas SUV sejati dengan desain yang lebih kontemporer dan terasa lebih urban.”

Memang, dari pengamatan Kompas.com, secara bentuk Escape baru hampir tak beda dengan model terdahulunya. Namun daru segi tampilan, hampir seluruh sektor di eksterior telah mendapat penyempurnaan. Dan perubahan ini terinspirasi oleh Ford Escape Expression yang pertama kali ditampilkan pada Tokyo Motor Show tahun lalu.

Seperti bagian depan, bentuk kap mesin baru. Tarikan garisnya menyatu dengan ujung gril yang menggunakan logo Ford yang bentuk ovalnya lebih besar. Lampu utama lebih aerodinamis dipadu dengan desain baru bumper, terutama pada desain rongga udara yang lebih besar.

Pada bagian bawah rongga udara dikasih skide plate untuk meredam benturan pada bumper depan. Desain rumah lampu kabut berbentuk trapisum terbalik justru jadi simetris dengan rongga mulut udarta. Dipadu dengan fender yang lebih gemuk dari pendahulunya dan dikasih aliran udara (air vent) di bawah kaca spion, inilah yang sangat membedakan dengan model lamanya.

Sama seperti depan, belakang pun tak luput dari sentuhan. Desain lampu utamanya lebih ramping dan melintang ke dalam dengan LED sebagai stándar. Bumper dikasih skid plate dan dilengkapi sensor parkir.

Tampilan kian manis dengan dipindahkannya antena ke bagian atas belakang dan dikasih spoiler – ini khusus untuk versi Limited. Yang dipaparkan spesifikasi di atas dari versi termewahnya, sementara FMI mengekluarkan dua varian lagi, yakni XLS (terendah) dan XLT (menengah). Jadi ada beberapa komponen tidak dijumpai di dua model ini.

Termasuk interior, meski desainnya sama, tapi untuk yang Limited dipermanis dengan memakai panel wood. Kemudian, pengemudi dan penumpang depan yang di Limited serta XLS sudah dilindungi kantong udara, termasuk dari sisi samping buat pengemudi yang di Limited.

Bagaimana dapur pacu? Untuk mesin masih sama persis dengan model sebelumnya, 2.261 cc 4 silinder DOHC 16V dengan VICS, TSCV, ETCS dan VVT.

Nissan Bentang Bengkel Siaga Sumatera-Bali

Untuk memperlancar pemudik yang mengendarai Nissan, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memberi layanan khusus 24 jam Nissan Rest Point (NRP) di 3 lokasi dan layanan Bengkel Siaga di sepanjang jalur mudik dari Sumatera, Jawa, dan Bali. “Di Nissan Rest Point (NRP) pemilik Nissan tidak hanya mendapatkan pelayanan perbaikan untuk kendaraannya, tapi juga bisa beristirahat dan menikmati snack dan minuman secara cuma-cuma,” kata Teddy Irawan, Deputy Director Sales & Marketing NMI, di Jakarta, Senin.

NRP mulai beroperasi 27 September-4 Oktober 2008 di Cikampek, Cisarua, dan Telaga Warna, Puncak. Layanan perbaikan yang dilakukan tidak dikenai biaya, kecuali penggantian suku cadang customer tetap dibebankan biaya sesuai harga suku cadang.

Bengkel Siaga mulai melayani pemakai Nissan selama libur Lebaran (28, 29, 30 September dan 3-4 Oktober 2008). Lokasinya bisa dijumpai di bengkel resmi Nissan di Jabodetabek, Jabar, Jateng, Jatim, Denpasar, Sumsel, dan Sumut. Pekerjaan yang bersifat perbaikan tetap dikenai biaya sebagaimana bengkel kerja normal.

Untuk kegiatan NRP dan Bengkel Siaga ini NMI bekerja sama dengan Telkomsel dengan kode akses 2323. Seluruh nomor telepon Bengkel Nissan Siaga telah didaftarkan di Telkomsel. “Pada saat darurat dan membutuhkan bantuan mekanik, customer Nissan yang menggunakan Telkomsel hanya perlu mengakses nomor 2323 dari ponselnya untuk mendapatkan sambungan otomatis langsung ke NRP atau Bengkal Siaga terdekat,” kata Teddy.

Di samping NRP dan Bengkel Siaga, Nissan juga tetap memberikan layanan ERA 24 Hour (Emergency Road Assistant) untuk wilayah Jakarta, Bandung, dan Surabaya pada 27 September hingga 4 Oktober. Khusus untuk wilayah di luar area jangkauan Bengkel Siaga, NRP, maupun ERA 24 H, NMI menyediakan layanan Nissan Siaga Mobile.

Lokasi jalur Nissan Siaga Mobile meliputi jalur antara Cikampek, Tegal, Pekalongan, sampai Rembang, dan Probolinggo sampai Situbondo. Setiap unit kendaraan Nissan Siaga Mobile ini didukung 2 teknisi Nissan dan perangkat teknis yang memadai. Mulai beroperasi 29-30 September 2008 selama 24 jam.

Teddy berharap, dengan adanya layanan ini para pemudik dapat lebih tenang dan aman selama perjalanan.


Waktu operasi: 27 September-4 Oktober 2008 (24 jam)
Lokasi:
1. Telaga Warna, Puncak, Jawa Barat
2. RM Jati Wangi, Cisarua, Jawa Barat
3. Jl Raya Cikopo (Komp Ruko Cikopo Megah, Cikampek, Purwakarta)

BENGKEL SIAGA
Waktu operasi: 28, 29, 30 September dan 3-4 Oktober (1-2 Oktober tutup)
Jam operasional: 08.30-16.30 waktu setempat

NISSAN REST POINT

Lokasi:
1. Nissan TB Simatupang (Jakarta)
2. Nissan Bumi Serpong Damai-BSD (Tangerang)
3. Nissan Sunter (Jakarta)
4. Nissan Roxy (Jakarta)
5. Nissan Radin Inten (Jakarta)
6. Nissan Cibubur (Jakarta)
7. Nissan Soekarno-Hatta (Bandung)
8. Nissan Cirebon (Cirebon)
9. Nissan Puri Anjasmoro (Semarang)
10. Nissan Jebres (Solo)
11. Nissan Mlati (Jogjakarta)
12. Nissan S Parman (Malang)
13. Nissan A Yani (Surabaya)
14. Nissan Gatsu (Denpasar)
15. Nissan Labuan Ratu (Bandar Lampung)
16. Nissan Istana (Palembang)
17. Nissan Gatot Subroto (Medan)


ERA 24 H
1. ERA 24 H – Jakarta
2. ERA 24 H – Bandung
3. ERA 24 H – Surabaya

Mitsubishi Luncurkan Toppo di Jepang

Mitsubishi Motor Corporation (MMC), Jepang, kemaren memperkenalkan kendaraan kecilnya terbarunya yang dinilai irit bahan bakar, Toppo. Peluncuran mobil ini dilakukan oleh perusahaan tersebuut da berkenaan dengan makin mahalnya harga bahan bakar di Jepang dan dunia, serta gencarnya isu emisi pemanasan global. Demikian dilaporkan oleh kantor berita Kyodo, Jepang.

Toppo adalah mobil kecil atau kota dengan mesin 660 cc . Bagian dalam mobil ini mencapai 1, 43 meter, merupakan mobil kecil paling tinggi di kelasnya. Demikian dikatakan oleh kantor berita tersebut.
"Tuntutan mobil irit bahan bakar terus meningkat sesuai dengan hasrat masyarakat untuk mengurangi emisi CO2 secara global dan harga bahan bakar yang makin mahal,”kata Presiden MMC, Osamu Masuko, dalam suatu temu media Tokyo.

Mercedes-Benz Tanam Virus Hibrida pada S 400

Produsen mobil kelas premium Jerman, Mercedes-Benz (MB), tidak tahan menghadapi serangan virus hibrida. KAMIS (18/9), perusahaan tersebut dari markas besarnya , di Stuttgart, Jerman, mengumumkan bahwa pada musim semi tahun depan akan memasarkan mobil mewah pertama di dunia dengan sistem penggerak hibrida, yaitu S 400 BlueHYBRID. Selanjutnya, setelah Eropa, mobil tersebut juga dipasarkan di China dan Amerika Serikat.

Dasar mesin S 400 BlueHYBRID sama dengan S 350, V6 dengan kapasitas 3.500 cc. Pengembangan yang dilakukan untuk produk baru ini dengan menambahkan motor listrik-magneto, transmisi otomatis 7G-TRONIC dengan tujuh kecepatan plus batere lithium-ion tegangan tinggi bersama sistem kontrol dan konversinya.

Paling Irit

Target Mercedes Benz mencangkokkan hibrida pada S 400 adalah untuk mengirit konsumsi bahan dan menurunkan emisi gas buang. Menurut perusahaan tersebut, setelah dilengkapi dengan sistem hibrida, konsumsi bahan bakar mobil mewah tersebut adalah 12,6 km/liter atau 7,9 liter untuk 100 km. Sedangkan emisi gas buangnnya, 190 gram/km. Tenaga yang dihasilkan mesin bensin mobil ini mencapai 220kW/299 PS dan torsi 385 Newton-meter.

Komponen hibrida yang dicangkokkan mendampingi mesin bensin, termasuk canggih dan merupakan tren aplikasi di masa yang akan datang. Caranya, pada transmisi otomatis, bagian yang biasanya ditempati oleh konverter, kini dihuni oleh unit komponen yang punya dua tugas, motor starter dan generator.

Saat mesin bensin akan dihidupkan, komponen tersebut berfungsi sebagai motor starter. Begitu mesin hidup, tugasnya beralih menjadi generator atau pembangkit tenaga listrik. Tak hanya sekadar itu, bila putaran mesin terlalu tinggi atau rem diinjak, generator tersebut memulihkan atau mengembalikan energi kinetik menjadi listrik yang selanjutnya di simpan di batere lithium-ion.

Selanjutnya, bila pengemudi tancap gas, bukan putaran mesin yang naik. Tetapi, mobil mendapat tambahan tenaga dari motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 15kW 9 20 PS). Motor listrik sendiri mendapatkan energi dari batere.

Ditambahkan, “recovery” energi pada S 400 BlueHYBRID tidak hanya berasal generator yang ditanam di transmisi, juga yang dipasang pada rem di setiap roda Dengan kombinasi seperti tersebut, plus tambahan sistem start & stop, MB pun menyatakanS 400 BlueHYBRID adalah mobil mewah paling irit di dunia saat ini!

Ultah ke-100 GM Perkenalkan Chevrolet Volt

Bersamaan dengan perayaan ultah ke-100, General Motors (GM) Senin (16/9) lalu memperkenalkan Chevrolet Volt. Sedan hybrid berbasis mesin bensin dan elektrik yang disebut E-REV (Extended-Range Electric Vehicle). “Volt merupakan simbol komitmen GM pada masa depan untuk memberi inovasi teknologi terbaik dari industri yang kami miliki guna merespon tantangan energi dan lingkungan,” ujar Rick Wagoner, GM Chairman and CEO.

Atas kesadaran fungsi
Desain Chevrolet Volt versi produksi ini diambil dari mobil konsep yang pertama kali diperkenalkan GM dalam North American International Auto Show 2007 di Detroit, Amerika Serikat. Unsur aerodinamikanya lebih baik dan efisien setelah disempurnakan lagi oleh para desainer GM.

Beberapa bagian dari mobil konsep diaplikasikan ke versi produksi - direnacanakan 2010 - diaplikasikan ke versi produksi. Di antaranya gril depan dibuat tertutup, kontur bodi atletis spion luar dan lekukan-lekukan bagian belakang.

Desain bodi yang membulat dipadu gril yang fungsional bertujuan memperlancar aliran angin. Termasuk bagian belakang dengan potongan patah serta ditempatkannya spoiler, berfungsi mempercepat keluarnya aliran angin. Adapun sudut jendela yang tampak agresif dirancang guna mereduksi turbulensi dan hambatan.

Kesempurnaan aerodinamika diraih setelah dilakukan pengujian oleh para perancang di terowongan angina (wind tunnel) ratusan jam. Tujuannya agar Volt versi produksi mampu mencapai target jelajah sejauh 64 km (standar EPA) tanpa menggunakan bensin dan memproduksi emisi.

Untuk perjalanan lebih dari 64 km, Volt digerakkan oleh baterai lithium-ion yang mempunyai 220 sel berdaya 16-kWh. Ketika energi baterai habis, mesin bensin/E85 (ethanol) akan mengubah fungsinya sebagai generator sekaligus penggerak sementara hingga daya listrik pada baterai terisi kembali.

Energi listrik baterai Volt juga bisa diisi di rumah. Untuk tegangan listrik 240V, pengisian baterai hanya butuh waktu tiga jam. Sedangkan tegangan 120V dibutuhkan delapan jam.

Interior
Volt menyediakan ruang yang lapang dilengkapi fitur-fitur keselamatan yang diharapkan konsumen pada sebuah sedan empat penumpang. Paduan warna interior, tata lampu dan trim, tak pernah ditemukan pada sedan Chevrolet sebelumnya.

Kontrol-kontrol modern dan material yang menarik, dua layar informasi, dan sebuah layar sentuh sensitif sebagai pusat informasi yang ada di kabin Volt tidak dimiliki kendaraan yang dijual di pasar sekarang ini. Kemudian system navigasi denngan hard drive plus Bluetooth untuk penggunaan telepon seluler.


Menariknya, dengan mesin elektriknya Volt mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 150 hp dengan torsi mencapai 370 Nm. Sementara kecepatan maksimum yang bisa diraihnya mencapai 160 km/jam. Ketika performa ini bermain, Volt tak memunculkan suara mekanis layaknya mobil bensin konvensional.

Chevrolet Volt direncanakan diproduksi di fasilitas pabrik GM di Detroit-Hamtramck awal tahun 2010 untuk model yang akan dijual khusus pasar Amerika Serikat. GM untuk sementara belum mengumumkan harga jual Chevrolet Volt.

Honda All-New City Bergaya Mobil Konsep

Inilah Honda City generasi ke-3 yang diberi nama “All-New City”. Resmi dijual ke publik sejak 10 September lalu. Thailand merupakan negara pertama yang meluncurkan All-New City. Hal itu bisa dimaklumi, karena di Negara Gajah Putih itulah City dibuat. Negara berikutnya adalah India.

Bagaimana dengan Indonesia? Belum ada konfirmasi pasti dari PT Honda Prospect Motor (HPM). Namun menurut berbagai pihak dari jaringan Honda, All-New City juga segera dipasarkan. Dikhabarkan pula, kini PT HPM lagi sibuk mengetes beberapa unit All-New City. Juga sudah mengantongi ijin impor CBU dari Departemen Perindustrian .

City pertama kali dipasarkan pada 1996. Kini dibuat di 7 negara dan dipasarkan ke 39 negara. Menurut pihak Honda, sampai Mei 2008, kumulatif penjualan City sudah satu juta lebih. Karena itulah, sedan ini dijadikan produk inti Honda di samping Civic, Accord, CR-V dan Jazz (Fit).

Mobil Konsep
Wajah All-New City berbeda jauh dibandingkan dengan pendahulunya New City. Penampilan sedan ini lebih gagah karena desain gril dan bumpernya dinamis. Bahkan bila diteliti lebih cermat, desain bagian depan sudah mengadopsi gril, bumper dan lampu mobil konsep Honda yang akan dipamerkan pada Paris Motor Show bulan depan, yaitu Honda Insight (hibrida), CR-Z (sport hibirida) dan FCX Clarity (hidrogen).

Dengan wajah barunya tersebut, City telah menjadi magnet bagi konsumen atau pengemar sedan kompak Honda di negara-negara Asia. Tak hanya konsumem Thailand membahas kemunculan All-New City ini, tetapi sudah sampai ke India, Pakistan, Malaysia dan tentu saja Indonesia.

Eksterior
Sebagai sedan kompak, dimensinya tidak berbeda jauh dengan New City. Untuk panjang dan lebar hanya berbeda dalam satuan milimeter. Dimensi yang cukup banyak mengalami perubahan hanya tinggi, 15 mm.

Dari depan, gril dan lampu, desainnya berubah total. Versi sekarang, lebih dinamis dengan gril krom berjenjang. Garis-garis gril terintegrasi dengan lampu depan membentuk busur panah. Bumper depan, berdimensi lebih besar memberikan kesan lebih bertenaga.

Samping, desainnya mengarah ke saudaranya yang lebih tua, Civic. Seluruh kaca samping atau pintu, di depan dan belakang, bagian atas melandai atau parabolik. Memberikan kesain lebih dinamis dan aerodinamika.

Di belakang, All-New City juga didesain ulang secara menyeluruh. Lampunya model baru, terdiri dari dua segmen, merah dan putih. Bagasi belakang lebih pendek, seperti Hyundai Avega.

Interior
Desain dan corak interior juga berubahtotal. Jok kini menggunakan warna hitam. Begitu juga dengan dashboard. Perpaduan ornamen atau aksetuansi pada All-New City memberi kesan ebih ekslusif dan mewah. Hal ini dilakukan Honda dengan menambahkan unsur krom pada bagian tengah dashaboard dan tempat tombol power window di pintu.

Panel instrumen juga mengalami perubahan. Pada sistem ini digunakan bulatan untuk indikator putaran mesin (paling kiri), speedomter (tengah) dan indikator mesin lainnya, misalnya, oli, suhu mesin dan sebagai pada (paling kanan). Komposisinya sama dengan All-New Jazz, namun detailnya berbeda.

Mesin
Sumber penggerak All-New City ternyata sama dengan All-New Jazz, yaitu mesin 1.500 cc, SOHC dengan i-VTEC (intelligent- Variable Valve Timing and Lift Electronic Control). Tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin tidak berbeda. Dibandingkan dengan New City, mesin All-New City lebih besar 10 PS. Tenaga maksimum yang dihasil mesin All-New City adalah 120PS 6.600 rpm. Tenaga maksimum diperoleh pada putaran lebih tinggi dibandingkan dengan VTEC New City, yaitu 110 PS/5.800 rpm. Sedangkan yang diperoleh pada putaran sama, 4.800 rpm, hanya 0,2 kg-m lebih besar. Versi i-VTEC torsinya 14,8 kg-m (145 Nm). Menurut Honda, mesin ini sudah mencapai standar emisi Euro-4.

Dimensi
Lebar 1.695 mm
Tingi 1470 mm
Jarak Sumbu Roda 2,550 mm
Trek depan dan belakang: 1.476 mm dan 1.459 mm
Berat: 1.150 kg
Radius putar 5.0 meter
Kapasitas Tangki 42 liter

Mesin
Tipe: 1.5L SOHC i-VTEC
Kapasitas: 1,497cc
Diameter x Langkah: 73.0mm x 89.4mm
Perbandingan Kompresi: 10.4:1
Tenaga Maks.Max. : 120ps (88KW) / 6,600rpm
Torsi maks.: 145Nm (14.8Kgm) / 4,800rpm
Transmisi: 5 Speed Auto (CVT, Grade Logic Control) dan Manual
Perbandiangan gigi: 2.995, 1.678, 1.066, 0.760, 0.551
Perbandingan gigi mundur: 1.956
Perbandingan gigi akhir: 4.562

Renault Ondelios: X-Over Hibrida dengan Fasilitas Bisnis

Renault mengumumkan akan menghadirkan mobil konsep terbarunya, yaitu Ondelios, cross-over (x-over) bertenaga hibrida, pada Paris Motor Show bulan depan. Mobil ini sekaligus dijadikan “top range” dari beberapa mobil konsep lainnya. Kehadiran Ondelios sekaligus gambaran visi Renault tentang x-over terkini, yaitu mobil yang menggabungkan unsur kenyamanan dan lingkungan.

Sangat Futuristik
Seperti mobil-mobil konsep dari produsen Perancis sebelumnya, Ondelios tampil sangat futuristik, baik dari penampilan maupun teknologi. Inspirasi kelahirannya berasal dari dunia penerbangan. Hasilnya adalah sebuah x-over berdimensi: panjang 4,8 meter dan tinggi 1,6 meter dengan Cd 0,29.

Tidak hanya itu, Renault sangat membanggakan estetika desainnya, terutama tata letak interior dan sistem tenaga hibridanya. Begitu juga dengan bentuknya. Pasalnya, seluruh permukaan mobil rata dan mulus, seakan kaca dan panel bodi menyatu tanpa sambungan.

X-over ini dirancang khusus sebagai lambang kemewahan untuk mereka yang suka melakukan perjalanan jauh. Karena itulah, desain dan fasilitas interior dibuat sama dengan kelas bisnis pada pesawat udara. Ini terlihat jok bertipe individual, untuk lima penumpang dan satu pengemudi.

“Ondelios adalah dinamika manusia modern. Dirancang bagi mereka yang ingin menikmati alam bebas,” jelas Patrick le Quement, Direktur Desain Renault. Karena itu pula, penggunaan gril aluminium yang disatukan dengan lampu depan melambangkan gerakan. Sedangkan unsur teknologi terkini diperlihatkan pada lampu depan jenis LED dengan umur pakai lebih lama dan irit energi.

Bumerang
Fitur Ondelios lain yang juga ditonjolkan adalah lampu belakang dengan bentuk bumerang. Lampu tersebut dipasang pada bodi, dilengkapi dengan ekstraktor yang mengontrol aliran udara dari sepatbor. Atapnya dibuat transparan agar dapat menghadirkan pencahayaan alamiah. Lantas, kaca depan yang landai dan kap mesin lebar menambah aksentuasi sekaligus membentuk keindahan sosok mobil ini.

“Kami menghadirkan mobil seakan-akan seluruh bodinya dibuat dari satu bahan. Bodi dan kaca menyatu. Dengan konsep tersebut, Ondelios hadir sebagai simbol keindahan dan menjadi media masa depan,” tambah Patrick.

Pintu model kupu-kupu yang sebagian besar dibuat dari bahan tembus pandang membuat penampilan Ondelios tambah elegan. Lantas warna biru hitam bodi yang menyatu dengan sempurna bersama kaca membuat seluruh tubuh mobil seakan-akan menggunakan satu warna.

Sosoknya makin gagah dengan pelek 23 inci dari aluminium berpola 7 jari-jari. Sedangkan ban, digunakan Michelin 255/40 Pilot Sport dengan telapak yang dirancang secara khusus untuk memperkecil deformasi kontak ketika menggelinding kendang.

Interior
Interior Ondelios menggunakan tiga deret jok. Sandaran jok dapat disetel rebah untuk memberikan kenyamanan, seperti posisi duduk atau istirahat di kelas bisnis pesawat terbang. Penumpang juga dapat menyelonjorkan kakinya.

Dengan engsel pintu di atap, penumpang bisa masuk dengan mudah ke interior karena pintu membuka ke atas. Jok deretan kedua dapat digeser ke depan dan dilipat untuk memberi akses kepada penumpang yang akan duduk di jok paling belakang

Komponen dashbord dirancang fungsional dan mudah digunakan. Antara lain, layar dengan skin aktif untuk menayangkan berbagai informasi. Digunakan pula layar monitor di bawah kaca depan untuk menayangkan menu dan gambar yang berbeda hasil pantuan kamera pengganti kaca spion luar. Tambahan lainnya, tiga monitor yang lebih besar untuk memberikan informasi tentang kerja mesin dan kendaraan. Setiap penumpang dapat pula menggunakan multi-media portabel secara sendiri-sendiri, baik untuk sharing data maupun main secara multi-player.

Irit
Sebagai kendaraan masa depan hemat energi dan ramah lingkungan, bahan bodi Ondelios berbeda dibandingkan mobil masa kini. Untuk ini, Renault memilih material dengan bobot ringan dan dapat didaur ulang, yaitu karbon. Pengganti kaca dipakai polikarbonat. Sebagai sumber tenaga, digunakan mesin diesel berkapasitas 2.0 liter yang mampu menghasilkan tenaga 205 PS (150kW) dan motor listrik berkemampuan 20kW. Masing-masing ditaruh di depan dan belakang.

Sistem hibrida mobil ini dapat menghasilkan akselerasi lebih cepat. Sedangkan rem dapat mengubah energi kinetik menjadi listrik pada baterai litium-ion dengan tenaga 4kW per jam. Mesin dieselnya dilengkapi dengan teknologi pengirit bahan bakar, yaitu stop-start.

Motor listrik dipasang pada as roda belakang. Motor ini akan memutar roda belakang bila sensor ESP mendeteksi ban kehilangan traksi. Dengan demikian, Ondelios bekerja seperti kendaraan 4 x 4. Selain tenaga mesin yang besar, torsinya juga kuat dan diperoleh pada putaran rata (flat), yaitu dari 1.700-3.800 rpm. Dengan kemampuan seperti itu, mesin diesel yang digunakan Ondelios memberikan kenyaman dan fleksibilitas selama melakukan perjalanan jauh.

Renault menyatakan, Ondelios mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam dalam 7,8 detik. Kemampuan itu didukung dengan transmisi double kopling (twin clutch) 7 percepatan. Terakhir sebagai bukti irit bahan bakar dan ramah lingkungan, untuk jarak 100 km mobil hanya menghabiskan 4,5 liter solar atau 22 km per liter, dan emisi 120 g/km. Bolehlah Renault berbangga! Tapi, kapan bisa diproduksi secara masal?

The First and The Faster in North Sumatra

Punya tiga unit Honda S2000 dan semuanya sudah dimodifikasi. Tapi di antara ketiganya, "S2K inilah yang terbaik sepanjang hidup saya dan bermakna," bilang mahasiswa perguruan tinggi di Medan, Sumatra Utara ini. Roadster berbody kit C-West ini sangat memikat sebagai pemacu adrenalin.

Simak air bumper yang mampu melahap banyak oksigen serta carbon GT wing sebagai penyeimbang aerodinamis bagian buritan. Ditambah, sang pemilik kelahiran 6 Agustus 1988 ini lebih condong ke dapur pacu.

Tak ayal, mesin bawaan F20C 4 silinder DOHC VTEC diganti utuh dengan F20C Spoon spec bertenaga 350 hp. Pemakaian Vortec Supercharged yang berasal dari Amrik, dipercaya Tody sebagai pengompres tekanan pada ruang silinder. Efek penambahan Vortec Supercharged Liquid Cooler pada S2K menjadi persoalan mudah untuk menembus kecepatan 200 km/jam.

Besarnya tenaga, mau tak mau sistem penghenti laju ikut ditingkatkan. Braking pad 6 pot bikinan Spoon disematkan pada ruang dalam velg depan untuk menghentikan laju velg Prodrive GC-06H time atack Edition 18x8 inci dibalut Toyo Proxes 225/40R18. Hasilnya, perpaduan sinergis antar kedua sistem itu membuat hati Tody aman dan tenang. Selain itu, S2000 menjadi the first and the faster di Sumatra Utara.

Pantas kalau Tody berkesan dengan S2000 satu ini. Softtopnya diganti hardtop bikinan Mugen berbahan serat karbon dan jendela belakang berbahan polycarbonate yang bisa meminimalisir goresan. Harganya, sekitar Rp 28 juta kecil dibanding harga mobilnya. Yang dibanggakan karena hardtop itu hanya dibikin 100 unit.

Tanggung, karena mesin dan kaki-kaki sudah didandani, sekalian bodi. Sesuai dengan temanya street racing car, ubahan kulit juga diimplementasikan pada roadster ini. Warna dasar hitam dengan cat extreme colour yang didatangkan langsung dari Amrik. Termasuk hardtopnya.

Jangan kaget, harga satu kaleng cat Diamond Hologram untuk bodi seharga satu unit motor bebek. Hasilnya, Tody terkesima dan pantas terkesan.

Kaki Gajah Menahan Tiga Berlian

Manusia terus melihat sesuatu benda pasti akan terkenang. Begitu pula dengan Oke Hake, selama Agustus berkali-kali ia dipertemukan dengan mobil berkaki gajah. Mending kalau semuanya berlangsung di Jakarta, justru jumpanya di berbagai daerah.

Awalnya dari kedai velg dan ban Sarinade, Jakarta, menjelang akhir Agustus. Sebelum itu, ketika kelahiran Oktober 1979 ini ke Bandar Lampug juga melihat Jeep Commander beralas kaki 24 inci. Saat berada di Malang dan Surabaya, lagi-lagi banyak kendaraan D-Cab dan SUV berkaki gajah.

Memang, sekarang ini pemakaian velg superlebar cukup marak. Dari sinilah muncul ide sekaligus menjadi cita-citanya punya mobil bervelg lebar. Karena belum punya mobil, sampai ia membuat photoshop dengan rim gambot.

Dari beberapa merek D-Cab yang sudah beredar di pasar Indonesia, Oke menjatuhkan pilihan pada Mitsubishi Strada Triton Exceed. Pertimbangannya - dan cukup masuk akal - karena memiliki desain bodi yang unik, terutama lekukan pinggangnya.

Karena bentuk wheel arc dan desain bodi di sekitarnya, jangan sampai salah memasukkan velg dan ban. Pilihannya cuma dua,velg besar dengan ban tipis atau velg kecil dengan ban besar. Akhirnya, pebisnis garmen ini memilih city slicker dengan tampilan ala American Style.

Dari banyak macam merek, finalisasi tertuju pada Ferani F354C 26 x 10,5 inci yang dibalut dengan ban dari Korea, Kumho Ecsta 305/35R26. Pilihan velg itu, setelah ukuran 22 dan 24 inci dirasa kurang pas. "kalau mau adu gede, saya rasa 32 inci juga bisa tapi sudah tidak harmonis," papar Wibowo Santoso, bos Permaisuri Ban, Jakarta Selatan.

Apakah pemasangan ban bongsor itu mulus? kendalanya, suspensi Triton Exceed cukup lembut.Maklum karena varian termewah dari keluarga Strada ini menomorsatukan kenyamanan. Sokbreker standar masih dipertahankan, untuk meredam ban tipisnya. Di depan, bantalan standarnya lebih dominan bekerja memaksimalkan kinerja suspensi.