21 September 2008

Honda All-New City Bergaya Mobil Konsep

Inilah Honda City generasi ke-3 yang diberi nama “All-New City”. Resmi dijual ke publik sejak 10 September lalu. Thailand merupakan negara pertama yang meluncurkan All-New City. Hal itu bisa dimaklumi, karena di Negara Gajah Putih itulah City dibuat. Negara berikutnya adalah India.

Bagaimana dengan Indonesia? Belum ada konfirmasi pasti dari PT Honda Prospect Motor (HPM). Namun menurut berbagai pihak dari jaringan Honda, All-New City juga segera dipasarkan. Dikhabarkan pula, kini PT HPM lagi sibuk mengetes beberapa unit All-New City. Juga sudah mengantongi ijin impor CBU dari Departemen Perindustrian .

City pertama kali dipasarkan pada 1996. Kini dibuat di 7 negara dan dipasarkan ke 39 negara. Menurut pihak Honda, sampai Mei 2008, kumulatif penjualan City sudah satu juta lebih. Karena itulah, sedan ini dijadikan produk inti Honda di samping Civic, Accord, CR-V dan Jazz (Fit).

Mobil Konsep
Wajah All-New City berbeda jauh dibandingkan dengan pendahulunya New City. Penampilan sedan ini lebih gagah karena desain gril dan bumpernya dinamis. Bahkan bila diteliti lebih cermat, desain bagian depan sudah mengadopsi gril, bumper dan lampu mobil konsep Honda yang akan dipamerkan pada Paris Motor Show bulan depan, yaitu Honda Insight (hibrida), CR-Z (sport hibirida) dan FCX Clarity (hidrogen).

Dengan wajah barunya tersebut, City telah menjadi magnet bagi konsumen atau pengemar sedan kompak Honda di negara-negara Asia. Tak hanya konsumem Thailand membahas kemunculan All-New City ini, tetapi sudah sampai ke India, Pakistan, Malaysia dan tentu saja Indonesia.

Eksterior
Sebagai sedan kompak, dimensinya tidak berbeda jauh dengan New City. Untuk panjang dan lebar hanya berbeda dalam satuan milimeter. Dimensi yang cukup banyak mengalami perubahan hanya tinggi, 15 mm.

Dari depan, gril dan lampu, desainnya berubah total. Versi sekarang, lebih dinamis dengan gril krom berjenjang. Garis-garis gril terintegrasi dengan lampu depan membentuk busur panah. Bumper depan, berdimensi lebih besar memberikan kesan lebih bertenaga.

Samping, desainnya mengarah ke saudaranya yang lebih tua, Civic. Seluruh kaca samping atau pintu, di depan dan belakang, bagian atas melandai atau parabolik. Memberikan kesain lebih dinamis dan aerodinamika.

Di belakang, All-New City juga didesain ulang secara menyeluruh. Lampunya model baru, terdiri dari dua segmen, merah dan putih. Bagasi belakang lebih pendek, seperti Hyundai Avega.

Interior
Desain dan corak interior juga berubahtotal. Jok kini menggunakan warna hitam. Begitu juga dengan dashboard. Perpaduan ornamen atau aksetuansi pada All-New City memberi kesan ebih ekslusif dan mewah. Hal ini dilakukan Honda dengan menambahkan unsur krom pada bagian tengah dashaboard dan tempat tombol power window di pintu.

Panel instrumen juga mengalami perubahan. Pada sistem ini digunakan bulatan untuk indikator putaran mesin (paling kiri), speedomter (tengah) dan indikator mesin lainnya, misalnya, oli, suhu mesin dan sebagai pada (paling kanan). Komposisinya sama dengan All-New Jazz, namun detailnya berbeda.

Mesin
Sumber penggerak All-New City ternyata sama dengan All-New Jazz, yaitu mesin 1.500 cc, SOHC dengan i-VTEC (intelligent- Variable Valve Timing and Lift Electronic Control). Tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin tidak berbeda. Dibandingkan dengan New City, mesin All-New City lebih besar 10 PS. Tenaga maksimum yang dihasil mesin All-New City adalah 120PS 6.600 rpm. Tenaga maksimum diperoleh pada putaran lebih tinggi dibandingkan dengan VTEC New City, yaitu 110 PS/5.800 rpm. Sedangkan yang diperoleh pada putaran sama, 4.800 rpm, hanya 0,2 kg-m lebih besar. Versi i-VTEC torsinya 14,8 kg-m (145 Nm). Menurut Honda, mesin ini sudah mencapai standar emisi Euro-4.

Dimensi
Lebar 1.695 mm
Tingi 1470 mm
Jarak Sumbu Roda 2,550 mm
Trek depan dan belakang: 1.476 mm dan 1.459 mm
Berat: 1.150 kg
Radius putar 5.0 meter
Kapasitas Tangki 42 liter

Mesin
Tipe: 1.5L SOHC i-VTEC
Kapasitas: 1,497cc
Diameter x Langkah: 73.0mm x 89.4mm
Perbandingan Kompresi: 10.4:1
Tenaga Maks.Max. : 120ps (88KW) / 6,600rpm
Torsi maks.: 145Nm (14.8Kgm) / 4,800rpm
Transmisi: 5 Speed Auto (CVT, Grade Logic Control) dan Manual
Perbandiangan gigi: 2.995, 1.678, 1.066, 0.760, 0.551
Perbandingan gigi mundur: 1.956
Perbandingan gigi akhir: 4.562

No comments: