21 September 2008

Ultah ke-100 GM Perkenalkan Chevrolet Volt

Bersamaan dengan perayaan ultah ke-100, General Motors (GM) Senin (16/9) lalu memperkenalkan Chevrolet Volt. Sedan hybrid berbasis mesin bensin dan elektrik yang disebut E-REV (Extended-Range Electric Vehicle). “Volt merupakan simbol komitmen GM pada masa depan untuk memberi inovasi teknologi terbaik dari industri yang kami miliki guna merespon tantangan energi dan lingkungan,” ujar Rick Wagoner, GM Chairman and CEO.

Atas kesadaran fungsi
Desain Chevrolet Volt versi produksi ini diambil dari mobil konsep yang pertama kali diperkenalkan GM dalam North American International Auto Show 2007 di Detroit, Amerika Serikat. Unsur aerodinamikanya lebih baik dan efisien setelah disempurnakan lagi oleh para desainer GM.

Beberapa bagian dari mobil konsep diaplikasikan ke versi produksi - direnacanakan 2010 - diaplikasikan ke versi produksi. Di antaranya gril depan dibuat tertutup, kontur bodi atletis spion luar dan lekukan-lekukan bagian belakang.

Desain bodi yang membulat dipadu gril yang fungsional bertujuan memperlancar aliran angin. Termasuk bagian belakang dengan potongan patah serta ditempatkannya spoiler, berfungsi mempercepat keluarnya aliran angin. Adapun sudut jendela yang tampak agresif dirancang guna mereduksi turbulensi dan hambatan.

Kesempurnaan aerodinamika diraih setelah dilakukan pengujian oleh para perancang di terowongan angina (wind tunnel) ratusan jam. Tujuannya agar Volt versi produksi mampu mencapai target jelajah sejauh 64 km (standar EPA) tanpa menggunakan bensin dan memproduksi emisi.

Untuk perjalanan lebih dari 64 km, Volt digerakkan oleh baterai lithium-ion yang mempunyai 220 sel berdaya 16-kWh. Ketika energi baterai habis, mesin bensin/E85 (ethanol) akan mengubah fungsinya sebagai generator sekaligus penggerak sementara hingga daya listrik pada baterai terisi kembali.

Energi listrik baterai Volt juga bisa diisi di rumah. Untuk tegangan listrik 240V, pengisian baterai hanya butuh waktu tiga jam. Sedangkan tegangan 120V dibutuhkan delapan jam.

Interior
Volt menyediakan ruang yang lapang dilengkapi fitur-fitur keselamatan yang diharapkan konsumen pada sebuah sedan empat penumpang. Paduan warna interior, tata lampu dan trim, tak pernah ditemukan pada sedan Chevrolet sebelumnya.

Kontrol-kontrol modern dan material yang menarik, dua layar informasi, dan sebuah layar sentuh sensitif sebagai pusat informasi yang ada di kabin Volt tidak dimiliki kendaraan yang dijual di pasar sekarang ini. Kemudian system navigasi denngan hard drive plus Bluetooth untuk penggunaan telepon seluler.


Menariknya, dengan mesin elektriknya Volt mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 150 hp dengan torsi mencapai 370 Nm. Sementara kecepatan maksimum yang bisa diraihnya mencapai 160 km/jam. Ketika performa ini bermain, Volt tak memunculkan suara mekanis layaknya mobil bensin konvensional.

Chevrolet Volt direncanakan diproduksi di fasilitas pabrik GM di Detroit-Hamtramck awal tahun 2010 untuk model yang akan dijual khusus pasar Amerika Serikat. GM untuk sementara belum mengumumkan harga jual Chevrolet Volt.

No comments: