21 September 2008

Mercedes-Benz Tanam Virus Hibrida pada S 400

Produsen mobil kelas premium Jerman, Mercedes-Benz (MB), tidak tahan menghadapi serangan virus hibrida. KAMIS (18/9), perusahaan tersebut dari markas besarnya , di Stuttgart, Jerman, mengumumkan bahwa pada musim semi tahun depan akan memasarkan mobil mewah pertama di dunia dengan sistem penggerak hibrida, yaitu S 400 BlueHYBRID. Selanjutnya, setelah Eropa, mobil tersebut juga dipasarkan di China dan Amerika Serikat.

Dasar mesin S 400 BlueHYBRID sama dengan S 350, V6 dengan kapasitas 3.500 cc. Pengembangan yang dilakukan untuk produk baru ini dengan menambahkan motor listrik-magneto, transmisi otomatis 7G-TRONIC dengan tujuh kecepatan plus batere lithium-ion tegangan tinggi bersama sistem kontrol dan konversinya.

Paling Irit

Target Mercedes Benz mencangkokkan hibrida pada S 400 adalah untuk mengirit konsumsi bahan dan menurunkan emisi gas buang. Menurut perusahaan tersebut, setelah dilengkapi dengan sistem hibrida, konsumsi bahan bakar mobil mewah tersebut adalah 12,6 km/liter atau 7,9 liter untuk 100 km. Sedangkan emisi gas buangnnya, 190 gram/km. Tenaga yang dihasilkan mesin bensin mobil ini mencapai 220kW/299 PS dan torsi 385 Newton-meter.

Komponen hibrida yang dicangkokkan mendampingi mesin bensin, termasuk canggih dan merupakan tren aplikasi di masa yang akan datang. Caranya, pada transmisi otomatis, bagian yang biasanya ditempati oleh konverter, kini dihuni oleh unit komponen yang punya dua tugas, motor starter dan generator.

Saat mesin bensin akan dihidupkan, komponen tersebut berfungsi sebagai motor starter. Begitu mesin hidup, tugasnya beralih menjadi generator atau pembangkit tenaga listrik. Tak hanya sekadar itu, bila putaran mesin terlalu tinggi atau rem diinjak, generator tersebut memulihkan atau mengembalikan energi kinetik menjadi listrik yang selanjutnya di simpan di batere lithium-ion.

Selanjutnya, bila pengemudi tancap gas, bukan putaran mesin yang naik. Tetapi, mobil mendapat tambahan tenaga dari motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 15kW 9 20 PS). Motor listrik sendiri mendapatkan energi dari batere.

Ditambahkan, “recovery” energi pada S 400 BlueHYBRID tidak hanya berasal generator yang ditanam di transmisi, juga yang dipasang pada rem di setiap roda Dengan kombinasi seperti tersebut, plus tambahan sistem start & stop, MB pun menyatakanS 400 BlueHYBRID adalah mobil mewah paling irit di dunia saat ini!

No comments: