21 August 2009

Honda Sport CR-Z Hibrida Diluncurkan Februari

Pabrikan mobil Honda Jepang atau Honda Motor Co (HMC) tak mau kalah soal teknologi hibrida Toyota. Cukup sekali kecolongan di kelas passanger car, HMC tampaknya menjadi yang pertama untuk kategori sport hibrida. Pasalnya, mereka akan segera meluncurkan CR-Z pada Februari tahun depan. Produk ini merupakan kolaborasi ramah lingkungan, hemat bahan bakar, dan kecintaan terhadap kecepatan.

Sebagai rival utama Toyota Motor Corp, merek berlambang 'H' ini menyatakan siap bersaing ketat. Selain produk di atas, HMC menegaskan akan mengeluarkan produk andalan yang lain, yakni Fit (Jazz di Indonesia) versi hybrid akhir 2010, dan keduanya diperuntukkan bagi pasar Jepang.

CR-Z diperuntukkan bagi pasar Amerika Utara dan Eropa setelah peluncuran perdana di negeri asalnya. Selain itu, produk kelas B, Fit, juga dipastikan akan menyentuh pasar di Jepang. Namun, pihak Honda tidak menjelaskan detail mengenai target jualan produk ini.

Diharapkan, kehadiran dua kendaraan hibrida Honda ini bisa menopang penjualan di segmen baru itu. Krisis ekonomi global telah menyebabkan Honda mengalami kerugian pertama setelah 15 tahun yang dialami pada kuartal pertama 2009.

Tahun ini, penjualan mobil dengan dua sistem penggerak itu terus mengalami lonjakan yang signifikan. Hal ini menyusul setelah pemerintah setempat mengeluarkan insentif harga jual dan pembebasan pajak untuk mobil hemat bahan bakar. Bahkan, Honda telah menikmati lonjakan penjualan dalam beberapa bulan belakangan ini dengan ditopang produk Insight hybrid yang diluncurkan Februari lalu. Penjualannya menjadi produk terlaris pada April 2009.

Namun, persaingan terus berlangsung. Toyota pun segera meluncurkan Prius terbarunya yang langsung menggeser Insight di posisi puncak pada bulan selanjutnya (Mei 2009). Nah, dengan kondisi ini, maka Honda berencana kembali memimpin dengan produksi pionirnya di segmen sport hybrid.

"Kami ingin fokus pada seberapa cepat bisa melebarkan (produk) hybrid kami," papar Honda President and Chief Executive Officer Takanobu Ito baru-baru ini, seperti dikutip AP.

Lexus Menyerbu Jerman dengan Hatchback Premium Hybrid

Salah satu pameran mobil terbesar di dunia Frankfurt Motor Show 2009 yang digelar akhir September di Jerman mendatang bakal diserbu para pabrikan otomotif dari berbagai negara. Salah satunya produsen mobil premium asal Jepang, Lexus, yang hadir membawa sedan hatchback untuk menyaingi sedan kompak pabrikan tuan rumah. Kepastian ini didapat dengan munculnya sketsa bentuk mobil.

Pesatnya perkembangan tren mobil tipe B di dunia membuat Lexus tak mau ketinggalan untuk menggarap potensi pasar di segmen tersebut. Bahkan dijanjikan, produk mereka akan menjadi mobil dengan inovasi terwahid, baik dari segi desain, maupun teknologi.

Malah hadirnya Lexus Hatchback diyakini mampu meningkatkan level mereka di segmen hatchback premium. Namun, beberapa rival dari pabrikan asal Jerman sudah siap menanti, seperti Audi A3, BMW Seri 1, dan Mercedes-Benz A atau B-Class.

Untuk dapur pacu yang tertanam di balik kap mesin, sampai kini hal itu masih belum ada kepastian. Namun, dari beberapa hembusan kabar, Lexus telah mematenkan nama CT 200h, CT 300h, dan CT 400h untuk mesin barunya di Amerika Utara. Dari nama-nama itu diketahui bahwa selama ini hanya tipe hybrid yang menggunakan huruf 'h' di setiap nama mesin produknya.