25 November 2008

Mazda Kann "Balap 2025" Menang di LA Auto Show "Design Challenge"

Inilah cara panitia Los Angeles Auto Show 2008 menyelenggarakan lomba desain mobil pada tahun ini. Peserta cukup menuangkan gagasannya dalam sketsa dua dimensi. Peserta tidak sembarangan. Mereka adalah para perancang profesional yang bekerja di studio perusahaan mobil terkemuka di dunia dan membuka studio desain di sekitar Los Angeles atau Kalifornia Selatan.


Bagi panitia LA Auto Show, tahun ini merupakan lomba desain yang kelima. Temanya spesifik: “Motor Sport 2025”. Ya... masih lama, 17 tahun lagi. Para peserta adalah desainer dari studio desain perusahaan mobil terkemuka di dunia, antara lain Audi, BMW, GM, Honda, Mazda, Mitsubishi, Mercedes Benz, Toyota dan Volkswagen. Toh, akhirnya menurut para juri yang berhak dimenangkan dengan konsep inovatifnya adalah Mazda Kann. Para perancang Mazda di Los Angeles dinilai mampu mengeksplorasi dunia motor yang masih dalam mimpin.

Suatu hal yang menarik, hasil rancangan Mazda Kann yang memenangkan lomba ini sama dengan lomba sejenis, misalnya yang diselenggarakan oleh Peugeot. Para perancang fokus pada kendaraan bertenaga listrik.

Ban Elektronik
Mazda Kann dipilih sebagai pemenang karena dinilai berhasil memadukan inovasi dan teknologi canggih ke dalam desain. Hasilnya adalah mobil balap dengan penampilan yang benar-benar unik. Yaitu mobil balap dengan ban elektronik. Dikhayalkan, mobil ini bisa mencapai kecepatan 400 km tanpa emisi berbahaya. Mobil ini dibalapkan untuk event “One Make Race” atau satu merek.

Penilaian karya dialakukan oleh juri profesional dari bebagai disiplin desain. Kriteria pemenang ditentukan berdasarkan keaslian konsep, kreativitas dan faktor integritas untuk mengembangkan kinerja kendaraan, yaitu kecepatan, tenaga, kemampuan dan keamanan secara dramatis .

“Wawasan peserta tahun ini sangat impresif. Tim paling inovatif dan hasil yang artisitik keluar sebagai pemenang. Mereka mampu menciptakan tantangan dunia balap sekarang,” kata Chuck Pelly, direktur Design Los Angeles yang bekerja sama dengan Design Academy, Inc. “Perancang Mazda menciptakan visi 2025 yang optimistik,” tambahnya.

Tujuan dari Design Challenge adalah untuk mamacu sesama perancang studio dari pabrikan mobil yang berbasis di Los Angeles. Para perancang ternyata sangat antusias mengikuti lomba ini karena hasil karya, ide-ide baru dan bakat mereka dalam bidang otomotif akan disebarkan ke seluruh dunia. Tentunya melalui berbagai media!

Ini Dia 72 Mobil Teraman

Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) Amerika telah menetapkan sebanyak 72 mobil sebagai kendaraan teraman. Penilaian berdasarkan bagaimana mobil itu melindungi pengendara motor saat kecelakaan, baik dari arah depan, samping maupun belakang. Kemudian mobil dilengkapi dengan anti-rollover technology yang disebut Electronic Stability Control
(ESC).

“Dari semua jumlah itu, untuk model 2009, Ford Motor Co dan Volvo berada paling atas sebagai mobil teraman dengan menempatkan masing-masing sebanyak 16 kendaraan. Di belakang membayang Honda Motor Co dengan 13 kendaraan,” sebut juru bicara IIHS, Selasa (25/11).

Ada beberapa mobil sudah menerima awards ini dua kali (untuk kendaraan keluaran 2008) bahkan tiga kali (2007). Menurut Presiden IIHS, Adrian Lund, sistem penilaian tak Cuma dilihat dari segi keselamatan terhadap pendara motor. Tim juri mengevaluasi dari hasil crash test dengan menempatkan orang (berupa boneka) di depan, samping dan belakang. Dengan dilengkapi ESC, mobil harus bisa seringan mungkin tidak sampai mencelakaan pejalan kaki, pengendara motor maupun orang yang berada di dalam mobil tersebut.

Mengenai ESC, menurut IIHS sudah menjadi perlengkapan estándar pada mobil SUV serta mobil penumpang ukuran tiga perempat model 2009. “Setiap tahun kami terus melakukan pengembangan kualitas, efisiensi bahan bakar dan keselamatan,” tegas Alan Mulally, CEO Ford.

Inilah ke-72 mobil teraman

LARGE CARS
Honda Acura RL
Audi A6
Cadillac CTS
Ford Taurus
Ford Lincoln MKS
Mercury Sable
Toyota Avalon
Volvo S80

MIDSIZE CARS
Honda Acura TL
Honda Acura TSX
Audi A3
Audi A4
BMW 3-Series (4-door)
Ford Fusion (with optional ESC)
Honda Accord (4-door)
Mercedes C Class
Mercury Milan (with optional ESC)
Saab 9-3
Subaru Legacy
Volkswagen Jetta
Volkswagen Passat

MIDSIZE CONVERTIBLES
Saab 9-3
Volkswagen Eos
Volvo C70

SMALL CARS
Honda Civic (4-door with optional ESC, except Si)
Mitsubishi Lancer (with optional ESC)
Scion xB
Subaru Impreza (with optional ESC)
Toyota Corolla (with optional ESC)
Volkswagen Rabbit (4-door)

MINI CAR
Honda Fit (with optional ESC)

MINIVANS
Honda Odyssey
Hyundai Entourage
Kia Sedona

LARGE SUVs
Audi Q7
Buick Enclave
Chevrolet Traverse
GMC Acadia
Saturn Outlook

MIDSIZE SUVs
Honda Acura MDX
Honda Acura RDX
BMW X3
BMW X5
Ford Edge
Ford Flex
Ford Taurus X
Honda Pilot
Hyundai Santa Fe
Hyundai Veracruz
Infiniti EX35
Ford Lincoln MKX
Mercedes M Class
Nissan Murano
Saturn Vue
Subaru Tribeca
Toyota FJ Cruiser
Toyota Highlander
Volvo XC90

SMALL SUVs
Ford Escape
Honda CR-V
Honda Element
Mazda Tribute
Mercury Mariner
Mitsubishi Outlander
Nissan Rogue
Subaru Forester
Toyota RAV4
Volkswagen Tiguan

LARGE PICKUPS
Ford F-150
Honda Ridgeline
Toyota Tundra

SMALL PICKUP
Toyota Tacoma

Honda Perkenalkan Mobil Sport Hidrogen Masa Depan

American Honda Motor Co., Inc., memperkenalkan konsep mobil sport masa depan terbarunya di arena Los Angeles Auto Show 2008, California, Amerika Serikat yang dibuka untuk wartawan pada 19 November waktu setempat atau 20 November waktu Indonesia.


Mobil konsep tersebut diberi nama Honda FC Sport dan dipastikan tidak lagi mengandalkan mesin berbahan bakar minyak. Sebagai gantinya, mobil ini akan menggunakan hidrogen. Dengan ini dipastikan, Honda FC akan menjadi mobil sport zero emisi.

FC Sport merupakan konsep mobil sport masa depan hasil karya Jason Wilbur, perancang muda dari Honda R&D Americas, Inc., di Pasadena, Los Angeles. Perancang ini pula yang memperkenalkan mobil ini kepada wartawan yang meliput pembukaan pameran di tengah krisis keuangan yang melanda Amerika Serikat dan dunia saat ini.

Motor Listrik
Fitur unik dari mobil sport masa depan ini adalah kategorinya sebagai supersport tiga tempat duduk.

Menurut Honda, teknologi bahan bakar mobil ini diadopsi dari sel bahan bakar Honda V-Flow yang telah digunakan pada sedan Honda FX Clarity. Khusus untuk FC Sport, dirancang lebih fleksibel agar imodifikasinya gampang dilakukan nanti.

Sebagai supercar, FC dirancang dengan bobot yang ringan, dan postur ceper. Sumber penggeraknya, motor listrik. Dengan ini, di belakang mobil tak ada lagi knalpot yang memberi kesan macho. Juga dipastikan, mobil balap ini tidak lagi mengeluarkan raungan keras, seperti mobil-mobil sport sekarang yang menggandalkan motor bakar.

Dijelaskan, mobil ini sport hidrogen ini diilhami oleh supercar yang ada sekarang. Untuk itu, bodinya dibuat seringan mungkin. Dengan demikian, kemampuan mobil berakselerasi sangat superior dan juga mampu dikebut untuk mencapai kecepatan tinggi.

Pada Honda FC ini, hidrogen diperoleh dari susunan sel bahan bakar. Selanjutnya hidrogen digunakan untuk mengasilkan listrik dan disimpan pada batere. Bila mobil dikebut, motor listrik akan mendapatkan pasokan energi listrik langsung dari batere.

“Honda FC Sport nantinya akan menjadi andalan pencinta balap, terutama setelah bensin habis,” kata Dan Bonawitz, wakil presiden American Honda Motor Co., Inc. “Orang yang senang dengan mobil sport, di antara mereka pasti ada yang menyukai mobil sport masa depan bertenaga hidrogen,” tambahnya.

Distribusi Bobot
Agar performa mobil ini benar-benar yahud untuk dikebut, selain menggunakan hidrogen yang bertenaga besar, desainer Honda juga memanfaatkan rancangan bodi yang mulus dan aerodinamis. Pendekatan lain adalah membuat dan menempatkan komponen sumber tenaga mobil secara modular.

Untuk ini, komponen utama mobil ditempatkan dengan cermat agar distribusi bobot terbagi merata pada kedua as roda depan dan belakang. Dengan ini pula, keseimbangan mobil makin mantap, mudah dikendalikan dan gesit melahap tikungan.

Penempatan dan susunan sel bahan bakar Honda V-Flow pada mobil ini dirancang dengan cermat untuk memperoleh berbagai aspek positif. Antara lain menempatkan sel bahan bakar di antara jok belakang, batere di kolong tengah mobil, dan motor listrik di depan aksel belakang.

"Barge Board" F1
Posisi kedua penumpang mobil ini plus pengemudinya unik. Pengemudi ditempatkan di tengah, persis seperti pembalap mobil Formula -1. Sedangkan kedua penumpangnya berada hampir sejajar dengan pengemudi. FC ini dilengkapi dengan penutup atau atap berupa kanopi transparan yang membuka ke atas.

Bodi mulus, postur ceper dan bodi berlekuk tajam, membuat penampilan FC Sport sangat berbeda dengan mobil sport konsep lainnya. Bagian belakang dari mobil ini seperti dipancung. Teknik ini dilakukan agar radiator yang digunakan untuk mendinginkan sel bahan bakar, bisa dipasang dengan mantap.

Juga ada “barge board” atau panel samping bodi seperti yang digunakan pada Formula-1. Pada FC, barge board berada di roda depan. Dengan adanya barge board, aerodinamika mobil bertambah tinggi saat melaju pada kecepatan tinggi.

Tangki penyimpan hidrogen tampak dengan jelas ditaruh di dek belakang bila dilihat dari atas. Tujuannya agar FC Sport mirip dengan “naked bike” sepeda motor dan sekaligus dimanfaatkan sebagai “show room” teknologi.

Warna putih gletser yang digunakan pada mobil ini juga punya arti. Menurut Honda, putih gletser adalah simbol FC Sport sebagai supercar yang bersih. Sementara rodanya yang hitam dan “tinted glas” atau kaca tanpa lis adalah kombinasi unik dari kemampuan mobil ini, yaitu sumber tenaganya yang tidak menimbulkan polusi dan sekaligus mampu memenuhi kebutuhan penggemar “need for speed”.

Cukup menarik, teknik konstruksi mobil ini disebut Honda sebagai teknologi hijau. Pasalnya, untuk menekan dampak karbon seminimal mungkin, bodi mobil dibuat dari bahan organik dan biostruktur. Dalam hal ini digunakan plastik yang dibuat dari tanaman. Jadilah, FC Supersport sebagai mobil cepat yang benar-benar bersih lingkunga! Tanpa emisi dan tanpa kebisingan berarti!