23 April 2008

Volkswagen Indonesia Gelar Pekan Olahraga Khusus Media dan Eksekutif

Dalam rangka menyambut perjalanan api Olimpiade yang akan hadir di Jakarta pada 22 April 2008 nanti, Volkswagen Indonesia menggelar serangkaian kegiatan untuk memeriahkannya. Salah satunya adalah pekan olahraga khusus para media dan eksekutif bertajuk "Volkswagen Mini Olympic - Sport 'Till You Drop", di Gelanggang Olahraga Soemantri Brojonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (19/4) lalu.

Menurut Susilo Sudarman, CEO PT. Garuda Mataram Motor, tujuan diadakannya ajang ini agar semangat dan jiwa perhelatan olahraga bergengsi dunia ini dapat menyebar ke seluruh lapisan masyarakat. "Keterlibatan VW dalam even ini adalah untuk menunjukkan komitmen dan dukungannya terhadap sportivitas, kemampuan dan pencapaian tertinggi dalam masing-masing bidang. Khususnya bidang olahraga, yang sekaligus merefleksikan pembuktian dan kepercayaan dunia terhadap VW akan reputasi, performa dan estetika yang sudah mentradisi serta melegenda," tuturnya lebih lanjut.

Dalam pekan olahraga ini lebih dari 15 media baik dari cetak, televisi dan online turut berpartisipasi memeriahkannya. Adapun cabang olahraga yang diperlombakan antara lain futsal dan 3 on 3 basket. Tidak hanya itu, para siswi dari tingkat SMP dan SMU pun turut ambil bagian dalam kompetisi pemandu sorak (cheerleaders' competition). Dan kemeriahan even ini semakin komplit dengan hadirnya berbagai VW Combi dari klub Volkswagen Van Club.

Untuk menghibur para pengunjung, tersedia interactive games seperti Wining Eleven serta lomba menggambar khusus anak-anak dengan topik lingkungan hijau. Di akhir acara, VW Indonesia memberikan penghargaan berupa "Life Time Achievement" pada 10 olahragawan dan olahragawati tanah air yang telah mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Antara lain Chandra Wijaya, Toni Gunawan, Alan Budikusuma, Hendrawan, Taufik Hidayat, Susi Susanti, Lilis Handayani, Nurfitriani Saiman, serta Lisa Rumbewas.

Pada kesempatan itu juga, PT. Garuda Mataram Motor juga memperlihatkan produk terbaru yang beberapa waktu lalu dirilis, yaitu VW Transporter yang diperuntukkan sebagai mobil ambulans. Menurut Susilo "Kami mendapat banyak permintaan akan mobil Ambulans yang berbasis VW Transporter, baik dari rumah sakit maupun dari pihak institusi lainnya. Hal ini membuka kesempatan untuk menggali potensi lebih besar guna meningkatkan volume penjualan VW Comercial Vehicles. Sekaligus untuk meningkatkan brand awareness dan memperkuat eksistensi merek VW di Indonesia," papar Susilo.

VW Ambulans ini hadir dengan tiga tipe yakni, VW Ambulance Premium, Executive serta VVIP dimana masing-masing dibedakan dari peralatan kesehatan yang tersedia di dalamnya. Ketiga tipe tersebut bermesin 1.9 liter TDI dan ditawarkan mulai harga Rp. 450 juta sampai Rp. 980 juta off the road Jakarta.

Akankah Penjualan Volkswagen di Indonesia Dapat Menyamai Cina?

Sepanjang periode Januari - Maret 2008, penjualan Volkswagen group di Cina berhasil membukukan angka sebanyak 268.200 unit dengan perolehan pangsa pasar sebesar 32,5 persen. Jumlah ini dihasilkan dari penjualan di wilayah daratan Cina, Hongkong dan Macao.

Untuk brand VW selama kuartal pertama memperoleh 221.420 unit, sedangkan untuk Audi berhasil meningkatkan penjualan sebesar 25,5 persen menjadi 30.425 unit. Di bulan Maret sendiri, grup mobil asal Jerman ini mampu mencapai 103.200 unit dan hasil ini merupakan yang pertama kali melampaui penjualan di atas 100 ribu unit.

"Kami mengharapkan pertumbuhan penjualan ini tetap terus stabil pada bulan-bulan berikutnya. Hal ini agar pencapaian target sebanyak 1 juta unit mampu tercapai di tahun ini," tutur Winfried Vahland selaku Kepala Bisnis VW di Cina.

Sementara di Indonesia, perolehan penjualan PT. Car & Cars Indonesia (CCI) selaku ATPM VW memang belum dapat menyamai di Negeri Tirai Bambu tersebut. Terbukti pada triwulan pertama 2008, hanya bisa membukukan angka penjualan sebanyak 11 unit. Dan dari jumlah tersebut lebih banyak didominasi oleh varian Golf GTI.

"Cukup diakui penjualan VW di negara Cina memang selalu pada posisi teratas dan jumlah itu dapat dikatakan normal bagi brand kami di sana. Untuk itu kami harapkan dukungan agar penjualan VW di Indonesia akan menjadi sebesar di Cina, yang disertai dengan berbagai strategi yang dilakukan," ungkap Hary Novianto, Marketing Manager CCI.

"Sejatinya kami mengalami kendala pada jalur pendistribusian dari Jerman ke tanah air. Hal inilah yang menghambat diterima pesanan mobil VW hingga ke konsumen. Namun seperti yang pernah kami kemukakan pada setiap pelanggan, karena VW merupakan kendaraan CBU jadi masa inden-nya sekitar 2 - 3 bulan," tuturnya.

Hary menambahkan bahwa sampai sekarang ini Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang berhasil terkumpul sekitar 30 unit dan keseluruhan SPK tersebut akan sampai ke garasi konsumen sekitar bulan Mei 2008. Terkait target penjualan VW tahun ini adalah sebanyak 190 unit.

Mitsubishi Capai Target di Triwulan Pertama

PT. Krama Yudha Tiga Berlian (KTB), ATPM Mitsubishi di Indonesia tahun lalu menutup angka penjualan terbanyak dan meraih peringkat dua di pasar otomotif nasional. Mengawali tahun ini, KTB kembali membukukan peningkatan penjualan sebesar 15,6 persen di triwulan pertama dengan angka penjualan sebesar 7.276 unit. Angka tersebut melebihi target yang dicanangkan KTB sebesar 7.000 unit dengan pertumbuhan 15 persen setiap bulannya.

Pertumbuhan angka penjualan Mitsubishi tahun ini masih didominasi oleh produk Light Commercial Vehicle (LCV) dan Commercial Vehicle (CV), KTB tahun ini merasa yakin mampu mencapai target yang telah dicanangkan melalui peningkatan penjualannya pada produk L300, Strada serta Colt Diesel. Khusus untuk produk LCV hampir seluruh varian di kelas ini meraih pangsa pasar di atas 50 persen, sementara kelas CV memiliki peningkatan sebesar 58,6 persen dari tahun lalu.

Melalui perolehan penjualan yang cukup baik di bulan Maret, maka pada triwulan pertama tahun 2008, Mitsubishi kembali meraih posisi nomor dua dengan total penjualan sebesar 19.878 unit dan market share sebesar 14,7 persen untuk pasar otomotif nasional.

Pada tahun ini KTB baru akan memperkenalkan produk-produk terbarunya pada IIMS 2008 pertengahan tahun nanti. Sedangkan untuk langkah awal revitalisasi kendaraan penumpang, KTB telah meluncurkan Grandis facelift yang diperkenalkan pada awal April lalu.