23 April 2008

Akankah Penjualan Volkswagen di Indonesia Dapat Menyamai Cina?

Sepanjang periode Januari - Maret 2008, penjualan Volkswagen group di Cina berhasil membukukan angka sebanyak 268.200 unit dengan perolehan pangsa pasar sebesar 32,5 persen. Jumlah ini dihasilkan dari penjualan di wilayah daratan Cina, Hongkong dan Macao.

Untuk brand VW selama kuartal pertama memperoleh 221.420 unit, sedangkan untuk Audi berhasil meningkatkan penjualan sebesar 25,5 persen menjadi 30.425 unit. Di bulan Maret sendiri, grup mobil asal Jerman ini mampu mencapai 103.200 unit dan hasil ini merupakan yang pertama kali melampaui penjualan di atas 100 ribu unit.

"Kami mengharapkan pertumbuhan penjualan ini tetap terus stabil pada bulan-bulan berikutnya. Hal ini agar pencapaian target sebanyak 1 juta unit mampu tercapai di tahun ini," tutur Winfried Vahland selaku Kepala Bisnis VW di Cina.

Sementara di Indonesia, perolehan penjualan PT. Car & Cars Indonesia (CCI) selaku ATPM VW memang belum dapat menyamai di Negeri Tirai Bambu tersebut. Terbukti pada triwulan pertama 2008, hanya bisa membukukan angka penjualan sebanyak 11 unit. Dan dari jumlah tersebut lebih banyak didominasi oleh varian Golf GTI.

"Cukup diakui penjualan VW di negara Cina memang selalu pada posisi teratas dan jumlah itu dapat dikatakan normal bagi brand kami di sana. Untuk itu kami harapkan dukungan agar penjualan VW di Indonesia akan menjadi sebesar di Cina, yang disertai dengan berbagai strategi yang dilakukan," ungkap Hary Novianto, Marketing Manager CCI.

"Sejatinya kami mengalami kendala pada jalur pendistribusian dari Jerman ke tanah air. Hal inilah yang menghambat diterima pesanan mobil VW hingga ke konsumen. Namun seperti yang pernah kami kemukakan pada setiap pelanggan, karena VW merupakan kendaraan CBU jadi masa inden-nya sekitar 2 - 3 bulan," tuturnya.

Hary menambahkan bahwa sampai sekarang ini Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang berhasil terkumpul sekitar 30 unit dan keseluruhan SPK tersebut akan sampai ke garasi konsumen sekitar bulan Mei 2008. Terkait target penjualan VW tahun ini adalah sebanyak 190 unit.

No comments: