10 June 2008

Nissan Livina X-Gear MT, Expression Has No Limit

Setelah perhelatan Beijing Motor Show 2008 menjadi ajang debut pertamanya, giliran Indonesia melalui PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) akan segera memperkenalkan varian terbaru di keluarga Livina pada masyarakat dengan label X-Gear. Menurut Teddy Irawan Deputi Sales & Marketing NMI, kehadiran X-Gear untuk melengkapi jajaran produknya setelah Grand Livina serta XR, dan yang terpenting adalah memberikan pilihan yang lebih luas pada konsumen Indonesia.

Sebagai rangkaian kegiatan hadirnya Livina X-Gear di pasar nasional, pada Selasa dan Rabu (22 – 23/4), NMI menyelenggarakan acara “Test Drive Journalist Livina X-Gear” di Tanjung Lesung, Jawa Barat. Even yang diikuti tak kurang dari 20 wartawan berbagai media otomotif di Jakarta ini berlangsung seru. Karena pihak NMI sengaja meramu sesi berkendara dari kantor Nissan di MT. Haryono, serta aura berpetualang dan kesegaran pantai ala Tanjung Lesung. Pada kesempatan ini BeritaATPM.com mendapat ‘jatah’ X-Gear transmisi manual 5-percepatan bersama dua wartawati dari media Cosmopolitan dan Parenting Indonesia.

Sebelum perjalanan dimulai, kami mencoba menelusuri sosok eksteriornya. Sepintas tampilan X-Gear tidak berbeda dari Livina XR, hanya beberapa detail coba disusupi agar tubuhnya terlihat lebih macho dan sporti. Seperti lekukan halus pada bemper depan dan torehan warna hitam di sekujur bodi bagian bawah dan bagian handel pintu belakang, serta dilengkapinya skid plate berkelir perak. Ciri khas dari facelift ini makin terlihat pada high-mount stop lamp bertuliskan X-Gear.

Menilik bagian kabin, kami merasakan ruang terasa lebih lapang. Ternyata setelah dilihat pada data spesifikasinya, panjangnya melar 100 mm, lebar 40 mm dan tinggi 15 mm. Jadi asumsi kabin makin lega dan nyaman untuk kapasitas 5 orang dewasa plus barang bawaan pun terbukti. Begitu pun dengan desain warna pada jok, setelah XR didominasi dengan warna cerah kini aksen gelap corak merah coba diterapkan NMI. Begitu pun dari sisi keamanan, X-Gear telah dilengkapi SRS airbag khusus driver.

Setelah puas mengamati sosoknya, mulailah perjalanan panjang menelusuri jalan menuju Tanjung Lesung segera dilaksanakan. Setelah posisi drive telah didapat mesin langsung dihidupkan. Desiran mesin HR15DE seperti pada XR cukup halus terdengar hingga ke kabin. Setelah tuas perseneling masuk pada posisi 1, X-Gear segera kami arahkan ke ruas jalan bebas hambatan menuju Anyer. Sebagai catatan karena penghuni X-Gear bernomor 5 didominasi wanita, praktis sepanjang perjalanan hingga kembali di Jakarta, posisi mengemudi tetap berada di tangan BeritaATPM.com.

Selama perjalanan, performa dari mesin berkapasitas 1.498 cc terbukti cukup responsif, dengan traksi perpindahan gear yang cukup halus. Pada sesi ini, kami coba telusuri sisi kehandalannya dalam bermanuver. Di rentang kecepatan 120 – 140 km/jam, suara-suara yang berasal dari mesin dan ban mulai menyusup ke kabin. Namun hal ini dapat ditepis dengan alunan musik dari audio sistem yang cukup menghibur di sepanjang perjalanan.

Bahkan sesekali pedal gas kami hentak habis sambil bermanuver melewati mobil di depan, hingga jarum spedometer sempat menyentuh angka 170 km/jam. Sejatinya masih ada sedikit tenaga yang harusnya dapat dimaksimalkan, mengingat kondisi jalan yang mulai tidak bersahabat dan gejala body roll mulai muncul kami urung melakukannya. Tentunya sisi keselamatan menjadi hal yang utama. Acungan jempol juga layak dilayangkan buat grip ban yang melekat mantap pada aspal.

Setelah puas ‘bermain’ di tol, mobil segera kami bawa menyusuri ruas jalan Cilegon untuk makan siang di Hotel Marbella, Anyer. Di jalur ini kami harus lebih bersahabat dengan aneka ragam jalanan rusak juga truk-truk berkapasitas besar serta motor-motor yang banyak berlalu-lalang. Namun dengan diaplikasikannya suspensi berkarakter medium, hal tersebut dapat kami lalui.

Setelah makan siang, perjalanan kembali dilanjutkan menuju lokasi akhir yaitu Tanjung Lesung. Untuk kesekian kalinya kami harus bertemu kembali dengan medan yang sama. Tapi hal ini mampu dijawab X-Gear dengan kelincahannya bermanuver melewati setiap kendaraan dan menghindari jalan berlobang dengan kontrol stir yang tergolong cukup ringan.

Lelah terus berada di dalam kendaraan, akhirnya tibalah kami di lokasi terakhir yaitu The Bay Villas Resort, Tanjung Lesung untuk menginap satu malam dan sesi pemotretan bagi para fotografer. Siang harinya seluruh wartawan dihibur dengan petualangan pantai berupa permainan jetski dan banana boat. Tak terasa kebersamaan kami dengan Livina X-Gear pun berakhir dan kami pun beranjak kembali ke Jakarta untuk menginformasikan hal itu semua kepada konsumen Indonesia.

Kesimpulan akhir yang didapat, dengan target pasar yang dituju yaitu anak muda, pasangan muda dan kaum eksekutif, Livina X-Gear sangatlah cocok. Apalagi dengan bocoran banderol yang disampaikan NMI di rentang harga Grand Livina dan XR, cukup membuktikan bahwa pasar di kisaran harga 100 – 150 juta diprediksi semakin gemuk. Namun semua itu berbalik lagi pada konsumen itu sendiri, karena pasarlah yang menentukan. Sebagai informasi, peluncuran Livina X-Gear di pasar nasional akan serentak dilaksanakan mulai 7 Mei mendatang di Mal Taman Anggrek, Kelapa Gading 3, PIM 2 dan Mega Mall Pluit.


Nissan Livina X-Gear MT

Deskripsi MPV 5-seater
Dimensi4.275 x 1.730 x 1.615 mm
Wheelbase2600 mm
Ground Clearance185 mm
Radius putar5,3 meter
Transmisi Manual 5-kecepatan
Mesin 1.5 Liter 4-silinder segaris 16 katup DOHC dan CVTC
Tenaga Maksimum 109 hp @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum 149 Nm @ 4.400 rpm
Suspensi (depan-belakang)McPherson strut - Torsion beam
Rem (depan-belakang) Vent. Disc - Drum
Ukuran ban185/65 R15
Kapasitas Tangki Bensin52,4 liter
Konsumsi BBM 15,5 km/liter (klaim PT. Nissan Motor Indonesia)

Suzuki SX4 Cross Over, Versi CKD Setangguh CBU

Sejak diluncurkan medio April tahun lalu, kehadiran Suzuki SX4 di pasar nasional mendapat respon sangat baik. Terbukti hingga kini, PT Indomobil Niaga International (IMNI) cukup kewalahan memenuhi permintaan konsumen terhadap produk CBU dari Jepang ini. Menurut Soebronto Laras, President Direktur IMNI, “Meledaknya permintaan SX4 di Indonesia merupakan fenomena global terhadap kesuksesan penjualan kendaraan ini di seluruh dunia. Oleh karenanya untuk memenuhi permintaan pasar yang begitu banyak, saat ini SX4 kami hadirkan dalam bentuk CKD (Completely Knock Down).”

Dalam rangkaian peluncuran SX4 versi CKD di Indonesia, PT. IMNI mengundang beberapa rekan wartawan selama tiga hari penuh (22 - 24/4) untuk menguji ketangguhan kendaraan crossover ini di Manado, Sulawesi Utara. Sebelum matahari terbit rekan-rekan media yang cukup antusias memenuhi undangan test drive berkumpul di Bandara Soekarno Hatta. Sedikit perbincangan terlontar dari salah satu rekan media. Kabarnya dalam test drive kali ini IMNI juga akan meluncurkan varian baru dari SX4.

Setelah melakukan perjalanan udara sekitar lima jam, sampailah rombongan di Bandara Sam Ratulangi, Manado. Rasa penasaran terhadap varian terbaru SX4 langsung pupus setelah melihat dua unit SX4 Cross Road, di tengah barisan SX4 Cross Over. Menilik tampilan Cross Road, memang tidak banyak perubahan seperti varian Cross Over. Hanya saja pada varian baru ini diameter roda lebih kecil menggunakan ukuran ban 195/65 R 15 tanpa dilengkapi kantung udara.

Mengawali perjalanan pertama, BeritaATPM.com mendapat jatah varian Cross Over transmisi otomatik empat percepatan. Setelah posisi drive didapat, mesin langsung dihidupkan. Desiran mesin M15A, DOHC VVT terasa senyap, sehingga perjalanan awal kami menuju rumah makan Mapanget Indah terasa nyaman.

Setelah puas menikmati menu laut khas Manado, rombongan kembali melakukan perjalanan menuju wilayah Tomohon dengan karakter medan jalan berbukit di tengah hujan yang mengguyur kota ini. Selama perjalanan mesin SX4 yang seharusnya mampu meletupkan tenaga sebesar 98 hp di 6000 rpm kami perlakukan halus mengingat jalur yang kami lalui cukup licin akibat guyuran hujan. Selama perjalanan kami memanjakan diri dengan alunan musik yang dihantarkan melalui perangkat audio CD tuner (AM/FM/MP3/WMA) dengan empat speaker dan tweeter.

Setelah melepas lelah di kaki gunung Lokon, keesokan harinya rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju kota Manado yang masih diguyur hujan. Walhasil rombongan harus pasrah dengan kondisi cuaca hujan yang terus mengguyur kota Manado. Namun di hari kedua rasa kecewa sedikit terobati saat rombongan menyusuri jalan yang cukup ekstrim menuju danau Tondano.

Di tengah medan menanjak, performa mesin SX4 sangat baik, terlebih transmisi matik yang kami gunakan cukup responsif baik saat gear pada posisi D maupun saat perpindahan melalui transmisi semi manualnya. Di setiap tikungan yang cukup tajam pengemudi tidak harus banyak melakukan gerakan tangan pada lingkar kemudi, karena SX4 memiliki radius putar 5,2 m yang ditunjang manuver handling yang sangat baik.

Nampaknya ketangguhan SX4 juga terbukti saat rombongan melintas jalan berlubang. Suspensi McPherson Strut dan Torsion beam mampu memberikan redaman yang cukup baik. Terbukti salah satu rekan wartawan yang sedang tertidur sempat tidak merasakan guncangan yang berarti.

Setelah dua hari menjelajah kota Manado dengan SX4, di malam terakhir secara rersmi kami menghadiri acara peluncuran varian terbaru SX4 Cross Road, bersama jajaran direksi PT. IMNI dan seluruh main delaer Suzuki di Indonesia.

Berita menyimpulkan bahwa SX4 versi CKD memiliki karakteristik yang sama dengan versi CBU-nya. Kendati SX4 menargetkan pasar anak muda yang stylish dan eksekutif muda yang dinamis, crossover ini memang memiliki banyak kelebihan dari beberapa kendaraan jenis hatchback lainnya. Namun semuanya kembali lagi kepada anda para konsumen.


Suzuki SX4 Cross Over AT

Deskripsi Crossover MPV & SUV
Dimensi4.135 x 1.755 x 1.605 mm
Radius Putar5,2 m
Ground Clearance175 mm
Kapasitas1.490 cc
Mesin M15A DOHC 16 valve VVT
TransmisiOtomatis 4-speed shift gate
Tenaga Maksimum 100 ps @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum 133 Nm @ 4.000 rpm
Suspensi (depan-belakang)Independent MacPherson Strut - Torsion Beam
RemCakram (depan) & Tromol (belakang) berventilasi dengan ABS, EBD
Kapasitas Tangki Bensin50 liter
Velg & BanAlloy 205/60 R16

BMW Indonesia Gelar BMW Night Park 2008

Selama 6 (enam) hari (22 – 28/5) di Parkir timur Senayan, PT BMW Indonesia beserta jaringan dealernya di Jakarta menyelenggarakan BMW Night Park 2008. Event ini diadakan untuk memacu semangat kenikmatan berkendara bagi para pecinta BMW merasakan keunggulan dari performa, desain, kenyamanan, keselamatan dan inovasi teknologi dari semua model BMW.

Berbagai model BMW, mulai dari BMW 730Li, BMW X5 4.8i, BMW 523i, BMW 320i (varian Ultimate, Executive dan Sport) termasuk yang baru saja diluncurkan BMW Seri 6 Convertible dan BMW Seri 3 Coupe akan hadir di acara tersebut.

Dengan jam operasi dari jam 13.00 – 22.00 pada hari kerja dan jam 09.00 – 22.00 di akhir pekan, sesuai dengan gelaran event tersebut sebagian besar aktivitas BMW Night Park 2008 digelar di malam hari agar para pecinta dan pemilik BMW dapat lebih bersantai di dalam menikmati acara tersebut setelah sibuk beraktivitas seharian.

Lebih spesifik, para penggemar BMW diajak untuk lebih jauh memahami kemampuan teknologi BMW xDrive, BMW Scenic Drive untuk merasakan mobil-mobil BMW yang sporti dan dinamis dan BMW Night Drive untuk memahami inovasi teknologi terbaru untuk keselamatan berkendara di malam hari seperti Night Vision, Adaptive Headlight with Cornering Light dan Bi-xenon Light dari BMW.

Pada kesempatan ini, BMW Indonesia beserta jaringan dealernya menawarkan program Buy Back Guarantee (B-BG) bagi pelanggan. Program B-BG menjamin 85% nilai jual kembali setelah satu tahun pembelian atau mencapai 20,000 km, 70% nilai jual kembali setelah dua tahun pembelian atau mencapai 30,000 km dan 60% nilai jual kembali setelah tiga tahun pembelian atau mencapai 40,000 km tergantung dengan kondisi mobil. Program B-BG dijamin oleh PT Bestindo Car Utama, dealer resmi untuk BMW used cars, ditawarkan untuk setiap pembelian BMW 320i dan BMW 523i.

Sebagai tambahan, setiap pembelian BMW 320i selama program BMW Night Park 2008 akan mendapatkan BMW GPS and Sistem navigasi untuk mobil mereka.

Inspire Jakarta King of Yaris Show Off 2008

Perburuan King of Yaris Show Off (YSO) 2008 telah mencapai puncaknya. Adalah Inspire, Prince of Sporty dari Jakarta yang berhasil keluar sebagai pemenang setelah sebelumnya harus bersaing ketat dengan Prince of Luxurious sekota, Dragonito dan dua Prince of YSO Surabaya yakni Said Hanafiah (Prince of Luxurious) dan Roy Adhyanto (Prince of Sporty).

Dengan demikian, Inspire berhak memperoleh 1 buah unit Yaris sebagai hadiah utama. Simbolisasi penyerahan kunci dilakukan oleh Johnny Darmawan selaku Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM) didampingi artis Sandra Dewi yang malam itu (8/6) bertindak sebagai host.

Berikut adalah para pemenang tiga kategori lomba YSO 2008:

Modification Contest

King of YSO 2008: INSPIRE

Prince of Jakarta

1. Dragonito - The Prince of Luxurious
2. Inspire - The Prince of Sporty

Prince of Surabaya

1. Said Hanafiah - The Prince of Luxurious
2. Roy Adhyanto - The Prince of Sporty

Groovy Design Contest

Juara 1: Mikael Ifianto
Juara 2: Kuntomo Nur Prabowo
Juara 3: Harinaga

Groovy Inspire Contest

Juara 1: Muhammad Yakup D.P.S
Juara 2: Andhika Pradana
Juara 3: Wahyuardi Ramadhan