10 June 2008

Suzuki SX4 Cross Over, Versi CKD Setangguh CBU

Sejak diluncurkan medio April tahun lalu, kehadiran Suzuki SX4 di pasar nasional mendapat respon sangat baik. Terbukti hingga kini, PT Indomobil Niaga International (IMNI) cukup kewalahan memenuhi permintaan konsumen terhadap produk CBU dari Jepang ini. Menurut Soebronto Laras, President Direktur IMNI, “Meledaknya permintaan SX4 di Indonesia merupakan fenomena global terhadap kesuksesan penjualan kendaraan ini di seluruh dunia. Oleh karenanya untuk memenuhi permintaan pasar yang begitu banyak, saat ini SX4 kami hadirkan dalam bentuk CKD (Completely Knock Down).”

Dalam rangkaian peluncuran SX4 versi CKD di Indonesia, PT. IMNI mengundang beberapa rekan wartawan selama tiga hari penuh (22 - 24/4) untuk menguji ketangguhan kendaraan crossover ini di Manado, Sulawesi Utara. Sebelum matahari terbit rekan-rekan media yang cukup antusias memenuhi undangan test drive berkumpul di Bandara Soekarno Hatta. Sedikit perbincangan terlontar dari salah satu rekan media. Kabarnya dalam test drive kali ini IMNI juga akan meluncurkan varian baru dari SX4.

Setelah melakukan perjalanan udara sekitar lima jam, sampailah rombongan di Bandara Sam Ratulangi, Manado. Rasa penasaran terhadap varian terbaru SX4 langsung pupus setelah melihat dua unit SX4 Cross Road, di tengah barisan SX4 Cross Over. Menilik tampilan Cross Road, memang tidak banyak perubahan seperti varian Cross Over. Hanya saja pada varian baru ini diameter roda lebih kecil menggunakan ukuran ban 195/65 R 15 tanpa dilengkapi kantung udara.

Mengawali perjalanan pertama, BeritaATPM.com mendapat jatah varian Cross Over transmisi otomatik empat percepatan. Setelah posisi drive didapat, mesin langsung dihidupkan. Desiran mesin M15A, DOHC VVT terasa senyap, sehingga perjalanan awal kami menuju rumah makan Mapanget Indah terasa nyaman.

Setelah puas menikmati menu laut khas Manado, rombongan kembali melakukan perjalanan menuju wilayah Tomohon dengan karakter medan jalan berbukit di tengah hujan yang mengguyur kota ini. Selama perjalanan mesin SX4 yang seharusnya mampu meletupkan tenaga sebesar 98 hp di 6000 rpm kami perlakukan halus mengingat jalur yang kami lalui cukup licin akibat guyuran hujan. Selama perjalanan kami memanjakan diri dengan alunan musik yang dihantarkan melalui perangkat audio CD tuner (AM/FM/MP3/WMA) dengan empat speaker dan tweeter.

Setelah melepas lelah di kaki gunung Lokon, keesokan harinya rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju kota Manado yang masih diguyur hujan. Walhasil rombongan harus pasrah dengan kondisi cuaca hujan yang terus mengguyur kota Manado. Namun di hari kedua rasa kecewa sedikit terobati saat rombongan menyusuri jalan yang cukup ekstrim menuju danau Tondano.

Di tengah medan menanjak, performa mesin SX4 sangat baik, terlebih transmisi matik yang kami gunakan cukup responsif baik saat gear pada posisi D maupun saat perpindahan melalui transmisi semi manualnya. Di setiap tikungan yang cukup tajam pengemudi tidak harus banyak melakukan gerakan tangan pada lingkar kemudi, karena SX4 memiliki radius putar 5,2 m yang ditunjang manuver handling yang sangat baik.

Nampaknya ketangguhan SX4 juga terbukti saat rombongan melintas jalan berlubang. Suspensi McPherson Strut dan Torsion beam mampu memberikan redaman yang cukup baik. Terbukti salah satu rekan wartawan yang sedang tertidur sempat tidak merasakan guncangan yang berarti.

Setelah dua hari menjelajah kota Manado dengan SX4, di malam terakhir secara rersmi kami menghadiri acara peluncuran varian terbaru SX4 Cross Road, bersama jajaran direksi PT. IMNI dan seluruh main delaer Suzuki di Indonesia.

Berita menyimpulkan bahwa SX4 versi CKD memiliki karakteristik yang sama dengan versi CBU-nya. Kendati SX4 menargetkan pasar anak muda yang stylish dan eksekutif muda yang dinamis, crossover ini memang memiliki banyak kelebihan dari beberapa kendaraan jenis hatchback lainnya. Namun semuanya kembali lagi kepada anda para konsumen.


Suzuki SX4 Cross Over AT

Deskripsi Crossover MPV & SUV
Dimensi4.135 x 1.755 x 1.605 mm
Radius Putar5,2 m
Ground Clearance175 mm
Kapasitas1.490 cc
Mesin M15A DOHC 16 valve VVT
TransmisiOtomatis 4-speed shift gate
Tenaga Maksimum 100 ps @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum 133 Nm @ 4.000 rpm
Suspensi (depan-belakang)Independent MacPherson Strut - Torsion Beam
RemCakram (depan) & Tromol (belakang) berventilasi dengan ABS, EBD
Kapasitas Tangki Bensin50 liter
Velg & BanAlloy 205/60 R16

No comments: