10 June 2008

Nissan Livina X-Gear MT, Expression Has No Limit

Setelah perhelatan Beijing Motor Show 2008 menjadi ajang debut pertamanya, giliran Indonesia melalui PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) akan segera memperkenalkan varian terbaru di keluarga Livina pada masyarakat dengan label X-Gear. Menurut Teddy Irawan Deputi Sales & Marketing NMI, kehadiran X-Gear untuk melengkapi jajaran produknya setelah Grand Livina serta XR, dan yang terpenting adalah memberikan pilihan yang lebih luas pada konsumen Indonesia.

Sebagai rangkaian kegiatan hadirnya Livina X-Gear di pasar nasional, pada Selasa dan Rabu (22 – 23/4), NMI menyelenggarakan acara “Test Drive Journalist Livina X-Gear” di Tanjung Lesung, Jawa Barat. Even yang diikuti tak kurang dari 20 wartawan berbagai media otomotif di Jakarta ini berlangsung seru. Karena pihak NMI sengaja meramu sesi berkendara dari kantor Nissan di MT. Haryono, serta aura berpetualang dan kesegaran pantai ala Tanjung Lesung. Pada kesempatan ini BeritaATPM.com mendapat ‘jatah’ X-Gear transmisi manual 5-percepatan bersama dua wartawati dari media Cosmopolitan dan Parenting Indonesia.

Sebelum perjalanan dimulai, kami mencoba menelusuri sosok eksteriornya. Sepintas tampilan X-Gear tidak berbeda dari Livina XR, hanya beberapa detail coba disusupi agar tubuhnya terlihat lebih macho dan sporti. Seperti lekukan halus pada bemper depan dan torehan warna hitam di sekujur bodi bagian bawah dan bagian handel pintu belakang, serta dilengkapinya skid plate berkelir perak. Ciri khas dari facelift ini makin terlihat pada high-mount stop lamp bertuliskan X-Gear.

Menilik bagian kabin, kami merasakan ruang terasa lebih lapang. Ternyata setelah dilihat pada data spesifikasinya, panjangnya melar 100 mm, lebar 40 mm dan tinggi 15 mm. Jadi asumsi kabin makin lega dan nyaman untuk kapasitas 5 orang dewasa plus barang bawaan pun terbukti. Begitu pun dengan desain warna pada jok, setelah XR didominasi dengan warna cerah kini aksen gelap corak merah coba diterapkan NMI. Begitu pun dari sisi keamanan, X-Gear telah dilengkapi SRS airbag khusus driver.

Setelah puas mengamati sosoknya, mulailah perjalanan panjang menelusuri jalan menuju Tanjung Lesung segera dilaksanakan. Setelah posisi drive telah didapat mesin langsung dihidupkan. Desiran mesin HR15DE seperti pada XR cukup halus terdengar hingga ke kabin. Setelah tuas perseneling masuk pada posisi 1, X-Gear segera kami arahkan ke ruas jalan bebas hambatan menuju Anyer. Sebagai catatan karena penghuni X-Gear bernomor 5 didominasi wanita, praktis sepanjang perjalanan hingga kembali di Jakarta, posisi mengemudi tetap berada di tangan BeritaATPM.com.

Selama perjalanan, performa dari mesin berkapasitas 1.498 cc terbukti cukup responsif, dengan traksi perpindahan gear yang cukup halus. Pada sesi ini, kami coba telusuri sisi kehandalannya dalam bermanuver. Di rentang kecepatan 120 – 140 km/jam, suara-suara yang berasal dari mesin dan ban mulai menyusup ke kabin. Namun hal ini dapat ditepis dengan alunan musik dari audio sistem yang cukup menghibur di sepanjang perjalanan.

Bahkan sesekali pedal gas kami hentak habis sambil bermanuver melewati mobil di depan, hingga jarum spedometer sempat menyentuh angka 170 km/jam. Sejatinya masih ada sedikit tenaga yang harusnya dapat dimaksimalkan, mengingat kondisi jalan yang mulai tidak bersahabat dan gejala body roll mulai muncul kami urung melakukannya. Tentunya sisi keselamatan menjadi hal yang utama. Acungan jempol juga layak dilayangkan buat grip ban yang melekat mantap pada aspal.

Setelah puas ‘bermain’ di tol, mobil segera kami bawa menyusuri ruas jalan Cilegon untuk makan siang di Hotel Marbella, Anyer. Di jalur ini kami harus lebih bersahabat dengan aneka ragam jalanan rusak juga truk-truk berkapasitas besar serta motor-motor yang banyak berlalu-lalang. Namun dengan diaplikasikannya suspensi berkarakter medium, hal tersebut dapat kami lalui.

Setelah makan siang, perjalanan kembali dilanjutkan menuju lokasi akhir yaitu Tanjung Lesung. Untuk kesekian kalinya kami harus bertemu kembali dengan medan yang sama. Tapi hal ini mampu dijawab X-Gear dengan kelincahannya bermanuver melewati setiap kendaraan dan menghindari jalan berlobang dengan kontrol stir yang tergolong cukup ringan.

Lelah terus berada di dalam kendaraan, akhirnya tibalah kami di lokasi terakhir yaitu The Bay Villas Resort, Tanjung Lesung untuk menginap satu malam dan sesi pemotretan bagi para fotografer. Siang harinya seluruh wartawan dihibur dengan petualangan pantai berupa permainan jetski dan banana boat. Tak terasa kebersamaan kami dengan Livina X-Gear pun berakhir dan kami pun beranjak kembali ke Jakarta untuk menginformasikan hal itu semua kepada konsumen Indonesia.

Kesimpulan akhir yang didapat, dengan target pasar yang dituju yaitu anak muda, pasangan muda dan kaum eksekutif, Livina X-Gear sangatlah cocok. Apalagi dengan bocoran banderol yang disampaikan NMI di rentang harga Grand Livina dan XR, cukup membuktikan bahwa pasar di kisaran harga 100 – 150 juta diprediksi semakin gemuk. Namun semua itu berbalik lagi pada konsumen itu sendiri, karena pasarlah yang menentukan. Sebagai informasi, peluncuran Livina X-Gear di pasar nasional akan serentak dilaksanakan mulai 7 Mei mendatang di Mal Taman Anggrek, Kelapa Gading 3, PIM 2 dan Mega Mall Pluit.


Nissan Livina X-Gear MT

Deskripsi MPV 5-seater
Dimensi4.275 x 1.730 x 1.615 mm
Wheelbase2600 mm
Ground Clearance185 mm
Radius putar5,3 meter
Transmisi Manual 5-kecepatan
Mesin 1.5 Liter 4-silinder segaris 16 katup DOHC dan CVTC
Tenaga Maksimum 109 hp @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum 149 Nm @ 4.400 rpm
Suspensi (depan-belakang)McPherson strut - Torsion beam
Rem (depan-belakang) Vent. Disc - Drum
Ukuran ban185/65 R15
Kapasitas Tangki Bensin52,4 liter
Konsumsi BBM 15,5 km/liter (klaim PT. Nissan Motor Indonesia)

No comments: