18 May 2009

VW Indonesia Luncurkan Touran Minggu Depan

PT Garuda Mataram Motor (GMM), ATPM Audi dan VW di Indonesia, mempercepat keputusan meluncurkan Touran di Indonesia. Sebelumnya, pada acara media workshop tentang mesin TSI yang digunakan Touran di Indonesia, pada 14 April lalu, Andrew Nasuri, CEO GMM mengatakan akan meluncurkannya menjelang atau saat Indonesia International Motor Show Juli mendatang. Kenyataannya, hari ini perusahaan itu telah mengirimkan undangan peluncuran Touran yang akan dilakukan pada 28 Mei Minggu depan.

Menurut Andrew Nasuri yang dihubungi langsung KOMPAS.com, Touran yang akan diluncurkan sudah dirakit di Indonesia. Mesin yang digunakan, sama seperti yang telah mereka jelaskan sebelumnya, yaitu TSI 1,4 liter yang dilengkapi dengan kombinasi supercharger dan turbocharger untuk menyedot udara yang akan dipasok ke dalam silinder.

Hasilnya adalah, mesin 1,4 liter yang digunakan Touran mampu menghasilkan tenaga 170 PS @6.000 rpm plus torsi 240 Nm @1.750 – 4.500 rpm. Mesin bensin ini menggunakan sistem injeksi langsung dan diklaim konsumsi bahan bakarnya 13,8 km/liter. Ketika itu juga dijelaskan, Touran dengan mesin TSI, injeksi langsung ini telah dites sampai 50.000 km di Indonesia dengan menggunakan bensin oktan 92 yang tersedia di pasar Indonesia

Kinerja mesin yang hebat namun tetap irit, merupakan daya tarik sendiri dari Touran ini. Begitu juga dengan fungsinya sebagai MPV, kendaraan keluarga dengan tiga deret tempat duduk atau 7 penumpang.

Sebelumnya dijelaskan, dengan mesin 1,4 liter, VW dapat menawarkan harga yang lebih kompetitif dibandingkan kalau menggunakan mesin di atas 1,5 liter. Meski begitu, ketika ditanyakan berapa harga pasti Touran yang akan dipasarkan ini, Andrew berkilah,”Sedangkan kita perhitungkan. Tunggul minggu depan yang kita umumkan,” jelasnya.

Bagi konsumen Indonesia yang akan membeli MPV 7 penumpang, berarti ada alternatif baru yang sangat menarik. Paling tidak, sebagai pembanding bila berniat atau ancar-ancar MPV asal Jepang, yang juga segera dipasarkan yaitu Honda Freed.

Audi R8 buat Pengebut Sejati

Audi R8 adalah sedan sport coupe terkencang yang dipunyai salah satu pabrikan mobil di Jerman itu. Dengan desain sasis monokok dan bodi yang membongkok, plus aerodinamika yang tinggi, jelas sekali kalau pabrikan berlokasi di Neckarsulm ini mengisyaratkan sebagai mobil yang kencang.

Apalagi ruang mesin dijejali mesin V8 berkapasitas 4.200 cc. Dengan tenaga 414 dk, bisa dibayangkan bagaimana Audi ini melesat. Buat penyuka kecepatan, melakukan manuver dengan tenaga segitu sudah lebih dari cukup.

Namun, MTM (Motoren Technik Mayer) masih merasa kurang. Rumah modifikasi dari Bavaria ini lantas meningkatkan tenaga dan aerodinamika, plus meringankan bagian tertentu dari mobil.

Langkah yang disentuh, supercharger V8 FSI bawaan mobil diganti punya MTM. Setelah itu, untuk terusan tenaga mesin, MTM mengganti knalpot standar dengan yang berbahan keramik. Selain menghasilkan suara yang khas, output-nya pun melonjak menjadi 560 dk/580kW.

Lonjakan tenaga mesin yang signifikan tentu harus didukung daya cengkeram yang baik. Untuk itu, aerodinamikanya ditingkatkan dengan mengubah bumper depan yang memiliki air diffuser. Dengan begitu, traksi ban lebih mencengkeram ke aspal. Pada buritan dikasih duck tail yang mampu bekerja secara otomatis dalam kecepatan tertentu.

Kemudian, velg standar diganti yang ultra light, MTM Bimota ukuran 20 x (9+11) inci. Velg ini menggunakan teknologi tempa sehingga sangat kuat. "This car for maniac", begitu MTM menyebutnya.