17 April 2008

Mercedes-Benz Driving Experience 2008, Rasakan Keamanan Di Balik Kemudi Mercedes-Benz

Sistem keamanan pada sebuah kendaraan memang sangat penting. Di luar sistem yang diciptakan manusia tersebut, "Man behind the gun" jauh lebih penting. Cara mengemudi yang baik dan tahu bagaimana mengatasi kendaraan dalam keadaan darurat, dibutuhkan pemahaman terhadap mobil dan sistem keselamatan yang terdapat di dalamnya.

Minggu (13/4) lalu bertempat di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, PT. Mercedes-Benz Indonesia (MBI) mengadakan sebuah acara bertajuk "Mercedes-Benz Driving Experience 2008". Program ini digelar mulai dari tanggal 10 hingga 17 April mendatang. PT. MBI mengundang kurang lebih 300 peserta dari beberapa kalangan antara lain pelanggan, rekan-rekan dan juga pecinta Mercedes-Benz.

Rudi Borgenheimer selaku Presiden Direktur PT. MBI menjelaskan, "Tujuan utama diadakannya even ini adalah, untuk memberikan pemahaman dan pembelajaran yang lebih kepada pelanggan mengenai fitur-fitur keselamatan yang ada di dalam produk kami. Sekaligus membantu pengendara untuk mengetahui apa yang harus dilakukan ketika pengendara sedang menghadapi situasi yang kritis saat berkendara menggunakan berbagai macam kendaraan Mercedes-Benz."

Pada kesempatan itu, beberapa rekan wartawan dari media cetak maupun elektronik termasuk BeritaATPM.com diberikan kesempatan untuk mengikuti berbagai macam pelatihan khusus yang didampingi oleh tim instruktur berpengalaman seperti slalom, curve skid pad, lane change, track lane dan off-road dengan 24 unit kendaraan Mercedes-Benz.

Program ini sangat cocok bagi Anda yang berencana untuk membeli produk keluaran Mercedes-Benz. Jadi sebelum membelinya anda dapat merasakan kenyamanan dan keamanan di balik kemudi Mercedes-Benz. So, tunggu apa lagi?

Audi Q7 3.0 TDI Diesel, Sophisticated SUV

Isu mobil ramah lingkungan dan efisiensi bahan bakar merupakan topik yang sedang hangat dibicarakan. Kedua hal ini, membuat Audi yakin untuk memperkenalkan mobil diesel di pasar Indonesia. Rabu (19/3) lalu, PT. Garuda Mataram Motor selaku ATPM Audi di Indonesia kembali meluncurkan varian SUV premiumnya bernama Audi Q7, namun kali ini menggunakan mesin diesel.

Dalam sambutannya, Gunadi Sindhuwinata, President Director PT. Indomobil Sukses International Tbk. Mengatakan, "Kami melihat perkembangan ekonomi semakin baik, khususnya pasar otomotif nasional. Kami berharap Audi Q7 sebagai SUV level tertinggi, akan mendapatkan tempat yang baik di pasar otomotif nasional."

Jika dilihat secara kasat mata, desain eksterior maupun interior Audi Q7 diesel memang tidak jauh berbeda dengan versi bensinnya. Sedikit yang membedakan hanya pada velg, sound system dan fitur. Pada Audi Q7 diesel menggunakan velg berukuran 19 inci, Audi Sound System, tanpa menggunakan TV dan telepon dengan teknologi Bluetooth. Sedangkan pada Audi Q7 bermesin bensin menggunakan velg berukuran 20 inci, Bose Sound System, TV dan Audi Telephone.

Pada bagian atap, Q7 diesel dilengkapi dengan open sky system yang merupakan gabungan antara sunroof dan panoramic. Sementara, four-zone climate control memberikan kesejukan keseluruh penumpang baik di baris kedua maupun ketiga. Lainnya, terinstal Adaptive air suspension, yang memiliki 5 mode berbeda yang dapat dipilih melalui Multi Media Interface (MMI) dan selanjutnya secara otomatis akan mengatur karakteristik ataupun ketinggiannya. 5 mode tersebut antara lain Comfort, Automatic, Dynamic, "Off-road" mode dan "Lift" mode.

Berbicara mengenai dapur pacu, kali ini Audi Q7 dibekali dengan mesin 3.0 liter V6 TDI (Tubrocharged Direct Injection), plus Common Rail Fuel Injection sistem generasi ketiga dengan Piezo Injector. Yang menarik disini adalah Piezo Injector yang bertugas sebagai pengganti injektor dengan solenoid valve. Piezo valve mampu melakukan multiple injection untuk sekali pembakaran. Kuntungannya, mesin menjadi lebih responsif namun tetap mengutamakan efisiensi bahan bakar.

Kendaraan yang didatangkan langsung dari Jerman ini memiliki tenaga maksimum sebesar 233 hp pada 4.000 rpm, dan torsi 500 Nm sudah dapat dicapai pada saat putaran mesin 1.750 rpm sampai 2.750 rpm. Penggunaan material vermicular graphite cast iron, membuat bobot mesin Q7 dapat berkurang hingga 15 %, sehingga bobot untuk mesin 3.0 TDI hanya 226 kg. Berkat pengaplikasian Diesel Catalysed Soot Filter, Q7 3.0 TDI sudah memenuhi standar emisi Euro IV. Mesin V6 diesel teringan saat ini dipadukan dengan transmisi tiptronik 6-percepatan, yang memberikan pilihan fully automatic drive style atau manual drive style melalui steering wheel pedal shift.

Audi Q7 3.0 TDI juga ditunjang oleh fitur-fitur keselamatan yang terbilang lengkap yaitu 2 airbags di depan dengan dual stage activation, 2 side airbags pada bagian kursi baris pertama, 2 side airbags pada bagian kursi kedua, 2 side airbags pada bagian kursi ketiga dan 2 curtain airbags yang memanjang dari depan hingga kebelakang. Tak ketinggalan, teraplikasi pula ABS (Anti-lock Brake System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), ASR (Anti-Slip Regulation), EDL (Electronic Differential Lock), EBA (Engine Brake Assist), HBA (Hydraulic Brake Assist) dan Hill Decent Assist, Trailer Stabilisation Control plus RSP (Roll Stability Program).

Mengenai bahan bakar, pihak Audi menyarankan agar Audi Q7 3.0 TDI menggunakan bahan bakar solar yang memiliki Cetane Number 51 yang terdapat pada Pertadex, Shell Diesel dan Petronas Diesel. Selain itu, dalam keadaan darurat mobil ini juga bisa minum solar biasa yang dijual oleh Pertamina, namun Anda harus menambahkan zat additive seperti octane booster.

Audi Q7 3.0 TDI masuk ke pasar indonesia dengan harga Rp. 1.525 miliar (On the Road Jakarta), lebih murah sekitar Rp. 400 jutaan dibandingkan dengan versi bensinnya. Secara keseluruhan terdapat 8 warna eksterior yang ditawarkan, namun saat ini yang baru masuk ke Indonesia baru ada 6 warna yaitu putih, biru, emas, hijau metallic, hitam dan silver. Pihaknya menargetkan penjualan Q7 3.0 TDI per tahun sebanyak 24 unit. Mampukah Q7 bersaing dengan kompetitornya? Kita lihat saja score penjualan di akhir tahun ini.


Audi Q7 3.0 TDI Diesel


HargaRp 1.525 milyar
Dimensi (PxLxT)5.086mm x 1.983mm x 1.737mm


Mesin3.0 TDI Quattro
Kapasitas2.967cc
Tenaga Maksimum233hp @ 4.000 rpm
Torsi Maksimum500Nm @ 1.750 rpm - 2.750 rpm
0 – 100 km/jam9,1 detik
Kecepatan maksimum210 km/jam
Ukuran Ban265/50 R19

Jaguar XF, Kendaraan Terbaik Versi Majalah What Car?

Bagi sebuah perusahaan, penghargaan memang menjadi motivasi tersendiri untuk mereka bekerja lebih kreatif dan inovatif. Salah satu produk Jaguar bernama Jaguar XF belum lama ini meraih sebuah penghargaan "Car of the Year" dari sebuah ajang "2008 What Car? Awards" di London. Dalam kategori ini, BMW seri 5 dan Mercedes-Benz CLS harus mengakui keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh Jaguar XF.

Steve Fowler, editor majalah What Car? di London mengatakan, "Bagi kami, XF merupakan produk terbaik yang dimiliki Jaguar dibandingkan dengan produk-produk sebelumnya. Dan semakin menyemarakkan persaingan di kelas sedan kelas atas. Sangat adil jika dikatakan bahwa XF merupakan kendaraan yang terbaik yang pernah dibuat oleh Jaguar."

"XF memang memiliki segalanya. Eksterior yang sensasional dan mengombinasikan interior dengan kesenangan sekaligus memanjakan pengendaranya dalam ukuran yang sama. Di atas itu semua, kendaraan ini mampu menarik perhatian agar kita membeli dan memilikinya," ujarnya lagi.

Mike O'Driscoll, Managing Director Jaguar menambahkan, "Kami sebagai pihak Jaguar merasa sangat senang dapat meraih tempat teratas dari penghargaan ini. Apalagi jika melihat majalah "What Car?" sudah menjadi ikon bagi pelanggan di Inggris."

Beliau menambahkan, "Melalui XF, Jaguar ingin melahirkan sebuah generasi terbaru yang sempat dimulai oleh Jaguar XK. Jaguar XF sebuah kendaraan empat pintu yang mampu mengakomodasi lima orang penumpang. Dibalik itu semua, mobil ini memiliki jantung dari sebuah kendaraan sport. Layaknya XK, XF juga memberikan visualisasi pengendaraan yang menggemparkan."

Selain penghargaan di atas, XF juga pernah meraih beberapa penghargaan seperti "Car of the Year" dari harian The Sun, "Limo of the Year" dari majalah Top Gear, "Interior of the Year" dari majalah CAR dan "Design Award" dari majalah Autocar.

Mobil seharga �33,900 (sekitar Rp. 624 juta) ini, dibekali dengan mesin diesel berkapasitas 2.7-liter. Perangkat standar XF dilengkapi dengan berbagai spesifikasi yang inovatif, termasuk all-new JaguarDrive Selector, JaguarSense, proximity-sensing control untuk bagian lampu konsol dan glovebox release. Sebagai perangkat opsional, Jaguar menyediakan sistem speaker keluaran Bowers & Wilkins berdaya 400 Watt yang mampu memberikan performa yang bertenaga.

Toyota All New Corolla Altis V A/T, Munculnya Era Kebangkitan Corolla

Sudah sewajarnya, liburan panjang akhir pekan lalu dimanfaatkan untuk berlibur ke tempat-tempat hiburan di Jakarta. Tapi justru pada kesempatan itu tim kami mengisinya dengan menguji lineup terbaru Toyota, New Corolla Altis 1.8L V A/T berkelir Beige Metallic yang dibanderol dengan harga Rp. 309,5 juta on the road Jakarta.

Saat kunci kontak kami terima dari PT. Toyota Astra Motor (TAM), pertama yang kami lakukan adalah memupus bayang-bayang Camry dari generasi Corolla ke-10 ini. Pasalnya agar dalam pengujian nanti kami tidak mensejajarkannya dengan sedan yang memiliki tingkat lebih tinggi dari Altis. Lalu apakah benar kehadiran New Altis dengan berbagai fitur-fitur terkini menjadikannya satu level dengan sedan premium?

Sepintas aura kemewahan plus keunggulan detail-detail yang revolusioner, langsung terasa saat melihat sisi eksteriornya. Dan memang, aura New Camry beberapa kali muncul kala mencermatinya. Mengakomodir filosofi global design Vibrant Clarity, tampilan New Altis seolah mewakili sosoknya yang dinamis dan sporti. Bodi yang padat dengan lekukan garis berkarakter, mempertegas kesan orisinalitas dari sebuah sedan menengah. Secara keseluruhan dari detail desain ini All New Altis memiliki nilai cofficient of drag yang cukup baik dengan 0,295, dan angka ini sedikit lebih baik dari generasi pendahulunya.

Saat kami mengatur posisi duduk yang paling pas, sambil lalu BeritaATPM.com coba menyapu seluruh isi ruang kabin. Kesan stylish, dan elegan yang bertaburkan kemewahan plus mudah dalam pengoperasian panel-panelnya, memberikan sugesti bagi bahwa New Altis nyaman saat dikendarai. Sayangnya pengaturan kursi secara elektrik hanya terdapat pada jok driver. Meski begitu Toyota mengklaim sistem ini merupakan yang pertama di kelasnya. Tak ketinggalan untuk keselamatan pasif terinstal 5 sabuk pengaman dan juga dual SRS airbag untuk penumpang depan.

Setelah sabuk pengaman terpasang dan posisi spion diatur sesuai jarak pandangnya, mesin langsung kami hidupkan. Performa mesin 1ZZ-FE 4 silinder DOHC 16 valve VVTi berkapasitas 1.8 liter sedikit menyapa ruang kabin. Namun masih dalam batas wajar, terlebih setelah terdengar alunan musik dari audio system yang terdengar syahdu. Selepas dari kantor TAM, mobil segera diarahkan ke jalan bebas hambatan menuju Pondok Indah untuk menjajal akselerasinya.

Ternyata handling dan stabilitasnya saat berpindah jalur dan menyalip mobil di depan cukup baik pada kecepatan 80 - 100 km/jam. Meski begitu kami sedikit mengkoreksi sisi limbungnya, ketika dicermati besar kemungkinan muncul dari sistem suspensinya yang berkarakter medium soft.

Saat BeritaATPM.com mencoba performa, tampaknya akselerasi yang dihasilkan All New Altis tidak jauh berbeda dengan pendahulunya. Menurut data spesifikasi yang kami dapatkan, tipe mesin memang tidak ada perubahan namun keluaran tenaga sedikit lebih kecil. Dan tercatat untuk berakselerasi 0 hingga 100 km/jam, New Altis membutuhkan waktu 10,9 detik. Selain itu, saat memacu kecepatan maksimal, CBU Thailand ini dapat menyentuh 190 km/jam. Sebenarnya masih ada sedikit tenaga yang harusnya dapat dimaksimalkan, hanya mengingat kondisi jalan saat itu kami urung melakukannya. Keselamatan tentunya menjadi hal yang utama. Acungan jempol juga layak dilayangkan untuk grip ban Dunlop yang melekat mantap dengan aspal.

Kinerja pengereman juga tergolong bekerja dengan sempurna. Dengan dukungan ABS, EBD dan BA posisi dan kecepatan kendaraan dapat dikontrol dengan mudah baik saat jalan kering maupun basah.

Puas memacu performa, BeritaATPM.com keluar dari jalan tol dan selanjutnya melakukan pengujian di jalan-jalan umum. Di sini karakter suspensi medium soft sangat berguna dalam meredam guncangan, terlebih melewati jalan ibukota yang belakangan rusak. Selain itu, teraplikasinya sensor lima titik pada bagian depan dan belakangnya cukup memberikan kami jarak aman dengan kendaraan lain dan juga ketika melakukan parkir. Walau hal tersebut mengharuskan kami sedikit berdamai dengan bunyi yang terkadang sering terdengar.

Di akhir pengujian, BeritaATPM.com menyimpulkan, All New Altis layak dijadikan salah satu Best Buy di kelas mid sedan. Hal ini didasari dari basic produk dan kelengkapan fitur yang sesuai dengan harga yang ditawarkan. Belum lagi resale value dan after sales service yang tentunya tak perlu diragukan lagi dari Toyota. Namun akhir kata, pilihan kembali berada di tangan Anda



Toyota All New Corolla Altis V A/T


Harga (OTR) Jakarta
Rp. 309,5 juta
Dimensi (P x L x T)
4.540 x 1.760 x 1.465 mm
Wheelbase
2.600 mm
Radius Putar
5,3 m
Tipe Mesin
1ZZ-FE 4 silinder sejajar, 16-katup DOHC, VVT-i
Kapasitas
1.794 cc
Tenaga Maks.
141 hp @ 6.000 rpm
Torsi Maks.
188 Nm @ 4.200 rpm
Transmisi Manual
Otomatis 4-percepatan
Kapasitas tangki
55 liter
Suspensi Depan
Mac Pherson Strut with coil spring & stabilizer
Suspensi Belakang
Torsion Beam with coil spring & stabilizer
Rem Depan
Cakram Berventilasi ABS+EBD
Rem Belakang
Cakram V A/T
Ukuran Ban
205 / 55 R16

Penjualan Toyota di Segmen Sedan Meningkat Drastis

Sepanjang kuartal pertama 2008, posisi penjualan produk Toyota semakin kokoh di urutan teratas pada pasar otomotif nasional. Selama periode bulan Januari - Maret 2008, Toyota membukukan angka penjualan sebanyak 45.096 unit. Dari jumlah ini, sumbangan terbesar didominasi dari kendaraan di segmen 4x2 non-komersil yang mencatatkan angka penjualan sebesar 37.306 unit dengan penguasaan pangsa pasar 43,1 persen.

Untuk kendaraan segmen ini, angka penjualan tertinggi tetap dipegang oleh Avanza dengan total 16.158 unit, serta Kijang Innova sebanyak 14.033 unit. Tak hanya dari segmen kendaraan 4x2, segmen sedan secara signifikan mengalami peningkatan hingga 308 persen yakni sebesar 3.548 unit dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Kenaikan jumlah tersebut masih lebih besar dari perolehan pasar segmen sedan secara nasional, yaitu tercatat hanya 177 persen.

Tampilnya dua varian terbaru Toyota yakni New Altis dan Yaris J Grade berhasil mencatatkan hasil positif sejak keduanya hadir di hadapan masyarakat Indonesia. Bahkan di bulan Maret, kontribusi penjualan yang diberikan oleh keduanya adalah 143 persen untuk New Altis dan 52,6 persen dari Yaris.

Sementara untuk total penjualan nasional sepanjang Q1 2008 adalah 135.607 unit, atau meningkat 160,8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Dilihat dari komposisi tiga besar penjualan pasar otomotif nasional, Toyota tetap diposisi puncak yang disusul oleh Mitsubishi dengan 19.878 unit dan Suzuki 18.706 unit.

"Meskipun masih tetap ada tantangan dalam menghadapi dampak dari kondisi perekonomian global yang kurang pasti, kami berharap pasar otomotif nasional akan tetap stabil, didukung dengan aneka product movement yang akan hadir tahun ini," komentar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor. Selain itu Johnny juga memastikan keikutsertaannya di pameran otomotif nasional, Indonesian International Motor Show (IIMS) pada bulan Juli mendatang. "Kendati seperti tahun-tahun sebelumnya keiikutsertaan Toyota adalah tanpa target penjualan. Melalui even seperti IIMS tersebut kami yakin dapat menyumbangkan gairah baru dalam pasar dan industri otomotif nasional maupun regional," tutup Johnny

Stoner Ancam Pedrosa

Dani Pedrosa (Repsol Honda) benar-benar menjadi local hero di Motor Grand Prix di Sirkuit Jerez, Spanyol, tahun ini. Sejak kualifikasi Sabtu, Pedrosa dielu-elukan publiknya.
Sebelumnya, adalah Lorenzo yang paling memberi harapan karena sejak sesi latihan bebas sudah memimpin.
Namun, cerita jadi lain saat balapan berlangsung. Pedrosa tampil gemilang sejak start hingga menyudahi total 26 lap dengan finis di posisi pertama, dengan catatan waktu 45 menit 35,121 detik.
Podium gemilang itu membuat juara dunia kelas 250 cc 2005 ini langsung disambut hangat seluruh warga Spanyol dan beberapa petinggi wilayah Jerez.

“Saya tak menyangka bisa juara. Ini berkah buat saya, tim, dan warga Spanyol. Terima kasih Tuhan,”ucap Pedrosa sambil menenggak sampanye saat perayaan kemenangan itu. Sayangnya, pembalap Spanyol lain, Toni Elias yang juga berharap berkah di hari jadi ke-25, justru harus gigit jari lantaran finis di posisi 15. Elias yang memacu Ducati ini lebih banyak membuat kesalahan sendiri sehingga sulit memperbaiki posisi.
Akan tetapi, dua Spanyol di podium –Pedrosa dan Lorenzo-- cukup jadi kebanggaan bagi warga Spanyol, termasuk beberapa petinggi di Spanyol yang juga hadir di Sirkuit untuk menyaksikan pentas balap bergengsi ini.

Podium Ke-100
Sementara pembalap Fiat Yamaha lain, Valentino Rossi yang finis kedua dengan hanya terpaut 2,883 detik tetap merayakan podium keduanya itu bak juara. Pasalnya, podium Jerez merupakan podium ke-100 bagi Rossi sepanjang menjalani kariernya di pentas MotoGP.
“Ini hari bersejarah bagi saya. Pemain sepakbola sering merayakan pentas ke-100 atau 200 dalam karier mereka. Saya pun ingin seperti itu. Ini adalah cara terbaik bagaimana kita menghargai diri kita sendiri dan karier kita,” kata Rossi.
Sejumlah rekan, kerabat dan orangtuanya pun datang langsung dari Italia untuk bersama-sama merayakan podium ke-100 itu. Usai balapan, Rossi dan nyaris seluruh kru Yamaha dan Fiat buru-buru menggelar pesta perayaan balapan ke-100 itu dengan jamuan makan malam bersama di hotel tempatnya menginap di Jerez.
Sementara juara dunia 2007 Casey Stoner (Ducati Marlboro) benar-benar apes di balapan kali ini. Stoner yang memacu Ducati Desmosedici hanya bisa terpaku dengan pencapaiannya yang finis di urutan ke-11.
Stoner pun menyiapkan dendam khusus bagi Dani dan berharap bisa membalasnya di GP Motor Portugal, dua pekan mendatang. Meski begitu, Stoner tetap harus bekerja ekstra hati-hati jika tak ingin terganjal lagi

Stoner terburuk di Jerez

Menyelesaikan balapan di posisi 11 menjadi hasil terburuk Casey Stoner sejak berlaga di Moto GP. Si pembalap menyebutnya sebagai bencana, tapi petinggi Ducati mengaku justru tak kaget.

Setelah tampil memuaskan di Qatar dengan menduduki podium teratas, Stoner menjalani seri kedua Moto GP dengan hasil sangat mengecewakan. Memulai balapan di posisi tujuh, pembalap muda Australia itu tak mampu bersaing dengan Dani Pedrosa, Valentino Rossi serta Jorge Lorenzo yang akhirnya menjadi penghuni podium.

“Kami sudah tahu itu (akan tidak memuaskan). Itu adalah sirkuit tersulit buat kami tahun lalu. Dan posisi lima musim lalu adalah hasil terburuk kami di samping Motegi dan Sachsenring, di mana kami mendapat masalah di sana,” ungkap bos Ducati, Livio Suppo, di Autosport.

Jerez sudah menjadi momok buat Stoner sejak musim lalu. Sirkuit sepanjang 4,428 km tersebut menjadi salah satu dari empat lintasan di mana Stoner tak mampu naik podium. Kalau saat itu dia duduk di posisi lima, kali ini posisinya melorot drastis ke urutan 11.

Hasil ini membuat Stoner kehilangan pucuk pimpinan yang kini menjadi milik Pedrosa. Dia sendiri untuk sementara tertahan di posisi empat dengan selisih 11 poin dari si pembalap Spanyol.

“Stoner menunjukkan kalau dia juga manusia. Hingga sekarang Stoner sudah melakukan hal yang luar biasa, meski hari ini juga membuat kesalahan. Sangat disayangkan, karena meskipun ada masalah, jika tidak bersentuhan dengan Nakano mungkin dia akan berada di posisi lima,” lanjut Suppo.

Dengan baru dua seri terlewati, kegagalan di Jerez jelas bukan kiamat buat tim asal Italia itu. Setiap tim disebut Suppo punya masalah sendiri di sirkuit yang berbeda, dan keunggulan tenaga mesin Desmosedici GP8 diyakininya masih akan mendatangkan banyak keunggulan.

AstraWorld Gelar Pameran Otomotif di Bandung

Untuk mengulang kesuksesan pameran otomotif yang diadakan AstraWorld di berbagai kota-kota besar di Indonesia pada tahun lalu, kini even serupa kembali dilaksanakan. Pada pameran bertemakan "AstraWorld Automotive Expo (AAE) 2008" yang akan berlangsung di kota Bandung, atau tepatnya Bandung Supermal, 18 - 20 April 2008, AstraWorld akan menghadirkan beragam produk terbaru ke hadapan publik Bandung.

Seperti Innova, Vios, Camry keluaran Toyota, atau Terios, Sirion dari Daihatsu, serta Panther jebolan dari Isuzu dan sepeda motor Honda. Selain itu para pengunjung bisa memanfaatkan kesempatan untuk melakukan test drive New Altis, Fortuner, New Vios, Terios dan Sirion. Untuk pembelian dengan kredit, tersedia beragam paket kredit dengan bunga menarik dari ACC, TAF dan FIF. Sedangkan bagi pengunjung yang membeli mobil secara tunai, Garda Oto memberi gratis asuransi all risk selama 14 hari kerja sejak serah terima. Mobil88 pun memberi kemudahan bagi pengunjung yang akan melakukan trade in (tukar tambah) dengan harga Rp. 1 juta di atas harga pasaran.

"Inilah wujud dari motto AstraWorld "my driving partner". AstraWorld bersama Grup Astra menghadirkan pameran otomotif terlengkap yang diupayakan bisa menjawab kebutuhan berkendara dari ujung ke ujung. Mulai dari merencanakan pembelian mobil, mengendarai dan merawatnya sampai dengan menjual mobil kembali," kata Hendry Yoga, Chief Executive Officer AstraWorld dalam rilisnya.

Acara yang dikemas dengan konsep "End to End Automotive Expo" juga menampilkan produk-produk pendukung otomotif lainnya seperti Shop & Drive dan Astra Otopart. Keistimewaan lainnya adalah untuk setiap pembelian mobil Isuzu berhak mendapatkan hadiah langsung berupa TV 21 inch. Sedangkan bagi pengunjung yang membeli sepeda motor Honda melalui FIF, terbuka peluang memboyong DVD, TV maupun handphone melalui lucky draw.

Yang tidak kalah menarik pada pameran kali ini adalah tersedianya kegiatan uji emisi dan oli gratis untuk 60 kendaraan pertama di setiap harinya. Dengan kegiatan ini, AstraWorld sekaligus berharap anggota AstraWorld dapat berperan sebagai duta untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat dalam menjaga lingkungan dengan cara menjaga emisi kendaraan bermotor. Selain itu, pengunjung dapat melakukan konsultasi seputar permasalahan dengan kendaraannya.

Sebagai hiburan, beragam musik-musik pilihan dari The Most, Inikustik, Sir Rooney, Malika, No More dan lainnya akan menemani para pengunjung selama pameran. Di dukung pula dengan street dancer dan fun games seperti putting golf, children basket ball dan quiz. Juga ada announcer singing contest, children fashion show competition untuk anak usia 7 - 12 tahun, serta lomba mewarnai untuk anak berumur 4 - 6 tahun dengan tema "Go Green with Astra". Lomba untuk anak-anak ini gratis bagi anggota AstraWorld, dan bagi non anggota cukup membayar Rp. 25.000.

Pendaftaran lomba Fashion Show, Lomba mewarnai, dan Announcer Singing Contest pada acara AAE 2008 ini, dapat dilakukan dengan menghubungi CALL AstraWorld 89 898 (ponsel) atau 500-898 (fixed line). Atau bisa juga datang langsung ke lokasi pameran pada 18 April 2008 mendatang.

Jadwal F1 2008

16 Maret : Australia (Melbourne)
23 Maret : Malaysia (Sepang)
6 April : Bahrain (Sakhir)
27 April : Spanyol (Barcelona)
11 May : Turki (Istanbul)
25 May : Monaco
8 June : Kanada (Montreal)
22 June : Prancis (Magny-Cours)
6 Juli : Inggris (Silverstone)
20 Juli : Jerman (Hockenheim)
3 Agustus : Hongaria (Hungaroring)
24 Agustus : Europe (Valencia, Spain)
7 September : Belgia (Spa-Francorchamps)
14 September : Italia (Monza)
28 September : Singapura (evening)
12 Oktober : Jepang (Mont-Fuji)
19 Oktober : Cina (Shanghai)
2 November : Brasil (Sao Paulo)

Jadwal MotoGP 2008

- 09-03-2008 - Qatar -Losail
- 30-03-2008 - Jerez -Jerez
- 13-04-2008 - Portugal -Estoril
- 04-05-2008 - Cina -Shanghai
- 18-05-2008 - Prancis -Le Mans
- 01-06-2008 - Italia -Mugello
- 08-06-2008 - Catalunya -Montmello
- 22-06-2008 - Inggris -Donington Park
- 28-06-2008 - Belanda -ssen
- 13-07-2008 - Jerman -Sachsenring
- 20-07-2008 - AS -Laguna Seca
- 17-08-2008 - Republik -Ceko Brno
- 31-08-2008 - San Marino -Misano
- 14-09-2008 - AS -Indianapolis
- 28-09-2008 - Jepang -Motegi
- 05-10-2008 - Australia -Phillip Island
- 19-10-2008 - Malaysia -Sepang
- 26-10-2008 - Valencia -alencia

Honda Launching City Sport One

PT Astra Honda Motor (AHM) Indonesia, distributor Honda terbesar di Indonesia kembali meluncurkan produk terbaru Honda City Sport One (CS 1). Secara nasional, motor pertama buatan Honda yang menggunakan suspensi monoshock ini diluncurkan di Surabaya, hari ini (6/4). Jika anda tak berkesempatan hadir, peluncuran ini bisa anda saksikan melalui siaran Trans TV sekitar pukul 20.00-21.00 WIB. Seiring dengan peluncuran Honda CS 1 dengan ikon “The Top City Ride” comfort (kenyamanan), speed (kecepatan), action (penampilan) ini maka pelanggan sepeda motor Honda di Indonesia, kini sudah bisa mendapatkan Honda keluaran terbaru tersebut.

Khusus untuk Sumbar, Honda CS 1 ini telah hadir di main dealer sepeda motor Honda terkemuka di Sumbar CV Hayati, Jalan Pemuda No 35 Padang. Pelanggan sepeda motor Honda yang ingin memiliki Honda CS 1 sudah bisa mendaftar di seluruh jaringan CV Hayati yang ada di kabupaten kota di Sumbar. “Honda CS 1, sepeda motor impian para city riders yang memiliki berbagai keunggulan. Kendaraan bermotor keluaran terbaru tersebut kini sudah hadir di CV Hayati dan dapat dipesan melalui jaringan CV Hayati yang ada di kabupaten kota di Sumbar dengan harga relatif terjangkau,” kata Direktur CV Hayati H Jefri Ali didampingi Marketing Officer Alex Iskandar Dinata, kepada Padang Ekspres, kemarin.

Jefri menuturkan motor Honda CS 1 ini tampil dengan gaya sporty dengan desain futuristik serta aerodinamik untuk melengkapi ketangguhannya. Inilah kekuatan mesin Honda CS 1 berkompresi tinggi yang dilengkapi kecanggihan teknologi digital. ”Untuk itu, rasakan kehebatan luar biasa saat kenyamanan kendali dalam genggam pengendara. Saatnya tunjukkan performa maksimum,” tutur Jefri seraya menyebutkan empat tipe warna Honda CS 1 yaitu, cosmic black, lightning silver, hornet gold dan burning red. Dalam hal action (penampilan), jelas Jefri, desain Honda CS 1 ini tampil sporty dan futuristik serta aerodinamis. Garis body yang tegas membuat semua mata menaruh perhatian pada Honda CS 1. “Oleh karena itu, penampilan pengendara sempurna saat unjuk gigi dengan kesempurnaan desain dari Honda CS 1,” sebut Jefri.

Jefri menuturkan untuk comfort (kenyamanan), dengan Honda CS 1 segalanya menjadi mungkin. Honda ini memiliki kelebihan yang tak dimiliki kendaraan bermotor lain. Mampu melesat kencang tanpa melupakan kenyamanannya saat dikendarai. “Apapun keadaan jalannya, bagaimana pun manuvernya, pengendara akan tetap nyaman mengendarai Honda CS 1,” terang Jefri. Dalam hal kecepatan (speed), sebut Jefri, Honda CS 1 siap menggetarkan nyalimu dengan berbagai inovasi teknologi baru. Mesin dengan gerak yang tegak vertikal mengikuti gravitasi dan ditambah lima kecepatan membuat kerja mesin semakin kencang dan berkualitas. ”Performa Honda CS 1 semakin sempurna dengan SOHC 125 CC liquid cooled engine yang mampu menunjang mesin agar suhu lebih stabil. Sehingga, mesin tidak cepat panas,” ucapnya.

Jefri juga menyebutkan keunggulan perangkat Honda CS 1, pertama tampil futuristik dengan kecanggihan panel instrumen digital yang terlihat modern, informatif dan mudah dipantau. Kedua, pengendara akan mendapatkan pengalaman mengendarai motor sport dengan fitur monoshock performa tinggi. Ketiga, Honda CS 1 dilengkapi dua bulb dan multi reflektor, lampu sein, dan lampu senja menyatu dengan elegan dan futuristik.

Keempat, sebut Jefri, stang kemudi bergaya sport dirancang menekuk ke belakang menjadikan posisi pengendara yang nyaman dan mudah dikendalikan. Kelima, Honda ini memiliki console box serbaguna yang terdapat di depan membuatnya mudah dijangkau dan dilengkapi juga dengan tutup dan kunci sehingga dijamin terjaga. Keenam, tampil lebih gaya dan sporty dengan sistem cakram depan dan belakang yang mampu memaksimalkan pengereman. ”Ketujuh, desain lancip memberikan kesan futuristik dan agresif dilengkapi multi reflektor, clear lens dan red lens pada stop lamp,” tukasnya.

F1 di GP Bahrain 2008

Felipe Massa akhirnya memenangi seri ketiga F1 di GP Bahrain. Pembalap milik tim Ferrari itu mendominasi jalannya race dari awal hingga akhir.

Dalam balapan yang digelar di Sirkuit Sakhir, Minggu (6/4/2008), Massa yang terlihat cepat sejak free practice I dan II, langsung memimpin di awal-awal lomba. Memulai balapan dari posisi dua, pembalap asal Brasil itu langsung memimpin selepas tikungan pertama.

Bagi Massa ini seperti ulangan sukses musim lalu setelah tahun lalu ia juga menjadi juara di sirkuit yang sama. Sementara rekan setimnya, Kimi Raikkonen, finis tepat di belakangnya. Hasil ini membuat Ferrari meraih poin 18 setelah menempatkan pembalapnya di posisi 1-2.

Adapun pesaing utama Ferrari, McLaren gagal menempatkan pembalapnya di podium. Jika Heikki Kovalainen hanya menempati posisi lima, lewis Hamilton malah lebih parah karena tercecer di posisi 13.

Khusus bagi Hamilton, balapan kali ini memang tidak berjalan baik baginya. Setelah melorot ke posisi 10 selepas start, ia pun bersenggolan dengan Fernando Alonso di lap pertama yang membuatnya harus masuk pit lebih awal. Setelah insiden tersebut posisinya pun tak pernah beranjak dari peringkat belasan.
Hasil GP Bahrain
1. Massa Ferrari (B) 1h31:06.970
2. Raikkonen Ferrari (B) +3.339
3. Kubica BMW Sauber (B) +4.998
4. Heidfeld BMW Sauber (B) +8.409
5. Kovalainen McLaren-Mercedes (B) +26.789
6. Trulli Toyota (B) + 41.314
7. Webber Red Bull-Renault (B) +45.473
8. Rosberg Williams-Toyota (B) +55.889
9. Glock Toyota (B) +1:09.500
10. Alonso Renault (B) +1:17.181

Jelang EURO 2008, Hyundai Hadirkan Serangkaian Program Menarik

Sejalan dengan detik-detik hari dilaksanakannya perhelatan akbar UEFA EURO 2008, PT. Hyundai Mobil Indonesia (HMI) pun mengadakan serangkaian program penjualan untuk memanjakan konsumennya. Program bertajuk "Hyundai Euro 2008 Sales Program" ini akan dibagi menjadi dua dan berlangsung dari bulan April hingga Juni 2008.

Pertama, setiap pembelian Hyundai Getz dan Atoz dengan tipe apapun, konsumen akan memperoleh voucher senilai Rp. 1.000.000,- dari Permaisuri Ban. Dengan voucher tersebut, pelanggan dapat menukarkannya sebagai potongan harga untuk setiap pembelanjaan produk-produk Permaisuri Ban minimal seharga Rp. 5 juta.

Sedangkan untuk program kedua, setiap transaksi pembelian Tucson, Santa Fe serta Hyundai Coupe para pembeli berhak mendapatkan kesempatan untuk mengikuti undian menyakskan secara langsung gelaran Formula 1 di Singapore pada tanggal 26 - 28 September 2008. Selama program ini berlangsung, HMI tetap melekatkan jaminan garansi after sales dengan kondisi terkait masing-masing produk.

Agar aura even Euro 2008 lebih terasa, HMI juga hadir pada exhibition di beberapa pusat perbelanjaan terkemuka di wilayah Jabodetabek dan akan diisi serangkaian program-program menarik untuk memuaskan para pengunjung mal tersebut.

Teknologi TSI VW RAih 2 Penghargaan Mesin Terbaik 2008

Teknologi Turbocharger Supercharger Injection (TSI) yang dikembangkan Volkswagen, meraih 2 penghargaan sekaligus dari para peneliti, pengamat perdagangan, dan wartawan automotif Jepang.
Teknologi yang diaplikasikan pada model Golf GT, Golf Estate, dan Touran tersebut, unggul dibanding teknologi yang dikembangkan produsen lainnya dan berhak menyandang Car of the Year untuk katagori Most Advanced Technology Award 2008 dari para peneliti dan wartawan automotif yang tergabung dalam RJC. Selain itu teknologi TSI VW juga dinobatkan sebagai Technology of the Year dari para pengamat perdagangan dan wartawan Jepang.

Presiden VW Jepang, Tsutomu Umeno saat menerima penghargaan mengatakan, kedua penghargaan tersebut menunjukkan bahwa teknologi VW semakin diakui dan diterima masyarakat Jepang. "Kami akan terus mengembangkan teknologi yang efisien serta ramah lingkungan di masa yang akan datang," tegas Umeno.
Dengan penggunaan mesin TSI, VW mengendalikan konsumsi bahan bakar melalui petrol injection technology dan innovative twin charging. Teknologi tersebut dapat mengurangi cubic capacity (cc) menjadi 1.4 liter tanpa meburangi kemampuan daya pacunya. Kondisi ini tentu dapat mengurangi konsumsi bahan bakar serta lebih ramah lingkungan.
Saat ini sudah lebih dari 118.000 konsumen di seluruh dunia yang menggunakan produk VW berteknologi TSI.
Walaupun berkapasitas mesin kecil, kemampuan atau performa dapur pacunya tidak diragukan. Penggunaan teknologi TSI pada seluruh produk VW dapat menyemburkan tenaga 103 kW atau setara dengan 140 PS. Kecepatan 100 km/jam dapat dicapai dalam waktu 8,8 detik dengan kecepatan maksimum 205 km/jam. Di dalam kota, rata-rata konsumsi bahan bakarnya adalah 7,1 liter/100 km. Sedangkan di jalan bebas hambatan konsumsinya hanya 5,1 liter atau sekira 20 km/liter. Seluruh kendaraan VW dengan TSI mengaplikasikan sistem transmisi Direct Shift Gearbox (DSG).

Pecah, Rekor Lomba Irit Kia Picanto 1 Liter Berbanding 43,79 km

Dalam pengujian yang dilakukan para wartawan media massa di Jakarta, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Kia Picanto mencapai 23 kilometer (km) per liter. Kemudian lomba irit BBM ini dilanjutkan di Jawa Tengah dengan hasil yang jauh lebih baik, yakni dengan bensin 1 liter bisa menempuh jarak 32,23 km.

Berangkat dari sinilah, PT Kia Mobil Indonesia (KMI) mengajak kembali sejumlah wartawan peliput otomotif Bali dan Lombok untuk melakukan pemecahan rekor pemakaian BBM Picanto dengan tujuan mengemudikan Picanto seefisien mungkin dengan mengutamakan kenyamanan dan keselamatan (KIA Picanto Fun & Econo Drive).

Dengan mengambil start dari diler Kia (PT Mobil Nasional Intim) Jalan Gatot Subroto Barat, Denpasar menuju Hotel Puri Bagus, Candidasa, Karangasem sejauh 74 km. Lima unit Picanto diberangkatkan satu per satu mulai pukul 10.00 wita.

Rute yang dipilih sengaja jalan yang datar (flat) untuk meminimalisasi pemompaan gas yang berlebihan, sehingga bisa menghemat BBM. Berbekal pengetahuan mengemudi, sejumlah jurnalis memacu kendaraan dengan kecepatan di angka 40-60 km/jam.

Perputaran mesin pun ditahan hingga angka 2.000-3.000 rpm. Waktu tempuh dari Denpasar menuju Hotel Puri Bagus, Candidasa diperhitungkan paling lama 2 jam 15 menit dengan kecepatan rata-rata 50 km/jam.

Hasilnya fantastis, rekor di Jawa Tengah dipecahkan oleh tim jurnalis di Bali dengan konsumsi BBM 1 liter berbanding 43,79 km, yakni dari media Motorku, Sugianto dengan media Patroli, Roby.

Sementara juara kedua tim jurnalis dari Manggala, Abinawa dengan Bali Post, Giriana memperoleh hasil yang sama hanya yang membedakan terdapat pada waktu tempuh saja, sedangkan juara ketiga direbut oleh tim Nusa Bali, Sudarsana dengan Fajar Bali, Eddy dengan konsumsi BBM 1 liter menempuh jarak 43,27 km. Untuk memperoleh hasil yang fantastis tersebut, ternyata ada kiat tersendiri dari para jurnalis.

Menurut pemenang lomba yang berasal dari Motorku dan Patroli, Sugianto dan Roby, kecepatannya diatur sehingga rata-rata hanya 50 km/jam dengan putaran mesin 2.000 rpm dan tidak menyalakan AC serta radio/tape agar dynamo tidak ada beban, sehingga mesin bisa bekerja maksimal.

Hampir semua peserta melakukan hal di atas dengan menahan kecepatan dan putaran mesin tetapi upaya itu belum berhasil. Dalam merancang lomba irit ini, panitia bertindak fair.

Hal ini bisa dibuktikan oleh seluruh jurnalis yang ikut lomba dengan dipersilakan melihat saat tim mekanik Kia menuangkan BBM, serta memberi segel berupa stiker Kia di masing-masing penutup bensin mobil Picanto yang dilombakan. Di samping itu, panitia juga tidak menggunakan mobil baru, melainkan mobil bekas milik konsumen.

Menurut direktur KMI, Hartanto Sukmono, didampingi Presdir PT Mobil Nasional Intim, Agung Supartha dan Public Relations Manager KMI, Yanti Yulianto, pada acara KIA Picanto Fun & Econo Drive dan promo Kia Picanto SE yang lebih trendi dan berfasilitas lengkap, Rabu (1/8) lalu di Denpasar, angka keiritan yang dicapai peserta berbeda-beda itu karena perilaku dan kebiasaan mengemudi.

Dijelaskan, untuk ukuran bodi, Picanto memang lebih mungil, tetapi tenaga yang keluarkan justru lebih besar dan lincah. Namun, pemakaian BBM tetap irit. ’’Terbukti, dengan satu liter saja, bisa mencapai jarak 43,79 km saat ini. Selain itu tarikannya juga lebih kuat,’’ ungkapnya.

Tidak hanya itu, Picanto juga pemegang the best choice atau pilihan terbaik sebanyak 10 kali. Salah satunya, terpilih sebagai the best city car untuk mobil dan motor, yakni terpilih sebagai Car of The Year 2004. Tak tanggung-tanggung Kia memperolehnya dari dua versi, yakni Jakarta Motor Show (JMS) 2004 dan versi satunya lagi diperoleh dari Majalah Mobilmotor untuk kategori yang sama sebagai The Best City Car.

Mengenai harga, KIA Picanto cukup kompetitif dengan mobil sekelasnya, yakni mulai Rp 90 juta lebih per unit. Sementara untuk warna, Picanto punya enam warna pilihan, yakni orange, merah, hitam, silver, hijau dan biru.

Keberhasilan Picanto meraih penghargaan sebagai The Best City Car, menurut Hartanto, menunjukkan pihaknya mampu bersaing dengan produk-produk sejenis dari kompetitor lainnya, seperti Honda, Toyota, Suzuki, serta produk yang lainnya. “Saya sangat yakin Picanto akan terus dicari orang khususnya kaum muda, baik pria maupun wanita,” jelasnya.

Hartanto menambahkan, BBM tetap menjadi berita hangat. Kenaikan bahan bakar menyebabkan sebagian orang mulai memikirkan bagaimana menggunakan BBM seirit mungkin, mungkin salah satu pilihannya adalah membeli mobil yang memiliki konsumsi bahan bakar paling ekonomis.

Lanjut Hartanto, beberapa mobil yang hemat bahan bakar memang menjadi pilihan pada masa sulit ini. Tidak berlebihan kiranya bila PT KMI memposisikan KIA Picanto sebagai Cosmo Car.

KIA Picanto benar-benar tepat baik peruntukannya maupun posisi di kelasnya. Potensi market yang dapat dilihat dari perilaku kehidupan yang makin dinamis dan aktif mencerminkan kehidupan dan gaya hidup lebih maju menuju kehidupan yang makin kosmopolitan. Picanto sangat cocok untuk beraktivitas orang muda atau mereka yang berjiwa muda, dan yang terpenting hemat bahan bakarnya.

“Penghargaan yang diterima oleh KIA Picanto bukanlah sesuatu hal yang mudah diraih ataupun sekadarnya, semua kembali kepada kualitas produk, karena penjurian dilakukan dengan sangat ketat melalui pengetesan demi pengetesan.” Tandasnya.