03 March 2009

Bentley Continental Supersport dengan Teknologi FlexFuel

Bentley, salah satu produsen mobil mewah dunia asal Inggris, yang kini berada di bawah payung Volkswagen Group, Jerman, pada Geneva Motor Show 2009 yang dibuka hari ini, memperkenalkan produk terbarunya, yaitu Continental Supersport. Kepastian itu berdasarkan rilis yang dikirimkan Bentley ke Kompas.

Continental adalah supercar dua tempat duduk dengan kemampuan terhebat dalam sejarah keberadaan Bentley. Klaim perusahaan asal Inggris tersebut, tenaga yang dihasilkan Supersport ini 630 PS dan mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,9 detik. Adapun kecepatan tertingginya 329 km/jam. Karena itu pula, produk baru ini disebut “Extreme Bentley”.


Masa Depan. Bukan hanya performa fantastis yang dibanggakan Bentley pada Continental Supersport. Fitur lain dan baru adalah bahan bakar yang bisa dikonsumsi. Klaim Bentley, inilah supercar mewah pertama di dunia dengan mesin FlexFuel.

Dengan teknologi tersebut, Continental Supersport ini selain bisa meneguk bensin murni, juga boleh diberi biofuel, yaitu etanol E85. Atau bisa pula campuran kedua jenis bahan bakar tersebut. Hebatnya, kemampuan mesin dengan berbagai jenis bahan bakar dipastikan tidak akan membuatnya drop. Performanya tetap akan sehebat menggunakan bensin dengan oktan 95. Dengan menggunakan biofuel, emisi karbondioksida bisa diturunkan sampai 70 persen.

Untuk ini, sistem manajemen atau komputer mesin dilengkapi dengan sensor yang menentukan komposisi bahan bakar yang digunakan. Selanjutnya, setelah mengetahui jenis bahan bakar yang digunakan, komputer akan mengubah mapping atau remapping sehingga tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin tetap maksimal, seperti menggunakan bensin dengan oktan 95.

Komponen mesin juga disiapkan dengan sifat bahan bakar yang berbeda-beda. Untuk itu, komponen, seperti O-ring, sil, gasket, dan pipa pada sistem bahan bakar, menggunakan material baru. Karena sistem pasokan bahan bakar tidak menggunakan pelimpah (returnless), digunakan dua pompa yang dapat mengalirkan bahan bakar dengan tekanan berbeda-beda.

Agar katup dan dudukannya tahan lama dan tidak mudah berkarat, bagian tersebut dikeraskan lagi dan diberi lapisan khusus. Sementara itu, busi juga diganti dengan rentang panas yang lebih besar.

Selanjutnya, kemampuan kinerja mesin W12 dengan dua turbocharger dan intercooler ditingkatkan dengan mengubah posisi saluran isap vertikal berukuran besar dan menambahkan dua ventilasi pada kap mesin.

Lebih Ringan. Dibandingkan pendahulunya, Continental GT Speed, kendati posturnya sekilas sama, ternyata banyak bagian yang mengalami perubahan atau dirancang ulang. Yang paling mencolok adalah kap mesin, rumah atau bezel lampu, bumper, desain velg, dan juga bagian belakang. Interior tampil tampil baru, lebih mewah, eksklusif, dan bergaya klasik.

Penampilan Continental Supersport lebih kontemporer dengan kap mesin berventilasi, 2 buah. Tugas lubang ventilasi tersebut agar mesin dapat melepaskan panasnya dengan mudah. Sementara itu, di bumper depan, lubang samping ini dibuat dengan posisi vertikal.

Rumah lampu depan versi sekarang ini mendapat sentuhan dengan memberikan lapisan gelap. Bentley menyebutnya proses physical vapour depsosition. Bagian lain yang diberi sentuhan ini adalah gril depan, sekeliling kaca, roda atau seluruh permukaan bodi yang dibuat dari baja stainless. Tujuan menggunakan proses ini adalah agar kecerahannya bertahan lama.

Lebih Ringan. Kemajuan lain yang dicapai Bentley adalah bobot yang lebih ringan sampai 110 kg dibandingkan dengan Continental GT Speed. Dengan kemampuan tersebut, selain akselerasinya makin cepat, Supersport berpenampilan aristokrat ini kinerjanya makin efisien.

Persembahan teknologi baru lainnya adalah transmisi quickshift 6 kecepatan. Kehebatan transmisi ini, perpindahan bisa dilakukan 2 kali lebih cepat. Ini pula yang menyebabkan akselerasi 0-100 km/jam bisa dicapai dalam 3,9 detik.

Quickshift memanfaatkan kopling ganda. Namun, manajemennya disatukan dengan mesin. Saat gigi dipindahkan, mesin berhenti sebentar agar torsi tidak naik. Dengan cara ini pula, perpindahan gigi bisa ‘meloncat’ turun dari 6 ke 4.

Selama gigi dipindahkan ke posisi lebih tinggi, pasokan bahan bakar dan pengapian dimatikan sementara waktu agar perpindahan berlangsung dengan cepat dan mudah.

Fitur lain dari Supersport all wheel drive ini adalah pemisahan torsi dengan komposisi 40:60. Untuk ini, trek belakang dibuat lebih lebar dan menggunakan velg 20 inci. Juga disertakan electronic stability program (ESP) agar pengemudi dapat mengeksplorasi kemampuan mobil pada berbagai kondisi secara maksimal.

Velg alloy 20 inci 10 palang mampu menyumbang pengurangan bobot 10 kg per mobil. Kombinasi velg dengan ban Pirelli 275/35ZR20 meningkatkan grip dan stabilitas sekaligus penampilan. Hasilnya, mobil sport ini makin enak diajak untuk mengadu adrenalin di jalan raya atau trek balap.

Interior. Interior dan kokpit dirancang ulang secara dramatis. Kini interior menggunakan serat karbon dan kulit Alcantara TM untuk memberikan citra sport, gaya kontemporer, dan menurunkan berat. Untuk itu pula, kini yang digunakan hanya dua jok sport model baru. Belakang kedua jok yang ditutup dengan serat karbon digunakan sebagai bagasi tambahan.

Interior baru sekaligus memperlihatkan hasil kemahiran dan ketelatenan pekerjaan tangan wanita Crewe, tempat Bentley dibuat. Meski begitu, Bentley modern ini adalah Anglo-Saxon. Harmonisasi gaya Inggris yang aristokratis dan semangat Jerman yang selalu bergairah. *

Spesifikasi
Dimensi (mm)
Panjang
4.804
Lebar (spion ke spion)
2.194
Lebar (kaca spion dilipat)
1.945
Tinggi
1.380
Jarak sumbu roda
2.745
Jarak pijak depan/belakang
1.623/1.607
Mesin
5.998 cc
Tenaga maksi
630 PS @6000 rpm
Torsi maksi
800 Nm@1700-5600 rpm
Perbandingan kompresi
9,0:1
Performa
Kecepatan maksimum
329 km/jam
Akselerasi 0-100 km/jam
3,9 detik
Konsumsi bahan bakar
Kota
4,0 km/liter
Luar kota
8,6 km/liter
Kombinasi
6,1 km/liter
Berat kosong
2.240 kg
Berat + beban maksimum
2.565 kg