03 February 2009

All-New Mazda3 dengan Teknologi i-stop

Mazda Motor Corporation hari ini secara resmi mengumumkan akan memperkenalkan All-New Mazda3 (di Jepang dikenal dengan Axela) bulan depan. Perkenalan produk baru yang akan dijadikan sebagai andalan utama Mazda, dilakukan di Geneva International Motor Show 2009 bulan depan.

Fitur baru yang akan dijadikan andalan adalah teknologi i-stop dan mesin bensin injeksi langsung. Khusus untuk mesin ini, meski produsen lain juga sudah banyak menggunakannya, Mazda memberi nama sendiri, yaitu DISI (Direct Injection Spark Ignition).

Lantas, teknologi i-stop adalah sistem start-stop dan sebelumnya disebut Mazda dengan SISS (Smart Idle Stop System). Sistem mematikan mesin secara otomatis ketika mobil stop dan menghidupkannya kembali begitu pedal gas ditekan. Dengan cara ini, selain mengirit konsumsi bahan bakar, emisi gas buang bisa dikurangi.

Buat Eropa
All-New Mazda3 yang akan membuat debutnya di Jenewa bula depan ditargetkan untuk konsumen Eropa. Karena itu pula, regulasi emisi buat mobil ini adalah Euro5.

Selain Mazda3 standar, juga diperkenalkan Mazda3 MPS atau Mazdaspewed Axela. Versi ini merupakan ujung tombak dari semua produk Mazda karena merupakan versi sport dari Mazda3.

Mazda3 yang akan diperkenalkan ini tampil dengan format hatchback. Teknologi i-stop akan dijadikan sebagai salah satu unjung tombak dan nantinya akan digunakan pada produk-produk Mazda yang dipasarkan pada 2009. Menurut Mazda, generasi pertama Mazda3 sudah terjual 2 juta unit di seluruh dunia.

Dijelaskan pula, kombinasi mesin MZR 2.0 DISI dengan i-stop membuat konsumsi bahan bakar All-New Mazda3 lebih irit 12 persen (di jalanan dalam kota) dibandingkan versi Mazda3 sekarang ini. Mesin, 2,0 liter DISI i untuk 2009 hanya dipasarkan di Eropa, sedangkan Mazda3 MP menggunakan mesin MZR 2,3 DISI Turbo.

Kendati Mazda tidak mencantumkan kemampuan mesin Mazda3 Sport ini, situs khusus mobil Jepang menyatakan, tenaganya mencapai 256 PS. Seperti produk Mazda sebelumnya, Mazda3 tetap menggunakan penggerak roda depan.