30 May 2008

Ford Luncurkan Sistem Online Purna Jual Regional Pertama di Indonesia

Online menunjukkan peranan pentingnya dalam dunia otomotif. Sebagai sebuah media komunikasi dan informasi berskala hingga internasional, sistem online bisa digunakan ATPM untuk lebih mengoptimalkan komitmen kepada para konsumennya. Pada 22 Mei 2008, PT. Ford Motor Indonesia (FMI) meluncurkan sistem online layanan purna jual yang diaplikasikan pertama kali di Indonesia bernama PANDA (Parts and Accessories) dan sistem Servis2. Keduanya diciptakan untuk mendukung layanan menyeluruh suku cadang Ford di Sunter dan kepada 28 dealer Ford di seluruh Indonesia untuk menjamin kelancaran dan ketepatan pendistribusian suku cadang Ford.

Sistem PANDA memberikan informasi terbaru kepada pelanggan akan ketersediaan suku cadang di Indonesia dan di seluruh pusat suku cadang Ford di seluruh Asia Pasifik. Sistem ini berguna memastikan terjadinya biaya pengantaran suku cadang yang lebih efisien, meningkatkan ketersediaan stok suku cadang dan memfasilitasi pemenuhan akan permintaan konsumen. Sebagai tambahan, sistem Servis2 menyimpan informasi lengkap menyangkut garansi dan kepemilikan kendaraan, yang memungkinkan pengguna untuk melacak sejarah suku cadang yang dibeli untuk setiap kendaraan Ford di Indonesia.

Will Angove, Presiden Direktur PT. FMI menjelaskan, “Kepuasan pelanggan selalu menjadi tujuan utama dari FMI. Armada kami hanyalah awal dari layanan yang diberikan Ford. Layanan purna jual terbaik dan kemudahan akses yang mudah akan suku cadang adalah tahap lanjutan terpenting dari layanan yang diberikan Ford. Pusat suku cadang Sunter adalah sebuah bentuk kemajuan dan jelas dengan teknologi ini, kami dapat mengatakan kami bisa mengantarkan layanan purna jual terbaik yang terbaik bagi masyarakat Indonesia”.

”Kami baru saja mencetak pendapatan tertinggi atas layanan purna jual di bulan April tahun ini yang mencapai Rp. 8,4 milyar. Pusat suku cadang Sunter memainkan peran integral dalam kesuksesan ini. Dengan sistem terdepan, biaya pengantaran dan distribusi suku cadang telah menjadi lebih efisien dan memberikan keuntungan besar bagi para pemilik Ford. Hal ini terefleksikan dalam Cost of Ownership kami, yakni sebuah laporan yang menganalisa pengeluaran purna jual pelanggan yang dianalisa secara berkala oleh tim Customer Service Operation kami,” lanjutnya.

Brian Colliani, Direktur Eksekutif Customer Service Operations Ford Asia Pasifik & Afrika mengungkapkan kebahagiaannya atas diluncurkannya layanan ini. ”Selalu menjadi komitmen Ford di setiap saat dan di manapun untuk membuat hari –hari konsumen kami menjadi menyenangkan. Kami mengucapkan selamat kepada tim Ford Indonesia yang telah meluncurkan program ini dan mendoakan mereka untuk selalu sukses dalam segala aspek terutama pada program layanan purna jual,” ungkapnya.