20 October 2009

Toyota Mark X Mengawinkan Penampilan Sport dan Kemewahan

Toyota Motor Corporation meluncurkan produk khusus untuk Jepang, yaitu Mark X dengan penampilan baru. Mark X ini berbeda dengan sedan Toyota lain karena dirancang dengan konsep “sporty dan mewah” plus penggerak roda belakang.

Di Jepang, versi standar mobil ini dijual seharga 2,38 juta yen atau Rp 237 juta. Adapun versi paling mahal dengan kemampuan 4 x 4 dan mesin V6 berkapasitas 3,5 liter dijual dengan harga 3,8 juta yen atau Rp 400 juta. Mobil ini termasuk ceper karena hanya memiliki tinggi 1.435 mm.

Menurut Toyota, mobil ini dirancang dengan konsep “glam-tech” atau glamor dan teknologi tinggi.

Variannya terdiri dari standar, sport, dan premium. Selain mesin V6 berkapasitas 3,5 liter, ada juga mesin V6 berkapasitas 2,5 liter. Sistem geraknya 4 x 2 roda belakang dan 4 x 4. Toyota tidak merilis detail kemampuan mesin mobil ini, baik tenaga, maupun torsinya.

Penampilan atau gaya mobil sangat menarik karena memiliki bumper depan yang didesain dengan ukuran besar. Lampu kabut diposisikan agak berada di dalam. Sebanyak tiga lampu depan disusun berjejer. Hal yang sama juga dilakukan pada lampu kombinasi belakang.

Setir dilapisi kulit untuk menghasilkan grip yang ergonomis. Adapun bongol transmisi diberi lapisan kulit untuk menghasilkan kesan sporty. Tampilan makin lengkap dengan paddle shift yang membuat pengemudi tidak perlu repot menurunkan tangannya bila ingin merasakan transmisi manual.

Kemampuan sprint mobil dari 0 ke 100 km/jam hanya 8,4 detik. Kurang responsif 2,5 liter, apalagi 3,5 liter!

Pengaman Radar. Sistem pengaman yang disertakan pada mobil ini adalah pre-crash. Sistem ini bekerja menggunakan radar gelombang milimeter. Radar bertugas mendeteksi kemungkinan terjadinya tabrakan dan mengingatkan pengemudi melalui buzzer dan tayangan agar berhati-hati.

Tambahan sistem keamanan lain adalah pre-crash brake assist system dan sabuk pengaman tipe pre-crash brake system.

Lampu depan tipe adaptive front-lightning system atau AFS. Ketika berbelok saat lampu depan hidup, arah sorotan berubah sesuai dengan gerakan sudut setir dan kecepatan mobil.

Tambahan lain adalah sistem kontrol jelajah (cruise) tipe radar terbaru. Sistem ini dilengkapi dengan fungsi kontrol rem yang mendeteksi dan memantau kendaraan di depan, dan menjaga jarak tetap sesuai dengan kecepatan kendaraan di depannya.

Juga ada hill-start assist control yang mencegah mobil mundur ketika rem dilepas saat kaki bergeser menekan pedal gas saat berada di tanjakan.

Perlengkapan lain, layar multi-informasi dengan tayangan konsumsi bahan bakar rata-rata, jarak tempuh, dan data lainnya. Semua ini ditampilkan melalui warna kontras yang diperoleh dari teknologi layar organic electroluminescent (EL).

AC Plasmacluster. Kontrol suhu yang independen untuk pengemudi dan penumpang samping merupakan standar pada semua model. AC ini juga membersihkan kotoran, debu, dan memurnikan udara di dalam kabin. AC juga dilengkapi dengan teknologi Plasmacluster Ions untuk membunuh bakteri dan menciptakan kabin yang nyaman dengan menjaga keseimbangan ion positif dan negatif di interior.

Untuk memudahkan pengemudi parkir, Mark X dilengkapi pula dengan sistem parkir bantu yang pintar atau intelligent parking assist system. Sistem bekerja melalui sensor ultrasonik yang dipasang di depan mobil untuk mendeteksi ruang parkir.

Selanjutnya, sistem akan menbantu pengemudi memarkir mobil secara paralel. Sistem akan menginformasikan kepada pengemudi untuk memutar setir ke satu arah dan sebaliknya.

Toyota Luncurkan Sedan Mewah Hibrida Sai

Toyota hari ini meluncurkan sedan kompak mewah hibrida terbaru untuk pasar Jepang dengan nama “Sai”. Menurut rencana, mobil ini mulai dijual pada 7 Desember nanti.

Sai berasal dari kata Jepang yang punya dua arti berbeda bila ditulis dalam huruf kanji yang berbeda. Pertama, artinya talent atau bakat. Adapun yang kedua, artinya pewarnaan. Lantas, dua hal itu disatukan Toyota menjadi bakat hebat dan kecanggihan multi-warna.

Mobil ini menggunakan mesin bensin 2,4 liter yang digabungkan dengan motor listrik. Dijelaskan pula, mobil ini menggunakan plastik ekologi yang dibuat dari tanaman, dan bahan tersebut yang memenuhi 60 persen permukaan interior.

Konsumsi bahan bakarnya 19,8 km/liter. Tentu saja kemampuan itu kalah jika dibandingkan dengan Prius. Andalan dari mobil ini adalah adanya berbagai perlengkapan keamanan yang canggih. Harga paling rendah 3,38 juta yen (Rp 351 juta) dan paling mahal 4,26 juta yen (Rp 445 juta).
Spesifikasi
Mesin
Model
2AZ-FXE
Kapasitas
2.362 cc
Tenaga maks.
110 kW(150 PS) @6.000 rpm
Torsi maks.
187 Nm (19,1 kgf-m) @4.400 rpm
Motor
Tenaga maks.
105 kW (143 PS)
Torsi maks,
270 Nm (27,5 kgf-m
Total
Tenaga maks.
140 kW (190 PS)
Baterai
Tipe
Nickel-metal hydrade (NiMH)