17 April 2008

Audi Q7 3.0 TDI Diesel, Sophisticated SUV

Isu mobil ramah lingkungan dan efisiensi bahan bakar merupakan topik yang sedang hangat dibicarakan. Kedua hal ini, membuat Audi yakin untuk memperkenalkan mobil diesel di pasar Indonesia. Rabu (19/3) lalu, PT. Garuda Mataram Motor selaku ATPM Audi di Indonesia kembali meluncurkan varian SUV premiumnya bernama Audi Q7, namun kali ini menggunakan mesin diesel.

Dalam sambutannya, Gunadi Sindhuwinata, President Director PT. Indomobil Sukses International Tbk. Mengatakan, "Kami melihat perkembangan ekonomi semakin baik, khususnya pasar otomotif nasional. Kami berharap Audi Q7 sebagai SUV level tertinggi, akan mendapatkan tempat yang baik di pasar otomotif nasional."

Jika dilihat secara kasat mata, desain eksterior maupun interior Audi Q7 diesel memang tidak jauh berbeda dengan versi bensinnya. Sedikit yang membedakan hanya pada velg, sound system dan fitur. Pada Audi Q7 diesel menggunakan velg berukuran 19 inci, Audi Sound System, tanpa menggunakan TV dan telepon dengan teknologi Bluetooth. Sedangkan pada Audi Q7 bermesin bensin menggunakan velg berukuran 20 inci, Bose Sound System, TV dan Audi Telephone.

Pada bagian atap, Q7 diesel dilengkapi dengan open sky system yang merupakan gabungan antara sunroof dan panoramic. Sementara, four-zone climate control memberikan kesejukan keseluruh penumpang baik di baris kedua maupun ketiga. Lainnya, terinstal Adaptive air suspension, yang memiliki 5 mode berbeda yang dapat dipilih melalui Multi Media Interface (MMI) dan selanjutnya secara otomatis akan mengatur karakteristik ataupun ketinggiannya. 5 mode tersebut antara lain Comfort, Automatic, Dynamic, "Off-road" mode dan "Lift" mode.

Berbicara mengenai dapur pacu, kali ini Audi Q7 dibekali dengan mesin 3.0 liter V6 TDI (Tubrocharged Direct Injection), plus Common Rail Fuel Injection sistem generasi ketiga dengan Piezo Injector. Yang menarik disini adalah Piezo Injector yang bertugas sebagai pengganti injektor dengan solenoid valve. Piezo valve mampu melakukan multiple injection untuk sekali pembakaran. Kuntungannya, mesin menjadi lebih responsif namun tetap mengutamakan efisiensi bahan bakar.

Kendaraan yang didatangkan langsung dari Jerman ini memiliki tenaga maksimum sebesar 233 hp pada 4.000 rpm, dan torsi 500 Nm sudah dapat dicapai pada saat putaran mesin 1.750 rpm sampai 2.750 rpm. Penggunaan material vermicular graphite cast iron, membuat bobot mesin Q7 dapat berkurang hingga 15 %, sehingga bobot untuk mesin 3.0 TDI hanya 226 kg. Berkat pengaplikasian Diesel Catalysed Soot Filter, Q7 3.0 TDI sudah memenuhi standar emisi Euro IV. Mesin V6 diesel teringan saat ini dipadukan dengan transmisi tiptronik 6-percepatan, yang memberikan pilihan fully automatic drive style atau manual drive style melalui steering wheel pedal shift.

Audi Q7 3.0 TDI juga ditunjang oleh fitur-fitur keselamatan yang terbilang lengkap yaitu 2 airbags di depan dengan dual stage activation, 2 side airbags pada bagian kursi baris pertama, 2 side airbags pada bagian kursi kedua, 2 side airbags pada bagian kursi ketiga dan 2 curtain airbags yang memanjang dari depan hingga kebelakang. Tak ketinggalan, teraplikasi pula ABS (Anti-lock Brake System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), ASR (Anti-Slip Regulation), EDL (Electronic Differential Lock), EBA (Engine Brake Assist), HBA (Hydraulic Brake Assist) dan Hill Decent Assist, Trailer Stabilisation Control plus RSP (Roll Stability Program).

Mengenai bahan bakar, pihak Audi menyarankan agar Audi Q7 3.0 TDI menggunakan bahan bakar solar yang memiliki Cetane Number 51 yang terdapat pada Pertadex, Shell Diesel dan Petronas Diesel. Selain itu, dalam keadaan darurat mobil ini juga bisa minum solar biasa yang dijual oleh Pertamina, namun Anda harus menambahkan zat additive seperti octane booster.

Audi Q7 3.0 TDI masuk ke pasar indonesia dengan harga Rp. 1.525 miliar (On the Road Jakarta), lebih murah sekitar Rp. 400 jutaan dibandingkan dengan versi bensinnya. Secara keseluruhan terdapat 8 warna eksterior yang ditawarkan, namun saat ini yang baru masuk ke Indonesia baru ada 6 warna yaitu putih, biru, emas, hijau metallic, hitam dan silver. Pihaknya menargetkan penjualan Q7 3.0 TDI per tahun sebanyak 24 unit. Mampukah Q7 bersaing dengan kompetitornya? Kita lihat saja score penjualan di akhir tahun ini.


Audi Q7 3.0 TDI Diesel


HargaRp 1.525 milyar
Dimensi (PxLxT)5.086mm x 1.983mm x 1.737mm


Mesin3.0 TDI Quattro
Kapasitas2.967cc
Tenaga Maksimum233hp @ 4.000 rpm
Torsi Maksimum500Nm @ 1.750 rpm - 2.750 rpm
0 – 100 km/jam9,1 detik
Kecepatan maksimum210 km/jam
Ukuran Ban265/50 R19

No comments: