17 April 2008

Penjualan Toyota di Segmen Sedan Meningkat Drastis

Sepanjang kuartal pertama 2008, posisi penjualan produk Toyota semakin kokoh di urutan teratas pada pasar otomotif nasional. Selama periode bulan Januari - Maret 2008, Toyota membukukan angka penjualan sebanyak 45.096 unit. Dari jumlah ini, sumbangan terbesar didominasi dari kendaraan di segmen 4x2 non-komersil yang mencatatkan angka penjualan sebesar 37.306 unit dengan penguasaan pangsa pasar 43,1 persen.

Untuk kendaraan segmen ini, angka penjualan tertinggi tetap dipegang oleh Avanza dengan total 16.158 unit, serta Kijang Innova sebanyak 14.033 unit. Tak hanya dari segmen kendaraan 4x2, segmen sedan secara signifikan mengalami peningkatan hingga 308 persen yakni sebesar 3.548 unit dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Kenaikan jumlah tersebut masih lebih besar dari perolehan pasar segmen sedan secara nasional, yaitu tercatat hanya 177 persen.

Tampilnya dua varian terbaru Toyota yakni New Altis dan Yaris J Grade berhasil mencatatkan hasil positif sejak keduanya hadir di hadapan masyarakat Indonesia. Bahkan di bulan Maret, kontribusi penjualan yang diberikan oleh keduanya adalah 143 persen untuk New Altis dan 52,6 persen dari Yaris.

Sementara untuk total penjualan nasional sepanjang Q1 2008 adalah 135.607 unit, atau meningkat 160,8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Dilihat dari komposisi tiga besar penjualan pasar otomotif nasional, Toyota tetap diposisi puncak yang disusul oleh Mitsubishi dengan 19.878 unit dan Suzuki 18.706 unit.

"Meskipun masih tetap ada tantangan dalam menghadapi dampak dari kondisi perekonomian global yang kurang pasti, kami berharap pasar otomotif nasional akan tetap stabil, didukung dengan aneka product movement yang akan hadir tahun ini," komentar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor. Selain itu Johnny juga memastikan keikutsertaannya di pameran otomotif nasional, Indonesian International Motor Show (IIMS) pada bulan Juli mendatang. "Kendati seperti tahun-tahun sebelumnya keiikutsertaan Toyota adalah tanpa target penjualan. Melalui even seperti IIMS tersebut kami yakin dapat menyumbangkan gairah baru dalam pasar dan industri otomotif nasional maupun regional," tutup Johnny

No comments: