18 May 2009

VW Indonesia Luncurkan Touran Minggu Depan

PT Garuda Mataram Motor (GMM), ATPM Audi dan VW di Indonesia, mempercepat keputusan meluncurkan Touran di Indonesia. Sebelumnya, pada acara media workshop tentang mesin TSI yang digunakan Touran di Indonesia, pada 14 April lalu, Andrew Nasuri, CEO GMM mengatakan akan meluncurkannya menjelang atau saat Indonesia International Motor Show Juli mendatang. Kenyataannya, hari ini perusahaan itu telah mengirimkan undangan peluncuran Touran yang akan dilakukan pada 28 Mei Minggu depan.

Menurut Andrew Nasuri yang dihubungi langsung KOMPAS.com, Touran yang akan diluncurkan sudah dirakit di Indonesia. Mesin yang digunakan, sama seperti yang telah mereka jelaskan sebelumnya, yaitu TSI 1,4 liter yang dilengkapi dengan kombinasi supercharger dan turbocharger untuk menyedot udara yang akan dipasok ke dalam silinder.

Hasilnya adalah, mesin 1,4 liter yang digunakan Touran mampu menghasilkan tenaga 170 PS @6.000 rpm plus torsi 240 Nm @1.750 – 4.500 rpm. Mesin bensin ini menggunakan sistem injeksi langsung dan diklaim konsumsi bahan bakarnya 13,8 km/liter. Ketika itu juga dijelaskan, Touran dengan mesin TSI, injeksi langsung ini telah dites sampai 50.000 km di Indonesia dengan menggunakan bensin oktan 92 yang tersedia di pasar Indonesia

Kinerja mesin yang hebat namun tetap irit, merupakan daya tarik sendiri dari Touran ini. Begitu juga dengan fungsinya sebagai MPV, kendaraan keluarga dengan tiga deret tempat duduk atau 7 penumpang.

Sebelumnya dijelaskan, dengan mesin 1,4 liter, VW dapat menawarkan harga yang lebih kompetitif dibandingkan kalau menggunakan mesin di atas 1,5 liter. Meski begitu, ketika ditanyakan berapa harga pasti Touran yang akan dipasarkan ini, Andrew berkilah,”Sedangkan kita perhitungkan. Tunggul minggu depan yang kita umumkan,” jelasnya.

Bagi konsumen Indonesia yang akan membeli MPV 7 penumpang, berarti ada alternatif baru yang sangat menarik. Paling tidak, sebagai pembanding bila berniat atau ancar-ancar MPV asal Jepang, yang juga segera dipasarkan yaitu Honda Freed.

No comments: