19 August 2009

Honda All-New City, Terlaris di Segmen Sedan

Salah satu jenis mobil yang memiliki konsumen loyal adalah sedan. Nah, per Juli 2009, persaingan di segmen ini terlihat semakin sengit, khususnya antara dua merek asal Jepang, Honda dan Toyota.

Mengacu data wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaran Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari-Juli, total pasar sedan nasional tercatat 8.263 unit. Dari jumlah ini, dominasi Honda menyebar di seluruh lini dengan penjualan 2.819 unit atau menguasai 34,12 persen.

Di belakangnya menguntit Toyota, 1.741 unit (21,07 persen), Mercedes-Benz 1.368 unit (16,56 persen), Proton 580 unit (7,02 persen), dan Suzuki 508 unit (6,15 persen).

"Kami optimistis dengan target yang telah ditentukan. Dari seluruh model, hampir semua produk kami memimpin penjualan. Menguatnya segmen sedan karena konsumennya memang loyal," ungkap Jonfis Fandy selaku Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) , ketika diwawancarai hari ini.

Jonfis menjelaskan, salah satu indikasi membaiknya pasar otomotif nasional adalah melalui penjualan produk sedannya. Pemikiran ini bukan tanpa sebab. Daya beli konsumen sedan cenderung stabil, apalagi kondisi keuangan semakin membaik.

"Orang beli sedan tidak terpaksa. Berbeda dengan model lain, seperti MPV (multi-purpose vehicle). Biasanya dipaksakan dengan kredit, penurunan harga, dan sebagainya. Kalau karakter konsumen sedan tidak seperti itu," paparnya.

Di segmen mini-sedan, merek berlambang 'H' ini masih mendominasi pasar dengan menjual 1.558 unit All New City, diikuti New Vios sebanyak 1.083 unit, Neo Baleno (508 unit), dan Gen2 Persona (372 unit).

Selanjutnya, untuk segmen sedan kompak, New Civic masih mendominasi dengan 902 unit, New Altis (364 unit), New Lancer (105 unit), Ford Focus (44 unit), Optra (24 unit), dan Mazda3 (13 unit).

Di segmen mid-size sedan, Mercedes-Benz C-Class mendominasi pasar dengan angka penjualan 654 unit, diikuti New Accord dengan 356 unit, New Camry 294 unit, dan BMW Seri 3 dengan 293 unit.

“Pencapaian bulan Juli ini sangat menggembirakan karena mencatat penjualan yang tertinggi periode Januari–Juli 2009," papar Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan dalam keterangan resminya, baru-baru ini.

Sementara itu, hingga akhir Agustus 2009, total pasar sedan diperkirakan akan mampu mencapai antara 17.000 dan 18.000 unit.

No comments: