25 June 2008

Perang Teknologi Canggih di IIMS 2008

Event terbesar pameran otomotif Indonesia yang diselenggarakan setiap tahun, The Indonesia International Motor Show (IIMS) tahun ini konsepnya berubah 180 derajat dari sebelumnya. Kalau yang sudah-sudah, pameran menjadi arena jual-beli mobil, tahun ini yang diselenggarakan dari 11 – 20 Juli 2008 menjadi ajang 'Adu Teknologi'. Karena itu, panitia meminta produsen mobil atau ATPM yang berpartisipasi, menampilkan mobil dengan teknologi mutakhir. Mobil yang diciptakan dengan proses kreatif, mobil ramah lingkungan dan model terbaru.

"Kita harus berubah dan lebih maju dari sebelumnya. Kini ingin menampilkan pameran yang berkualitas dan bukan hanya mengejar kuantitas. Jangka pendek harus menjadi arena pameran mobil terbaik di Asian," jelas Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2008 atau IIMS ke-16.

Lebih lanjut dijelaskan, berubahnya konsep pameran ini karena dalam jangka panjang akan dijadikan arena pariwisata. Untuk itu, Johnny mengambil contoh dari penyelenggaraan pameran mobil di Jenewa, Swiss. "Swiss tidak punya industri otomotif. Namun pameran di sana diikuti seluruh produsen dunia yang menampilkan mobil konsep dan teknologi mutakhir. Event ini pun dimanfaatkan menjadi arena pariwisata, karena banyaknya tamu dari manca negara melihat pameran secara langsung," beber Johnny yang didampingi Ketua Gaikindo, Bambang Trisulo.

Karena konsep pameran berubah, tema yang diusung sekarang "Advanced Motoring, Hi-Quality Living". Tema ini adalah cerminan kondisi industri otomotif nasional saat ini, yang berusaha mengedepan produk inovatif, ramah lingkungan, aman dan nyaman. Juga dijelaskan, saat ini, industri otomotif merupakan penyumbang pajak keempat terbesar di Indonesia, yaitu 30 trilyun per tahun.

Makanya, untuk IIMS nanti menyita ruang yang lebih luas, 60.000 m2 (sebelumnya 48.00 mm2). Posisi stand atau booth peserta pun berubah total. Kalau tahun lalu, Planetarium ditempati oleh Toyota dan Honda, tahun ini hanya dihuni oleh Toyota. Sedangkan Honda menempati ruang sendiri, yaitu Cendrawasih dengan luas 2.000 m2.

Meski begitu, masih ada ATPM yang tidak mengikuti pameran yang mengabungkan kendaraan penumpang dengan komersial ini. Tercatat di antaranya BMW, Jaguar, Volvo, Renault dan Nissan Diesel absen dengan berbagai alasan.

Selain memamerkan mobil dan konsep terbaru, juga diadakan acara lain seperti test drive SUV-MPV dan lomba Car Audio. Khusus pada 17 Juli 2008, panitia memberikan potongan harga Rp 5000 untuk setiap pelajar dan mahasiswa yang membeli tiket dengan menunjukkan Kartu Tanda Pelajar atau Mahasiswa.

Juga disediakan shuttle bus dari JCC-Plaza Semanggi, JCC-Airport dan JCC-Plaza Senayan agar pengunjung tidak lagi pusing dengan masalah parkir yang selama ini sering terjadi, terutama pada waktu-waktu tertentu. Ditambahkan, pameran akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono.(Zul)


Berikut peserta yang akan menampilan produknya:
1. Honda, memanjang 18 unit mobil dan yang terbanyak adalah Jazz. Di samping produk terbaru, Honda kembali menghadirkan robot Asimo.
2. Ford, selain produk yang dipasarkan di Indonesia, menampilkan mobil konsep Verve.
3. Toyota memanjang mobil konsep I-Real.
4. Suzuki memanjang 10 unit mobil, 1 mobil konsep, yaitu Kizashi dan sisanya versi modifikasi produknya yang dipasarkan di Indonesia saat ini.
5. Audi memamerkan A5, A8 dan A4.
6. Nissan memamerkan 13 unit, 1 produk launching, 1 sport konsep, serta produk yang terkenal di Indonesia, Grand Livina dan Livina
7. Hino, 3 unit kendaraan komersial.
8. Proton, 9 unit, termasuk Lotus.
9. Foton, kendaraan komersial Cina, 2 unit (4-ban dan pick up 6-ban)
10. Isuzu, produk yang dipasarkan di Indonesia, tetapi dimodifikasi dengan penampilan unik.
11. Mazda, 10 unit, dua model terbaru.

No comments: