25 June 2008

New Aveo, Alternatif Baru Mini MPV

Setelah sukses dan menjadi salah satu pelopor tren mobil mini MPV (Multi Purpose Vehicle) dengan Chevrolet Aveo, saat ini PT General Motors AutoWorld Indonesia (GMAWI) kembali mendatangkan varian terbaru Aveo.

Dengan nama New Chevrolet Aveo, kendaraan yang mengusung mesin berteknologi E-TEC II 4-silinder segaris berkapasitas 1.498 cc menggunakan Multi Point Injection dan Direct Ignition System (2 coil) ini, menawarkan perubahan pada sisi eksterior dan interior, serta diklaim lebih hemat bahan bakar. "Mini MPV modern Aveo lahir demi memenuhi tuntutan keluarga kecil serta pribadi muda yang dinamis dan progresif," ujar Managing Director PT GMAWI Mukiat Sutikno, saat peluncuran New Aveo di Jakarta, kemarin (Selasa, 24/6).

Dengan kapasitas mesin 1500 cc, Aveo diklaim mampu menempuh jarak 10 kilometer dengan 1 liter bensin. Mukiat menilai, Aveo menjadi salah satu kendaraan berbahan bakar hemat. Aftersales Director GM Indonesia, FA Suwadji Wirjono menjelaskan, meski menggunakan spek mesin yang sama dengan Aveo sebelumnya, tapi software baru memungkinkan mesin yang menghasilkan tenaga maksimum 86 PS pada 5.600 rpm (putaran mesin per menit) dan torsi maksimal 128Nm pada 3.000 rpm tersebut, bisa memperkecil penggunaan bahan bakar.

"Terdapat sensor oksigen di elektronik mesin untuk mendeteksi gas bekas guna mengontrol emisi. Jika oksigen banyak, berarti dia kurang bahan bakar, begitu pula sebaliknya. Nah, ini juga akan mendeteksi pembakaran yang tidak sempurna, sebab kalau pembakaran tidak sempurna akan boros," kata Suwadji.

Mobil yang pertama kali ditunjukkan ke hadapan publik dunia pada Frankfurt Motor Show 2007 tersebut mempunyai desain agresif. Bentuk ini tercipta berkat hadirnya grill besar horizontal berkesan sporty yang seakan menyatu. Padahal, grill besar itu sebenarnya terpisahkan oleh batang horizontal lebar, di mana “Gold Bowtie” yang menjadi simbol Chevrolet ada di tengahnya.

Desain tersebut diperkokoh dengan model grill besar, ditambah desain kedua lampu utamanya yang dinamis, serta keberadaan ventilasi udara di kedua sisi fender depan. Sementara, garis-garis kurva tegas yang terdapat di sekujur kulitnya berupaya menonjolkan citra kekuatan otot dan gaya maskulin.

Pada sisi interior, desain goose neck alias leher angsa yang membuat leg room bagi penumpang depan makin luas. Kombinasi warna coklat muda dan hitam menjadikan interior Aveo berupaya menciptakan kesan mewah. Ditambah, dasbor hitam yang bertujuan untuk mengurangi efek pantul dasbor ke kaca depan, guna meningkatkan kenyamanan dan keamanan berkendara.

Aveo yang dibangun dan diimpor dari GM DAT (General Motors Daewoo Auto Technology) Korea ini pun hadir di Indonesia bermodel sama dengan yang dijual di seluruh dunia dalam dua pilihan sistem transmisi, otomatis 4 kecepatan dan manual 5 kecepatan.

Seluruh pintu pada mobil yang disediakan dalam enam pilihan warna menarik, yaitu poly silver, sports blue, pearl black, super red, highway yellow dan urban grey ini, dilengkapi sistem proteksi keselamatan berupa side door impact beam. Keunggulan ini membuat keseluruhan bodi New Aveo sanggup meredam energi benturan dengan baik.

Sementara remote elektrik mobil ini pun sudah dilengkapi dengan anti theft deterrent system. Lalu sistem immobilizer membuat kendaraan ini tidak akan dapat distarter jika tak menggunakan kunci aslinya. Nah, untuk kesemua fitur tersebut, New Aveo ditawarkan dengan harga Rp 132 juta untuk 1.5 M/T (manual) , dan Rp 147 juta untuk New Aveo 1.5 A/T (matik).

No comments: