25 June 2008

BMW X6 Segera Diluncurkan di Indonesia

Bayerische Motoren Werke (BMW) AG, perusahaan manufaktur mobil BMW yang berpusat di Munich, Jerman rupanya begitu optimistis dengan pertumbuhan angka penjualan BMW di Indonesia. Buktinya, pada pertengahan tahun 2008 ini, dipastikan sebuah varian terbaru, BMW X6 akan meramaikan pasar otomotif di Tanah Air.

"Sesuai dengan strategi global BMW, BMW Indonesia saat ini mempersiapkan sebuah segmen barudi pasar mobil mewah dengan meluncurkan BMW X6 Sport Activity Coupe," ungkap Presiden Direktur PT BMW Indonesia, Joerg Kelling di Jakarta, Kamis (24/1).

Dengan empat pintu, X6 Sport Activity Coupe adalah sebuah kombinasi antara SUV dan coupe. Gaya yang sporty namun elegan tersebut, diklaim oleh BMW sebagai jenis pertama di dunia. Jarak dasar kabin dengan permukaan jalan yang lebih tinggi, serta roda dan ban yang besar yang menjadi ciri SUV, dipadukan dengan komposisi body yang bergaya agresif dengan bentuk atap rendah, khas coupe. Namun, seperti halnya coupe lain, mobil ini hanya untuk empat penumpang.

Transmisi automatic yang dilengkapi dengan manual shifting akan menjadi pusat kendali atas dua varian mesin. V6, 3.0 liter, lengkap dengan twin-turbocharged, dan V8, 4.4-liter, pun dengan twin-turbocharged. Keunggulan X6 ditambah pula dengan fitur DSC (Dynamic Stability Control) yang akan bekerja efektif saat akselerasi maupun pengurangan kecepatan di segala kondisi jalan. Pengemudi mobil berbasis all-wheel drive ini dapat mendeteksi beban putaran pada keempat roda melalui panel yang terpasang di dashboard.

Mobil mewah yang dirancang untuk segala kondisi jalan ini baru saja diluncurkan dalam ajang the North American International Auto Show (NAIAS) di Detroit, AS yang tengah berlangsung sejak 19 Januari lalu hingga 27 Januari mendatang.

Sementara itu, sebagai pembukaan, pada bulan Februari depan, varian BMW seri 5 CKD akan lebih dulu masuk ke Indonesia. Sebelumnya diungkapkan, BMW Indonesia mencapai pertumbuhan penjualan hingga 66,7 persen pada tahun 2007. Dari penjualan 600 unit di tahun 2006, meningkat menjadi 1.000 unit di tahun 2007. BMW seri 3, 5 dan X5 merupakan jenis yang mengalami pertumbuhan penjualan paling pesat.

No comments: