02 April 2008

Kenali Suara Mobil 'Sakit' dari Bunyinya

Mobil yang sehat, suara mesinnya akan terdengar halus. Jika anda mulai mendengar bunyi-bunyian aneh yang bersumber pada mesin, coba periksa. Karena bunyi pada mesin tersebut, merupakan tanda adanya kerusakan pada bagian tersebut seperti berikut ini:
1. Suara klik-klik yang teratur. Penyebabnya : pergerakan katup. Untuk perbaikan : lakukan pengesetan celah bebas katup ke bengkel.

2. Suara dentingan pada saat ada beban atau putaran dipercepat. Penyebabnya : bensin beroktan rendah, endapan karbon, waktu penyalaan yang terlalu cepat. Untuk perbaikan : ganti bensin dengan oktan lebih tinggi, bersihkan endapan karbon dan set waktu penyalaan dengan benar.

3. Suara ketokan atau dentaman yang pelan saat piston naik. Penyebabnya : bantalan di piston aus, kesalahan pemasangan batang piston, kurang oli.

4. Suara ketokan logam dua kali terdengar saat mesin tanpa beban. Penyebabnya : pin piston sudah aus atau longgar.

5. Suara bergetar sewaktu percepatan. Penyebabnya : ring piston atau dinding silinder sudah aus atau patah, tegangan ring piston rendah.

6. Suara berdecit-decit yang singkat di kepala silinder. Penyebabnya : piston menggores dinding silinder, badan piston patah, kesalahan pemasangan batang piston, kurang oli.

7. Suara ketokan antar logam berdentam (saat mesin mendapat beban atau dipercepat). Jika deraunya teratur, bantalan luncur poros engkol sudah aus. Jika deraunya tak teratur dan tajam, bantalan duduk (thrust bearing) sudah aus.

So, jika Anda mulai mendegar bunyi-bunyi 'sakit' tersebut pada mobil kesayangan Anda, segera kunjungi bengkel langganan sebelum 'sakitnya'makin menggangu kenyamanan Anda berkendara.

No comments: