02 April 2008

Tips Beli Mobil Bekas

Pengalaman jadi appraisal MobKas di perusahaan otomotif terkemuka, ada sedikit tips beli mobkas :

1. Cek Surat-surat BPKB, STNK, FAKTUR coz pengalaman ketemu ama faktur palsu mobil Toyota kelihatan pada bentuk huruf "S" yang susah di "PALSU".
2. Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin, cocokkan dengan BPKB dan STNK
3. Untuk Body, taruh mobil di tempat terbuka, lihat kondisi mobil, miring or gak klo miring bisa di pastikan mobil rusak suspensi ato lebh parah tuh mobil pernah nabrak n chasis gak center lg
4. cek sambungan plat dari tiap2 pintu, kap mesin, bagasi. (tips: tiap mobil kebanyakan ada seal antara sambungan platnya n susah dipalsu. cek dengan menekan seal dengan kuku, klo mash liat berarti mash "ori" klo rontok or lembek jangan di "beli")
5. untuk engine, lihat knalpot klo ada olie or hitam mending tinggalin aja. hari gene overhaul engine gak murah bro...
6. coba geber aja engine ampe rpm 4000-5000, pastikan gak ada asap putih yg ngebul.
7. Cek lubang buangan air A/C, ada olie apa gak klo ada olie bisa dipastikan tuh A/C bermasalah, jgn remehkan perbaikan A/C, kayaknya sepele Tapi MAhal klo dah SERVICE total bro...
8. Cek kondisi ban dan kaki-kaki,suspensi (u/ suspensi tekan/goyang mobil klo berayun-ayun pasti suspensi rusak) untuk kaki2 goyang ke kiri-kana steer dengan kondisi mobil diam, klo ada bunyi "gemeletak" bearti ada yang gak beres kai-kainya.

No comments: