02 December 2008

Jack Brabham Gugat Brabham

Cukup lama menghilang, Sir Jack Brabham, mantan juara dunia 3 kali F1 muncul kembali. Ia tampil bukan di arena balap jet darat, tapi dalam kontak menggugat sebuah rumah modifikasi di Jerman yang memakai namanya tanpa minta izin dan sepengatahuannya.

Jack yang kini berusia 82 tahun dan tengah berjuang melawan gagal ginjal mengatakan Brabham Racing (BR) telah menjual mobil dan produk lain menggunakan namanya tanpa memberi tahu kepada dirinya maupun keluarganya. “Saya yakin mereka mencoba meraih keuntungan dari kesuksesan saya,” bilang Brabham.

Meski secara legal nama Brabham Racing mungkin sudah terdaftar di Jerman, perusahaan modifikasi itu menggunakan ungkapan yang terkait dengan Brabham, seperti “Return of a Legend” dan “After numerous successes in Formula One and being dormant for nearly sixteen years, the legendary motor racing brand was relaunched.”

“Ini sangat mengecewakan. Dalam 65 tahun membalap, tak ada seorang pun melakukan terhadap saya sebelumnya. Mereka memakai nama saya tanpa sepengetahuan saya untuk kepentingan promosi dan menjual produk mereka,” komentar Brabham kepada AAP.

Dalam pameran Essen Motor Show 2008, Brabham Racing ikut partisipasi yang memajang BMW M3 yang sudah dimodifikasi. Juru bicara dari Jack Brabham mengatakan gugtan itu sudah dilayang melalui pengacaranya.

Mungkin, banyak yang belum tahun sepak terjang Jack di arena F1. Kelahiran Hurstville, Sydney, Australia 2 April 1926 ini selama berkiprah di arena balap jet darat, berhasil tiga kali menyandang juara dunia (1959, 1960 dan 1966).

Ia mulai balap F1 1955 dan tercatat satu-satu yang berhasil menyandang juara dunia dengan mobil buatannya sendiri (tim Brabham) pada 1966. Sepeninggalannya (pensiun), nama tim Brabham tetap bersinar melalui Nelson Piquet yang juga tiga kali menjadi juara dunia (1981, 1983 dan 1987).

No comments: