02 February 2009

Ferrari Bikin SUV Tercepat Seharga Rp 3,7 Miliar

Rumor Ferrari membuat SUV tak kunjung padam. Di lain hal, juga tidak ada bantahan resmi dari produsen mobil sport terkemuka Italia itu. Hebatnya, sejak 2007 telah muncul beberapa rendering para artis dari berbagai media, baik cetak, maupun on-line tentang SUV Ferrari tersebut.

Kini muncul lagi rendering versi terakhir SUV Ferrari yang dimuat oleh terra.com.mx dan myautomovil.com, keduanya dari Meksiko. Lantas juga dikutip oleh worldcarfans.com.

Rumor terakhir ini dilansir berkenaan dengan aliansi Fiat—perusahaan induk Ferrari—dengan Chrysler, apalagi bos Chrysler, Bob Nardelli, Jumat lalu sudah menyatakan keputusan untuk melakukan aliansi strategis yang disampaikan kepada karyawannya dan publik.

SUV Ferrari tersebut pun dikaitkan dengan salah satu produk Chrysler, yaitu Jeep, yang sudah dikenal reputasi dan andal sebagai kendaraan off-road di dunia. Di antara produk Chrysler, saat ini hanya Jeep yang memberikan kontribusi positif.

Premium SUV
Spekulasi kehadiran SUV disandingkan dengan kesuksesan produsen premium Eropa yang membuat SUV, yaitu Porsche dengan Cayenne, Mercedes-Benz dengan ML, dan BMW yang telah membuat X Series, yang terdiri dari X5, X3, X6, dan X1.

Isu lama kembali diembuskan, SUV tersebut akan melakukan debutnya di Geneve Motor Show tahun depan. Bentuknya mirip tourer atau kendaraan lima pintu dengan bagian belakang lebih tinggi. Sistem pemindah dayanya, 4WD (four wheel drive) atau 4x4 .

Nama yang diberikan tetap Ferrari FS599 Fuoristrada dan dibuat dengan mengunakan bodi dari alminium dan komposit serat karbon. Tujuannya untuk mengurangi bobot.

Untuk mesin, diperkirakan ada dua pilihan, yaitu V8 yang digunakan pada Ferrari California dan V12, 599GTB. Masing-masing mesin menghasilkan tenaga di atas 400 dan 600 PS. Ditambahkan, Ferrari tidak membuat SUV dengan kemampuan rata-rata. Kehebatannya, ia paling bertenaga dan tercepat di dunia untuk jenis kendaraan yang sama.

Ditargetkan, kendaraan berbobot 2,2 ton ini harus mampu berakselerasi 0–100 km/jam dalam 5 detik. Velg dan ban yang digunakan 22 inci, sama dengan mobil sport jalan raya. Kecepatan tertinggi 300 km/jam. Harga yang ditawarkan pun tak main-main, 250.000 euro atau dengan kurs saat ini sama dengan Rp 3,7 miliar lebih.

No comments: