16 February 2009

SSC Ultimate Aero EV, Supercar Listrik Tercepat di Dunia

Inilah terobosan mantap dari Shelby Super Car (SSC), Amerika Serikat: segera menghadirkan "Mobil Listrik Produksi Tercepat di Dunia" pertengahan tahun ini. Kehebatannya, tenaga yang dihasilkan dari dua motor listrik kembar mencapai 1.000 PS. Akselerasi 0-96 km/jam hanya dalam 2,5 detik. Kecepatan tertingginya 330 km/jam.


Itu baru sebagian hasil yang dicapai SSC dengan revolusi teknologi otomotifnya. Perusahaan ini menyebut proyek mobil listriknya dengan All-Electric Scalable Powertrain (AESP). Namun yang pasti, sebagai mercusuar SSC, mobil listrik tersebut akan dipasang pada bodi SSC Ultimate Aero. Mobil yang disebutkan terakhir resmi menyandang rekor sebagai mobil tercepat di dunia dan dipasarkan untuk kalangan terbatas. Saat ini hanya dijual di Amerika Serikat dan Dubai.

Bagi SSC, proyek ini sekaligus memulai era baru mereka, peduli terhadap lingkungan; selanjutnya membuktikan kepada publik bahwa mobil bertenaga listrik bukan hanya sekadar embel-embel ramah lingkungan, juga mampu mengungguli mobil yang menggunakan sumber penggerak motor bakar. Bukti kehebatannya, torsi bisa dihasilkan 100 persen pada 0 rpm.

Torsi yang dihasilkan motor listrik sebagai penggerak Ultimate Aero, menurut Shelby, mencapai 110,6 kgfm. Wow!

Isi 10 menit

Kehebatan lain yang akan didemonstrasikan SSC dari mobil listriknya adalah kehebatan kerja sistem pengisian ulang baterai. Untuk mengisi baterai lithium-ion hanya membutuhkan waktu 10 menit. Dan sekali isi, baterai bisa digunakan untuk menempuh jarak 240-320 km. Tak berbeda jauh dengan mobil konvensional yang harus isi ulang bahan bakar. Sistem pengisian baterai cepat ini disebut SSC dengan Charge on The Run dan merupakan paten dari SSC.

Untuk ini, SSC Ultimate Aero EV dilengkapi dengan transmisi otomatik 3 kecepatan yang memindahkan tenaga listrik ke roda. Kecepatan pergantian gigi berlangsung 0,24 detik. Selanjutnya, agar motor bisa bekerja lebih lama dengan performa top, AESP dilengkapi dengan pendingin cairan seperti motor bakar.

Divisi Hijau SSC juga akan membuat solusi kemasan AESP untuk berbagai aplikasi, mulai dari 200 PS untuk mobil yang mengutamakan nilai ekonomis, mobil dengan kemampuan sedang dan motor listrik; 500 PS untuk truk ringan dan SUV; serta 1200 PS buat truk besar, bus, dan kendaraan militer.

Event pembuktian

Untuk membuktikan mobil listrik yang revolusioner tersebut, SSC akan mengadakan event khusus buat media di America Superspeedway dalam waktu dekat. Pada event ini, pendiri sekaligus perancang SSC, Jerod Shelby, akan hadir membuktikan kehebatan teknologi listriknya kepada para tamu khusus dan wartawan.

Selain membuktikan kecepatan top yang mampu diraih mobil, nanti juga diperlihatkan teknologi pengisian cepat yang akan menjadi "jualan" SSC khusus untuk mobil listrik.

SSC mengatakan, jadwal produksi Ultimate Aero EV dilakukan pada pertengahan tahun ini, sedangkan pengiriman unit dilakukan pada awal kuartal keempat 2009. Untuk meningkatkan 'citra' Ultima Aero EV, SSC berusaha untuk mendapatkan predikat sebagai World’s Fastest Production Electric Car, dan tak lupa menghadiri berbagai pameran mobil internasional, serta ekspose di majalah dan TV.

Kalau sudah begini, keberadaan dan kelangsungan hidup motor bakar bakal terancam! Padahal, saat ini industri otomotif masih mengandalkannya. Namun yang pasti, mobil bertenaga listrik memang makin menarik, selain ramah lingkungan (tidak mengeluarkan emisi dan suara) juga sangat fleksibel untuk dijadikan berbagai bentuk kendaraan. Pemakaian energi efisien lagi!

No comments: