10 March 2009

Toyota Avanza dan Innova Terlaris di Februari

Seperti sudah diberitakan Kompas sebelumnya (Penjualan Februari Naik Tipis, 6/3) untuk pangsa pasar otomotif nasional di bulan kedua, total untuk wholesale mencapai 33.912 unit. Angka itu meningkat tipis dibanding bulan sebelumnya yang mencetak 31.364 unit. Sementara itu, di sektor retail justru terjadi penurunan, dari 36.428 unit menjadi 35.757 unit.

Penguasaan pangsa pasar nasional masih tetap dipegang PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan merebut 38,7 persen. Dari penjualan retail, ATPM Toyota itu mencatat total penjualan sebanyak 13.839 unit. Dua produk andalan Toyota, Avanza dan Innova, tetap menjadi primadona. Mini MPV menjadi penyumbang tertinggi, 7.242 unit, sedangkan Innova dengan penjualan sebanyak 3.041 unit.

Sementara itu, keluarga Toyota lainnya, seperti Vios, tetap memimpin di kelasnya dengan perolehan 451 unit. Peningkatan dialami Toyota Camry sebanyak 14,7 persen dengan total penjualan 117 unit. Justru, sedan hatchback-nya, Yaris, melonjak signifikan sekitar 25,7 persen atau terjual sebanyak 870 unit.

Bagaimana dengan Hilux 4 x 4 double cabin? Untuk Februari ini, mobil tersebut terjual sebanyak 61 unit, masih belum sesignifikan varian 4 x 2 single cab yang mencatat total penjualan 405 unit. Adapun di kategori SUV, untuk Rush dan Fortuner, masing-masing membukukan angka 576 unit dan 428 unit.

Sekalipun menjadi market leader, ”Toyota tetap berkomitmen memberikan produk dan pelayanan yang terbaik untuk para pelanggan setia Toyota,” ujar Johnny Darmawan, selaku Presdir TAM.

No comments: