19 May 2009

Nissan Luncurkan Van Kompak NV200 Vanette Model Terbaru

Nissan Motor Co hari ini meluncurkan Nissan NV200 baru dengan desain yang mengalami perubahan total. Perusahaan mobil nomor tiga Jepang ini mengatakan, NV200 Vanette adalah van kompak generasi mendatang.

Namun yang pasti, Vanette bukan Serena. Dimesinnya lebih kecil dari Serena. Meski di Jepang sama-sama dikelompokkan pada van, tetapi Vanatte mengarah ke komersial. Di Indonesia, posisinya sama dengan Daihatsu Gran Max, ada untuk komersial atau bisnis serta pribadi atau keluarga. Karena itu pula, suspensi belakangnya masih menggunakan per daun.

Di negara asalnya, Vanette baru mulai dijual 21 Mei lusa dengan harga 1,6 juta yen atau sama dengan Rp 170 juta. Menurut Nissan, NV200 akan mengubah konsep penampilan kendaraan komersial ringan di Jepang. Pasalnya, penampilan Vanette jauh lebih menarik dengan tambahan hidung dengan desain bundar dan tajam.

Disamping itu, fungsionalistasnya makin komplit. Mesin yang digunakannya, 1,6 liter, bertenaga 105 PS @6.000 rpm, konsumsi bahan bakarnya 14,1 km/liter. Termasuk irit!

Varian
Sebagai kendaraan serbaguna, Nissan menawarkan berbagai varian atau konfigurasi jok berdasarkan daya muat penumpang dan barang. Pilihan yang ditawarkan Nissan 2, 5, dan 7 penumpang dengan konfigurasi jok, 1, 2 dan 3 deret.

Setelah Jepang, NV200 juga akan diperkenalkan di negara lain. Van komersial akan dijual berdampingan dengan Vanette sekarang yang berbentuk monobox.

Bagian belakang van ini dibuat lebih tinggi dengan lantai rendah. Dengan demikian, selain membuat kapasitas muatan bertambah, desain itu juga memudahkan muat dan bongkar barang.

Bila menggunakan dua tempat duduk saja, bisa digunakan untuk memuat barang berukuran (2.000 x 100 x 440 mm). Kalau kolong jok penumpang digunakan, ukuran barang yang dimuat bisa mencapai 3 meter. Panjang kendaraan ini 4.400 mm

Posisi pengemudi seperti di sedan. Panel instrumen ditata dengan estetika tinggi, dan untuk dasbor menggunakan materi berkualitas tinggi. Jok pengemudi dapat digeser maju mundur 190 mm, berukuran besar, dan nyaman diduduki.

Tersedia kaca samping geser untuk memberikan ventilasi di samping jok deret kedua (opsi pemasangan pabrik).

Di Jepang, Vanette ditawarkan dengan tambahan monitor belakang (opsi pemasangan pabrik), lampu depan halogen multi-reflektor (dengan pengatur ketinggian manual), electronic brake-force distribution (EBD), ABS, brake assist (BA), dan konstruki besi dengan zone yang diperkuat, pengaman samping, kantong udara SRS untuk pengemudi dan penumpang depan. Fitur ini cukup banyak dan membuat harganya jadi makin mahal! Bagaimana kalau Nissan menawarkannya juga di Indonesia?

Dimensi (mm)
Panjang: 4.400
Lebar: 1.695
Tinggi: 1.855
Jarak sumbu roda: 2.725
Berat kendaraan: 1.940 kg

Mesin
Tenaga maks: 109 PS @6.000 rpm
Torsi maks: 152 Nm @4.400 rpm

No comments: