24 August 2009

GM Meluncurkan Chevrolet "Si Lincah" Agile

Sekalipun dilanda kepailitan, the new GM terus memperkuat varian terbaru sebagai wujud untuk menunjukkan kebangkitan pabrikan mobil (yang sempat terbesar di dunia sebelum dinyatakan pailit) dari Amerika. Salah satunya dibuktikan GM melalui merek Chevrolet (Chevy). Mereka secara resmi meluncurkan prototipe Agile, setelah sebelumnya hanya hadir dalam bentuk sketsa.

Saat penampilannya dilihat, grill depan terlihat dihiasi emblem Chevy warna emas, mirip midsize sedan Cruze yang dikeluarkan untuk pasar Australia. Namun, untuk keseluruhan bodinya, tak terlihat sesuatu yang spesial. Namun, pihak GM mengklaim, hatchback ini hadir menawarkan inovasi desain yang tinggi dan keluasan internal dari sebuah crossover.

Produk ini akan diluncurkan Oktober 2009, khusus untuk memenuhi pasar di wilayah Amerika Selatan. Pengerjaan desainnya dilakukan di Pusat Litbang GM Mercosur di Sao Paulo, Brasil. Bahkan, investasi senilai 400 juta dollar AS dibenamkan untuk membangun pabrik perakitan di Rosario, Provinsi Santa Fe. Dana itu juga digunakan untuk memperkuat fasilitas perakitan baru di Argentina, khususnya untuk kebutuhan infrastruktur pabrik.

"Chevy Agile, produk terdepan dan masuk pasar pada 2009. Produk ini menggambarkan kepercayaan diri dari kebutuhan publik dan potensi dari negeri kami," papar Jaime Ardila, selaku Presiden GM Mercosur (organisasi perekonomian didirikan oleh lima negara di Amerika Selatan) dalam rilis resminya.

Masih belum terungkap, jenis dapur pacu apa yang akan ditanam di balik kap mesinnya. Namun, mungkin dari namanya "aglie" (berarti lincah), seharusnya tenaga yang dihasilkan harus kuat dan responsif.

No comments: