28 November 2009

P-NUT, Mobil Konsep Terbaru Honda di Los Angeles Auto Show

Pada Los Angeles Auto Show yang mulai dibuka untuk umum hari ini, Honda memamerkan salah satu mobil konsep yang disebut Personal-New Urban Transport atau P-NUT.

Sangat menarik, para parancang Amerika Serikat tanmpaknya mulai tertarik dengan mobil kota atau mobil-mobil kecil (micro-car) yang digunakan pada aktivitas seputar kota. Dimensi P-NUT sangat kompak. Malah, Honda Amerika Serikat menyebut ukuran ini ultra-kompak.

Panjang 3.400 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.439 mm. Gambaran konkret, dimensi mobil ini 20 cm lebih pendek, dan 15 cm lebih rendah dibandingkan Suzuki Karimun Estilo. Untuk ke samping, P-NUT lebih lebar 25 cm! Kendati demikian, daya muat maksimalnya hanya tiga orang, termasuk pengemudi!

Interior sedan menengah
Bagi Honda Amerika, inilah cara memaksimalkan mobil kecil, baik dari penampilan maupun kemampuan muatnya. Filosofi konsumen Amerika diterapkan betul kendati mobil ini dirancang untuk mengatasi kemacetan kota-kota besar yang makin parah.

Konsep paket yang ditonjolkan adalah menyatukan konfigurasi posisi duduk pengemudi di tengah dan mesin belakang. Eksterior dengan sudut tajam dan garis-garis dinamis menghasilkan mobil kompak dengan penampilan agresif. Interiornya sangat lega dan terbuka karena mampu memberikan visibilitas sangat luas.

“Mobil generasi baru ini menawarkan kenikmatan hidup, akses, kenyamanan dalam berbisnis, hiburan, dan pergaulan di tengah kota,” kata Dave Marek, Direktur Advanced Design Honda HR&D Amerika. “Konsep Personal Neo Urban Transport ini mengeksplorasi paket dan potensi desain kendaraan yang digunakan secara eksklusif di sekitar kota,” tambah Marek.

Penempatan ruang interior dengan posisi mengemudi di tengah plus dua jok belakang memberikan ruang kaki yang besar untuk seluruh penumpang. Kelegaan interior yang bisa dinikmati penumpang sama dengan sedan kelas menengah. Padahal, dimensinya adalah adalah micro-car alis mobil unyil.

Nilai fungsional interior mobil ini bisa ditingkatkan dengan melipat jok belakang. Dengan cara ini, ruang bagasi bertambah luas.

Kaca depan mobil konsep ini dimanfaatkan sebagai layar untuk menayangkan informasi tentang operasional kendaraan melalui head up display (HUD). Informasi lain yang bisa ditayangkan adalah navigasi dan gambar pantauan kamera mundur di belakang mobil.

Berbagai mesin
Ruang atau tempat mesin dibuat menjulur ke belakang. Bagian ini dirancang untuk berbagai jenis mesin, antara lain dari ukuran kecil, hibrida, mesin bensin dan listrik, serta motor listrik yang mengandalkan tenaga baterai.

“Target pengembangan dari mobil adalah mengeksplorasi potensi mobil kecil dalam menghadapi berbagai kendala,” ungkap Marek tentang konsep rancangan ini. Ia menambahkan, “Dengan konsep ini, masalah penampilan dan daya muat terbatas pada mobil kecil bisa diatasi.” Malah dengan begitu mobil kecil bisa tampil gaya dan menyenangkan!

No comments: