02 July 2008

Audi A4, Bermobil Sesuai Suasana Hati

Generasi baru Audi A4 menyeruak ke pasar Indonesia dengan fitur inovatif Audi Drive Select. Dengan hanya menekan salah satu tombol, Audi A4 dapat dikendarai sesuai dengan kondisi perjalanan, bahkan suasana hati pengendaranya.

Tiga pilihan fitur tersebut adalah comfort, auto dan dynamic. "Ketika tanjakan pengendara bisa mengatur karakternya, di jalan biasa atau dalam keadaan apapun pengendara dapat menggantinya pada saat berjalan tanpa gangguan apa-apa," ujar Product Trainer PT Garuda Mataram Motor Tubagus Benny Benjamin di Jakarta, Sabtu (24/5).

Audi A4 merupakan new platform dari seri A4 yang dihasilkan dari pengembangan new drive concept sehingga setiap kondisi jalanan dapat dilalui dengan mudah.

Seri ini mengalami perubahan total dari pendahulunya, seperti panjangnya yang ditambah menjadi 4.703 mm, lebar 1.826 mm serta tinggi 1.426 mm. Perubahan ini memberikan kesan besar dan luas dibandingkan sedan lain di kelasnya.

Kabin terasa lebih lega dengan fasilitas pengaturan tempat duduk secara elektrik. Namun, meski berbadan besar, bobotnya sangat ringan sehingga menunjukkan kedinamisannya dalam berkendaraan.

Audi A4 memiliki mesin 1.8 turbo FSI yang mampu menghasilkan daya sebesar 160 hp pada putaran mesin 4.500-6.500 dengan torsi 250 Nm pada putaran mesin 1.500-4.500. Kecepatan tertingginya adalah 218 km/jam. Karena mesin turbo ini menghasilkan torsi yang lebih besar, konsumsi bahan bakar lebih efisien.

Seperti yang diperoleh dari ujicoba oleh Tim A1, mobil ini hanya menghabiskan 1 liter bahan bakar untuk 14 km. Selain itu Audi4 dilengkapi juga dengan electromechanical parking brake yang memudahkan pengendaranya untuk memarkir kendaraan berbadan besar ini di mana saja.

Fasilitas infotainment-nya pun diadaptasi dari seri A8 dan A6 yang dilengkapi Multi Media Interface (MMI) dengan layar monitor di tengah serta model Radio Simphony untuk sepuluh sound system-nya.

Chief Executive Officer PT Garuda Mataram Motor Susilo Darmawan mengatakan bahwa pihaknya menargetkan seri ini terjual 100 unit hingga akhir tahun 2008, dengan daerah target Jakarta, Bandung dan Surabaya. Terkait dengan kenaikan harga BBM, Susilo menyatakan tak begitu khawatir akan dampaknya terhadap penjualan mobil ini.

"Saya tidak terlalu yakin kenaikan BBM mempengaruhi. Hampir 95 persen yang pakai Audi sudah tidak menyentuh premium," tandas Susilo. Audi A4 tersedia dalam enam warna, yaitu hitam, abu-abu, biru, merah, putih dan silver dan dijual dengan harga Rp 625 juta.

No comments: