05 July 2008

Alphard From Korea

Kompas mendapat kesempatan menjajal dua produk Hyundai yang bakal dipajang di Indonesia International Motor Show (IIMS), yakni Hyundai H1 dan New Avega. Kedua-duanya merupakan fice lift, tapi siapa sangka sepanjang perjalanan menuju Sentul City, H1 dilirik banyak orang karena bentuknya, terutama dari depan mirip dengan Toyota Alphard.

Hyundai H1 yang kami rasakan ini tipe XG, sedang generasi sebelumnya GLS dan Elegan.Platformnya masih sama dengan dua pendahulunya, hanya yang baru ini dengan 9 penumpang dengan kursi tengah, baik di depan, tengah dan belakang bisa dilipat. kemudian kursi baris tengah dan belakang model sliding.

Yang lain-lainnya di interior hampir sama, kecuali layar monitor bertambah menjadi 5, empat di head rest bangku depan dan baris tengah. satu lagi di atas head unit yang bisa menampilkan GPS, lengkap dengan kecepatan rata-ratanya. hanya suara dengung ban cukup terdengar di telinga, mungkin coba diganti merek lain.

Dari sosok eksterior, PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) selaku ATPM Hyundai di tanah air coba menambahkan body kit, mulai dari bagian depan seperti bumper dan gril, kemudian side skirt dan bumper belakang. Jika dilihat dari depan dengan jarak sedikit jauh, Hyundai H1 ini mirip Alphard.

Selama dalam perjalanan, coba mengamati interiornya. Ada beberapa peranti yang dikontrol dari pengemudi. Seperti lampu kabin tengah, jika penumpangnya lupa mematikan, bisa dimatikan oleh pengemudi. begitu juga AC. Kemudian saaat hendak parkir, usah takut belakang menabrak benda karena dilengkapi dengan sensor kamera.

Kompas.com sempat juga berada didalam kabin sedan Hyundai, New Avega. Meski hanya face lift, tapi tampilannya kian manis lantaran. Seperti gril dan bumper yang menyatu, dipadu dengan lampu kabut. Sementara bagian belakang, desain sayap kecil dengan spoiler bawah dihiasi lampu, jadi tambah keren.

Sementara interior, tak ada pembaruan. Kecuali custter center dibikin motif karbon, namun bukan hitam tapi keperakan. Begitu juga pembuka pintu dalam. Door trim dilapisi kulit hitam yang menyatu dengan kursi.

No comments: